You may also like...

126 Responses

  1. Adinda Farina Putri (1412000142) says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    Jawab :
    -Entrepreneur adalah seseorang yg kreatif, penuh dengan ide yang berani memulai suatu usaha atau mendirikan perusahaan serta berani mengambil resiko untuk menghasilkan suatu keuntungan.
    Contoh : seseorang yg membuka suatu usaha seperti restoran, dia berani menerima resiko untuk bersaing dengan restoran lain nya apabila restoran lainnya jauh lebih banyak peminatnya dibandingkan restoran yg dia miliki.

    -Intrapreneur adalah seseorang yang ikut berpartisipasi di dalam suatu usaha atau perusahaan yg memiliki jiwa entrepreneurship sehingga memberikan pengaruh terhadap suatu usaha atau perusahaan tersebut.
    Contoh : seorang karyawan yg bekerja dalam suatu perusahaan besar yg memilik visi, misi, dan berani menyampaikan ide atau pendapatnya, seperti perusahaan google yang beberapa produknya berasal dari ide karyawan perusahaan google itu sendiri.

    -Micropreneur : seseorang yg berani menerima resiko untuk memulai dan mengelola suatu usaha yg tidak cepat berkembang, mereka mengerjakan apa yg ingin mereka lakukan, juga menawarkan pola gaya hidup yang seimbang.
    Contoh : Konsultan, produsen, arsitek.

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.
    Jawab :
    – Usaha yang akan saya dirikan adalah membuat sebuah cafe dengan tempat yang menarik dan harga makanan yang tidak terlalu mahal. Yang harus di persiapkan adalah modal, tempat, pegawai, peralatan, bahan-bahan makanan, bahan-bahan untuk memasak, juru koki, dll. Agar cafe ini bisa mendapatkan keutungan, saya membuat cafe ini berbeda dari cafe lain nya, dari segi makanan, pelayanan, dan tempat yang dibuat semenarik mungkin agar orang-orang yg sudah pernah datang ke cafe ini akan datang lagi dan menjadi pelanggan tetap. Agar masyarakat mengetahui cafe saya, saya melakukan berbagai promosi seperti membuat selebaran atau iklan di beberapa majalah. Dalam usaha yg saya jalankan ini, banyak orang-orang yg ikut berpengaruh, sepeti bank karena suatu saat ketika saya kekurangan modal atau sedang membutuhkan pinjaman uang, saya pasti akan menghubungi bank dan dalam usaha cafe saya ini saya memiliki bagian keuangan yang mengatur pemasukan dan pengeluaran serta keuntungan dan kerugian yg saya dapatkan dari usaha cafe saya ini.

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    Jawab :
    – Skor saya 72. Yang harus saya perbaiki adalah saya harus menutupi kekurangan saya dengan lebih banyak belajar lagi atau berlatih tentang bagaimana cara berbisnis yang baik serta menambahkan beberapa keterampilan yg diperlukan untuk membuat saya menjadi lebih baik lagi.

  2. Febriyani (1412000141) says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    jawab :
    * micropreneur adalah seorang wirausahawan yang berani mengambil risiko dan keputusan
    besar untuk memulai usahanya dari nol dan berusaha mengubah usahanya agar lebih maju dan sukses.
    contohnya : contohnya seorang wirausaha membuka sebuah rumah makan dengan tempat tidak teralalu besar dan menu makanan tidak terlalu banyak, dan seorang wirausahawan tersebut mengubah usahanya sedikit demi sedikit dengan keuntungan yang di peroleh dari mulai memperluas tempat makan dan menambah menu makanan agar konsumen tidak terlalu bosan dengan menu yang sebelumnya.
    * Entrepreneur adalah seorang wirausahawan yang berani mengambil risiko rugi, membangun dan mengoperasikan usahanya tersebut, bisa dibilang entreprenuer ini adalah orang yang bersangkutan langsung dengan bisnis yang di kelola.
    contohnya : Seorang wirausahawan membuka usaha seperti usaha buah-buahan apabila buah tersebut tidak laku seorang wirausahawan ahrus menangung risiko rugi. dan dalam mengoperasikan, mengeleola usaha wirausahawan bersangkutan langsung dalam usaha tersebut dan bertanggung jawab atas usaha yang di kelolanya.
    * intrapreneur adalah wirausahawan yang bukan pemilik dari usaha yang dikelola melainkan orang yang menyalurkan idenya untuk kemajuan usaha tersebut.
    contohnya : seorang pegawi atau karyawan yang berada di perusahaan usaha kerajinan tangan dan seorang karyawan tersebut mengeluarkan idenya untuk mengembangkan produk yang di kelola.

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.

    jawab : usaha yang saya ingin buat yaitu usaha rumah makan, dalam membuka usaha yang di persiapkan adalah seperti ; modal, tempat, pegawai, peralatan, bahan-bahan makanan, koki (juru masak) dll.
    dalam suatu usaha agar seuatu usaha ini mendapatkan keuntungan saya akan menyajikan makanan yang berbeda yang tidak ada di rumah makan lainnya dan untuk memperkenalkan usaha saya, saya melakukan promosi dengan cara membagikan brosur, atau memasang iklan. dalam usaha yang saya jalankan banyak orang orang yang berpengaruh dalam usaha saya seperti bank karna saya meminjam modalnya dari bank. dan di dalam usaha saya ada bagian keuangan untuk mengurus pengeluaran atau pendapatan dalam usaha yang saya jalani.

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    jawab :
    skor saya 76. yang harus diperbaiki adalah saya harus menutupi kekurangan saya dengan lebih banyak belajar lagi tentang bagaimana cara berbinis yang baik serta menambahkan keterampilan atau skill yang di butuhkan.

  3. marsha rivanda 1412000088 says:

    1. Micropreneurs adalah wirasuastawan yang mau menanggung resiko untuk mengawali dan mengelola bisnis-bisnis kecil, serta melaksanakan tugas-tugas yang
    diinginkan dan menjanjikan gaya hidup berimbang
    contoh: seperti penulis, konsultan,produser video,arsitek,

    Intrapreneurship menggunakan keterampilan kewirausahaan tanpa mengambil risiko. strategi untuk membangun inovasi dengan membuat lebih baik menggunakan bakat kewirausahaan. intrapreneurship tidak hanya mendorong inovasi, juga membantu karyawan dengan ide-ide yang baik untuk lebih menyalurkan sumber daya perusahaan untuk mengembangkan produk yang lebih sukses.

    Contoh: untuk memanfaatkan dan suatu peluang bisnis, mereka membentuk unit bisnis strategik. Semua pihak di dalam perusahaan dipacu untuk berpikir kreatif, mau mengambil risiko, dan berinovasi dengan menggunakan sumber dari dalam lingkungannya, Dengan demikian intrapreneur, seperti juga para wirausaha, mempunyai kreatifitas motivasi, tidak saja oleh uang melainkan termotivasi oleh visi ke depan
    Kalau entrepreneur mungkin sama dengan intrapreneur tapi ini lebih mengarah ke sebuah tindakan. yang memiliki sifat keberanian, kreatif dan tahan dengan tantangan hidup serta sanggup mewujudkan sebuah peluang.

    Contoh : perusahan Mary Kay Inc. Dia merintis usaha di bidang bisnis kosmetik. Kenyataannya adalah bahwa si Kay ini tidak pernah mengikuti pendidikan perkuliahan ataupun mengikuti kegiatan training atau pelatihan, tapi ternyata hal ini tidak menjadi hambatan ia berusaha. Mary Kay sukses menciptakan brandnya sendiri yang cukup terkenal di seluruh dunia. Bisnis ini mungkin belum masuk di Indonesia, tapi di berbagai belahan dunia, sekarang banyak sekali jtaan wanita yang menjalankan bisnis Mary Kay, menjual produk kosmetik.

    2. Kalau saya menjadi pengusaha, saya ingin membuat bisnis seperti makanan kedai/ cafe seperti Biasanya yang dipilih orang orang untuk menahan lapar tersebut adalah roti, snack, atau cemilan yang bisa dinikmati rasanya. konsepnya saung yang menyediakan aneka kentang goreng dan sosis sebagi produk utama dan digabungkan dengan makanan cepat saji harga yang tidak terlalu mahal dikalangan pelajar, yaitu burger dan hotdog Rp. 8000,-, minuman seperti teh,susu, pop ice, dan kopi, dll serta fasilitas free hot spot yang akan membuat pengunjung betah berlama-lama di kedai. dan peluang membuka kedai makanan ringan di sekitar kampus mungkin ramai diminati, karena tempat sekitar kampus merupakan populasi tempat tinggal mahasiswa yang menyukai aktivitas tongkrongan dan berkumpul bersama kawan-kawan mereka sambil menyantap makanan ringan disertai minuman
    Tahap awal dari Business Plan ini adalah membuka gerai seluas 100 meter persegi. Dan berlokasi didekat kampus kampus yang sesuai dengan harga anak kampus, dan menyiapkan jenis jenis makanan yang disediakan siap saji seperti sosis, roti, kentang dan jenis minuman teh, susu, pop ice, kopi. konsep kedai tersebut mungkin tempat duduknya yang lesehan agar membuat nyaman pengunjung, menyediakan akses seperti Wifi agar pengunjung betah untuk nongkrong dikedai tersebut.

    3. Skor saya dari quiz 84 , mungkin titik titik lemah yang harus saya perbaiki agar skor meningkat,yaitu seperti lebih percaya diri dalam mengambil keputusan dan lebih bertanggung jawab untuk menjadi seseorang pebisnis, meningkatkan pola berfikir yang creative dan motivasi dalam diri sendiri

  4. Mohamad Aditya Aulia (1412000109) says:

    1.Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.

    Microprenuer adalah pengusaha yang berani mengambil resiko memulai dan mengelola usaha, dan memungkinkan melakukan jenis pekerjaan yang mereka mau dan menawarkan keseimbangan gaya hidup. Contoh:seorang pengusaha membuka sebuah usaha toko bahan bangunan dan dia tidak takut untuk mengambil resiko dan berani bersaing dengan pemilik toko lainnya.

    Entrepreneur adalah seorang individu yang memilih menjalankan sebuah usaha sederhana daripada menjadi pegawai kantoran dan menganggap semua untung dan rugi usaha, ide, atau barang/jasa yang ditawarkan untuk dijual. Contoh: seorang pengusaha membuka bisnis membuka restoran. Dan apabila usahanya gagal maka ia akan bertanggung jawab, menanggung rugi yang diterima usahanya.

    Intrapreneur adalah seseorang yang memiliki ide ide, konsep, semangat dan wawasan kepada sebuah bisnis yang dijalankan orang lain. Contoh: seorang pegawai bengkel memberi masukkan dan memberi saran kepada pemilik bengkel agar usaha yang dijalankan pemilik bengkel semakin berkembang dan maju.

    2.Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.

    Saya akan membuka usaha Cafe.Pertama, saya harus mencari tempat untuk disewa untuk tempat saya membuka cafe tersebut. Tempatnya harus strategis dan mempertimbangkan apa daerah di sana layak untuk membuka usaha saya. Lalu, saya akan mulai mencari pegawai dan peralatan untuk menjalakan bisnis ini. Setelah semua sudah siap maka saya akan mempromosikan cafe saya dengan cara yang paling mudah dan efektif yaitu melalui media internet.

    3.Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?

    Skor saya 78. Saya harus memperbaiki motivasi saya terkadang suka tidak stabil. Dan harus meningkatkan kepercayaan diri sendiri agar kedepannya bisa menjadi lebih baik lagi.

  5. Mesita Agnesyah - 1412000102 says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    jawab:
    -Micropreneur: seseorang yang melakukan uasahanya dari bawah atau dari awal untuk mendapatkan kepuasan untuk diri sendiri, biasnya mempunyai resiko lebih banyak dan berani menangung resiko tersebut.
    contohnya; menjual baju-baju secara online(online shop) dan berani mengambil resiko dari menjual baju tersebut
    -Enterpreneur: seorang wirausaha yang terjun langsung menangani bisnisnya sendiri, berani mengambil resiko dan bertanggung jawab atas usaha yang dirintis.
    contohnya; seseorag yang membuka usaha cafe. ia harus berani bersaing dengan cafe lain dan harus menciptakan inovasi supaya dapat bersaing dengan cafe lain.
    -Intrapreneur: seseorang yang menyalurkan ide kreatifitas namun orang lain yang menjalan ide tersebut.
    contohnya; seseorang yang bekerja diperusahaan line clothing ia sebagai karyawan dan ia yang menyalurkan ide-ide kreatif.

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.
    jawab;
    Usaha yang ingin saya buat adalah sebuah cafe yang didalamnya menjual dessert, saya mengutamakan harga yang terjangkau, dessert unik yang berbeda dengan cafe lain, dan tentu saja sehat. yang saya harus persiapkan untuk memulai usaha tersebut adalah: modal, pegawai yang mempunyai skill, tempat, meja, kursi, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat dessert. saya akan mencari tempat yang strategis misalnya didekat kampus atau perkantoran, di mall, dan tempat-tempat yang ramai dikunjungi orang. saya membuat cafe saya berbeda dengan cafe lain dengan cara medekorasi cafe saya seunik mungkin supaya menarik pengunjung untuk ke cafe saya.

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    jawab; score saya 78. saya akan memperbaiki kekurangan saya dengan cara lebih percaya diri mengambil keputusan, dan memikirkan resiko dari keputusan yang saya ambil.

  6. M.Rizky.Saktiansyah(1412000115) says:

    1.1.Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.

    Micropreneur adalah seorang wiraswasta yang menjalankan bisnisnya sendiri dan mengambil risiko untuk dirinya sendiri.Seorang micropreneur bebas dalam menjalankan bisnisnya sesuai keinginanya
    contoh micropreneur adalah arsitek,dan penjahit.

    Intrapreneur
    Intrapreneur bisa disebut juga kewirausahaan didalam perusahaan,jadi seseorang menjalankan kreativitasnya dalam suatu usaha tapi masih didalam ruang lingkup suatu organisasi perusahaan,perbedaan mencolok antara enterpeneurship dan intrapreneurship adalah seorang intrapreneurship membuat keputusan beresiko menggunakan sumber daya dari perusahaan sementara enterpreneurship menggunakan yang dimilikinya sendiri.
    contohnya,seorang karyawan PT.Telekomunikasi indonesia,memberi ide kepada perusahaan untuk menyediakan layanan tv prabayar.

    Entrepeneurship
    Seseorang bisa disebut entrepeneur jika orang tersebut berani untuk membuat bisnis yang benar-benar baru,orang tersebut dituntut untuk berani dan mampu mengidentifikasi konsep bisnis apa yang unik dan dibutuhkan oleh masyarakat.Serta orang tersebut harus memiliki kemampuan manajerial yang tinggi.
    contoh,seseorang di pedalaman membuka bisnis warung internet.

    2.Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.

    Saya berencana membangun “Soccer Bandit”dimana toko itu dibuat khusus untuk menjual semua hal tentang sepakbola.Latar belakang saya ingin membangun bisnis ini adalah,saya melihat prospek yang bagus,karena melihat hegemoni dan antusias yang ditunjukkan masyarakat indonesia pada sepakbola yang amat tinggi,dan salah satu cara orang menunjukan rasa cinta terhadap suatu klub sepakbola adalah dengan memakai jersey/kostum tim tersebut.Saya akan memulai bisnis ini dengan memakai tabungan saya sendiri sebagai modal,saya akan membangun manajemen dengan orang-orang yang saya percaya.Kunci penting dalam bisnis retail seperti ini adalah penentuan tempat/lokasi.Lokasi yang strategis akan sangat menentukan jalanya usaha saya,karena itu saya akan memilih lokasi dipinggir jalan yang ramai,dengan membeli sebuah ruko.Saya akan melakukan promosi dengan jeli,saya akan memanfaatkan sosial media seperti twitter,path atau facebook.

    3.Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?

    Skor saya 88.Saya harus banyak belajar dari mentor,yang sudah berpengalaman dalam dunia bisnis.

  7. Bima Ardhimas Gustama (1412000136) says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    -Jawab :

    *MICROPRENEUR : adalah seseorang yang memiliki kepribadian yang berbeda dengan wirausaha konvensional. Mereka biasanya memulai usahanya dari nol hingga mereka dapat mengelolanya sampai menjadi usaha yg berkembang.
    -Contoh : Seseorang yang membuka jasa cuci helm, usaha ini masih terdengar asing di kalangan masyarakat. Sehingga ia harus mampu bertahan dalam berbagai kondisi

    *ENTREPRENEUR : Adalah seseorang yang berani mengambil segala risiko dalam bidang berwirausaha, tujuan utamanya yaitu mendapat untung yang besar.
    -Contoh : Seseorang yang baru membuka usaha baju, biasanya mereka melakukan berbagai promosi untuk memasarkan produknya sehingga orang – orang bisa melihat dan membeli

    *INTRAPRENEUR : Adalah seseorang yang memiliki jiwa aktif dan kreatif dalam berbagai kegiatan berwirausaha.
    -Contoh : Seseorang yang sangat kreatif memberikan masukan kepada org lain untuk membuka suatu usaha.

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru?
    -Jawab :

    *Saya akan membuat sebuah usaha brand clothing, usaha yang saya jalankan yaitu mulai dari T-shirt, Bottom, Sweater, Jacket dan lain – lain. tentu saja produk – produk yang saya kelola ini memliki ciri khas tersendiri, yaitu design – design yang sangat menarik dan kualitas yang tentu saja menjadi prioritas utama usaha saya. Saya akan membuka sebuah toko dimana letaknya sangat dekat dengan pusat kota, sehingga orang -orang yang lalu lalang dapat melihat. Bukan hanya dipasarkan di dalam negeri, tetapi saya akan memasarkannya ke dunia, sehingga produk saya menjadi produk Indonesia yang mendunia.

    3.Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    -Jawab :

    *SKOR : 80 saya harus lebih aktif dalam berbagai kondisi, dan mencari pengalaman untuk peluang usaha kedepannya serta berani menghadapi perbedaan.

  8. puput septiani says:

    1. Perbedannya:
    Micropreneur adalah orang yang bersedia untuk menerima resiko untuk memulai dan mengelola bisnis yang tetap kecil, mereka melakukan pekerjaan yang mereka ingin lakukan, dan menawarkan gaya hidup yang seimbang.

    Contoh: penulis, konsultan, produservide,arsitek

    Entrepreneur adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

    Contoh: Dr. Maria Montessori (Italy) yang mengembangkan lembaga pendidikan untuk anak-anak dan John Muir (U.S.) yang membuat lembaga perlindungan dan konservasi kebun binatang serta membuat lembaga bernama Sierra Club.

    Intrapreneur adalah orang wirausaha yang menekankan pengembangan sumber daya, dana, dan informasi dari dalam perusahaan itu sendiri, untuk mencapai kesuksesan. Intrausaha adalah staf dari suatu organisasi yang memiliki jiwa wirausaha yang diterapkan untuk pertumbuhan organisasi atau perusahaan sendiri.
    Contoh: untuk memanfaatkan suatu peluang bisnis, mereka membentuk unit bisnis strategik (semacam anak perusahaan) tersendiri yang otonom, namun masih tetap dalam kesatuan dengan perusahaan induk. Semua pihak di dalam perusahaan dipacu untuk berpikir kreatif, mau mengambil risiko, dan berinovasi dengan menggunakan sumber dari dalam lingkungannya, Dengan demikian intrapreneur, seperti juga para wirausaha, mempunyai kreatifitas dan motivasi, tidak saja oleh uang melainkan termotivasi oleh visi ke depan.
    2. Kalau saya menjadi seorang pengusaha, saya ingin membuat bisnis yaitu sebuah salon. Dimana para2 wanita sangat menyukai pergi ke sebuah salon. Seperti biasanya yang di pilih oleh para wanita untuk pergi ke salon seperti creambath, masker, potong rambut, facial dan lain2nya. Konsepnya salon yang menyediakan berbagai fasilitas seperti ac, tv, dan free wifi yang akan membuat para pengunjung betah selama berada di salon tersebut dan merasa nyaman. Harga yang tidak terlalu mahal untuk para mahasiswi atau para pengunjung lainnya, yaitu misalkan creambath RP. 30.000,-, dan peluang membuka salon di sekitar perumahan yaitu karena banyak orang yang kadang tidak mau jalan jauh dari rumah buat pergi ke salon dan peluang buka di perumahan sangat strategis.
    Tahap awal dari business plan ini adalah membuka gerai seluas 10×10 meter persegi dan berlokasi di sebuah perumahan harapan indah. Konsep salon tersebut mungkin berbeda dari salon2 lainnya agar bisa membuat para pengunjung merasa nyaman berada disalon tersebut.

    3. Hasil skor quiz saya 74 , mungkin yang harus di perbaiki di titik lemah saya agar bisa lebih baik atau meningkat seperti lebih bertanggung jawab dan percaya diri untuk mengambil keputusan untuk menjadi seorang pebisnis yang handal.

  9. Dina Hidayati (1412000138) says:

    1.apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur, dan intrapreneur? Sertakan contohnya :
    Jawab :
    > Micropreneur : pengusaha besedia untuk menerima risiko untuk memulai dan mengelola jenis usaha sisa-sisa kecil, memungkinkan mereka melakukan jenis pekerajaan yang harus dilakukan, dan menawarkan meraka gaya hidup yang seimbang. contoh : seperti sorang penulis.

    > Entreprenuer : menerima sebuah risiko dalam memulai dan menjalankan suatu bisnis.
    Contoh : seseorang yang membuka usaha rumah makan padang apabila rumah makannya tidak laku atau tidak habis dalam hari itu juga dia harus menanggung risiko ruginya. Dan dalam pengorasiannya pengusaha bersangkutan langsung dalam usahanya.

    > Intraprenuers, yaitu orang-orang yang kreatif yang berkarya bagai wirasuastawan di dalam perusahaan.
    contoh : seseorang yang membuka satu usaha seperti rumah makan padang, dia berani dalam menggambil risiko dengan bersaing ketat dengan rumah makan lainnya dengan menggunakan ide-ide yang di keluarkan.

    2. bayangkan saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan anda buat? Jelaskan secara singkat apa saja yang harus di siapkan untuk memulai usaha baru? Jelaskan outline business pplan hal 165 dan 166 sebagai acuan.
    Jawab:
    saya ingin membuka bisnis bakso goreng. Pertama saya harus saya lakukan adalah mempersipkan modal, pegawai, tempat, peralatan, juru masak, bahan-bahan makanan, dll. Supaya bisnis yang saya buat laku dan terkenal saya mengunakan media internet, atau brosur untuk mengiklankan bisnis saya tersebut. Latar belakang atau keungulan dari bakso goreng itu adalah makanan dengan inovasi terbaru yang bernilai gizinya pada perumbuhan badan kita. Karena pembuatannya itu dengan cara yang bersih dan alami serta sehat bagi tubuh.Dengan membuka bisnis bakso goreng tentu saja yang kita lakukan secara terencana berdasarkan program-program yang di susun oleh organisasi atau sebuah tim, dengan memerlukan sumber daya manusia yang memandai dan memiliki keterampilan khusus agar program yang teah di buat dapat disusun dan mereka jalankan dengan baik sebagai tugas yang telah di embankan kepada mereka. Modal yang saya dapat untuk membuka bisnis tersubut adalah dari meminjam pada sebuah bank.

    3. 3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    jawab:
    score saya 74 , saya akan memperbaiki kekurangan saya dan memotivasi diri saya sendiri dengan percaya diri dalam menggambil semua ide atau risiko yang saya ambil dalam berbisnis.

  10. afdalul hidayat says:

    1 Perbedaannya itu kalo micropreneur memulai usaha dari nol seperti bisnis rumah dan siap menanggung resiko,sedangkan entrepreneur orang yang bisa membwa perubahan,yang bisa mengubah sebuah kesempatan menjadi bisnis sedangkan intrapreneur usaha yang dimulai dari sebuah inovasi dan kreatifitasnya yang dijadikan sebuah gagasan untuk memulai bisnisnya.
    Contoh
    micropreneur :penjual makanan batagor,ketoprak
    entrepreneur :seperti mengubah barang bekas menjadi barang bagus/daur ulang.
    Intrapreneur : seorang chef hotel berbintang menciptakan makanan baru yang enak dan lezat sehingga terknal sehingga memajukan hotel tersebut.

    2 Executive summary
    Latar belakang saya membuat usaha rak gudang ini karana banyaknya perusahaan di Jabeka(a,bekasi,karawang ) memerlukan tempat penyimpanan barang hasil produksinya dan usaha ini masih luas peluangnya dan bisnis ini tidak mudah rusak seperti makanan jadi bisa bertahan bertahun-tahun .

    Company background
    Nama yang saya pilih untuk usaha dagang saya ialah Ud sumber berkah,yang terinspirasi dari kedua orang tua saya.
    UD Sumber Berkah adalah sebuah usaha dagang yang bergerak dibidang perdagangan barang .usaha dagang ini saya buat sebagai agen penjualan barang rak gudang dan rak mini market.
    • Visi UD Sumber berkah
    Menjadi usaha dagang yang besar ,sukses dibidangnya dan luas.
    • Misi
    Membangun bisnis yang berkualitas dan meberikan manfaat besar bagi orang-orang disekitar.
    management team
    dalam usaha ini dibutuhkan manejemen sdm yang bisa merkrut pekerja yang disiplin,jujur,ulet dalam bekerja secara individu maupun team dan manegemen pemasaran yang bisa memasarkan produk.
    financial plan
    dalam usaha ini saya akan menggunaka mdal pribadi
    capital required
    modal yang dibutuhkan dalam usaha ini sekitar Rp2625000000
    marketing plan
    dalam pemasaran usaha ini saya melakukan iklan di media maya dan media masa, membuka kios untuk memajang produk dan mengfirim proposal ke perushaan untuk menawarkam produk.sasaran konsumen saya ialah rumah tangga,pertokoan dan pabrik besar.
    location analysis
    tempat usaha yang akan saya pilih tempatnya strategis,di pinggir jalan secara berkelompok alasan berkelompok supaya terpusat agar calon pembeli mempunyai banyak pilihan yang membedakannya itu hanya kualitas produk.
    manufacturing plan
    • Tempat usaha yang saya butuhkan 525m2
    • Kapasitas produksi perhari 100 unit
    • Control kualitas dibutuhkan 5 orang
    • Personel/pekerja 25 orang
    mesin yang digunakan dalam usaha ini.
    • Mesin bor
    • Mesin gerinda
    • Mesin banding
    • Mesin las tembak
    • Mesin las
    • Mesin pon
    • Mesin gunting
    • Mesin powder
    • Oven
    • Kompresor

     Perkiraan biaya produksi perhari Rp 5000000
    3 Skor kuis saya 86 yang harus saya perbaiki interpretasi di bawah untuk mengidentifikasi kekurangan Anda. Anda harus dapat menutupi bahwa kekurangan dengan baik pelatihan ulang sendiri atau mempekerjakan seseorang dengan keterampilan yang diperlukan

  11. Irfan abizar (1412000135) says:

    1. Intrapreneur : ialah seseorang didalam suatu pekerjaan/perusahaan yang mana orang itu bukanlah si pemilik atau pun bos di perusahaan itu. Seorang inteapreneur akan menyalurkan ide dan kreativitas untuk membuat sebuah perusahaan/usaha berkembang. Contoh : didalam sebuah perusaan advertasing biasanya intrapreneur akan sangat vital perannya, mereka yang akan mencari ide agar membuat konsumen tertarik dengan produk mereka. Entrepreneur : ialah seorang yang memulai sebuah bisnis/usaha secara dari bawah dan juga berani dalam hal mengambil risiko, manakala tidak mendapat laba/keuntungan. Contoh : seorang reseller sebuah jersey tim/club sepakbola, kita tahu ketika menjadi reseller minimal kita harus mengambil 50 pcs jersey, apabila kita telah mengambil barang segitu tetapi tidak semua laku terjual tentu kita sudah harus siap menerimanya. Micropreneur : ialah seseorang yang memulai usaha biasanya dari titik terendah untuk memulai bisnis/pekerjaan/usaha yang ia mau, disini dia juga sudah harus siap mengambil keputusan dan risiko. Contoh : seorang wirausaha/pengusaha yang membuka suatu tempat fitnes dengan kebijakan awal dia berani membanting harga lebih murah tempat fitnesnya dibawah yang lainnya agar bisa menarik dan bersaing. 2. Jika saya mempunyai modal saya akan menjadi wirausaha dalam bentuk promotor, karena kita ketahui di indonesia banyak sekali fans-fans fanatik baik itu tim/club sepakbola, penyanyi, boyband, ataupun dj-dj luar juga banyak memiliki komunitas fanbase di indonesia. Tentu jika kita selaku promotor berhasil menggaet mereka ke indonesia maka bisa dipastika kita akan selalu mendapatkan laba surplus yang baik. Yang harus saya siapkan, tentu saja ada management team sebagai team awal yang akan mengatur segala keperluan sebelum program dijalankan, dan selanjutnya ada people who negotiation ( orang yang akan bernegosiasi dengan management objek yang akan kita datangkan ), selanjutnya ada pendanaan, schudle show, dan segala keperluan penting lainya misal club/tim sepakbola itu stadiun,jadwal meet greet. Dan kalo penyanyi/dj itu ada venue, soundsystem dan keamanan tentu saja. 3. Saya mendapat nilai 70, disitu dikatakan saya punya cukup bakat dalam berbisinis, jangan terpengaruh orang lain dan harus memulai bisnis dengan hati hati

  12. Azizah hendra 1412000110 says:

    1. Apa perbedaan micropreneur, enterpreneur, dan intrapreneur? Sertakan contoh nya
    – micropreneur adalah: seseorang yang mengambil keputusan untuk memulai usaha guna mendapatkan kebebasan finansial dan kepuasan kita pribadi
    – enterpreneur adalah: kemampuan dan kemauan nyata seorang individu, yang berasal dari diri mereka sendiri, dalam tim di dalam maupun luar organisasi yang ada, untuk menemukan dan menciptakan peluang ekonomi baru.
    – intrapreneur adalah: kewirausahaan (enterpreneur) dalam perusahaan. Intrapreneur adalah enterpreneur yang ada di dalam perusahaan.
    -> perbedaan nya:
    – micropreneur: mulai usaha dari awal seperti bisnis kecil kecilan, online shop atau home made
    – enterpreneur: seseorang yang dapat mengubah kesempatan menjadi bisnis yang sukses
    – intrapreneur: yang dimulai dari awal pemikiran atau kreatifitas yang muncul agar dapat memulai bisnis nya.

    2.Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.
    – executive summary
    Latar belakang saya membuat usaha di bidang jasa travel “haji & umroh” karena banyaknya peminat di seluruh indonesia yang berminat perjalanan ibadah nya.
    – company background
    Phinisi wisata adalah sebuah usaha di bidang jasa travel “haji & umroh”
    – management team
    Dalam usaha ini di butuhkan manejemen yang baik, disiplin, ulet dan jujur dalam bekerja individu atau team dengan menejemen yang bisa memasarkan produk ke pasaran atau masyarakat luas.
    – financial plan
    Menggunakan modal pribadi.
    – capital required
    Modal yang di butuhkan untuk membuka travel “haji & umroh” adalah biaya yang cukup tinggi, kewajiban nya adalah setiap trevel harus memiliki bank garansi sebesar Rp 2.000.000.000/travel.
    – marketing plan
    Semua kalangan atau semua umur dan melakukan iklan di media sosial.
    – location analysis
    Tempat nya strategis, kami membuka pusat informasi di berbagai daerah dan kantor cabang
    – manufacturing plan
    Pemasaran yang luas, fasilitas yang baik dan memuaskan dalam perjalanan travel dan service yang baik.
    – appendix
    Mencakup dengan pemasaran atau service informasi yang lengkap tentang perjalanan “haji & umroh”

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    Skor saya 84. Saya harus memperbaiki dan memotivasi agar lebih baik lagi.

  13. Liestyaningrum R.W.P (1412000113) says:

    1. -Macropreneur adalah seorang wirausahawan yang siap menerima dan mengambil resiko dalam memulai dan menjalani bisnis. Bisnis yang dijalani biasanya dalam kategori bisnis kecil (home-based owners). Micropreneur juga melakukan kegiatan usaha/bisnis nya sendiri, jadi dia bisa bebas dalam menjalankan jenis pekerjaan yang dia mau. Kesuksesan dari bisnis kecil ini bergantung pada dirikitya, karna kita sendiri yang menjalankan dari cara managing produksi hingga pemasaran nya. Contoh: usaha warung yang menjual berbagai macam kebutuhan sehari-hari. Mulai dari sabun colek, diterjen, shampoo, sabun mandi, tabung gas, air galon, hingga barang sembako seperti gula, beras, dll.

    -Entrepeneur atau seorang wirausahawan berani menjalani bisnis dan mengejar peluang bisnis yang ada dengan menerima segala resiko yang telah di perhitungkan. Entrepreneurship biasanya mempunyai ide-ide yang bagus sehingga mampu ber inovasi agar bisnis semakin maju. contoh: seseorang membuka usaha ‘Car Wash’ di sebuah komplek dengan mempertimbangkan segala resiko nya yaitu pelanggan sepi, kurang pegawai dll lalu melakukan inovasi bukan hanya mobil saja yang bisa di cuci tetapi motor juga bisa. bahkan di tempat usahanya kini dibuka warung makanan unuk pelanggan yang datang.

    -Intrapreneur: yaitu seorang wirausahawan yang bekerja di dalam sebuah organisasi atau perusahaan. organisasi/perusahaan yang menjadi jembatan antara gagasan dan pemikiran seseorang untuk organisasi atau perusahaan tempat ia bekerja. Contoh: seorang pekerja disebuah perusahaan kerupuk berhasil menemukan sebuah alat untuk mempercepat proses penjemuran kerupuk, lalu perusahaan menggunakan penemuan baru tsb untuk kemajuan dan untuk mendpatkan keuntungan yang lebih dari penemuan alat baru tersebut.

    2. saya akan membuka usaha re-seller air galon dan tabung gas, yang akan dijual untuk sekitar perumahan, sehingga warga perumahan akan mengisi ulang air galon dan tabung gas disini karena kebetulan untuk isi ulang air galon dan tabung gas lumayan jauh dan susah. untuk harga yang ditawarkan setiap merek galon nya berbeda-beda. Disini saya menyediakan 3 macam air galon. mulai dari 12.000 rupiah hingga 15.000 rupiah. untuk tabung gas yang 12kg dijual dengan harga 125.000 rupiah dan untuk yang 3kg 18.000 rupiah. Disini saya juga melakukan jasa pesan antar untuk sekitar perumahan. Saya melengkapi peralatan usaha seperti trolli untuk pesan-antar, sebuah ruangan untuk menyimpan barang yang akan saya jual, termasuk telepon dan motor untuk mengantar yang lumayan jauh. Promosi yang akan dilakukan dengan menyebar selembaran berisikan nama usaha, barang apa yang saya jual beserta harga nya, alamat tempat usaha, bisa juga melalui jejaring sosial dan fasilitas internet lainnya. Setelah usaha saya berkembang baik mungkin saya bisa menambahkan jenis produk yang saya jual seperti air minuman gelas dan botol kemasan. Harga yang saya tetapkan harus bisa bersaing dengan tempat lain, tidak terlalu mahal juga tidak terlalu murah, pelayanan yang diberikan harus baik pula seperti tidak terlambat dalam pengiriman barang. Sehingga pelanggan tidak pindah ke tempat yang lain.

    3. skor yang saya dapatkan yaitu 84. Yang harus saya perbaiki agar skor saya meningkat yaitu introspeksi diri lagi. Saya harus bisa menjadi driver untuk diri saya sendiri. Sehingga saya ter motivasi untuk menjadi lebih baik dan semangat untuk sukses pun bertambah.

  14. dhani ilham says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    Jawab : entrepreuner adalah seseorang yang memiliki bakat atau mempunyai ide berani untuk membuka usaha/perusahaan dan berani mengambil risiko untuk mendapat keuntungan dari usaha nya tersebut. Contoh nya : seseorang yang membuka usaha seperti distro , dia harus berani untuk menjual dan mempromosikan agar barang dagang nya tersebut bisa bersaing dengan produk lain . Intrapeuner adalah seseorang yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan usaha orang lain , sehingga memberikan efek positif dan dapat berpengaruh besar dalam perusahaan tersebut . Contoh nya : pengerajin batik , dia selalu membuat kreasi atau inovasi corak batik yang lebih baru supaya perusahaan itu bisa bersaing dan terus berkembang . Micropreuner adalah pengusaha yang memulai bisnis kecil dan berani untuk mengambil risiko . biasanya mereka memulai bisnis nya dari nol dan terus berusaha agar bisnis nya itu terus berkembang dan mengerjakan apa yang mereka ingin lakukan dan mempunyai gaya hidup yang seimbang . Contoh nya : seseorang yang membuka warung klontong / warung kecil”an yang lama kelamaan akan berkembang .2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.
    Jawab nya : saya akan membuka usaha distributor/ distro . Dalam usaha yang saya lakoni saya membutuhkan sebuah modal , pegawai dan juga t-shirt , jeans , jacket yang tentu saja mengikuti trend” yang berkembang di masyarakat . Dalam memperkembangan kan usaha tersebut saya harus terus bekerja keras untuk mempromosikan barang” yang saya produksi sendiri. Saya juga mempromosikan di sebuah event” yang khusus untuk menjual berbagai macam-macam pakaian dan pasti nya saya harus mempunyai outlet yang strategis . 3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm.Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat? Skor saya 78 . Yang Saya harus memperbaiki adalah saya harus terus berusaha dan terus berkreasi supaya saya bisa menjadi seorang pebisnis yang kreatif.

  15. anita yulia prabaningrum (1412000147) says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    jawab :
    – Entrepreneur : seseorang yang kreatif,inovatif dan memiliki sebuah keberanian dalam mewujudkan sebuah peluang usaha untuk mendirikan suatu perusahaan serta berani mengambil resiko untuk mendapatkan sebuah keuntungan.
    Contoh : seseorang yang membuka usaha salon,dia berani mengambil resiko rugi apabila salon itu sepi pengunjung.
    – Micropreneur : seseorang wirausaha yang ingin memulai usahanya dari nol dan berani mengambil resiko untk mengembangakan usahanya dikit demi sedikit untuk menjadi pengusaha yang besar serta saling berbagi pengalaman.
    Contoh : seseorang yang membuka salon dengan tempat yang tidak terlalu besar dan wirausahan itu merubah tempat salonnya dikit demi sedikit dari penghasilan yang ia dapatkan.
    – Intrapreneur : orang orang yang kreatif dan inovatif yang berkarya disebuah perusahaan.
    Contoh : seorang juru masak direstoran yang mengeluarkan ide masakan baru untyk menu baru direstoran tersebut.
    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru?
    jawab :
    Usaha yang akan saya buat adalah sebuah kafe pintar yang menarik dengan tempat yang menarik yang menghidangkan masakan yang tidak terlalu mahal .persiapan yang harus saya siapkan adalah modal, mencari tempat yang strategis serta bahan dan perlengkapan untuk kafe. Saya akan membuat kafe tersebut semenarik dan senyaman mungkin sehingga orang yang pernah datang ke kafe saya akan tertarik untuk datang lagi dan memberitahu rekannya. Usaha yang saya lakukan untuk mempromosikan kafe saya dengan cara membuat iklan dan selembaran dengan isi semenarik mungkin sehingga masyarakat ingin datang ke kafe. Dalam usaha yang saya jalankan akan banyak orang orang yang berpengaruh dalam usaha saya seperti juru masak,pelayan ,akuntan serta bank,karena bank membantu saya dalam permodalan usaha dan peminjaman dana.
    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    jawab:
    Score saya 74, saya akan memperbaiki kekurang saya dengan cara memotivasi diri saya,percaya diri dan berani mengambil resiko serta lebih menggali ide ide untuk berbisnis

  16. Refal Tamara Putra says:

    1.apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur, dan intrapreneur? Sertakan contohnya :
    Jawab : Micropreneur adalah orang yang memulai usahanya dari kecil merintis sedikit demi sedikit dengan segala risikonya.
    Contoh : Anak sma yang mencoba berjualan atau menjadi penyalur di internet dengan modal yang tidak banyak.
    Intrapreneur : adalah seorang yang mempunya otak kreatif yang mempunyai naluri wirausaha yang digunakan dalam perusaahaan milik orang lain.
    Contoh : Tukang masak ( Koki ) yang menambahkan jenis masakan baru di restoran milik orang lain
    Entrepreneur : Orang yang memiliki kreasi, percaya diri, inovatif, berorientasi masa depan. berani ambil risiko demi mendapat keuntungan walaupun hanya sedikit.
    Contoh: seorang berkerja membuka Online Shop dengan sedikit modal tapi bisa membuat keuntungan.

    2. bayangkan saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan anda buat? Jelaskan secara singkat apa saja yang harus di siapkan untuk memulai usaha baru? Jelaskan outline business pplan hal 165 dan 166 sebagai acuan.
    Jawab: Saya ingin membuat usaha Online Shop membuka mini distro. untuk membuat itu saya membutuhkan bahan yang di perlukan, referensi dari berbagai tempat tentang bahan yang bagus untuk baju distro, lokasi membuka distro, melakukan pengenalan produk yang saya bikin. membuat iklan dengan menggunakan orang orang yang “famous” contoh artis atau model.
    saya juga harus mengetahui tentang konveksi. jarak konveksi kepada toko, sehingga saya dapat mempermurah biaya tapi sekaligus menambah keuntungan saya, dimana saya harus bisa mengatur pembelanjaan. Karena modal dari membuat distro tidak terlalu besar saya akan menggunakan uang tabungan saya.

    3. 3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    jawab: Score saya 92 . disitu saya dikatakan untuk tidak goyah saya bisa sukses dengan gaya saya sendiri, kesempatan saya terbuka lebar. dan jangan membuang buang kesempatan.

  17. yudistiro gilang wicaksono says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    Jawab :
    -Entrepreneur adalah seseorang yg kreatif, penuh dengan ide yang berani memulai suatu usaha atau mendirikan perusahaan serta berani mengambil resiko untuk menghasilkan suatu keuntungan.
    Contoh : bill gates dengan microsoftnya
    -Intrapreneur adalah seseorang yang ikut berpartisipasi di dalam suatu usaha atau perusahaan yg memiliki jiwa entrepreneurship sehingga memberikan pengaruh terhadap suatu usaha atau perusahaan tersebut.
    Contoh : steve wozniak dengan apple inc.

    -Micropreneur : seseorang yg berani menerima resiko untuk memulai dan mengelola suatu usaha yg tidak cepat berkembang, mereka mengerjakan apa yg ingin mereka lakukan, juga menawarkan pola gaya hidup yang seimbang.
    Contoh : Konsultan, lawyer

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.

    Saya akan mendirikan usaha yang konvensional saja, yaitu peternakan (terutama sapi). Mengapa peternakan? karena kebutuhan negara kita akan daging sangat minim bahkan hingga untuk 20 tahun mendatang sungguh peluang yang sangat bagus untuk berbisnis, dan saya juga ingin warga negara kita bisa mendapatkan daging dengan harga yang lebih terjangkau karena tidak perlu import dari negara lain, saya ingin membuka cabang yang lebih banyak disetiap provinsi agar pendistribusian daging merata dan dengan harga yang terjangkau disetiap daerah. peluang juga hadir karena setiap tahun negara kita menyambut momen idul adha yang tentunya banyak umat muslim yang ingin mencari sapi yang sehat, gemuk dengan harga yang terjangkau. Dimana lokasi peternakan? saya akan membuat peternakan ini didaerah yang sejuk dan harga tanah yang relatif murah namun tidak jauh dari kota-kota besar, dan untuk jangka panjang saya akan membangun cabang diseluruh provinsi. Dari mana modalnya? tentunya jauh-jauh hari saya sudah harus mempersiapkan modal yaitu emas dan tabungan pribadi, saya juga akan mengajak investor-investor yang tertarik untuk menginvestasikan uangnya di usaha ini dengan persenan yang menjanjikan, Bagaimana target pasar? tidak hanya dipasarkan dalam negeri namun juga mancanegara dan restoran-restoran lokal maupun internasional yang membutuhkan suplai daging, telur maupun susu.

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?

    skor saya 90, kekurangan saya adalah karena prinsip saya ‘bukannya saya tidak percaya dia, tapi saya tidak percaya siapapun’ dan ‘kepercayaan itu mahal harganya’

  18. Puput septiani ( 1412000097 ) says:

    1. Perbedannya:
    Micropreneur adalah orang yang bersedia untuk menerima resiko untuk memulai dan mengelola bisnis yang tetap kecil, mereka melakukan pekerjaan yang mereka ingin lakukan, dan menawarkan gaya hidup yang seimbang.

    Contoh: penulis, konsultan, produservide,arsitek

    Entrepreneur adalah orang yang melakukan aktivitas wirausaha dicirikan dengan pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya.

    Contoh: Dr. Maria Montessori (Italy) yang mengembangkan lembaga pendidikan untuk anak-anak dan John Muir (U.S.) yang membuat lembaga perlindungan dan konservasi kebun binatang serta membuat lembaga bernama Sierra Club.

    Intrapreneur adalah orang wirausaha yang menekankan pengembangan sumber daya, dana, dan informasi dari dalam perusahaan itu sendiri, untuk mencapai kesuksesan. Intrausaha adalah staf dari suatu organisasi yang memiliki jiwa wirausaha yang diterapkan untuk pertumbuhan organisasi atau perusahaan sendiri.
    Contoh: untuk memanfaatkan suatu peluang bisnis, mereka membentuk unit bisnis strategik (semacam anak perusahaan) tersendiri yang otonom, namun masih tetap dalam kesatuan dengan perusahaan induk. Semua pihak di dalam perusahaan dipacu untuk berpikir kreatif, mau mengambil risiko, dan berinovasi dengan menggunakan sumber dari dalam lingkungannya, Dengan demikian intrapreneur, seperti juga para wirausaha, mempunyai kreatifitas dan motivasi, tidak saja oleh uang melainkan termotivasi oleh visi ke depan.

    2. Kalau saya menjadi seorang pengusaha, saya ingin membuat bisnis yaitu sebuah salon. Dimana para2 wanita sangat menyukai pergi ke sebuah salon. Seperti biasanya yang di pilih oleh para wanita untuk pergi ke salon seperti creambath, masker, potong rambut, facial dan lain2nya. Konsepnya salon yang menyediakan berbagai fasilitas seperti ac, tv, dan free wifi yang akan membuat para pengunjung betah selama berada di salon tersebut dan merasa nyaman. Harga yang tidak terlalu mahal untuk para mahasiswi atau para pengunjung lainnya, yaitu misalkan creambath RP. 30.000,-, dan peluang membuka salon di sekitar perumahan yaitu karena banyak orang yang kadang tidak mau jalan jauh dari rumah buat pergi ke salon dan peluang buka di perumahan sangat strategis.
    Tahap awal dari business plan ini adalah membuka gerai seluas 10×10 meter persegi dan berlokasi di sebuah perumahan harapan indah. Konsep salon tersebut mungkin berbeda dari salon2 lainnya agar bisa membuat para pengunjung merasa nyaman berada disalon tersebut.

    3. Hasil skor quiz saya 74 , mungkin yang harus di perbaiki di titik lemah saya agar bisa lebih baik atau meningkat seperti lebih bertanggung jawab dan percaya diri untuk mengambil keputusan untuk menjadi seorang pebisnis yang handal.

  19. Ulfah Rasmaliani says:

    1.Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    Micropreneur adalah pengusaha yang berani menanggung risiko untuk memulai bisnis yang tetap kecil, dan dapat melakukan apa yang ingin mereka lakukan. Sehingga memiliki gaya hidup yang seimbang.
    Contohnya penulis, arsitek, konsultan.
    Intrapreneur adalah orang-orang kreatif yang memiliki usaha sendiri namun masih bekerja di perusahaan dimana ia bekerja.
    Contoh: google.
    Entrepreneur adalah orang yang memiliki jiwa wirausaha, yang berani mengambil risiko dalam memulai bisnis dan menjalankannya hingga berkembang.
    Contoh : usaha roti, usaha salon, usaha.

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.

    Dengan perkembangan zaman yang sangat pesat maka banyak produk-produk luar negeri yang masuk keIndonesia . salah satunya dalam bidang kuliner adalah brownies. Kue asal Amerika ini banyak degemari konsumen di Indonesia. sehingga usaha brownies ini dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan.

    Usaha yang akan dibuat adalah toko kue brownies, inspirasinya dari banyaknya teman-teman yang menyukai brownies,, sehingga menimbulkan keinginan membuka usaha sendiri.
    Dalam usaha ini dibutuhkan pemilik usaha, manager yang mengatur keuangan, chef, pelayan dan pengantar pesanan bila konsumen memesan via telepon.

    Modal untuk usaha ini didapat dari pinjaman kepada orang tua dan teman-teman dekat serta tabungan sendiri.

    Segmen pasarnya adalah remaja dan ibu rumah tangga.

    Lokasi usaha di jl. Sumur batu no 10 Kemayoran, Jakarta pusat. Lokasi sangat strategis karena dekat dengan pasar (pasar sumur batu) dan di pertigaan jalan sehingga mudah terlihat oleh konsumen.

    Untuk promosinya usaha ini menggunakan brosur sebagai alat promosi.

    Kapasitas produksinya 300 kotak/hari, tetapi rencana produksi adalah 250 kotak/hari.

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?

    Score saya 86. Yang harus di tingkatkan adalah kompetisi dalam hubungan dengan manusia dan lebih belajar lagi bagaimana cara menjadi seorang wirausaha yang baik.

    • Ulfah Rasmaliani (1412000164) says:

      1.Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
      Micropreneur adalah pengusaha yang berani menanggung risiko untuk memulai bisnis yang tetap kecil, dan dapat melakukan apa yang ingin mereka lakukan. Sehingga memiliki gaya hidup yang seimbang.
      Contohnya penulis, arsitek, konsultan.
      Intrapreneur adalah orang-orang kreatif yang memiliki usaha sendiri namun masih bekerja di perusahaan dimana ia bekerja.
      Contoh: google.
      Entrepreneur adalah orang yang memiliki jiwa wirausaha, yang berani mengambil risiko dalam memulai bisnis dan menjalankannya hingga berkembang.
      Contoh : usaha roti, usaha salon, usaha.

      2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.

      Dengan perkembangan zaman yang sangat pesat maka banyak produk-produk luar negeri yang masuk keIndonesia . salah satunya dalam bidang kuliner adalah brownies. Kue asal Amerika ini banyak degemari konsumen di Indonesia. sehingga usaha brownies ini dapat berkembang dan menghasilkan keuntungan.

      Usaha yang akan dibuat adalah toko kue brownies, inspirasinya dari banyaknya teman-teman yang menyukai brownies,, sehingga menimbulkan keinginan membuka usaha sendiri.
      Dalam usaha ini dibutuhkan pemilik usaha, manager yang mengatur keuangan, chef, pelayan dan pengantar pesanan bila konsumen memesan via telepon.

      Modal untuk usaha ini didapat dari pinjaman kepada orang tua dan teman-teman dekat serta tabungan sendiri.

      Segmen pasarnya adalah remaja dan ibu rumah tangga.

      Lokasi usaha di jl. Sumur batu no 10 Kemayoran, Jakarta pusat. Lokasi sangat strategis karena dekat dengan pasar (pasar sumur batu) dan di pertigaan jalan sehingga mudah terlihat oleh konsumen.

      Untuk promosinya usaha ini menggunakan brosur sebagai alat promosi.

      Kapasitas produksinya 300 kotak/hari, tetapi rencana produksi adalah 250 kotak/hari.

      3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?

      Score saya 86. Yang harus di tingkatkan adalah kompetisi dalam hubungan dengan manusia dan lebih belajar lagi bagaimana cara menjadi seorang wirausaha yang baik.

    • Adi Susilo Jahja Adi Susilo Jahja says:

      ok

  20. Yurika Azalia Putri (1412000128) says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    Jawab :
    – Micropreneur yaitu seseorang yang berani untuk menerima resiko untuk memulai dan mengelola bisnis dari nol sampai maju atau berkembang. Dan mereka melakukan pekerjaan yang mereka ingin lakukan, dan menawarkan gaya hidup yang seimbang.
    Contoh : penulis, konsultan, dll

    -Entrepreneur yaitu seeorang yang mempunyai ambisi dan berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, dan bertanggung jawab atas bisnis yang ia jalani.
    contoh : seseorang yang membuka suatu usaha seperti toko baju, dia berani menerima resiko untuk bersaing dengan toko baju lain nya apabila toko baju lainnya jauh lebih banyak peminatnya dibandingkan toko baju yang dia miliki.

    -Intrapreneur yaitu seseorang yang memiliki ide kreatifitas dalam sebuah usaha namun tidak mengambil resiko tetapi masih didalam suatu organisasi perusahaan.
    Contoh : seorang staff dalam suatu perusahaan mengeluarkan idenya untuk mengembangkan produk yang di kelola.

    2. bayangkan saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan anda buat? Jelaskan secara singkat apa saja yang harus di siapkan untuk memulai usaha baru? Jelaskan outline business pplan hal 165 dan 166 sebagai acuan.
    Jawab:
    Kalau saya menjadi seorang pengusaha, saya ingin membuat bisnis yaitu sebuah butik. Karena banyak kaum wanita suka mengikuti fashion terkini. Dengan harga yang tidak terlalu mahal atau standar untuk para kaum wanita yaitu misalkan dari harga 100.000 keatas dengan kualitas bahan yang bagus dan dan model-model yang tidak pasaran. Saya akan membuka sebuah butik dimana letaknya sangat dekat dengan pusat kota, sehingga orang -orang yang lalu lalang dapat melihat dan ditempat dimana anak muda kuhusunya wanita sering hang out. Bukan hanya dipasarkan di dalam negeri, tetapi saya akan memasarkannya ke dunia, sehingga produk saya menjadi produk Indonesia yang mendunia.

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    jawab: score saya 74 saya akan memperbaiki kekurangan saya dan memotivasi diri saya sendiri dengan percaya diri dalam menggambil semua ide atau risiko yang saya ambil dalam berbisnis.

  21. Fristy Taria (1412000150) says:

    1.Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    Micropreneur adalah seseorang yang bersedia menerima risiko untuk memulai suatu usaha dan dengan usaha yang diinginkan dari nol hingga usahanya lebih maju.
    Contohnya Penulis, arsitek, dll.

    Enterpreneur adalah seseorang yang selalu mempunyai ide ide baru yang mampu melakukan suatu perubahan baru dengan nilai yang tinggi dari sebelumnya untuk memperoleh keuntungan
    Contohnya seseorang membuka toko accessoris, dia berani bersaing dengan toko acessoris lainnya dengan cara setiap hari selalu ada accessoris yang baru agar konsumen tidak bosan.

    Intrapreneur adalah seseorang yang berpartisipasi dalam suatu usaha dan memberikan pengaruh yang positip dalam usaha tersebut
    Contohnya seorang karyawan berani menyampaikan ide yang inovasi dan kreatif untuk perusahaannya agar perusahaan tersebut berkembang.

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.
    Karena banyak wanita yang memerlukan accessoris, maka saya akan membuka usaha toko accessoris. Dalam usaha ini saya memerlukan modal, tempat, pegawai, dan barang barang acesoremasais lainnya. Agar usaha saya berkembang, barang accessoris yang akan saya jual harus selalu yang inovatif dan mengikuti trend masa kini agar konsumen tidak bosan. Untuk memasarkan usaha saya, saya akan mempromosikan dengan cara membagikan brosur dan memasarkan secara online melalui media sosial.
    Yang paling berpengaruh dalam usaha saya adalah variasi barang yang dijual yang harus sesuai dengan trend masa kini.

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    Skor saya adalah 88. Saya akan terus memperbaiki dan berani dalam mengambil risiko. Serta banyak belajar kepada yang lebih berpengalaman.

  22. Nur Anisa Aniarti (1412000139) says:

    1.Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    Micropreneur : Wirausahawan yang memulai usahanya dari mulai usaha yang kecil
    Contoh: orang membuat usaha roti bakar atau pisang bakar
    Intrapreneur: Orang orang yang berkreatif yang dibutuhkan oleh wirausahawanuntuk menjalankan usahanya
    Contoh: Usaha kerajinan tangan
    Entrepreneur : Sekelompok orang yang berpengalaman dibidang usaha yang berbeda beda lalu bekerja sama membangun tim dan mengembangkan atau memasarkan produk baru
    Contoh: Manajer manajer dari tiap perusahaan membuat produk baru , atau membuka usaha rumah makan yang unik dari mulai tempat, fasilitas yang belom pernah dibuat oleh pengusaha pengusaha lainnya

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.

    Jawab: saya akan membuka usaha makanan yaitu ROTI COMEL CADBURRY ( Coklat Meleleh), yang diminati para pemuda jaman sekarang , saya akan memilih tempat yang strategis , dengan di fasilitasi wifi hotspot , tempat usahanya pun di hias se unik mungkin agar komsumer tertarik dengan dekorasi, pelayanan dari cafe saya tersebut. Dan saya akan membuat promo untuk tiap pembeli yang sering datang ke cafe saya. Saya akan membuat cafe saya semenarik mungkin agar pembeli datang kembali ke cafe saya . komposisi makanannya pun dengan coklat cadbury asli.

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?

    Jawab: skor saya 78, saya akan lebih mempelajari dunia bisnis

  23. Rizqy Lazuwardi says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    Jawab:
    • Micropreneur adalah cikal bakal pengusaha yang memulai merintis bisnis dari rumah. Ia memiliki kepribadian, nilai-nilai, latar belakan serta alas an memasuki dunia bisnis yang sama sekali berbeda dengan para wirausaha (entrepreneur) konvensional. Contoh: penulis, konsultan, produser video, arsitek, dll
    • Entrepreneur adalah seseorang yang memiliki kecakapan tinggi dalam melakukan perubahan, memiliki karakteristik yang hanya ditemukan sangat sedikit dalam sebuah populasi. Definisi lainnya adalah seseorang yang ingin bekerja untuk dirinya, entrepreneur bukan berarti pedagang. Namun, mereka yang punya semangat untuk kreatif, inovatif, berani mengambil risiko, serta mampu mengubah “sampah” menjadi “emas”. Contoh: Boenjamin Setiawan sebagai Pendiri PT Kalbe Farma Tbk. Trihatma Kusuma Haliman sebagai Pendiri Agung Podomoro
    • Intrapreneurship adalah kewirausahaan (entrepreneurship) dalam perusahaan (enterprenership inside of the organization) atau dapat dikatakan bahwa intrapreneurship adalah entrepreneuship yang ada di dalam perusahaan. Contoh: John Francis Welch Jr. (Lahir 19 November 1935) adalah salah satu tokoh yang dikenal karena kepemimpinannya saat ia menjabat sebagai Pemimipin dan Ketua Eksekutif dari General Electric (GE) pada periode 1981-2001.
    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru?
    Jawab:
    Saya akan membuat usaha membuka toko bahan makanan asia (maaf, contohnya bukan dari Indonesia). Alasan saya membuka usaha toko bahan makanan ini karena menurut saya usaha ini cukup bagus untuk menjadi seorang entrepreneurship (pengusaha). Apabila saya tidak mempunyai modal saya berani nekat mengambil pinjaman dari Bank, karena saya ingin punya penghasilan tanpa harus keluar jauh dari rumah, karena saya optimis bahwa saya bisa. Walaupun pekerjaan ini sangat banyak, dan membuat cape badan dan cape mental. Apabila sudah terkait pinjaman ke bank seperti ini saya tidak bisa langsung berhenti karena saya harus bertanggung jawab.
    Saya harus mengurus toko yang dipenuhi pelanggan yang mencari sayuran segar, walaupun pertamanya saya harus kewalahan mengurus toko tapi apa boleh buat. Mulai dari urusan pesanan ke supplier, mengatur sayuran, mensortir bahan makanan yang sudah harus dibuang karena kadaluarsa, dan yang utama melayani pelanggan. Saya piker, kunci utamanya adalah saya harus cari bala bantuan, tetapi menarik bala bantuan untuk usaha anda juga berarti meningkatnya overhead cost.
    Namun, itulah usaha sendiri saya, jangan berharap untung di tahun pertama usaha anda buka. Bila anda bisa balik modal pada akhir tahun tersebut, itu sudah cukup baik.
    Mungkin bila digali lagi lebih dalam, jika anda berfikir dengan berusaha sendiri, anda bisa memiliki pohon uang yang langsung besar, rasanya mustahil, semua membutuhkan usaha dan juga waktu.

    3. Hasil skor quiz saya 76 , mungkin yang harus di perbaiki di titik lemah saya agar bisa lebih baik atau meningkat seperti lebih bertanggung jawab dan percaya diri untuk mengambil keputusan untuk menjadi seorang pebisnis yang handal dan menjadi seorang entrepeneur yang hebat.

  24. Donny Ady Darmawan says:

    1. Micropreneur : adalah pengusaha dalam skala kecil atau micro tetapi sama dengan pengusaha lain yang memiliki integritas dan semangat usaha yang sama biasanya bekerja sendiri atau tidak banyak orang yang ia ajak untuk bekerja dengannya. Contoh micropreneur adalah seorang arsitektur.
    Entrepreneur : adalah orang yang berani membuat perubahan untuk membuat sesuatu,serta sikapnya yang berani mengambil resiko. Ide idenya yang bermunculan untuk membuat usaha yang sudah ada tapi lebih inovatif dan kreatif. Seorang entrepreneur yang memiliki kemahiran disebut entrepreneurship. Contoh seorang entrepreneur adalah Basrizal Koto beliau adalah seorang entrepreneur dari Sumatra barat ia melakukan bisnis bidang percetakan,pertambangan,perhotelan dan property.
    Intrapreneur : adalah seorang wirausaha yang menekankan pengembangan pada sumber daya alam, dana dan informasi dalam perusahan tersebut. Menurut Tunggul Tranggono seorang pemerhati koperasi intrapreneur adalah “self determined goal setter” jadi intrapreneur adalah karakter seorang wirausaha.

    2. Jenis usaha yang akan saya lakukan jika saya berkesempatan dapat mewujudkannya tempat cuci steam vespa, menurut saya walaupun banyak tempat cuci steam dimana-mana tapi usaha ini jarang yang terlihat sepi. Mungkin dari managmentnya saja yang tidak bisa mengelola sehingga tidak membuat masyarakat menarik untuk mencuci kendaraannya. Ditempat cuci steam yang saya buat akan berdampingan dengan bisnis bengkel dan service, selain itu juga ada cafenya jadi dapet membuat pengunjung tidak bosan. Usaha ini akan menguntukan banyak pihak karna masing-masing memilik bagiannya. Karna menurut saya perkerjaan yang paling hebat itu adalah hobby yang dibayar,cuci steam vespa ini masih sangat jarang. Karana bisnis ini masih jarang jadi perlu promosi yang besar agar orang-orang mengetahui ada tempat untuk mencuci motor vespa kesayangannya. Vespa termasuk barang yang sangat dirawat dan mahal jadi kadang si pemilik sangat menyayangi untuk dicuci ditempat biasa. Saya akan menjadi karyawan swasta untuk mencapai modal untuk membuat usaha ini. Usaha ini akan saya bangun dibilangan jakarta selatan selain tempat yang strategis. Karna saya yakin jika suatu usaha memiliki potensi dan nilai lebih maka orang akan rela jauh dating ke tempat saya untuk mencuci motornya.

    3. Skor yang saya capai dikuis yaitu 84 mungkin saya butuh banyak belajar tentang bagaimana cara memulai dengan modal yang minim agar usaha tetap terwujud selain itu saya harus belajar agar management usaha biasa berjalan dengan baik terutama disetiap keputusan yang saya ambil.

  25. Riska Yulianti ( 1412000103 ) says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur, dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    • Micropreneur itu orang orang yang berani mengambil keputusan besar dengan memulai usaha awal atau kecil-kecilan yang diinginkan, juga ingin kehidupannya berubah baik dari segi keuangan (ekonomi) maupun kepuasan dalam dirinya karena memulai usaha tersebut.
    Contohnya: orang yang membuka usaha makanan es krim goreng. Makanan tersebut sangat jarang ditemui bahkan disukai. Dan ia berani mengambil keputusan tersebut dengan berani.
    • Entrepreneur dicirikan kepada orang yang memiliki segi pikir secara kreatif yang mampu memulai usaha dengan bersaing memunculkan produk baru.
    Contohnya : seseorang yang memulai usaha toko ice cream dan coffe, tentu itu akan membutuhkan modal yang besar dan ia berani mengambil risiko apabila usahanya rugi dan ia harus bertanggung jawab atas usahanya itu.
    • Intrapreneur itu bisa disebut juga entrepreneurnya perusahaan akan tetapi dia masih belum memiliki usaha, dia bekerja disebuah perusahaan. Dia bekerja dengan cara berpikirnya yang luar bisa serta idenya pun cemerlang sehingga idenya tersebut bisa selalu diterima di pasar atau lingkungan tempat ia bekerja.
    Contohnya : seorang pengusaha majalah yang menerbitkan majalah,akan tetapi pengorderan makin hari makin sedikit. Ternyata kurang sesuai dengan apa yang diinginkan pembeli. Nah yang kita sebut intrapreneur disini bertugas untuk memecahkan bagaimana idenya yang kreatif diterima pembeli agar pengorderan stabil atau perlu bertambah, dan ia harus berfikir imajinatif dan cerdas agar pengorderan kembali stabil.
    2. Bayangkan saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus dipersiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline bussines plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.
    • Saya akan membuat usaha salon kecantikan beauty queen. Pertama yang harus saya lakukan untuk memulai usaha tersebut adalah mendiskusikan akan seperti apa konsepnya dekorasinya dll dengan tim manajemen. Juga mempersiapkan accounting yang akan mengurus keuangan guna mempersiapkan usaha ini, mereview target market apa saja untuk mempromosikan usaha salon kecantikan seperti majalah,brosur,iklan dll. Lalu mencari letak atau lokasi yang strategis jauh dari kemacetan, mencari pegawai yang nantinya membantu saya agar usaha ini sukses. Serta meyakinkan masyarakat bahwa usaha salon kecantikan ini aman,nyaman,dan pas untuk merilekskan dari rutinitas sehari-hari.
    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    • Skor kuis saya 70. Dikatakan saya harus lebih mendalami lagi ketekunan agar dapat menghadapi beberapa kesulitan dijalan.

  26. Govinda julian S (1412000152) says:

    1) apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur, dan intrapreneur ? sertakan contohny?

    micropreneur adalah seorang pengusaha/wiraswastawan yg ingin melakukan suatu usaha/bisnis yg dimulai dari nol tetapi berani mengambil resiko apa yg terjadi kedepannya dan berusaha meningkatkan usahanya tersebut agar lebih maju.
    contohnya seorang wiraswastawan yang usahanya menjual baju disebuah pasar dan bersaing dengan penjual lainya. apabila yg dijual laku keras maka wiraswastawan tersebut akan merintis usahanya tersemut agar berkembang lebih luas/memperluas daganganny.

    entrepreneur adalah seseorang yg berjiwa bisnis yg penuh ide ingin menjadi seorang wirausahawan yang berani menangung semua resiko untung /rugi usaha tersebut . pengusaha tersebut turun langsung dalam menjalankan bisnisnya dan tidak memilih menjadi seorang pegawai kantoran yg memiliki gaji tetap.
    contohny seseorang yg memliliki ide untuk menjalankan usaha memproduksi roti dan roti tersebut akan berisiko basi apa bila tidak laku terjual dan wiraswastawan tersebut menangung kerugian dan turun langsung menjalankan usaha tersebut.

    intrapreneur adalah seorang yg memiliki ide/kreatifitas ingin melakukan bisnis tetapi tidak ingin menangung resiko terlalu besar, maka dari itu berpartisipasi dengan entrepeneur untuk mengeluarkan ide ide tersebut agar usaha tersebut menjadi lebih maju.
    contohnya seorang mahasiswa yg memiliki modal pas pasan ingin membuka usaha tetapi takut akan kerugian maka mahasiswa tersebut berpartisipasi dengan seorang entrepeneur untuk mengembangkan usaha.

    2) Jawab: saya akan membuka usaha dibidang pertenakan..saya akan memulai dari bertenak ayam dalam usaha ini yg diperlukan adalah modal,tanah,kandang,ayam,dn seorang pembantu
    ya pertama saya akan membuat kandang kandang dan memulai dengan membeli ayam petelor pejantan dan betina.untuk menjualnya saya mengincar langsung pembeli pihak pertama seperti ibu rumah tangga, restoran, pabrik pabrik, DLL…setelah mendapatkan untung saya akan menambah jumlah ayam petelor dan mengembangkan usaha tersebut dengan menjual ayam yg tidak reproduksi lagi untuk di potong.dan membuka warung restoran yg bahan dasarnya Ayam.

    3) 80, saya akan tetap terus belajar tentang bisnis dan memperbaiki kelemahan saya agar lebih baik kedepannya karena saya ingin meneruskan usaha keluarga.
    thnk

  27. Vindya Hartinah (1412000091) says:

    1. -Microprenuer: Seseorang yg memulai usaha sendiri dari bawah hingga menjadi usaha yg lebih maju dengan tidak mengandalkan siapapun sehingga lebih banyak mengambil resiko sendiri. usaha yg dimaksud seperti usaha kecil.
    Contoh: Seseorang yg membuka usaha kecil kecilan . dia harus mengambil resiko sendiri tetapi harus bangkit juga agar lebih maju lagi.

    -Entreprenuer: Seseorang/wirausaha yg membuka usaha untuk membuka peluang bagi org lain. pemilik usaha tersebut juga harus bertanggung jawab jika usahanya rugi. Pemilik itu sendiri juga harus mencari ide agar usahanya mendapatkan keuntungan yg cukup besar.
    Contoh: Pemilik usaha restaurant memberikan pekerjaan untuk org lain seperti bagian pelayanan,kasir ataupun juru masaknya. Pemilik usaha juga harus siap ngambil resiko jika usahanya rugi dan harus menciptakan sesuatu yg berbeda agar usahanya lebih maju dan bangkit lagi.

    -Intrapreuner: Seseorang yg bisa memajukan suatu perusahaan atau yg memiliki ide ide kreatif agar perusahaan tersebut lebih berkembang dibanding perusahaan yg lainnya. seseorang itu bukan pemilik perusahan melainkan orang yg bekerja dlm perusahaan tersebut.
    Contoh: Karyawan yg bekerja dlm suatu perusahaan yg memiliki ide atau menyalurkan ide ide kreatifnya agar perusahaan tersebut mendapatkan untung yg lebih besar.

    2. Saya ingin membuka usaha butik baju. dikarenakan jaman sekarang begitu pesat minat seseorang dalam gaya mode sekarang. apalagi globalisasi yg masuk ke indonesia membuat masyarakat indonesia lebih konsumtif. itu peluang yg saya ambil karena bakal lebih banyak untung yg saya dapatkan. tetapi saya juga harus memikirkan agar lebih bisa bersaing dengan butik yg lainnya. dengan menciptakan baju baju yg berbeda dari lainnya ataupun memberikan harga yg begitu miring dari harga pasaran. Hal pertama yg saya siapkan dalam membuka usaha ini adalah modal yg akan saya gunakan untuk memulai usaha tersebut. Kemudian saya mulai menyediakan tempat,membuka lowongan untuk karyawan dan mencari baju yg akan di paparkan di didalam butik ini. saya pun juga harus bekerja sama dengan designer handal agar terciptanya baju baju yg unik serta bagus sehingga saya mendapatkan keuntungan yg lebih besar jika peminat lebih banyak memihak dibutik saya dikarena model baju yg sangat berbeda dengan butik lainnya.

    3. Skor saya 82. Saya belajar dari titik kekurangan saya seperti saya harus menutupi kekurangan dengan baik dan mengembangkan keterampilan yg saya miliki dalam bidang bisnis.

  28. M. Adam Raihan says:

    M. Adam Raihan 1412000090

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.

    • Micropreneur : Adalah seseorang yang memulai usahanya dari bawah dan mengutamanakan kepuasan dan kebebasan atas pilihan nya dan siap mengambil resiko atas apa yang dipilihannya. Contohnya: fotografer, designer, Pelukis

    • Enterpreneur : Adalah seseorang yang memiliki ide besar untuk membuat seuatu usaha dan berani mengambil resiko membuat suatu usaha yang tujuan utama nya unduk mendapatkan keuntungan. Contohnya: seseorang yang membuka usaha rumah makan. Dia bisa saja mendapatkan untung besar namun ia juga harus berani mengambil resiko apabila dagangan nya tidak laku dan basi.

    • Intrapreneur : Adalah seseorang yang tidak memiliki usaha namun, ia mempunyai ide dan gagasan yang besar untuk memajukan bisnis yang dijalankan orang lain. Contohnya : seorang koki memberikan menu baru pada suatu restoran agar restoran tersebut lebih laku dan maju lagi.

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.
    • Saya akan membuat usaha sablon kaos digital. Saya membuat usaha ini karena saya melihat peluang yang ada di sekitar saya, dimana banyak sekali anak muda yang lebih nyaman dan gemar menggunakan kaos. Apalagi kaos tersebut dapat di design sendiri oleh penggunanya. saya akan menempatkan usaha saya ini di daerah yang strategis seperti, dekat kampus, mall, atau lokasi car free day. Modal yang saya gunakan untuk membuat usaha ini dapat diperoleh dari pinjaman orangtua. untuk memajukan usaha saya ini maka saya harus memasarkan produk saya, salah satu nya melalui social media seperti faceebook, twitter, instagram dll.
    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    • Skor saya 88 untuk memperbaiki skor saya maka menambah wawasan kewirausahaan dengan cara memperbanyak pengalaman dan belajar dari orang orang yang sudah memulai usaha dan sukses dibidang usaha yang digelutinya.

  29. Hizkia Altira Prasetyo(1412000124) says:

    1.Micropreneur adalah suatu usaha yang di jalankan oleh seseorang dengan berani mengambil resiko atau tantangan apa saja yang akan di hadapi dan dengan sekala yang kecil atau membuka usaha kecil2an di rumah dan tempat lainya.

    Contoh: penjahit,pembuat kue,penulis buku,usaha pembuatan konsep(designer) dll

    Enterpreneur adalah seseorang yang dapat berinovasi,dapat melihat peluang untuk membuat suatu usaha dan meningkatkan nilai jual barang agar mendapatkan keuntungan serta mengembangkan usahanya.

    Contoh: rumah makan ayam bakar masmono yang dulunya hanya sebagai pedagang kaki lima biasa,namun ia mengembangkan usahanya dengan cara membuka cabang di tempat lain berdampak positif karna memberi pekerjaan kepada orang lain. Dan masih banyak contoh lainya.

    Intrapreneur adalah seseorang dalam prusahaan yang mengembangkan atau memberi inovasi dan kreativitas untuk mengembangkan dan memberikan sauatu mimpi menjadi usaha dan dapat di laksanakan dalam ruang lingkup perusahaannya. penjelasan singkatnya orang yang berusaha untuk mengembangkan suatu perusahaan.

    Contoh: orang yang membuat suatu ide atau trobosan untuk mengembangkan perusahaan dimana dia bekerja,dalam bisnis makanan yang sedang mengalami penurunan penjualan makananya dan sorang koki dalam perusahaan tersebut mencoba untuk membuat menu makanan yang baru dan menarik akhirnya di ajukan ke pemilik perusahaan dan akhirnya penjualan meningkat karna menu baru yang di sediakan leih menarik dan enak untuk di nikmati

    2.menjadi pengusaha:

    “Scatola Polpetta”

    Saya membayangkan akan membuat usaha yang bergerak di bidang kuliner dengan nama “Scatola Polpetta” dari bahasa italia yang berarti bakso yang berbentuk kotak atau persegi.kenapa saya memilih bakso karna bisnis di bidang makanan adalah ladang yang sangat subur untuk mengembangkan usahanya karna manusia tidak akan hidup kalau tidak makan,namun saya sebelum menjalakan usaha,saya harus memiliki kunci atau keunikan dari usaha saya,kunci yang saya pegang adalah 1.kualitas rasa,2.bentuk atau jenis bakso,3.kejutan yang ada di bakso tersebut.saya akan menjelaskan “Scatola Polpetta” bukan hanya sekedar bakso berbentuk kotak saja namun saya akan memberi kejutan di setiap gigitan bakso,kejutan di dalam bakso tersebut akan saya isi dengan kornet, keju mozzarella,telur puyuh,usus ayam,dan sosis sapi.serta dalam 1 porsi mangkok terdapat 5 jenis bakso kotak isi tersebut,pangsit goreng, mie beserta kuahnya yang nikmat.kenapa saya lebih mencoba penampilan yang baru bagi si bakso karna menurut saya,bentuk bakso yang saya temui hanya berbentuk bulat dan lonjong,dalam menjalankan usaha saya bukan hanya 3kunci itu yang saya pegang namun segi kenyamanan dengan memberi pelayanan yg ramah dan WIFI agar betah berlama2 serta saya memiliki konsep tempat makan yang serba kotak dan menarik,mulai dari lampu,meja,kursi,mangkuk,lukisan dinding kotak dengan perpaduan warna,dan saya akan mencari tempat usaha di pusat keramaian atau pusat kota,seperti kantin kantor,kampus,mall dll pinggir jalan besar dll dengan stategi saya untuk mengenalkan usaha saya yaitu dengan cara membuat banner berisikan pengumuman telah di buka “Scatola Polpetta” dan iklan di media sosial dengan promosi berupa : mengadakan acara ulangtahun di “Scatola Polpetta” gratis 5 porsi dan untuk orang yang makan lebih dari 7 porsi dalam 1minggu gratis 1 porsi. serta saya mencari modal untuk mengembangkan usaha saya,dengan menabung atau bekerja dulu sebagai karyawan setelah cukup sembari menjalankan usaha saya mencari masukan dana dari pinjaman uang dari bank.selain itu dalam menjalankan usaha menekanakn “ada harga ada kualitas” memang saya akan mematok harga jual bakso perporsi lebih mahal sedikit dari bakso biasa contoh 9ribu untuk bakso biasa,saya akan memberi harga 11ribu untuk bakso saya,dan juga dalam menjalankan usaha saya memerlukan tenaga kerja yang handal,seperti koki atau peracik rasa yang hebat dapat menghasilkan rasa yang nikmat,dan pelayan yang ramah dan cekatan serta disiplin,bagian keuangan membutuhkan orang yang jujur,teliti.

    3.score saya dalam quiz tersebut adalah 78 yang saya harus perbaiki adalah lebih percaya diri dan lebih banyak belajar untuk memupuk kemampuan saya dan mengembangkannya

  30. yanuarius f moelyanto(1412000165) says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    Jawab :
    -Entrepreneur adalah seseorang yg kreatif, penuh dengan ide yang berani memulai suatu usaha atau mendirikan perusahaan serta berani mengambil resiko untuk menghasilkan suatu keuntungan.
    contoh: seorang yang membuka usaha toko spatu dia mbuat usahanya lebih meningkat dan juga ia ssiap menerima resiko atas kegagalan usahanya
    * Entrepreneur adalah seorang wirausahawan yang berani mengambil risiko rugi, membangun dan mengoperasikan usahanya tersebut, bisa dibilang entreprenuer ini adalah orang yang bersangkutan langsung dengan bisnis yang di kelola.
    contoh: seorang yang membuka kantin tapai penghasilanya tidak sesuai dengan usaha dan kerja kerasnya tapi dia siap menerima resiko atas kegagalannyan
    Intrapreneur adalah seseorang yang ikut berpartisipasi di dalam suatu usaha atau perusahaan yg memiliki jiwa entrepreneurship sehingga memberikan pengaruh terhadap suatu usaha atau perusahaan tersebut.
    contoh:seorang kariawan yang punya pengalaman kerja yang profesional sehinga prusahaan yang dia kerja bisa berkembang
    ll. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.
    Jawab :
    – Usaha yang akan saya dirikan adalah membuat sebuah retoran dengan tempat yang menarik dan harga makanan yang tidak terlalu mahal. Yang harus di persiapkan adalah modal, tempat, pegawai, peralatan, bahan-bahan makanan, bahan-bahan untuk memasak. Agar restoran ini bisa mendapatkan keutungan, saya membuat restoran ini berbeda dari restoran lain nya, dari segi makanan, pelayanan, dan tempat yang dibuat semenarik mungkin agar orang-orang yg sudah pernah datang ke restoran ini akan datang lagi dan menjadi pelanggan tetap. Agar masyarakat mengetahui restoran saya. Dalam usaha yang saya jalani ini saya melakukan hubunga dengan beberapa lembaga, sepeti bank karena suatu saat ketika saya kekurangan modal atau sedang membutuhkan pinjaman maka saya tidak susa memcarinya tingal kontak.
    lll. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningka
    saya memiliki skor 80 dimana dalam kepribadian saya ada beberapa aspek tertentu yg perlu di benahi lagi seperti berani dalam mengambil keputusan dan percaya diri agar menjadi pengudaha yang profesional dan sukses..

  31. Raka Saputra (1412000132) says:

    1. Apa perbedaan antara Micropreneur, Entrepreneur, dan Intrapreneur? Sertakan contohnya.

    Jawab :

    *MICROPRENEUR adalah seperti dari katanya “Mikro” yaitu kecil. Jadi saya simpulkan Micropreneur itu adalah pengusaha kecil yg profesional, sanggup bekerja keras, berintegrasi dan memiliki kemauan belajar yang kuat pula.
    Contohnya : Para pedagang pakaian, sepatu, sendal dan daging yang berdagang di los-los atau kios.

    *ENTREPRENEUR adalah seseorang yang mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan atau menambahkan nilai yang lebih besar dari pada nilai yang sebelumnya.
    Contohnya : Reseller makanan ringan, reseller sepatu dan pakaian.

    *INTRAPRENEUR adalah wirausaha yang menekankan pengembangan sumber daya, dana dan informasi dari dalam perusahaan itu sendiri untuk mencapai kesuksesan.
    Contohnya : Staf dari sebuah organisasi membentuk unit bisnis strategik (semacam anak perusahaan) tersendiri yang otonom, namun masih tetap dalam kesatuan dengan perusahaan induk.

    2. Bayangkan saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.

    Jawab :

    Saya akan membuka toko peralatan sport. Seperti sepatu bola, futsal, running dan berbagai macam alat olahraga lainnya. Yang harus dipersiapkan untuk memulai bisnis adalah modal, tempat, supplier rencana keuangan, rencana pemasaran dan lain-lain. Agar sebuah usaha mendapatkan keuntungan, maka harus dibuat berbeda dengan yang lain. Begitu pula dengan usaha saya, saya akan melakukan beberapa trik seperti tidak mengambil untung terlalu besar tetapi kualitas barang tetap yang terbaik. Dalam usaha yang saya jalani, bank adalah salah satu partner terbaik dalam menjalankan atau meminjamkan permodalan untuk usaha yang saya jalani.

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur : http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?

    *SKOR : 96. Banyak kesempatan dan jalan untuk saya menuju kesuksesan yang terbuka lebar. Asalkan, tidak ragu dan berani mengambil keputusan.

  32. muhammad bangsawan (1412000134) says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    jawab:
    -entrepreniur adalah seseorang yang memiliki keberanian dan berani mengambil risiko dalam usaha untuk mendapatkan keuntungan .
    contoh : seorang membuka kantin dan barang dagangannya tidak laku dia harus menanggung risiko dan menanggung kerugian .

    -micropreneur adalah seseorang wirausaha yang memulai usahanya dari nol dan menerima risiko .
    contoh : seorang yg membuka warung yg awalnya kecil dan merintis sedikit demi sedikit sampai akhirnya membuka banyak cabang warung .

    -intrapreneur adalah seseorang yang ikut berpartisipasi di suatu perusahaan yang memiliki ide kreatif sehingga memberikan pengaruh terhadap perusahaan .
    contoh ; contohnya seorang koki yang mempunyai resep baru yang banyak di minati oleh banyak orang sehingga menciptakan ciri khas yang berbeda .

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.
    jawab : saya akan membuka usaha kuliner ini cukup menjanjikan sebagai ladang usaha di perkotaan atau pedesaan, bisa dilakukan oleh perorangan ataupun sekalompok orang . .Tidak semua orang selalu dapat menghidangkan makanan di rumah dan banyak di antara mereka yang memilih mencari makan di luar rumah, Baik itu makanan ringan maupun makanan berat, Melihat peluang tersebut, maka tak heran jika kini banyak sekali bermunculan restoran atau rumah makan yang menawarkan berbagai jenis hidangan lezat. Memang pada kenyataannya bisnis ini sangat menjanjikan. Dengan menjamurnya industri kuliner, maka bisnis kuliner ini pun bukan tanpa hambatan dan kesulitan. Persaingan semakin ketat dan untuk bertahan kita harus memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh kedai kuliner lain.

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    skor saya 75 saya akan memperbaiki kekurangan saya dan saya masih mau mencari pengalaman yang banyak dalam berbisnis .

  33. opi prisilia - 1412000086 says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    Perbeadaanya adalah, Entrepreneur adalah seseorang memulai dan menjalankan bisnisnya yang berani untuk mengambil resiko, dan punya semangat untuk menjadi kreatif, inovatif, juga mampu menjadikan sesuatu yang lebih baru dan berguna. Contohnya membangun bisnis produksi keramik yang kuat, terjangkau, dan berkualitas agar dapat bersaing dengan orang-orang yang berkecimpung di bisnis yang sejenis . Sedangkan, Micropreneur adalah seseorang yang mengambil keputusan besar untuk memulai usahanya dari nol dan berusaha untuk merubah kehidupannya guna mendapatkan kebebasan finansial dan kepuasan pribadi. Contohnya mendirikan suatu warungkecil-kecilan dan beruasa menjadikan warung tersebut agar berkembang dan mungkin menjadi sebuah supermarket. sedangkan intrapreneur adalah seorang wirausaha yang kreatif yang berada dalam sebuah perusahaan dan bertujuan untuk meraih sebuah kesuksesan. Contohnya seoarang yang bekerja di sebuah stasiun TV yang menciptakan acara terbaru yang menarik, berbeda dengan acara-acara tv lainnya yang dapat menarik perhatian masyarakat untuk selalu menonton acara di stasiun tv tersebut.

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.
    1. Executive summary
    saya akan membangun sebuah bisnis yang usahanya memproduksi bata merah. Bata merah adalah material pokok pendukung dalam bangunan properti. Bisnis ini tentu saja membutuhkan banyak pekerja dan sumber daya alam yang melimpah untuk mendukung keberlangsungan bisnis ini. Setiap waktu akan semakin banyak orang-orang yang membutuhkan material untuk mendirikan bangunan diantaranya adalah bata merah.
    2. Company background
    Latar belakang saya membuat usaha ini adalah semakin tingginya permintaan pasar terhadap bata merah yang merupakan material utama pendukung dalam pembangunan properti seperti rumah. Tak hanya itu, melihat sumber daya alam yang melimpah yang dapat diergunakan menjadi sebuah bahan pokon produksi bata merah. Maka melihat peluang tersebut saya berani untuk memulai bisnis ini dengan menjadikan bata merah yang saya produksi lebih berkualitas, terjangkau, kuat, dan dapat bersaing di pasar pengadaan material properti.
    3. management team
    Dalam usaha ini saya membutuhkan sumber daya manusia yang siap kerja di lapangan untuk memprouksi bata dari tanah dan sumber daya alam linnya dengan cekatan, rajin, pekerja keras, dan disiplin.
    4. financial plan
    modal mendirikan usaha ini adalah modal pribadi milik saya sendiri.
    5. capital required
    modal yang saya buthkan kurang lebih sebesar Rp.100.000.000
    6. marketing plan
    Untuk memasarkan hasil produksi usaha saya, dilakukan dengan cara mempromosikannya kepada tempat atau toko yang mendistribusikan material pendukung properti yaitu matrial atau mungkin secara langsung kepada orang yang membutuhkan bata merah untuk membangun sebuah bangunannya.
    7. location analysis
    Tempat untuk memproduksi bata merah harus di tempat yang strategis yaitu tempat yang jauh dari sumber pencemar dan limbah karena bahan pokok bata merah adalah tanah merah, dan di topang dengan air. Tentu saja tempat ini memiliki lahan tanah merah yang luas juga jalan yang cukup untuk lalu lalang mobil pengankut bata merah.
    8. manufacturing plan
    – lahan yang di butuhkan harus luas sekurang-kurangnya ± 30M2
    – produksi perhari 10000 bata
    – pekerja 20 orang
    – mesin yang digunakan yaitu mesin pencetak bata dengan bahan bakar solar
    – oven untuk memanaskan bata mentah agar menjadi matang dan siap digunakan
    – Skop, cangkul, gerobak kayu untuk mengangkut tanah.

    3. Skor saya 80, yang harus saya perbaiki adalah saya harus beruasaha menutupi kekurangan saya dalam berbisnis dengan melatih diri saya.

  34. Adita Irianti (1412000116) says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    Micropreneur: bisnisnya kecil agar tetap seimbang
    Contoh : bisnis warung tegal. Bisnis ini kecil tetapi pemiliknya sudah merasa cukup dengan bisnis tersebut dan tidak ingin untuk mengembangkannya lagi karna pemilik ingin meminimalisir risiko yang diambil ketika usaha tersebut dikembangkan
    Entrepreneur: seorang yang siap menanggung risiko dalam berbisnis
    Contoh : ayam bakar mas mono. Mono adalah seorang entrepreurship yang memulai bisnisnya dari bawah sampai saat ini bisnis tersebut berkembang karena dia siap menanggung risiko yang dihadapi sehingga ia menjadi sukses saat ini.
    Intrapreneur: seorang entrepreneurship yang kreatif yang bekerja dikantor biasanya dengan menghasilkan suatu produk yang berguna bagi masyarakat
    Contoh : Boenjamin Setiawan(pendiri PT Kalbe Farma Tbk)

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.

    Business Plan
    Company Background
    Retoran (western and indonesian food)

    Management Team
    Owner : pemilik usaha
    Mengawasi kegiatan usaha dan mengelola usaha
    Manajer : tangan kanan pemilik
    Mengawasi, mengatur, dan bertanggungjawab dengan operasional usaha
    Marketing : mengatur dan bertanggung jawab di bagian pemasaran
    Keuangan : mengatur bagian keuangan, membuat laporan keuangan, dan bertanggungjawab dengan keuangan seluruhnya
    Executive chef : mengatur, mengawasi, dan bertanggung jawab dengan kegiatan di dapur(sesuai divisi)
    Chef : menyiapkan makanan
    Pelayan : mengantar dan melayani tamu
    Engginering : mengawasi masalah mesin atau peralatan
    Cleaning service : membersihkan area restoran

    Financial Plan
    Penjualan
    Pendapatan
    Cost
    Laba :laba ditahan, laba ditarik

    Capital Required
    Sewa gedung
    Peralatan
    Bahan baku
    Listrik
    Gaji karyawan

    Marketing Plan
    Masyarakat sekitar, masyarakat segala umur, promosi, iklan

    Location Analysis
    Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat

    Manufacturing Plan
    Tempat/lokasi : L. 800x600m T. 7m
    Mesin produksi : kompor, oven, kulkas, hexos, ac, mesin kasir,washtafel dll
    Peralatan : meja, kursi, piring, gelas, sendok, garpu, telfon, dll
    Kapasitas produksi : 200

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?

    Skor 96. Saya akan berusaha untuk lebih memperdalam lagi ilmu untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses dan berguru dengan orang yang sudah sukses.

  35. Ika Widya Ningrum (1412000146) says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    Entrepreneur adalah seseorang yang memiliki aktivitas wirausaha yang berani menanggung resiko besar dan secara cerdik memikirkan produk apa yang akan laku di pasaran, bagaimana cara memproduksinya, menyusun sistem untuk menjalankan bisnis tersebut, memasarkan hingga luas serta mengolah modal yang diperolehnya.
    Contoh: Pembuat brand JOGER yang berada di bali bernama Joseph Theodorus Wulianadi. Berawal dari ketidakmampuannya dalam merangkai kata-kata dalam bahasa, ia menciptakan kata-kata unik dan kreatif serta ide-ide gila yang terlintas diotaknya. Meskipun begitu, ia tidak pernah takut mengeluarkan inspirasinya dan terus berpikiran maju ke depan. Sehingga, banyak orang kini menyukai hasil karyanya . Ini menunjukkan bahwa seseorang bisa menjadi entrepreneur jika kreatifitas dan semangat terus ada dalam diri orang tersebut.

    Intrapreneur adalah seseorang yang berperan aktif dalam menyumbangkan ide-ide kreatif dalam suatu perusahaan sehingga perusahaan tersebut dapat berkembang dengan produk-produk baru yang berdaya jual tinggi.
    Contoh: Di dalam suatu perusahaan broadcasting (TRANS TV) terdapat tim kreatif dimana sekumpulan orang tersebut memikirkan program baru yang disukai masyarakat, layak ditampilkan, dan pada akhirnya memiliki rating yang tinggi pada saat penayangannya.

    Micropreneur / home-based businesses adalah seseorang yang memulai usahanya dengan skala yang kecil dan menegelolanya tetap pada skala yang kecil. Namun, mendapatkan pola hidup yang seimbang antara bisnis dan kehidupannya.
    Contoh: Penulis atau penerjemah buku, arsitek, konsultan, dan produser video.

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.
    Saya tengah membuat usaha baru yaitu Photo Booth Gallery. Jenis usaha saya ini bergerak dalam bidang fotografi. Mengapa saya memilih jenis usaha tersebut? Karena semakin banyak orang yang menyukai fotografi entah “selfie” ataupun foto-foto lainnya. Dalam menjalankan bisnis ini saya mengajak teman saya yang sudah lebih dulu menggeluti bidang fotografi. Modal diperoleh melalui tabungan pribadi. Sedangkan yang dibutuhkan adalah tempat usaha, kamera atau peralatan fotografi (DSLR, Instax mini, Kodak, mesin pencetak foto, lighting, dsb.), karyawan (fotografer, pengatur lighting, kasir, dsb.) serta akomodasi yang dibutuhkan seperti mobil atau motor. Untuk menarik konsumen saya akan memberikan promo-promo menarik, harga yang terjangkau untuk semua kalangan, dan pengiklanan yang gencar dilakukan melalui media sosial agar bisnis saya semakin eksis kedepannya.

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    Saya memiliki skor 80 dan masuk dalam kategori baik. Dalam penjelasannya saya dapat menjadi pengusaha yang sukses dengan beberapa titik kelemahan. Yang harus dilakukan adalah saya harus pintar-pintar mengidentifikasi kekurangan-kekurangan yang ada dalam diri saya, melatih diri sesering mungkin agar menjadi entrepreneur yang handal, dan mengajak orang lain yang sudah berpengalaman dalam bidang usaha saya tersebut.

  36. Muhammad Nafis-1412000101 says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    Micropreneur adalah, Seorang pengusaha yang bersedia menerima risiko untuk memulai dan mengelola jenis bisnis yang kecil, yang memungkinkan mereka melakukan jenis pekerjaan yang ingin mereka lakukan, dan menawarkan gaya hidup yang seimbang. Contohnya : Tukang jahit, Warteg, Arsitek, dll.
    Entrepreneur adalah, seseorang yang selalu membawa perubahan, inovasi, ide-ide baru dan aturan baru. Entrepreneur yaitu seeorang yang mempunyai dan membawa sumber daya berupa tenaga kerja, material, serta asset yang lainnya pada suatu kombinasi yang mampu melakukan suatu perubahan/ menambahkan nilai yang lebih besar daripada nilai yang sebelumnya. Contohnya : seseorang yang membuka usaha restoran, ia haus berani bersaing dengan restoran-restoran yang lain.
    Intrapreneur adalah, kewirausahaan yang terjadi di dalam organisasi yang merupakan jembatan kesenjangan antara ilmu dengan keinginan pasar. Contohnya : Seorang pegawai restoran yang memberikan ide kreatif kepada atasannya.
    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru?
    Jika saya menjadi seorang pengusaha, saya akan membuka restoran arab/khas timur tengah. Tentu saja dengan berbagai macam menu yang bervariasi. Saya akan menyajikan menu yang jarang terdapat pada restoran restoran arab yang lainnya. Saya ingin membuka usaha ini karna masih jarang restoran khas timur tengah di Indonesia, padahal peminatnya pun cukup banyak. Dan yang harus saya persiapkan adalah MODAL.
    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?

    Skor saya 88. Saya harus memperbaiki dan memotivasi agar lebih baik lagi. Saya juga harus lebih banyak mengintrospeksi diri saya lagi.

  37. Ilham Dwi Septian (1412000129) says:

    1. Micropreneur : adalah seseorang yang memulai karir/sebuah bisnis ataupun usaha dengan modal yang biasanya minim tetapi berlandaskan kebeneranian dalam mengambil keputusan dan risiko. Contoh : seseorang membuka sebuah tempat les/bimbingan belajar yang awalnya hanya satu tempat tapi karena berhasil dan sukses dia membuka beberapa cabang lain. Entrepreneur : ialah seorang pengusaha yang berbisnis dengan percaya pada apa yang dia pikirkan dan berani mencoba tantangan untuk mengambil/membuat suatu produk yang penuh risiko dan kegagalan, demi bisa meraih kesuksesan. Contoh : seorang designer yang membuat suatu model style design baru meski ada beberapa kontra tetapi dia tetap percaya akan karya barunya itu. Intrapreneur : ialah orang yang berada di suatu tubuh perusahaan / usaha dimana dia adalah poros otak dari perusahaan itu karena dialah yang akan menyumbang ideide dan kreasi serta inovasi bagi kelancaran perusahaan/bisnis itu kedepannya. Contoh : tim creative suatu majalah perannya sangat vital karena berkat mereka isi majalah tetap menarik. 2. Jika saya memulai usaha saya akan membuat usaha toko mainan, karena anak kecil tidak pernah habis di dunia ini dan setiap anak kecil suka mainan jadi tentu usaha menjual mainan bisa menjadi salah pasar yang bagus, yang saya perluka tentu saja pertama toko/tempat saya akan berdagang lalu bagaimana cara agar saya bisa membuat mainan yang bukan bisa tetapi yang semenarik mungkin agar anak anak tertarik, lalu saya juga butuh pekerja dan bahan bahan untuk membuat mainan itu. 3. Saya mendapat nilai 70, saya masih harus belajar dalam pengambila keputusan dan lebih melihat lagi setiap peluang bisnis dan lebih meyakinkan lagi

  38. Anugrah Firdaus (1412000094) says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    Jawab:
    -Micropreneur: Seseorang yang berani membuka usaha sendiri dari nol, usaha yang belum berkembang dan berani mengambil resiko untung dan ruginya dari usaha tersebut
    Contoh: Membuka usaha tempat makan di daerah yang sudah ada tempat makan lainnya

    -Enterpreneur: Sebuah tindakan yang memiliki sifat keberanian, inovatif, dan tahan terhadap tantangan, serta pandai mewujudkan peluang. Dan juga Pandai dalam mengenali produk produk baru
    Contoh: Seorang tukang bakso yang mempunyai usaha bercabang cabang di tempat lain dan dia terus berkembang berdasarkan ide ide dia sendiri

    -Intrapreneur: Kegiatan usaha yang didasari atas pemikiran dan ide ide kreatif pengusaha yang ingin mnejalankan usaha tersebut, inovasi dan kreatifitas adalah panutan dalam kegitan bisnisnya
    Contoh: Didalam perusahaan salah satu karyawan mempunyai usul agar perusahannya mengubah marketing plan nya agar lebih maju dan sarannya diterima oleh para atasannya

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.

    Jawab:

    Saya akan membuat usaha konveksi dan saya akan menjual produk saya hasil dari design saya sendiri. dan saya akan menggunakan outline business plan yaitu:

    Executive Summary:
    Saya membuat usaha konveksi berdasarkan banyaknya peminat kaos hasil design brand sendiri di indonesia terutama anak muda

    Company Background:
    Dear Youth. Brand yang mempunyai konveksi sendiri.

    Management Team:
    Didalam usaha ini yang dibutuhkan yaitu kedisiplinan, kreatifitas, dan inovasi inovasi yang bisa menjadi ide ide terbaru, dan juga mempunyai skill di bidang pemasaran.

    Financial Plan:
    Saya akan menggunakan modal pribadi saya sendiri untuk memulai usaha ini dari nol,

    Capital Required:
    Untuk Membuka usaha konveksi dibutuhkan modal yang cukup tinggi, yaang paling utama dibutuhkan modal Rp. 50.000.000 untuk mesin konveksinya.

    Marketing Plan:
    Mengincar kalangan anak muda dikarenakan banyaknya anak muda yang antusias dalam usaha ini, apalagi dengan menjual kaos dengan design yang sesuai dengan keinginan mereka.

    Location Analysis:
    Yang berada di tengah tengah perkotaan, strategis, dan jarak tempatnya terjangkau

    Manufacturing Plan:
    Membuka usaha di satu tempat terlebih dahulu dan jika banyak pelanggan memberikan respon positif akan membuka cabang di tempat lain, mengutamakan bahan & print terbaik.

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?

    Skor saya adalah 84. Yang harus saya perbaiki adalah lebih memotivasi diri dan lebih disiplin agar lebih baik lagi.

  39. Muhamad Wananda Khrisna says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    • Micropreneur, Seseorang yang berani memulai usaha yg tidak berkembang dan mengambil resiko.
    Contoh : Arsitek, Konsultan, Produsen
    • Entrepreneur, seseorang yang penuh dengan ide ide baru untuk memulai suatu usaha, orang orang yg kreatif dan dapat melihat suatu kesempatan dalam membuka usaha. Tapi tetap berani mengambil resiko yang cukup besar
    Contoh : Clothing Shop
    • Intrapreneur, seseorang yang bekerja pada suatu perusahaan namun memiliki salah satu atau lebih sikap sikap dari entrepeneurship yg dapat mempengaruhi perusahaan tersebut.
    Contoh : seorang karyawan yang menyampaikan ide ide menarik untuk memajukan usaha nya.

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.
    Saya akan membangun sebuah restaurant kaki lima dimana harganya yang akan jauh lebih terjangkau dari resoran formal. Restoran ini menyediakan makanan makanan dari makanan pembuka, makanan utama dan makanan penutup. Yang harus saya lakukan agar usaha ini dapat berjalan adalah mempersiapkan modal, tempat, pegawa, peralatan, bahan bahan mulai dari makanan hingga property untuk restoran tersebut, koki dan lain lainnya. Agar masyarakat mengetahui restoran saya saya akan membuat iklan namun hanya iklan kecil kecilan dahulu karna untuk iklan butuh dna yang banyak, padahal restoran saya pun blum berjalan, contoh nya seperti flyer, via media massa dan lain lain. Dan saya butuh bank untuk pinjaman pinjaman ketika saya atau restoran saya dalam keadaan membutuhkan pinjaman untuk satu hal dan lainnya.

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    Skor yang saya dapat adalah 76. saya tipe orang yang lebih suka disuruh orang namun hanya kepada hal hal yg saya sukai. Saya bukan pekerja keras yang tepat waktu dan bukan pekerja keras yg melakukan pekerjaan dimanapun dan kapanpun. Jadi, saya harus merubah sikap sikap yg menghalagi jalan saya untuk menjadi seorang entrepeneurship.

  40. Arditya Farid Setyawan says:

    1. Perbedaan Micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur serta contohnya :
    Micropreneur : adalah seseorang yang memulai sebuah usaha tetapi dimulai dari rumah dan tetap usaha tsb tetap kecil dan siap mengambil resiko untuk mengelola bisnis yang tetap kecil, mereka melakukan usaha tersebut hanya keinginanya dan mereka juga menawarkan gaya hidup yang seimbang. Contoh : penulis karena seorang penulis hanya akan menulis pada saat mereka menginginkanya dan juga tidak ada batasan batasan waktu yang di berikan untuk penulis.

    Entrepreneur : seseorang yang memulai dari usaha yang kecil yang akan berlanjut menjadi usaha yang besar dengan menghadapi berbagai resiko yang akan mempengaruhi usahanya dan ia percaya kepada pikiran dia dalam berbisnis untuk meraih kesuksesan. contoh : seorang individu berjualan makanan pada saat masa sekolah dengan kemampuan tersebut dia kembang kan menjadi sebuah rumah makan yang kecil yang akhirnya mendapatkan banyak keuntungan yang dia peroleh dari kemampuan yang dia miliki dan ia mengambil keputusan besar untuk usaha yang dia jalankan, akhirnya rumah makan tersebut tumbuh menjadi usaha yang besar yang akan menciptakan peluang ekonomi baru.

    intrapreneur : orang yang berkerja dalam sebuah usaha entrepeneur atau perusahaan, mereka berkerja menyumbangkan ide ide yang penuh dengan kreasi dan inovatif demi berjalanya perusahaan / usaha. Contoh : tim kreatif.

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.

    Saya akan membuka bisnis kue kering karena hobi membuat kue dan hasil buatan saya akan saya jual pasaran
    Executive Summary:
    Saya membuat usaha ini karena hobi dan banyak kalangan anak muda seusia saya yang suka ngemil.

    Company Background:
    Mempunyai kreasi kue tersendiri

    Management Team:
    Dalam bisnis ini yang di butuhkan kesabaran, ke pekaan terhadap pasar, kreatifitas dan inovasi yang baru dan memiliki jaringan pemasaran yang luas.

    Financial Plan:
    Mengunakan modal sendiri dalam menjalan bisnis ini.

    Capital Required:
    Modal yang diperlukan Rp 1.500.000 (mixer, oven, Loyang dan cetakan kue, timbangan kue)

    Location Analysis:
    Lokasinya di daerah sekolahan atau perkantoran tempat anak baru magang

    Manufacturing Plan:
    Pertama saya akan menitipkan kue saya di toko toko terdekat dengan system pesanan atau jual langsung apabila kue saya banyak peminatnya saya akan membuka toko sendiri dan terus berkembang dan memiliki banyak karyawan

    jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?

    skor saya 92, yang harus di perbaiki adalah jangan ragu dan harus lebih percaya diri

  41. Arditya Farid Setyawan (1412000095) says:

    1. Perbedaan Micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur serta contohnya :
    Micropreneur : adalah seseorang yang memulai sebuah usaha tetapi dimulai dari rumah dan tetap usaha tsb tetap kecil dan siap mengambil resiko untuk mengelola bisnis yang tetap kecil, mereka melakukan usaha tersebut hanya keinginanya dan mereka juga menawarkan gaya hidup yang seimbang. Contoh : penulis karena seorang penulis hanya akan menulis pada saat mereka menginginkanya dan juga tidak ada batasan batasan waktu yang di berikan untuk penulis.

    Entrepreneur : seseorang yang memulai dari usaha yang kecil yang akan berlanjut menjadi usaha yang besar dengan menghadapi berbagai resiko yang akan mempengaruhi usahanya dan ia percaya kepada pikiran dia dalam berbisnis untuk meraih kesuksesan. contoh : seorang individu berjualan makanan pada saat masa sekolah dengan kemampuan tersebut dia kembang kan menjadi sebuah rumah makan yang kecil yang akhirnya mendapatkan banyak keuntungan yang dia peroleh dari kemampuan yang dia miliki dan ia mengambil keputusan besar untuk usaha yang dia jalankan, akhirnya rumah makan tersebut tumbuh menjadi usaha yang besar yang akan menciptakan peluang ekonomi baru.

    intrapreneur : orang yang berkerja dalam sebuah usaha entrepeneur atau perusahaan, mereka berkerja menyumbangkan ide ide yang penuh dengan kreasi dan inovatif demi berjalanya perusahaan / usaha. Contoh : tim kreatif.

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.

    Saya akan membuka bisnis kue kering karena hobi membuat kue dan hasil buatan saya akan saya jual pasaran
    Executive Summary:
    Saya membuat usaha ini karena hobi dan banyak kalangan anak muda seusia saya yang suka ngemil.

    Company Background:
    Mempunyai kreasi kue tersendiri

    Management Team:
    Dalam bisnis ini yang di butuhkan kesabaran, ke pekaan terhadap pasar, kreatifitas dan inovasi yang baru dan memiliki jaringan pemasaran yang luas.

    Financial Plan:
    Mengunakan modal sendiri dalam menjalan bisnis ini.

    Capital Required:
    Modal yang diperlukan Rp 1.500.000 (mixer, oven, Loyang dan cetakan kue, timbangan kue)

    Location Analysis:
    Lokasinya di daerah sekolahan atau perkantoran tempat anak baru magang

    Manufacturing Plan:
    Pertama saya akan menitipkan kue saya di toko toko terdekat dengan system pesanan atau jual langsung apabila kue saya banyak peminatnya saya akan membuka toko sendiri dan terus berkembang dan memiliki banyak karyawan

    jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?

    skor saya 92, yang harus di perbaiki adalah jangan ragu dan harus lebih percaya diri karena jalan menuju kesuksesan bisnis terbuka lebar

  42. anggo pramudithya(1412000114) says:

    1. Micropreneur adalah seseorang yg mengambil keputusan besar untuk memulai usahanya dari nol dan berusaha mengubah kehidupanya untuk mendapatkan kebebasan finansial & kepuasana pribadi
    entrepreneur itu seseorang yg melihat kesempatan bisnis yg memiliki keberanian, inovatif yg mampu menangkap sebuah peluang bisnis
    Intrapreneur itu adalah orang yang berinisiatif mengambil suatu tugas tertentu yg dituntut keinginanya sendiri

    2. Saya akan membuat bisnis sablon/percetakan
    Excecutive summary : saya melihat sebuah peluang bisnis percetakan dan peluangnya lumayan besar untuk se usia saya
    company background : mempunyai inovasi tentang sablon dan percetakan yg saya buat
    Management team : dalam bisnis ini dibutuhkan ketenangan dalam bertindak dan berani mengambil peluang, serta pemasaran yg baik terhadap usaha saya
    Financial plan : mencari modal dengan mengajak teman/mitra dalam usaha saya ini
    Capital required : modal 10.000.000 (mesin sablon, baju polos, tinta sablon, laptop minimal)
    Location analysis : tempat yg ramai penduduk, strategis, seperti di pinggir jalan
    Manufacturing plan : pertama tama saya akan membuat beberapa baju untuk contoh model/contoh. Lalu saya akan memasarkan usaha saya mungkin lewat media social awalnya

    3. Skor saya 78, yg harus saya perbaiki mungkin kepercayaan diri saya yg kurang dan berani mengambil keputasan dalam situasi apapun, juga tidak bimbang dalam mengambil suatu keputusan.

  43. Hardianti asmi (1412000161) says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    -Microprenuer: Seseorang yang memulai usaha sendiri dari nol hingga menjadi usaha yg lebih besar sehingga lebih banyak mengambil resiko sendiri.
    Contoh: pedagang kaki lima. mereka membuat usaha dari bawah dan menanggung resiko sendiri jika rugi.

    -Entreprenuer: Seseorang atau wirausaha yang berani membuat usaha dan membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. pemilik usaha tersebut juga menanggung resikonya sendiri karena keputusan di tangan dia sendiri.
    Contoh: seseorang wirausaha dengan berani dan penuh percaya diri membuat sebuah brand baju. padahal di jaman ini persaingan brand sangat ketat tapi ia percaya diri untuk membuat usaha tersebut karena pasti ia mempunyai ide/inovasi yang kreatif.

    -Intrapreuner: Seseorang yang bekerja di suatu perusahaan yang mempunyai ide-ide kreatif agar perusahaan tersebut lebih maju dari sebelumnya.
    Contoh: suatu perusahaan lebih maju dari sebelumnya karena ada intrapreuner yang mencetuskan ide ide kreatif.

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.
    saya punya impian yaitu membuat usaha dibidang kuliner dan fashion. jika disuruh pilih diantara dua pilihan tersebut saya akan memilih dibidang kuliner. saya akan memulai membuat restaurant. restaurant yang berbeda dari restaurant lain dan restaurant yang bisa dicoba dari kalangan bawah sampe atas. yang disiapkan untuk memulai usaha tersebut itu adalah tempat. menurut saya tempat itu sangat penting. saya akan membuat restaurant di pinggir jalan dan interior yang unik agar orang2 penasaran makan di restaurant saya. saya juga akan membagikan brosur dan membuat iklan agar retaurant saya cepat terkenal.

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    dalam menjawab kuis tersebut saya mendapat skor 96.
    yang harus diperbaiki ada jangan ragu. saya akan terus percaya diri dan yakin apa yang saya lakukan pasti akan goal atau berhasil.

  44. Rizki Nugroho Putro ( 1412000092 ) says:

    1. a. Micropreneur adalah seseorang yang memulai usahanya dari nol, dan berusaha untuk mengubah kondisi finansialnya dengan mengambil keputusan yang besar tanpa desakan dari orang lain sehingga menimbulkan rasa kepuasan dari diri sendiri. Seorang micropreneur boleh dari kalangan apa saja, walaupun tidak mempunyai modal yang lebih, sebenarnya micropreneur menitik beratkan pada skill yang dimiliki seorang micropreneur itu sendiri. Contoh: Seorang programmer yang memiliki skill dalam membuat aplikasi software mencoba untuk membuat suatu usaha yaitu produk aplikasi software, walaupun dia tidak memiliki modal yang cukup, dia memprioritaskan kualitas dari produk aplikasi softwarenya dengan biaya yang efisien dan kebebasan berkreasi, sehingga produk softwarenya bisa terjual dan mendapat keuntungan jangka panjang.

    b. Entrepreneur adalah seseorang pengusaha yang melakukan aktivitas wirausaha dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang lebih dengan dana yang rendah sebisa mungkin dan harus dapat menanggung resiko. Seorang entrepeneur bebas berkreasi dalam usahanya dan dapat membantu orang lain. Seorang entrepreneur adalah otak dari bisnis yang dia jalankan, dia yang mengatur segala bisnisnya. Contoh: Seorang entrepeneur yang bermodalkan selang,ember,pembersih motor,kain lap membuka usaha tempat cuci motor di depan rumahnya. Dengan hanya bermodalkan alat sederhana seperti itu dapat membuka peluang usaha yang sangat menjanjikan. Lama kelamaan usaha yang dia rintis berkembang pesat, sehingga dia mendapatkan keuntungan yang lebih dengan dana yang rendah dan dapat membantu orang lain dengan mempekerjakan sebagai karyawannya.

    c. Intrapreneur adalah karakter wirausaha yang dimiliki oleh seorang pekerja/karyawan dalam sebuah perusahaan. Berbeda dengan entrepreneur, mereka bukanlah pemilik (owner) melainkan pekerja kreatif dan inovatif yang selalu memberikan yang terbaik bagi perusahaan. Mereka bisa saja duduk sebagai eksekutif atau karyawan biasa, namun karena karakternya yang berbeda, mereka seharusnya dihargai dengan baik oleh perusahaan dan memperoleh pengakuan orang-orang disekelilingnya. Contoh: seorang karyawan yang telah lama berkontribusi lebih bagi suatu perusahaan menjadikan dia sebagai manajer di perusahaan tersebut.

    2. Saya akan membuat usaha cafe susu sederhana yang menjual minuman susu berbagai rasa, selain minuman juga ada makanannya yaitu roti bakar,roti sandwich,hamburger,makaroni,dll dengan harga yang merakyat. Target pasar saya yaitu semua kalangan,terutama para pelajar/mahasiswa. Untuk memulai usaha yang saya akan jalankan, saya mempersiapkan modal usaha,tempat untuk berjualan,peralatan memasak,peralatan makanan dan minuman,dll.

    3. Skor yang saya dapatkan dari quiz yaitu 86. Yang harus diperbaiki terhadap diri saya yaitu harus meningkatkan lagi kemampuan dalam berpikir kreatif,kritis dan analitis, pengetahuan teknis dan pemahaman manajer dari proses fisik produksi barang atau jasa, dan kemampuan untuk menggunakan informasi tersebut. Agar bisa menjadi entrepreneur yang sukses dibutuhkan mentor yang sudah berpengalaman, sehingga kita dapat mengambil ilmu dan pengalaman bagaimana menjadi seorang entrepreneur yang baik dan sukses. Karena pengalaman adalah guru yang paling baik.

  45. edi suprapto says:

    NIM : 1412000140

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.

    Entrepreneur adalah seorang yang kreatif berani mengambil risiko untuk hasil yang diinginkan
    contohnya :seorang pengusaha yang berani membuat usaha walaupun usaha itu berisiko tinggi .

    micropreneur adalah seorang yang berani memulai usahanya dari kecil / dari nol dan ingin membuat usahanya menjadi lebih besas atau sukses .
    contohnya : seorang membuka usaha warnet . walaupun di tempat dia membuka usaha banyak yang sudah membuka usaha warnet . tapi dia tetap berani bersaing dan memperbanyak aplikasi yang ada di warnetnya agar konsumen bisa lebih memilih warnetnya di bandinggkan warnet lain .

    intrapreneur adalah seorang yang bukan pemilik usaha melainkan orang yang menginpirasikan idenya demi kemajuan usaha tersebut .
    contohnya : koki di restorant dia bukan pemilik usaha tapi dia membuat menu baru yg belum ada di restorant tersebut untuk memajukan restorant dimana dia kerja .

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.

    saya ingin membuat usaha warnet

    Executive Summary: saya membuat usaha ini karena banyak orang yg membutuhkannya . apalagi dikalangan anak muda atapun anak-anak yang suka bermail game online

    Company Background: memiliki banyak aplikasi . maupun game-game yang banyak di sukai
    Management Team: dalam bisnis ini saya harus mengetahui apa saja game maupun aplikasi yang sedang di minati konsumen

    Financial Plan: saya mengunakan uang sendiri untuk bisnis . jadi jika bisnis ini merugi saya tdak membayar hutang kesiapapun .

    Capital Required:modal yang di butuhkan sekitar Rp 30.000.000

    Location Analysis: di dekat area kampus

    Manufacturing Plan: pertama saya akan memberi tahu teman-teman kampus jika banyak yg berminat saya akan terus membesarkan bisnis saya dan membuat banyak cabang untuk bisnis warnet saya

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?

    Skor saya 74. Saya harus memperbaiki dan memotivasi semua kekurangan yang saya miliki agar bisa lebih baik lagi

  46. Sunny Rizky Suhendra (1412000156) says:

    1. Apa perbedaan antara Micropreneur, Entrepreneur, dan Intrapreneur? Sertakan contohnya.
    Jawab :
    – Micropreneur : Seseorang yang melakukan usahanya dari awal atau dari nol untuk mendapatkan kepuasan untuk diri sendiri, biasanya mempunyai risiko yang lebih besar dan harus berani menanggung risiko tersebut.
    Contoh : seseorang yang membuka jasa steam motor, usaha ini memang sudah banyak disekitar lingkungan kita, sehingga ia harus mampu bertahan didalam kondisi persaingan jasa steam motor tersebut.
    – Entrepreneur : Seorang wirausaha yang terjun langsung menangani bisnisnya sendiri, berani mengambil risiko, dan bertanggung jawab atas usaha yang dirintis.
    Contoh : Seseorang yang membuka usaha percetakan, ia harus berani bersaing dan harus memiliki kuaitas pada hasil pekerjaannya tersebut, sehingga ia mampu bersaing dengan percetakan lainnya.
    – Intrapreneur : Seseorang yang menyalurkan ide kreatifitas namun orang lain yang menjalankan ide tersebut, tapi masih didalam lingkup suatu organisasi perusahaan.
    Contoh : Seorang designer yang memiliki ide untuk merancang design baju terbaru untuk keperluan pesanan pemilik butik.

    2. Bayangkan saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.
    – Jika saya menjadi pengusaha, saya akan membuka usaha percetakan offset. Dalam usaha yang ingin saya jalankan ini membutuhkan sebuah tempat usaha yang strategis seperti di pusat kota atau di pinggir jalan raya yang ramai agar terlihat oleh banyak orang. Kemudian peralatan yang dibutuhkan seperti computer, printer, mesin cetak, tinta. Dengan membuka usaha percetakan ini tentu saja saya harus memprogram dengan baik jalannya usaha dan saya juga akan memilih sumber daya manusia yang memiliki keterampilan dan kreatifitas tinggi khususnya yang ahli dalam bidang design grafis. Saya akan membuat brosur dan melalui media social untuk promosi usaha. Saya akan memulai bisnis ini dengan menggunakan modal saya sendiri dan membentuk manajemen yang baik agar usaha saya bisa berkembang dengan cepat. Saya menilai prospek usaha percetakan offset ini sangat bagus apalagi buku atau hasil dari percetakan offset lainnya sudah menjadi kebutuhan yang tidak akan habis.

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    Skor saya 58. Saya harus banyak belajar lagi dan memperbaiki kekurangan saya. Kemudian saya juga harus menambah wawasan dalam berbisnis agar bisa lebih baik lagi dari yang sekarang.

  47. putri andalasari - 1412000098 says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    Micropreneur adalah seseorang yang memulai usahanya dari nol. bersedia untuk menerima resiko untuk memulai dan mengelola bisnis
    ~ Contoh dari Micropreneur seperti penulis, konsultan,produser video
    Entrepreneur adalah seseorang atau sekelompok orang yang membuka usahanya sendiri, sementara Intrapreneur adalah orang-orang kreatif Yang bekerja sebagai pengusaha dalam perusahaan. Intrapreneurs menggunakan sebuah perusahaan sebagai sumber daya untuk meluncurkan produk baru untuk perusahaan. Dengan kata lain orang yang bekerja mengurus usaha yang sudah ada.
    ~ Contoh dari entrepreneur seperti seorang Kuncono seorang pengusaha yang memulai bisnisnya Berawal dari hobi membuat hiasan lampu yang berbahan baku kayu dan kain dan contoh dari intrapreneur karyawan dalam sebuah organisasi yang mempunyai sebuah ide bisnis atau inovasi. Mereka (yang mempunyai ide bisnis) dapat mengemukakan ide bisnis mereka pada atasan mereka.
    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.
    Saya ingin membuka peluang bisnis dengan membuka usaha butik batik. Dengan memilih tempat yang strategis dan mudah diakses sesuai jenis usaha. Saya juga perlu menyiapkan modal, tempat, pegawai, pembatik, penjahit, dan pakaian pakaian. Dalam berbisnis butik batik ini saya harus melakukan berbagai promosi seperti menaruh iklan dimajalah, membagikan brosur, dan promosi promosi didunia maya dengan begitu orang dapat mengenal butik batik.
    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    Skor saya 96. Yang harus saya perbaiki adalah tidak ragu ragu lebih percaya diri dalam memulai usaha, terus belajar mengembangkan keterampilan saya.

  48. Yunita Olivia (1412000119) says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    -Micropreneur adalah orang yang cerdas dan berani menanggung risiko, yang berjuang sendiri dengan penuh harapan menjadi kaya, dan berusaha keras mencapai segala impiannya.
    Contohnya: penulis, konsultan,produser video,arsitek, dll.
    -Entrepreneur adalah orang yang membuka usaha sendiri dan menciptakan lapangan usaha bagi orang lain.
    Contohnya: Chairul Tanjung membawahi beberapa perusahaan seperti Trans TV dan Bank Mega,
    -sedangkan Intrapreneur adalah mereka yang bekerja di perusahaan dan menciptakan “keamaan kerja” bagi orang lain.
    Contohnya: Jack Welch, mantan CEO General Electric berhasil mengangkat pamor GE di bursa saham wall street sehingga sampai sekarang ia dijuluki sebagai CEO terbaik di dunia, Emir Satar yang mampu mengembangkan GIA dengan inovasi di teknologi informasi dan layanan.

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.
    Saya ingin membuat sebuah cafe unik yang belum saya temui dijakarta yaitu cafe yang menjual berbagai makanan dessert dimana didalamnya terdapat makanan yang mengandung buah pisang seperti banana pancake, waffle, dll. Sebut saja nama café tersebut “we love banana café” yang tentunya dirancang untuk para penggemar buah pisang. Namun tidak hanya berbagai makanan yang mengandung buah pisang saja tetapi ada juga tambahan makanan jenis lain bagi orang yang tidak menyukai buah pisang. Dan juga tidak hanya dessert tetapi café tersebut juga menyajikan makanan beratnya atau main course seperti nasi goreng, pasta, steak dan lain sebagainya.,Yang harus saya persiapkan untuk memulai usaha tersebut adalah: modal, pegawai yang mempunyai skill, tempat, bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat dessert dan makanan lainnya, alat alat memasak, kebun pisang, koki, meja, kursi dll. Agar café ini bisa mendapatkan keuntungan, saya mencari tempat yang strategis misalnya dekat kampus, perkantoran, mall dll. Saya membuat café ini berbeda dengan café lain dan di design semenarik dan senyaman mungkin demi menarik pelanggan. Tidak hanya itu saya juga mengutamakan harga dessert dan makanan yang terjangkau, penyajian dessert yang unik serta ditambah adanya fasilitas free hotspot bagi para pengujung. Setelah semua sudah siap maka saya akan melakukan berbagai promosi melalui iklan di sebuah majalah, media internet dan brosur-brosur.

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    Skor saya 72. Saya harus menutupi kekurangan saya dengan lebih banyak belajar tentang cara berbisnis yang baik, lebih percaya diri dalam mengambil keputusan, lebih bertanggung jawab, dan meningkatkan skill serta kreatifitas dalam diri sendiri

  49. Fauzan Fathurrohman (1412000155) says:

    Nama : Fauzan Fathurrohman
    Nim : 1412000155
    Kel : D

    1. Apa perbedaan antara Micropreneur, Entrepreneur, dan Intrapreneur? Sertakan contohnya.
    Jawab :
    Micropreneur : Seseorang yang berani mengambil keputusan untuk membuka usahanya dari awal atau nol dan berusaha untuk mencapai kepuasan dirinya, tetapi siap menanggung risiko yang lebih besar.
    Contoh : Seseorang yang membuka usaha rumah makan padang, usaha tersebut memang sudah banyak disekitar lingkungan kita, sehingga harus mampu bertahan di dalam persaingan tersebut.
    Entrepreneur : Seorang wirausaha yang merintis usahanya sendiri dan terjun langsung menangani bisnis tersebut dengan tanggung jawab yang besar serta berani mengambil risiko.
    Contoh : Seseorang yang membuka usaha menjadi fotografer, harus berani bersaing dan harus memiliki kualitas pada hasilbpekerjaannya, sehingga pelanggan puas akan pekerjaannya dan dapat bersaing dengan fotografer lainnya.
    Intrapreneur : Seseorang yang menyalurkan ide kreatifitas namun orang lain yang menjalankan ide tersebut.
    Contoh : Seseorang yang bekerja sebagai karyawan butik dan dia yang menyalurkan ide desain butik tersebut.

    2. Bayangkan saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.
    – Jika saya menjadi pengusaha, saya akan membuka usaha sarana olahraga Lapangan Futsal. Dalam usaha yang ingin saya jalankan ini membutuhkan sebuah tempat usaha yang luas dan strategis seperti di pusat kota atau di pinggir jalan raya yang ramai agar terlihat oleh banyak orang. Kemudian peralatan yang dibutuhkan seperti lapangnnya itu sendiri, bola, gawang, jaring, cat. Dengan membuka usaha lapangan futsal ini tentu saja saya harus memprogram dengan baik jalannya usaha dan saya juga akan memilih sumber daya manusia yang memiliki keterampilan dalam bidang pekerja bangunan . Saya akan membuat brosur dan melalui media social untuk promosi usaha. Saya akan memulai bisnis ini dengan menggunakan modal saya sendiri dan membentuk manajemen yang baik agar usaha saya bisa berkembang dengan cepat. Karena usaha yang saya buat membuat badan menjadi berkeringat dan sehat.
    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    Skor saya 72. Saya harus banyak belajar lagi dan memperbaiki kekurangan saya. Kemudian saya juga harus menambah wawasan dalam berbisnis dan dapat memikirkan risikonya sebelum mengambil keputusan.

  50. Iqbal Fajar Ramadhan (1412000122 says:

    1. Apa perbedaan antara Micropreneur, Entrepreneur dan Intrapreneur? Sertakan contohnya:
    -Micropreneur : Seseorang yang ingin membuka atau memulai usaha dari nol atau hanya mempunyai modal saja untuk menjadi usaha yang lebih besar lagi dan berani mengambil resiko jika usahanya tidak berkembang untuk mendapatkan kebebasan financial.
    contohnya : seorang yang membuka toko velg mobil, usaha ini memang sudah agak banyak dan persaingannya agak sengit tapi ia harus mampu bersaing dengan toko yang lainnya.

    -Entrepreneurship : Seseorang yang memulai usaha dari kecil dan berani mengambil segala resiko yang ada dalam usahanya tetapi ia mempunyai banyak ide sehingga ia percaya usahanya akan berkembang dan meraih kesuksesan.
    contohnya : seseorang yang membuka usaha percetakan, padahal ia tau sudah banyak yang membuka usaha percetakan juga tetapi ia berani atau mampu bersaing dengan yang lainnya kemudian percetakan dia berkembang lebih besar lagi dan mempunyai banyak karyawan/tenaga kerja.

    -Intrapreneur : seseorang yang memiliki jiwa wirausaha yang menekankan pengembangan sumber daya dan informasi dari dalam perusahaan itu sendiri, untuk mencapai kesuksesan karirnya dan perusahaan tersebut, tetapi dia bukan owner perusahaan itu sendiri melainkan karyawan yang memiliki banyak ide kreatif sehingga mampu membuat perusahaan itu maju.
    contohnya : seorang karyawan di sebuah bar ia mampu membuat bar itu ramai pengunjung dengan membuat menu-menu yang di sukai pengunjung dan memberikan service yang memuaskan sehingga dapat memajukan bar tersebut.

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.
    Saya ingin membuat usaha cafe dengan konsep yang di desain simple namun nyaman sehingga cocok untuk tempat kumpul atau nongkrong dan menyediakan berbagai fasilitas seperti hotspot area, full music sehingga cocok untuk para mahasiswa dan semua kalangan. untuk memulai usaha yang saya inginkan yang harus saya persiapkan adalah modal, tenaga kerja yang berpengalaman, tempat yang strategis, peralatan, dll. saya akan usahakan membuka usaha ini di sekitar kampus2 sehingga banyak di minati oleh mahasiswa sehingga bisa mencapai BEP dengan cepat dan bisa membuka cabang lainnya.

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat? dalam menjawab quiz itu skor yang saya dapatkan ada lah 88. yang harus saya perbaiki yaitu harus meningkatkan kemampuan dalam berfikir, menambah wawasan dan memotivasi diri sendiri untuk menjadi lebih baik lagi serta mengembangkan keterampilan saya dan harus percaya dengan diri sendiri, karena saya ingin menjadi orang lebih baik lagi.

  51. aulia urrachman(1412000120) says:

    1. Apa perbedaan antara Micropreneur, Entrepreneur dan Intrapreneur? Sertakan contohnya:
    entrepreneur adalah seseorang yang akan membuka usaha dengan modal sendiri dan berani mengambil resiko yang akan terjadi.
    contoh entrepreneur adalah:jika seseorang membuka celengan yang berasal dari pohon bambu.

    micropreneur:seseorang yang berani mengambil resiko dan membangun usaha sendiri dari awal
    contohnya:jika seseorang membuka usaha foto copy di depa sekolahan,maka ia harus bersaing depan foto copy yang lain.

    intrapreneur adalah:seorang yang memfokuskan pada inovasi dan kreativitas dan yang mentransformasi suatu mimpi atau gagasan menjadi usaha yang menguntungkan yang dioperasikannya dalam lingkup lingkungan perusahaan.
    contohnya;seseorang karyawan yang ingin memajukan perusahaan tempat ia bekerja

    2.Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.
    saya akan membuat usaha foto copy yang menyediakan peraalatan untuk sekolah dan mencari lokasi yang strategis di dekat sekolah atau perkantoran sehingga para pengujung juga mudah mendapatkan peralatan sekolah atau kantor.

    3.Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat? dalam menjawab quiz itu skor
    saya mendapatkan skor 72,saya harus belajar lebih giat lagi supaya saya dapat menamba wawasan lebih tentang berbisnis.

  52. M. Khairi Kasfil(1412000143) says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.
    Micropreneur : seseorang yang berani mengambil risiko walau dia membuka usahanya dari nol
    Contohnya : penulis, actor
    Entrepreneur : seseorang yang melakukan pengoraganisasian, manajemen serta berani mengambil risiko dalam melakukan suatu bisnis.
    Contohnya : Usaha makanan/kuliner.
    Intrepreneur : Seseorang yang mempunyai ide ide creative dan inovatif dan menyumbangkan ide ide tersebut.
    Contohnya : Usaha sepatu yang di kembangkan menjadi sepatu roda

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.
    >Jika saya membuka usaha baru, saya akan membuat Game Centre. Yang saya butuhkan dalam membuka usaha ini yaitu Modal, Tempat, Pegawai, Peralatan(PC,Mouse,CPU, dll), bahan-bahan untuk menyimpan peralatan, Pegawai. Saya akan mencari tempat di tengah kota, sehingga banyak orang yang melihat dan mungkin akan berkunjung. Saya ingin membuat Game Centre ini berbeda dengan yang lainnya, dengan dekorasi yang berbeda, peralatan computer yang lengkap agar pengunjung hafal kalau di tempat saya itu lengkap peralatannya dan unik tempatnya.

    Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?

    >skor saya 70, saya harus menambah wawasan tentang bisnis dan menambahkan kepercayaan diri saya.

  53. Tegar tasbih says:

    Nim : 1412000105

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.

    A. Micropreneur adalah seorang yg memulai sebuah usaha,dia memiliki tujuan visi dan misi yg jelas dan baik untuk kemajuan usahanya,dia memiliki kemampuan untuk pengambilan keputusan bagi usaha yg dijalaninya dengan baik sehingga dia dapat belajar dari jeputusan keputusan yg dia ambil.
    Contohnya:seorang yg membuka usaha di bidang pabrik sepatu,dia membuat keputusan keputusan melalui pemikiran yg baik untuk kemajuan usahanya dan kestabilan usahanya seperti menggunakan bahan baku berkualitas tinggi tetapi dgn harga cukup terjangkau agar org mampu membeli produknya

    B. Intrapreneur adalah seorang yg bekerja pada suatu perusahaan org lain namun dia memiliki ide serta visi misi yg bagus dan memiliki rasa peduli akan perusahaan tempat ia bekerja sehingga ia mengemukakan pendapatnya tersebut dan membantu kemajuan perusahaan dimana ia bekerja.
    Contohnya;seorang karyawan di pabrik sepatu memiliki ide untuk mendesain model sepatu terbaru dan akan sangat laku di pasaran sehingga penjualan produk perusahaan tersebut meningkat.

    2.Bayangkan saudara hendak mendirikan usaha baru.usaha apakah yg ingin saudara buat?

    Saya ingin menjadi seorang kontraktor/pemborong.langkah awal yg harus saya persiapkan adalah saya harus tau terlebih dahulu ilmu untuk menjadi seorang kontraktor,karena saya pemula saya akan mencari pembimbing agar saya bisa lebih tau tentang apa yg harus saya lakukan,saya harus bisa membaca situasi politik suatu daerah tempat saya akan berusaha,saya juga harus banyak memiliki teman untuk membantu kelancaran usaha saya seperti memiliki teman yg menjual alat-bangunan,setelah itu saya harus mendirikan sebuah CV sbg syarat untuk mengikuti tender/lelang.

    3.skor quiz saya 72
    Sebagai koreksi,kedepannya saya harus lebih bijak dalam berfikir agar tujuan yg ingin saya capai terlaksana dengan baik dan lancar.

  54. Rahma Nisriina says:

    1. Micropreneur adalah pengusaha yang harus siap menerima risiko untuk memulai dan mengelola bisnis apa yang akan dikelola, yang harus sesuai dengan apa yang mereka inginkan dalam memulai bisnis baru

    Contoh : sebuah pengusaha saos bahan bikin yang menstok barang terlalu banyak dan ia harus menerima resiko apabila stok tersebut tidak laku membuat dia akan rugi

    – Entrepreneur adalah Seseorang yang mempunyai ahli atau berbakat dalam bidang menyusun cara cara baru dan memikirkan barang apa yang akan diprouksi , mengatur untuk permodalan yang akan dikeluarkan dan memsarkan produk tersebut.
    Contoh : seseorang yang berani untuk mengeluarkan pendapat

    – Intrapreneur adalah seseorang yang melakukan hal hal yang sesuai dengan kehendaknya sendiri berfikir dengan kualitas yang baik yang standar kerja nya tinggi, yang memikirkan konsep konsep sekaligus pelaksana

    Contoh : seseorang yang akan mengeluarkan ide ide yang kreatif dan jarang dipasarkaan oleh orang lain yang harus menerima resiko besar dengan ide ide tersebut.

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.
    Jika saya ingin membuka usaha tentu saja akan membuka tempat makan atau semacam Cafe makanan ringan kue dan makanan berat yang letaknya strategis yang ramai disekitarnya, yang harganya tidak terlalu mahal yang pas untuk kantong – kantong anak muda zaman sekarang yang rata-rata hobynya nongkrong di cafe, dengan full music dan juga wifi pelayanan yang sangat baik tentu saja akan menarik banyak yang datang, menediakan berbagai games.

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    jawab: skore saya 7o , saya harus meningkatkan semua kegigihan yang bisa saya dapatkan, saya akan menghadapi beberapa kesulitan yang sulit di jalani dengan percaya diri dan memikirkan secara baik.

  55. Putriyani (1412000111) says:

    Micropreneur adalah pengusaha yang harus siap menerima risiko untuk memulai dan mengelola bisnis apa yang akan dikelola, yang harus sesuai dengan apa yang mereka inginkan dalam memulai bisnis baru
    Contoh : sebuah pengusaha makanan yang menstok barang terlalu banyak dan ia harus menerima resiko apabila stok tersebut tidak laku membuat dia akan rugi
    -Entrepreneur adalah Seseorang yang mempunyai ahli atau berbakat dalam bidang menyusun cara cara baru dan memikirkan barang apa yang akan diprouksi , mengatur untuk permodalan yang akan dikeluarkan dan memsarkan produk tersebut.
    Contoh : seseorang yang berani untuk mengeluarkan pendapat
    – Intrapreneur adalah seseorang yang melakukan hal hal yang sesuai dengan kehendaknya sendiri berfikir dengan kualitas yang baik yang standar kerja nya tinggi, yang memikirkan konsep konsep sekaligus pelaksana
    Contoh : seseorang yang akan mengeluarkan ide ide yang kreatif dan jarang dipasarkaan oleh orang lain yang harus menerima resiko besar dengan ide ide tersebut.
    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.

    Jika saya ingin membuka usaha tentu saja akan membuka tempat penjualan baju di sana saya akan menjual baju dengan kualitas yang bagus dengan kisaran harga yang terjangkau hingga tidak membebankan konsumen. Lalu saya akan mendirikan usaha ini di daerah kampus karena di daerah tersebut banyak peminatnya.
    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur: http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?
    jawab: skore saya 70 , saya harus meningkatkan semua kegigihan yang bisa saya dapatkan, saya akan menghadapi beberapa kesulitan yang sulit di jalani dengan percaya diri dan memikirkan secara baik dan benar .

  56. Putri Dewi Farah Dika Fitriah (1412000112) says:

    1. Apa perbedaan antara micropreneur, entrepreneur dan intrapreneur? Sertakan contohnya.

    Micropreneur
    Adalah seseorang yang bersedia untuk menerima resiko yang tinggi untuk memulai sesuatu dan mengelola bisnis yang tetap kecil. Mereka melakukan pekerjaan yang mereka inginkan dan menawarkan gaya hidup yang seimbang.
    Contohnya : Penulis, consultan, produser video, dan lain-lain.

    Entrepreneur
    Adalah Seseorang yang membuka usaha sendiri dan menciptakan lapangan usaha bagi orang lain, yang berani mengambil resiko besar dari bisnis yang dia jalankan, dengan mendapatkan keuntungan finansial.
    Contohnya : Pengusaha Tropi, PT, dan lain-lain.

    Intrapreneur
    Adalah Orang-orang yang kreatif yang bekerja sebagai pengusaha dalam perusahaan yang menggunakan sebuah perusahaan sebagai sumber daya untuk meluncurkan produk baru.
    Contohnhya : Usaha macam macam kulit hewan yg di kembangkan menjadi tas kulit atau jaket kulit dan sepatu kulit.

    2. Bayangkan Saudara hendak memulai sebuah usaha baru. Apakah jenis usaha yang akan Saudara buat? Jelaskan secara ringkas apa saja yang harus disiapkan untuk memulai usaha baru? Gunakan outline business plan hal. 165 dan 166 sebagai acuan.

    Jenis usaha yang saya impikan adalah Cafe Betawi.Disini tersedia menu makanan dan minuman khas betawi dari yang betawi kampung sampai betawi kota. Harganya bermacam-macam dari yang termurah sampai yang termahal. Kokinya dari orang betawi asli yang pinter memasak dan kreatif. Tempat nya di pinggir jalan raya dan dekorasi ruangan nya akan di dekor seunik mungkin sesuai dengan tempo jaman dahulu. Agar bisnis saya berjalan dengan lancar, maka saya akan Mempersiapkan modal yang cukup banyak, menyediakan tempat, Pegawai, peralatan, bahan bahan makanan minuman dan property untuk cafe tersebut.Agar masyarakat mengetahui cafe saya, saya akan mempromosikan lewat internet atau web, lewat keluarga atau teman teman saya untuk mempromosikan ke orang lain.

    3. Jawablah quiz berikut dengan jujur:http://www.bizmove.com/other/quiz.htm. Berapa skor Saudara? Apa saja yang harus diperbaiki agar skornya meningkat?

    Score saya adalah 78. Yang harus saya perbaiki adalah saya harus lebih berani dan terbuka, pengalaman nya harus lebih dalam lagi, lebih trampil dan lebih bertanggung jawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *