KATAKAN DENGAN BUNGA

image_print

Bunga, siapa yang tak kenal  dan yang tak kan tertarik pada Bunga… apalagi bunga Bank. Bunga yang akan disampaikan disini adalah Bunga sebagai ungkapan dalam momen apapun yang suka maupun yang duka.

Sesuai dengan perkembangan zaman, masyarakat saat ini sudah mulai menerima perubahan karena tanpa disadari perubahan yang terjadi mempengaruhi gaya hidup mereka dimana berdampak pada tuntutan kebutuhan hidup. Adanya peningkatan kebutuhan dari kebutuhan sekunder yang belakangan ini sudah menjadi suatu kebutuhan primer. Dalam pemenuhan kebutuhan manusia sangat penting didukung  fenomena sosial yang semakin berkembang dilihat dari sisi perkembangan budaya.

Memasuki kawasan pasar bunga Rawa Belong seperti memasuki taman bunga. Berbagai jenis bunga cantik dengan beragam warna akan memanjakan mata , kala menjejakkan kaki di pasar bunga Rawa Belong , samar-samar aroma bunga pun menyeruak hidung saat masuk bagian dalam pasar.

Related imageImage result for pasar bunga rawa belongImage result for pasar bunga rawa belongImage result for pasar bunga rawa belongImage result for jenis bunga hias

Pasar ini tidak pernah sepi pengunjung terutama hari-hari yang berkaitan dengan pengadaan bunga dimulai pada hari kamis malam sampai minggu pagi para pedagang sibuk melayani pembeli  bunga untuk keperluan  seperti acara perkawinan, acara kantor dan kegiatan-kegiatan lainnya , yang tentu bunga tidak pernah luput jadi perhatian untuk menjadikan daya tarik pada  acara-acara yang di gelar. Pasar bunga ini  dihuni oleh 400 lebih pedagang. Usaha mereka dari pedagang bunga, pendekor dan penyedia alat-alat dekor dan disekitar pasar itu juga banyak pedagang –pedagang yang bukan bunga namun sangat berarti bagi pedagang bunga .

Konsep pemasaran yang memberikan pengalaman unik kepada pelanggan dikenal  dengan istilah Emotional Marketing . konsep ini berusaha menghadirkan  pengalaman  yang unik, positif dan mengesankan kepada konsumen. Dengan demikian konsumen akan merasa ada sesuatu yang berbeda dan pengalaman selama menikmati produk/jasa dari pasar  ini dan akan tertanam dalam pikiran mereka. Sehingga nantinya pengunjung tidak hanya akan puas dan loyal tapi juga menyebarkan informasi mengenai produk bunga Rawa Belong  secara word of mouth.

Di dalam perkembangannya, pemasar berlomba-lomba untuk menduduki posisi pemimpin pasar dan setidaknya selalu menciptakan suatu kepercayaan konsumen terhadap produknya, yang dilakukan  dengan cara mempertajam citra merek (brand image). Brand image adalah persepsi konsumen ketika melihat suatu produk yang didasarkan pada kenyataan dan biasanya dikaitkan dengan kualitas pelayanannya. Citra merek yang kuat memberikan sejumlah keunggulan seperti: posisi pasar yang superior dibandingkan pesaing, kapabilitas unik yang sulit ditiru, loyalitas pelanggan dan pembelian ulang yang lebih besar, dan lain-lain.

Pasar bunga Rawa Belong  salah  satu lokasi penjualan bunga terbesar dan  terkenal yang ada pada saat ini. Pasar Bunga adalah sebuah tempat berkumpulnya pedagang dan petani bunga potong segar untuk memenuhi kebutuhan pasar di wilayah Jabodetabek bahkan luar kota dan seluruh indonesia. Untuk menciptakan brand image maka pihak pengelola pasar di bawah pengawasan dinas pertanian  dengan nama Pusat Promosi Bunga membuat masyarakat semakin tahu bahwa bunga adalah identik dengan  Rawa Belong.

Daya tarik produk merupakan pertimbangan bagi para pedagang karena menjalankan bisnis bagi para pedagang adalah apa yang dibisniskan mempunyai daya tarik dan bunga merupakan daya tarik tertentu. Konon perdagangan bunga sudah di lakukan secara turun temurun dan merupakan tinggalan budaya dari masyarakat Betawi . Andalan kegiatan ekonomi di wilayah tersebut adalah bercocok tanam dari bibit bunga, tanaman hias, tanaman daun untuk hias  sampai pendekor taman, bendekor pelaminan yang semuanya mengandung unsur bunga dan daun. Keragaman produk untuk membentuk pertumbuhan bisnis semakin lama semakin berkembang sesuai kebutuhan masyarakat yang semakin dituntun seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi.

Tranformasi kewirausahaan sangat terlihat dengan beralihnya antar generasi yang  diwarisi perdagangan bunga potong. Perubahan ini akan mendatangkan pelaku-pelaku bisnis baru yang datang dari berbagai daerah dan paling banyak dari Jawa Barat. Tranformasi pola pikir (mindset) dan paradikma (paradigm), yaitu sebuah tranformasi pemikiran, sikap, motif semangat dan karakter yang lama untuk berubah menjadi seseorang yang  berpikiran sama dengan seorang entrepreneur yang cerdas.

Jenis Bunga  untuk memenuhi kebutuhan Suka dan Duka:

Melati, Mawar, Hebras, Cateliya, Lily, Casablanca, Sedap Malam, Kenanga,  macam2 bunga Anggrek, Aster, Azalea, Asoka, Anyelir, Krisan dan masih banyak jenis bunga lokal maupun impor serta pendukung lain untuk pelengkap bunga seperti dedaunan dan pandan. Selain itu di Rawa Belong merupakan pusat pelengkap dekor yang cukup beragam.

Bunga-bunga yang di jual untuk keperluan acara  seperti:

  1. Bunga rangkaian yang cantik
  2. Bunga papan untuk memenuhi kebutuhan acara Wedding, Duka Cita, Grandopening, Anniversary dll
  3. Bunga Duka Cita/bunga tabur sampai perlengkapan jenazah
  4. Bunga rangkaian Hand Bouquet
  5. Bunga melati berbagai roncean untuk keperlun Hias Penganten
  6. Bunga untuk keperluan Dekorasi pelaminan tradisional maupun modern.

Bunga selamanya dibutuhkan manusia dalam momen apapun dan dimanapun, katakan dengan bunga sebagai penyejuk hati.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *