PEMBELAJARAN 24/7

image_print

Screen Shot 2016-02-04 at 2.38.12 PMPembelajaran 24/7, pembelajaran 24 jam sehari selama 7 hari dalam seminggu atau bisa juga kita sebut belajar terus menerus (long life learning). Bagaiamana caranya?

Teknologi! Dengan teknologi Pembelajaran 24/7 dapat terwujud. Di sekolah siswa belajar kurang lebih 7- 8 jam sehari. Pada saat itu juga mereka dapat berkomunikasi dengan pengajar mereka, berdiskusi, bertanya dan lain sebagainya yang dapat meningkatkan kemampuan dan kreatifitas dengan bimbingan pengajar. Lalu bagaimana komunikasi yang dapat dilakukan jika siswa memerlukan bimbingan di luar jam belajar /sekolah?

Sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau kita sering juga mendengar istilah e-learning, adalah salah satu solusi untuk pembelajaran 24/7. Dengan e-learnning seseorang dapat belajar kapan saja dan dimana saja, tidak hanya untuk siswa tetapi juga pengajar.

Salah satu tools/alat untuk pembelajaran 24/7 tersebut adalah Edmodi. Apa itu Edmodo? Edmodo ada sejak tahun 2008, didirikan oleh Nic Borg, Jeff O’Hara, Crystal Hutter, saat ini telah memiliki anggota sebanyak 62.071.678 (4 Februari 2016). Edmodo adalah sebuah website edukasi yang mengambil ide dari jejaring sosial (social network) dirancang sehingga sesuai untuk kelas. (‘Edmodo | Connect With Students and Parents in Your Paperless Classroom’, n.d.). “ Web 2.0, especially social networks, can be more beneficial for other areas such as education than entertainment only. It can be used to support both distance teaching and to fulfil physical classroom learning. Applications of social networks in education generate a wide range of benefits such as new collaboration styles, enhancing modern classroom experiences, resource sharing in various formats, etc”. (Thongmak, 2013)

Edmodo membuat siswa dan pengajar dapat saling terhubung untuk berbagi ide, masalah dant tips-tips. Pengajar dapat memberikan tugas dan langsung memberikan nilai serta kometar atau review terhadap tugas siswa. Siswa dapat mendapatkan bantuan dari seluruh kelas. Edmodo bisa dikatakan sebagai lingkungan yang aman karena tidak ada “bullying” atau konten yang tidak sesuai, karena pengajar dapat melihat semua pada Edmodo.

Selain pengajar dan siswa, orang tua dan organisasi (sekolah) juga dapat bergabung dalam dalam komunitas pembelajaran

 

Pengajar Siswa
Mengunggah materi Submit Tugas
Menjawab pertanyaan siswa Mengikuti Quiz
Memberikan tautan-tautan (links) materi belajar Berpartisipasi pada : Forum diskusi dan Poling
Memberikan nilai secara langsung Meminta pertolongan/bertanya kepada pengajar
Terhubung dengan orang tua

 

Edmodo VS Facebook

 

Edmodo                                           Facebook

Sosial networking                          Sosial networking

Simpel                                               Simpel

Handles Events                                Handles Events

Diawasi pengajar                             Tidak diawasi oleh guru

Privat                                                 Publik

Berorientasi pendidikan               Not Regulated

 

Alasan menggunakan Edmodo

  • aman, menggunakan platform social learning untuk pengajar, siswa, orang tua, dan sekolah.
  • Menyediakan fasilitas bagi pengajar dan siswa untuk mengirim bahan (MS Word, PDF, MS Excel, MS PowerPoint, MS Publisher, drafting programs, PhotoShop, image files, music files), berbagi link dan video, dan akses pekerjaan rumah dan pemberitahuan sekolah dengan cara yang aman dan mudah.
  • Pengajar dan siswa dapat menyimpan dan berbagi segala bentuk konten digital – blog, link, gambar, video, dokumen, presentasi, dLL
  • Melengkapi pengajaran dan meningkatkan komunikasi dengan murid di luar kelas.
  • Edmodo secara konsisten memperbaharui site nya menjadi lebih powerful dan lebih mudah
  • Edmodo dijalankan di kelas, sekolah, rayon, wilayah.
  • GRATIS

 

Tahapan Pembelajaran 24/7 

Bersambung ….

 

 

 

 

Referensi

Edmodo | Connect With Students and Parents in Your Paperless Classroom. (n.d.). Retrieved 4 February 2016, from https://www.edmodo.com/

Holland, C., Muilenburg, L., Holland, C., & Muilenburg, L. (2011). Supporting Student Collaboration: Edmodo in the Classroom (Vol. 2011, pp. 3232–3236). Presented at the Society for Information Technology & Teacher Education International Conference. Retrieved from http://www.editlib.org/p/36816/

Thongmak, M. (2013). Social Network System in Classroom: Antecedents of Edmodo© Adoption. Journal of E-Learning and Higher Education.

 

Lucia Sri Istiyowati About Lucia Sri Istiyowati
Dosen Perbanas Institute sejak 1997

Lucia Sri Istiyowati

Lucia Sri Istiyowati

Dosen Perbanas Institute sejak 1997

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *