Information economics

image_print

Information economics atau Ekonomika Informasi adalah cabang dari Ekonomi Mikro yang mempelajari bagaimana informasi dan sistem informasi mempengaruhi ekonomi dan keputusan ekonomi. Informasi memiliki kharakteristik khusus: sangat mudah untuk menciptakan tetapi sulit untuk percaya. Sangat mudah untuk menyebarkan tetapi sulit untuk dikontrol. Ini mempengaruhi banyak keputusan.Ciri-ciri khusus ( seperti membandingkan jenis barang lain ) sangatlah “complicated” dengan banyak teori standard ekonomi (Allen, 1990)

Subjek ” information economics ” diperlakukan bawah Journal of Economic Literature kode klasifikasi JEL D8 – Information, Knowledge, and Uncertainty. Arikel terkini ini mencerminkan topik yang termasuk dalam kode tersebut. Ada beberapa subbidang ekonomi informasi. Informasi sebagai sinyal telah digambarkan sebagai semacam ukuran negatif dari ketidakpastian (Arrow, J.K., 1996) . Ini mencakup pengetahuan yang lengkap dan ilmiah sebagai kasus khusus. Wawasan pertama di bidang ekonomi informasi yang berkaitan dengan ekonomi barang informasi.

Dalam beberapa dekade terakhir, telah ada kemajuan berpengaruh dalam studi asimetri informasi (Wilson, 2008) dan implikasinya terhadap teori kontrak, termasuk kegagalan pasar sebagai suatu kemungkinan (Ledyard, 2008)

Ekonomi informasi secara resmi terkait dengan teori permainan sebagai dua jenis yang berbeda dari permainan yang mungkin berlaku, termasuk game dengan informasi sempurna (Mycielski, 1992), informasi yang lengkap (Brandenburger, 2008) dan informasi yang tidak lengkap (2008 Heifetz.) metode eksperimental dan teori permainan telah dikembangkan untuk model dan menguji teori-teori ekonomi informasi, (Lippman, dan call, 2001) termasuk aplikasi kebijakan publik yang potensial seperti desain mekanisme untuk memperoleh informasi-sharing dan perilaku sebaliknya meningkatkan kesejahteraan (Myerson, 2008)

Titik awal untuk analisis ekonomi adalah pengamatan bahwa informasi memiliki nilai ekonomi karena memungkinkan individu untuk membuat pilihan yang menghasilkan hadiah yang diharapkan lebih tinggi atau utilitas yang diharapkan dari mereka akan mendapatkan dari pilihan yang dibuat dengan tidak adanya informasi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *