Cara sehat Saat Menggunakan Komputer

image_print

Kadang-kadang ketika kita sedang asyik menggunakan computer, kita lupa sampai berjam-jam focus kepada layar computer untuk mengerjakan suatu tugas atau hanya menonton film atau yang lainnya yang membuat kita tidak beranjak dari kursi depan computer. Padahal ada yang mengintai dan mengancam kita saat itu, yaitu penyakit. Berikut akan kami sampaikan secara umum sebab dan akibat menggunakan computer yang tidak teratur dan bagaimana mencegahnya.

Ergonomi adalah hukum atau aturan tentang kerja atau yang berhubungan dengan kerja. Office ergonomics menjadi suatu isu baru di tempat kerja perkantoran. Penggunaan komputer yang semakin intens tiap hari, mulai di kantor hingga di rumah, membuat isu ini semakin hangat. Data menunjukkan bahwa semakin banyak pekerja yang menderita keluhan nyeri punggung bawah (low back pain, LBP) dan sakit pada pergelangan tangan (carpal tunnal syndrome, CTS). Berbagai survei baik di Indonesia maupun luar negeri menunjukkan bahwa hampir 50-60% karyawan kantor melaporkan keluhan yang tidak biasa pada bagian tubuhnya sesudah bekerja komputer di kantor. Jika dibiarkan, berbagai keluhan akan memburuk menjadi sakit atau gangguan.

Setiap kasus LBP atau CTS akan berdampak finansial bagi perusahaan, mulai dari biaya medis, cuti, dan sangat mungkin menggangu kelancaran bisnis perusahaan. Karyawan yang menderita LBP dan CTS sangat mungkin mengalami pengurangan kemampuan bekerja seperti sedia kala. Berbagai keluhan para pekerja kantor dapat dipastikan karena kondisi tempat kerja komputer saat ini tidak sesuai dengan prinsip-prinsip ergonomi, mulai dari penempatan monitor, ketinggian monitor, penempatan keyboard dan mouse.

Untuk itu pengetahuan dan kemampuan praktis office ergonomics diperlukan oleh setiap karyawan, terutama mereka yang bertanggung jawab dalam penataan tempat kerja perkantoran. Secara garis besar gangguan kesehatan akibat pemakaian komputer yang salah dapat dikelompokkan menjadi 3 yaitu :

  • Gangguan pada bagian mata dan kepala
  • Gangguan pada lengan dan tangan
  • Gangguan pada leher, pundak dan punggung

 

Gangguan pada bagian mata dan kepala kita sering disebut dengan computer vision syndrome, mulai dari nyeri atau sakit kepala, mata kering dan iritasi, mata lelah, hingga gangguan yang lebih serius dan lebih permanen seperti kemampuan fokus mata menjadi lemah, penglihatan kabur (astigmatisma, miopi, presbiopi), pandangan ganda, hingga disorientasi warna.

Gangguan pada bagian lengan dan telapak tangan dimulai dari nyeri pada pergelangan tangan karena gangguan pada otot tendon di bagian pergelangan, nyeri siku, hingga cidera yang lebih serius seperti Carpal Tunnel Syndrome yaitu terjepitnya syaraf di bagian pergelangan yang menyebabkan nyeri di sekujur tangan. Cidera ini harus segera diatasi sebelum terlambat, karena pada stadium lanjut tindakan operasi terpaksa harus dilakukan.

Kelompok gangguan lainnya berupa nyeri pada bagian leher, pundak, punggung dan pinggang. Nyeri di bagian ini sering pula mengakibatkan gangguan nyeri di bagian paha dan betis. Bekerja di depan komputer dengan menerapkan prinsip-prinsip ergonomis merupakan cara yang ampuh dalam menghindari ketidaknyamanan yang pada akhirnya akan menimbulkan gangguan kesehatan seperti yang dijelaskan di atas.

Posisi yang tidak baik penggunaan komputer :

  • Bersandar kedepan pada meja
  • Mengetik dengan posisi pergelangan tangan yang tidak baik
  • Mengangkat bahu saat mengetik
  • Jarak penggunaan mouse
  • Memutar leher saat melihat ke layar komputer atau menjawab telepon
  • Mengangkat benda dibawah pinggul atau diatas bahu
  • Mengetik dengan tenaga yang kuat atau menekan tombol dengan keras sekali
  • Mengangkat kotak kertas yang berat atau peralatan kantor
  • Pegangan yang tidak baik

 

Untuk penjelasan dari masing-masing posisi yang baik, silahkan ketik di google kata tersebut dan pilih gambar, sehingga anda dapat langsung melihat gambar untuk ukuran jarak dan posisi duduk yang baik saat menggunakan computer.

Terima kasih dan salam

Referensi :

http://ergonomi-fit.blogspot.co.id/2011/12/ergonomi-adalah.html

http://ergonomi-fit.blogspot.co.id/2011/03/penerapan-ergonomi-dalam-pemakaian.html

https://www.academia.edu/30175626/Resume_Penggunaan_Komputer_Sesuai_Dengan_Ilmu_Ergonomi_Di_Tempat_Kerja

About Deden Prayitno

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *