Peluang Usaha

Begitu pesatnya jumlah pengendara sepeda motor, menjadikan berbagai peluang usaha menarik yang dapat dilakukan, mulai dari membuka bengkel perawatan, ganti oli, menjual asesoris, cuci motor, cuci helm, penitipan parkir motor, dan banyak lagi jenis  usaha yang dapat dilakukan terkait dengan banyaknya pengguna sepeda motor. Salah satu yang kami tawarkan adalah standard yang digunakan untuk motor dengan ukuran sedang, dengan nama “swing arm slider and engine guard“. Bentuk ide usaha ini adalah hasil karya mahasiswa FTI Perbanas sebagai bagian dari tugas mata kuliah “technopreneurship”, dimana produk dari hasil karya ini ditawarkan melalui media sosial, salah satunya internet. Model dari gambaran usaha ini dapat dijadikan pemacu untuk menambah semangat dalam membuka peluang usaha.




Undangan Pernikahan Unik

Undangan pernikahan dalam bentuk artikel jurnal… lain dari yang lain!

Undangan Pernikahan Call for ...

Ada juga buatan Indonesia

wedding-academic




Gunung Prahu: Sebuah Cerita Dari Negeri di Atas Awan

Gunung Prahu, mungkin masih asing terdengar apabila dibandingkan dengan tujuan wisata seperti gunung Bromo atau bahkan gunung merapi. Terletak di kawasan Dieng, Kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, Jawa Tengah, gunung Prahu merupakan alternatif wisata yang mulai naik daun bagi pecinta wisata alam. Mudah dijangkau dari Semarang maupun Yogyakarta, dengan estimasi waktu sekitar 2-3 jam menjadikan gunung Prahu semakin diminati wisatawan dalam maupun luar negeri.

Dengan ketinggian hanya sekitar 2.565 Mdpl, menjadikan gunung Prahu mudah untuk didaki meskipun bagi pendaki gunung pemula. Pendakian dari basecamp hanya sekitar 2-3 jam dan tidak memerlukan logistik yang terlalu banyak. Terdapat 2 jalur pendakian yaitu melewati jalur utara (Kabupaten Kendal), maupun dari arah selatan (kabupaten Banjarnegara).

Dari puncak gunung Prahu yang dijuluki gunung seribu bukit, anda dapat menikmati hamparan alang-alang dengan latar belakang gunung Sindoro dan Sumbing bahkan puncak gunung Merapi terlihat dari kejauhan. Sunrise (matahari terbit) yang menyembul dari belakang gunung Sindoro-Sumbing dengan dihiasi lautan kabut putih merupakan objek yang paling dicari para pendaki. Pemburu sunrise bahkan rela menunggu berhari-hari guna mengabadikan moment yang terbaik, karena memang sangat dipengaruhi oleh cuaca.

Tidak ada salahnya untuk mencoba menikmati pemandangan negeri di atas awan jika anda berkunjung ke Yogyakarta maupun Semarang untuk merasakan sensasi pemandangan yang menakjubkan karya sang pencipta. Disarankan apabila akan melakukan pendakian tidak pada hari libur sekolah, karena pada saat tersebut akan sangat banyak rombongan yang mendaki gunung Prahu. Pada saat high-season anda akan menjumpai lebih 5000 orang di puncak yang akan mengganggu kenyamanan anda. Sempatkan juga untuk mengunjungi objek wisata lain seperti candi dan kawah di kawasan Dieng untuk merasakan nuansa keindahan masa lalu yang masih terbungkus aura mistis yang kental.

prahu prahu 3 imagesprahu 2 993602_598863550135049_1181785712_nGunung_Prau_Wonosobo_Featured

 

Sumber:

jimzzz.wordpress.com

www.geonation.org

www.alidabdul.com

https://id-id.facebook.com/notes/indonesian-mountains/catper-pesona-gunung-prau-2565-mdpl/

 




Ekonomi Islam vs Ekonomi Konvensional

Ilmu Ekonomi Islam dapat didefinisikan sebagai cabang ilmu pengetahuan yang membantu mewujudkan kesejahteraan manusia melalui alokasi dan distribusi sumber daya sesuai dengan maqashid, tanpa mengekang kebebasan individu secara berlebihan, menimbulkan ketidakseimbangan makro ekonomi dan ekologi, atau melemahkan keluarga dan solidaritas sosial serta jalinan moral dari masyarakat (Chapra, 2001, hal. 131). Perbandingan antara keduanya dapat dilihat pada gambar diatas (Mannan, 1992).

Chapra,Umer, 2001. The Future of Economics: An Islamic Perspective. Tim penerjemah: Amdiar Amir et al., tim editor: Sigit Pramono et al.., Jakarta: Shariah Economics and Banking Institute.

Mannan, Muhammad Abdul, 1992. Islamic Economics: Theory and Practice,  diterjemahkan oleh Potan Arif Harahap, Ekonomi Islam: Teori dan Praktek Jakarta: PT Intermasa.

Selengkapnya http://repository.perbanasinstitute.ac.id/xmlui/handle/123456789/157

 




Business intelligence

Business intelligence or BI is usually referred to in general use computer technology the ability to search, explore and analyze information from a large database of data commonly called the data warehouse. The database can be displayed as a business activity in the past, present or to the prediction will come in the form of interesting view which is called the dashboard. BI general functions are reporting, online analytical processing, analytics, data mining, business performance management, benchmarking, text mining, and predictive analytics. To study the ability of free or paid BI applications that can links to the url: http://dashboardxcelsius.blogspot.com/2011/03/belajar-xcelsius-lewat-youtube.html, http://www-01.ibm.com/software/data/cognos/, http://www.microsoft.com/bi/, http://www.slideshare.net/syedabdul393/crystal-xcelsius-45-tutorials




Relevansi Hutang di Dalam Bisnis

Tulisan ini dimaksudkan untuk menginterpretasikan dan membahasapopulerkan secara kualitatif salah satu metode analisis di dalam manajemen keuangan.
Bila disimak laporan posisi keuangan perusahaan, sering dan bahkan selalu muncul akun utang, baik yang berjangka pendek, menengah, maupun panjang. Selain karena faktor teknis berupa tertundanya pembayaran atau karena sifat usahanya yang memang merupakan penengah (intermediary institution) seperti bank, ada faktor penyebab mengapa utang tersebut menjadi ada dan hal itu merupakan hasil dari pengambilan keputusan strategis.
Di dalam pengelolaan atau manajemen keuangan perusahaan, utang, sampai dengan nominal tertentu, adalah dana murah yang dapat dipergunakan untuk melakukan pengembangan usaha. Dengan asumsi sasaran manajemen keuangan adalah pendapatan per lembar saham (earning per share) yang tinggi maka penggunaan utang adalah salah satu teknik yang efektif. Sebagaimana diketahui, pendapatan per lembar saham adalah total laba bersih setelah pajak dibagi dengan jumlah lembar saham.
Untuk menjawab keraguan penggunaan utang sebagai pendorong atau pengungkit kinerja keuangan, dapat diilustrasikan bahwa perusahaan saat ini sedang merencanakan mengembangkan investasi dengan alternatif sumber dana hutang atau modal sendiri (saham). Dengan investasi baru tersebut perusahaan akan menerima tambahan keuntungan operasi, net operating income, atau yang di dalam khazanah manajemen keuangan sering disebut earning before interest and taxes. Jika perusahaan menggunakan utang sebagai sumber dana pengembangan investasi, bersamaan dengan tambahan earning before and taxes tersebut perusahaan juga mengalami kenaikan beban bunga tetapi jumlah lembar saham perusahaan tersebut tetap tak berubah. Namun jika perusahaan menggunakan saham baru, maka peningkatan keuntungan tersebut tidak disertai tambahan beban bunga tetapi diimbangi tambahan jumlah lembar saham. Persoalan yang dihadapi manajer keuangan adalah memilih mana yang mempunyai efek lebih besar pada kenaikan earning per share.
Di dalam EBIT-EPS Analysis dideskripsikan sampai batas mana penggunaan hutang dan modal saham dijadikan prioritas atau menjadi preferensi. Di dalam analisis tersebut dinyatakan, jika earning before interest and taxes nilainya rendah, disarankan investasi didanai dengan lebih banyak modal saham sedangkan jika earning before interest and taxes tinggi disarankan menggunakan lebih banyak hutang (Gitman and Zutter, 2013). Namun demikian dari sudut pandang lain, tambahan utang ini bukannya tanpa batas karena dengan semakin tingginya nominal utang maka kreditur akan meningkatkan suku bunga pinjaman. Peningkatan suku bunga dilakukan karena perusahaan dianggap semakin berrisiko dan perusahaan berpotensi memasuki fase financial distress. Selain itu, sesuai siklus kehidupan (life cycle) bisnis atau siklus kehidupan produk , ekspansi yang terus menerus tidak menjanjikan pertumbuhan imbal hasil setinggi periode sebelumnya. Dengan kata lain kombinasi pertumbuhan imbal hasil investasi yang semakin menurun dan peningkatan suku bunga pinjaman dapat disebut merupakan faktor yang membatasi penggunaan utang perusahaan.
Kesimpulan dari tulisan ini adalah bahwa penggunaan utang adalah baik di dalam memacu earning per share sejauh peningkatan earning before interest and tax melampaui peningkatan beban bunga yang harus ditanggung perusahaan. Penggunaan utang perlu dibatasi dan hal ini mengkonfirmasi pepatah yang dinasihatkan oleh nenek moyang kita yang bijak bestari, “Jangan Besar Pasak Daripada Tiang”.

Referensi:
Gitman, Lawrence J & Zutter, Chad D. Principles of Managerial Finance. Pearson. 13th Ed. 2013.




Kontribusi Dosen

Kontribusi dosen terhadap akreditasi dapat ditunjukkan dalam tabel berikut. Sumbangan-DOSEN-thd-Akreditasi Pemahaman terhadap hal ini dapat membentuk sikap dan perilaku dosen sehingga berorientasi pada peningkatan kualitas akademik. Disamping itu, kebijakan perguruan tinggi juga perlu diarahkan pada pemberian insentif terhadap perilaku yang kondusif terhadap pencapaian nilai akreditasi yang tinggi.




“Hilang”-nya Ditjen Dikti: Perpres No.13 Tahun 2015

Sehubungan dengan telah dileburnya Ditjen Dikti ke dalam Kementerian Riset dan Teknologi yang berubah menjadi Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi telah keluar Perpres No. 13 Tahun 2015.

Menarik untuk dicermati bahwa tidak ada lagi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, namun telah dibentuk beberapa Direktorat Jenderal baru yang tampaknya berasal dari direktorat-direktorat yang sebelumnya berada di bawah Ditjen Dikti.

Selengkapnya dapat dipelajari pada dokumen terlampir, dan perlu dicermati pengaruh yang mungkin timbul bagi dunia pendidikan tinggi di Indonesia khususnya Perbanas Insitute.

Perpres-Nomor-13-Tahun-2015




Learn Programming

Programming.. hmm

If you heard word of Programming, what do you feel? well.. mostly will feel and say.. aaaarrrrrggghhh

Don’t worry about that, because I had found URL in fun way. You would not be realized that you’re learn programming.

Here’s the URL

http://studio.code.org/s/frozen/stage/1/puzzle/1

 

 

cheers,

Nani Tachjar

 




Pelatihan Penulisan Jurnal di UI

Monggo…

Buat yang berminat..

 

tpenulisan jurnal UI