Netiquette Part 2: Berbagi info boleh? Boleh, tapi ada etikanya.

image_print

Oleh: Mardiana Sukardi
Seringkali kita menemukan ada artikel atau tulisan yang bagus di internet. Dan kita ingin membagikan atau meneruskan artikel atau tulisan tersebut dalam akun media sosial kita. Sebelum itu maka perhatikan etikanya terlebih dahulu.

Ada 2 cara yang dapat digunakan untuk meneruskan tulisan tersebut:
1. Gunakan fitur Bagikan atau Share yang biasanya ada di bagian bawah tulisan. Dengan cara ini, maka link tulisan tersebut akan masuk dalam dinding akun kita. Cara ini paling aman, karena tidak ada bagian yang tertinggal. Sertakan pula caption yang sesuai dan apabila memungkinkan mentioned si penulis atau sertakan namanya. Tapi cara ini ada sedikit kelemahan, karena pembaca yang tertarik, perlu harus membuka tautan tersebut. Dan hal ini tergantung dari koneksi internet yang dimiliki.

2. Cara berikutnya adalah menyalin isi tulisan dalam dinding media sosial kita. Memang pembaca akan lebih mudah saat ingin membacanya. Tapi yang sangat perlu diperhatikan adalah, sebelum kita tekan Post, pastikan tidak ada bagian tulisan yang tertinggal. Tidak ada bagian yang diubah ato dikurangi, karena bisa mengubah arti keseluruhan tulisan. Hal tersebut sangat tidak baik untuk dilakukan. Tulis di bagian atas bahwa ini adalah tulisan dari siapa. Dari sejak awal kita harus jujur bahwa ini bukan tulisan kita. Seringkali kita lihat ada suatu tulisan, setelah kita baca habis, baru di bawah kita tahu ternyata ini bukan tulisan si pemilik akun. Mari kita hargai sejak awal kepemilikan tulisan tersebut.

Okay, sekarang kalau sudah tahu etikanya, mari berbagi informasi yang baik dan benar.

Jakarta, hujan di akhir Januari 2017

Mardiana Sukardi About Mardiana Sukardi
I have several middle names, including: shopping and travelling 😀

Mardiana Sukardi

Mardiana Sukardi

I have several middle names, including: shopping and travelling :D

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *