Penerapan Ilmu Perencanaan

image_print

Ada baiknya apa yang kita pelajari di bangku kuliah, kita terapkan pada kehidupan sehari-hari. hal ini akan menjadikan ilmu yang kita dapatkan tersebut menjadi lebih berguna.

ada banyak ilmu yang sebenarnya tanpa mahasiswa sadari dapat diterapkan dalam kehidupannya, contohnya seperti dalam pelajaran mengenai perencanaan dalam akuntansi biaya yang menggolongkan rencana menjadi 3 yaitu rencana stratejik, rencana jangka panjang, rencana jangka pendek.

meskipun tidak sama persis tapi kita bisa meniru filosofi dari pembagian rencana dalam tehnik perencaan tersebut, seperti:

  1. Rencana Stratejik cenderung digambarkan sebagai suatu yang berbentuk abstrak (tidak jelas) yang membutuhkan penalaran mengenai ancaman internal dan eksternal dalam merumuskannya. hal ini dapat kita pakai sebagai pembentukan cita-cita dalam kehidupan kita, dimana cita-cita tersebut terkadang abstrak dan cenderung berubah-ubah menyesuaikan dari keadaan internal (kemampuan diri) dan keadaan eksternal (tantangan dari luar dalam mencapai cita-cita atau tujuan).
  2. Rencana Jangka Panjang digambarkan sebagai suatu pencapaian jangka panjang umumnya 3 sampai 5 tahun kedepan dimana rencana ini harus lebih bisa terukur dibandingkan rencana stratejik dan memiliki target yang jelas.
  3. Rencana Jangka Pendek digambarkan sebagai suatu rencana yang terperinci mengenai apa yang harus kita lakukan dalam waktu jangka pendek (umumnya 1 tahun ke depan).

jika kita ibaratkan rencana tersebut dalam kehidupan mahasiswa misalnya, mungkin dapat kita gambarkan ketiga rencana tersebut seperti dibawah ini:

 

  1. Rencana stratejik digambarkan seperti cita-cita mahasiswa setelah lulus dimana jauh kedepan dan masih abstrak dan cenderung berubah-ubah menyesuaikan kondisi/kemampuan diri mahasiswa dan lingkungan pekerjaan yang diinginkan. seperti keinginan menjadi manager di Bank.
  2. Rencana Jangka Panjang digambarkan sebagai target pada saat lulus kuliah. misalnya setelah menentukan keinginan menjadi manajer bank maka yang harus dilakukan mahasiswa adalah menentukan target bagai mana caranya untuk masuk kerja di bank. umumnya untuk diterima bekerja ada syarat administratif yang harus dipenuhi misalnya persyaratan IPK minimal, Bahasa Inggris dan TPA (Tes Kemampuan Akademik). maka dari sini dapat kita tetapkan rencana jangka panjang adalah untuk memenuhi persyaratan tersebut (IPK 3,25, scor TOEFL 450, TPA 500).
  3. Rencana Jangka Pendek digambarkan sebagai rencana terinci atau apa yang harus mahasiswa lakukan sekarang. jadi misalnya kalau untuk dapat scor TOEFL 450 mungkin yang dapat mahasiswa lakukan sekarang adalah membei buku TOEFL atau ikut kursus TOEL dan diiringi dengan evaluasi berkala mengenai hasil pencapaian rencana tersebut seperti keikutsertaan dalam tes TOEFL.

Masih banyak lagi pelajaran yang dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari. banyak-banyak menggali dan terus berusaha. ingat sebagaimana apa yang dikatakan teori probabilitas, semakin sering kita berusaha maka semakin besar kemungkinan kita untuk mendapat apa yang kita inginkan. begitu juga sebaliknya.

terimakasih telah membaca artikel ini, semoga artikel ini dapat berguna dan memberikan inspirasi.

Taufiq Akbar About Taufiq Akbar

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *