Edhi Juwono – Dilakukannya vs Dilakukan olehnya

image_print

Sering kali kita mendengar kata seperti “dilakukannya” di dalam sebuah kalimat seperti, “Pengembangan aset telah dilakukannya.”

Apakah sudah tepat penggunaan kata “dilakukannya” di dalam kalimat itu? Salah satu cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah kata “dilakukannya” sudah tepat adalah dengan mengubah urutan kata sebagai bagian dari upaya memberikan tekanan pada kata tertentu. Misalnya kita akan memberikan tekanan pada siapa yang melakukan pengembangan aset, kalimatnya akan berubah menjadi, ” Nya telah dilakukan pengembangan aset” (?). Kalimat tersebut jelas tidak berterima. Oleh karena itu, pasti ada yang salah di dalam penggunaan kata “dilakukannya”. Alih-alih kata “dilakukannya”, adalah frasa “dilakukan olehnya” sehingga jika kita memberikan tekanan kepada siapa yang melakukan, kalimatnya menjadi, “Olehnya telah dilakukan pengembangan aset”

Dengan demikian, yang harus dicermati di dalam pengalimatan adalah menambahkan kata “oleh” di belakang verba atau kata kerja pasif. Jadi, frasa verbal kalimat aktif “melakukannya”  akan berubah menjadi verba berbentuk frasa atau gabungan kata verbal”dilakukan olehnya” di dalam kalimat pasif.

Edhi Juwono About Edhi Juwono

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *