Perilaku etika

image_print

Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa?

You may also like...

131 Responses

  1. Ulfah Rasmaliani says:

    ada. Perbedaannya adalah etika compliance – based atau etika yang berbasis pada kepatuhan yaitu etika yang melakukan pendekatan ketaatan melalui hukuman dan aturan-aturan yang ditetapkan serta untuk mendapatkan penghargaan atas tindakan yang dilakukan.
    Contohnya adalah dosen akan menaati nilai-nilai etika agar tidak mendapat hukuman atau sanksi atas perbuatannya dan berharap mendapatkan penghargaan atas tindakan yang dilakukannya.
    Sementara etika integrity-based atau etika yang berbasis pada integritas adalah etika yang lebih dari sekedar taat pada peraturan dan keinginan untuk memperoleh penghargaan tetapi merupakan tindakan berdasarkan prinsip-prinsip moral yang sesuai logika.
    Contohnya adalah pengawas ujian mengawasi ujian mahasiswa dengan ketat, bukan untuk mendapat penghargaan atau menghindari hukuman. Tetapi, karena adanya rasa tanggung jawab terhadap pekerjaannya tersebut.

  2. Ulfah Rasmaliani says:

    ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa
    ada. Perbedaannya adalah etika compliance – based atau etika yang berbasis pada kepatuhan yaitu etika yang melakukan pendekatan ketaatan melalui hukuman dan aturan-aturan yang ditetapkan serta untuk mendapatkan penghargaan atas tindakan yang dilakukan.
    Contohnya bagi mahasiswa menaati nilai-nilai etika agar tidak mendapat hukuman atau sanksi atas perbuatannya dan berharap mendapatkan penghargaan atau nilai yang baik atas perbuatan yang dilakukannya.
    Sementara etika integrity-based atau etika yang berbasis pada integritas adalah etika yang lebih dari sekedar taat pada peraturan dan keinginan untuk memperoleh penghargaan tetapi merupakan tindakan berdasarkan prinsip-prinsip moral yang sesuai logika.
    Contohnya adalah bagi mahasiswa tidak mencontek bukan sekedar untuk menghindari hukuman. Tetapi, kesadaran untuk meperoleh nilail maksimal atas kerja keras sendiri.

  3. Bima Ardhimas Gustama says:

    Compliance Based yaitu kode etika berbasis kepatuhan menekankan pencegahan perilaku yang melanggar hukum dengan meningkatkan kontrol dan dengan memberikan sanksi.
    -Contoh : Seorang mahasiswa harus mengerjakan kewajibannya seperti menggerjakan tugasnya tepat waktu, tidak bolos mata kuliah. semua itu dilakukan agar ia tidak mendapatkan hukuman atau sanksi dr dosen pengajar mata kuliah.

    Integrity Based yaitu kode etika berbasis bukan hanya kepatuhan agar tidak mendapat sanksi, melainkan juga kesadaran yang menjadi sebuah tanggung jawab.
    -Contoh : Seorang mahasiswa harus mengerjakan tugasnya sendiri agar ia dapat mengukur seberapa besar kemampuan yang dimilikinya

  4. Hizkia Altira Prasetyo says:

    apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based & integrity-based di kalangan mahasiswa? jika di lihat dengan beragam jenis tingkah laku mahasiswa jelas sekali ada perbedaannya

    *Compliance Based dapat di artikan sebagai kode etik yang berbasis kepatuhan / ketaatan yang di jelaskan bawah setiap orang harus mengikuti setiap ketetapan/aturan yang berlaku serta menjalankanya dengan baik tanpa melanggarnya,jika melanggar akan di beri sanksi yang sesuai dengan ketetapan/aturan yang berlaku saat itu
    -CONTOH: setiap mahasiswa/i harus memenuhi kewajibanya sebagai mana menjadi mahasiswa/i dengan belajar,berusaha,bekerja keras serta bersikap jujur sebagai pekerjaan pokok mahasiswa/i guna mendapatkan hasil yang maksimal di ujung perjuanganya dengan contoh kecilnya kita bisa lihat dalam mengerjakan tugas harus sesuai permintaan dosen,jujur mengerjakan sendiri tidak copy paste dengan teman serta di kumpulkan tepat waktu, jika tidak menjalakanya dengan baik akan di beri sanksi berupa kosongnya nilai tugas dan di beri peringatan tidak mengerjakan tugas,dan juga dalam hal disiplin kita harus menataati peraturan yang di tetapkan oleh lembaga dapat dilihat dengan contoh,masuk jam kelas sesuai jadwal yang berlaku,mengikuti kelas dengan baik dan tidak membuat keributan,menjaga sarana prasarana yang ada dan di luar kampus tidak boleh merokok di area dilarang merokok dan membuang sampah pada tempatnya.

    * integrity-based dapat di artikan sebagai kode etik yang berbasis kesadaran dimana kita dalam menajalinya bukan hanya di dasarkan oleh ketaatan atau kepatuhan namun kesadaran dan tanggung jawab juga harus di ikut sertakan dalam prosesnya.
    -CONTOH:saya sebagai mahasiswa jika berkuliah bukan hanya sekedar mengikuti aturan kampus dan sebagainya,dimana kita juga sadar kita kuliah dangan biaya dari orang tua yang jelas tidak murah tapi kita sadar adanya tanggung jawab kita harus membanggakan orantua kita dengan cara berprestasi seperti contoh lulus dengan IPK yang di inginkan dan tepat waktu sebagai mujud balas budi kita anak kepada orang tua yang sudah bersusah payah mancari uang untuk mewujudkan cita cita sang anak.

  5. Donny Ady Darmawan says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based & integrity-based di kalangan mahasiswa? jika di lihat dengan beragam jenis tingkah laku mahasiswa jelas sekali ada perbedaannya.

    Menurut saya sebagai mahasiswa perbanas perilaku Compliance Based & Intergrity-based harus berjalan secara balance dalam kehidupan.
    -Compliance Based adalah perilaku yang diawasi oleh aturan yang sah dan harus ditaati oleh orang yang berada dalam lingkungan tersebut. Peraturan tersebut dibuat agar masyarakat dapat menaati dan menjalankan kehidupannya dengan baik. Peraturan yang sudah dibuat memiliki butir-butir sanksi atau hukuman,agar masyarakat tidak akan melakukan pelanggaran dikarnakan sudah ada hukum yang tegas jika terjadi pelanggaran.

    Contoh: Setiap mahasiswa/i yang berada di lingkungan kampus wajib menaati segala peraturan yang berada di dalam kampus. Merokok didalam lingkungan kampus seharusnya tidak boleh,tetapi masih saja mahasiswa yang melakukan hal tersebut dalam kejadian ini mahasiswa dapat teguran atau sanksi yang membuat agar tidak melakukan hal seperti itu kembali. Tugas-tugas yang seharusnya dikerjakan dengan baik dan dikumpulkan pada waktu yang seharusnya oleh dosen tersebut kita harus mengerjakan tugas tersebut,,karna jika tidak dikerjakan mahasiswa mendapatkan sanksi yaitu berupa nilai yang kosong atau mungkin mengulang jika kejadian tersebut sering dilakukan.

    -Integrity-based: Perilaku yang terjadi didalam kehidupan sehari-hari,dimana kesadaran setiap individu diperlukan dimana kewajiban yang seharusnya di dulukan. perilaku ini menitik beratkan hal yang bersifat tanggung jawab masing-masing tetapi ketaatan dan kepatuhan terhadap hal sangat diperlukan.

    Contohnya: Sebagai mahasiswa/i kita seharusnya sadar bahwa masa yang akan datang persaingan sangat ketat karna dari setiap negara dapat bekerja di Indonesia,oleh sebab itu kita sebagai mahasiswa harus memiliki intergritas agar kita dapat bersaing. Dengan belajar yang maksimal dan mengerjakan sesuatu dengan jujur agar kita dapat mengetahui apa kekurang dan kelebihan kita agar kekurangan tersebut dapat kita kembangkan untuk menjadi yang lebih baik. Selain itu karana jujur adalah sesuatu yang mahal

  6. afdalul hidayat says:

    apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based & integrity-based di kalangan mahasiswa? menurut saya perbedaannya ada

    Dalam perilaku compliance-based menjelaskan ketaatan yang setiap orang harus mengikuti setiap peraturan yang berlaku serta menjalankan dengan baik tanpa melanggarnya,jika melanggar akan di beri sanksi yang sesuai dengan ketetapan/aturan yang berlaku.

    contohnya : mahasiswa dan mahasiswi perbanas harus berpakain rapi dan sopan sesuai dalam peraturan yang berlaku,dalam hal berpakaian.bagi mahasiswa dan mahasiswi pakaian yang dikenakan saat kuliah harus berkerah seperti polo t-shirt,kemeja dan almamater,memakai celana panjang sopan dan memakai sepatu tidak diperbolehkan memakai sandal,slop saat kuliah.

    integrity-based dapat dijelaskan sebagai kode etik yang berbasis kesadaran dimana kita dalam mengartikan bukan hanya di dasarkan oleh ketaatan atau kepatuhan namun kesadaran dan tanggung jawab juga harus di ikut sertakan.

    contoh: saya sebagai mahasiswa bukan sekedar kuliah karna tuntutan orang tua.saya kuliah sadar atas pilihan saya sendiri dan saya harus bertanggung jawab atas pilihan saya.sayapun akan membuktikan atas pilihan saya dengan lulus dari perbanas pada tahun 2018.

  7. Reza Syanubari says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa? Jelas ada.

    Compliance-based merupakan kode etik yang menekankan pada pencegahan tingkah laku yang tidak sah(menyimpang dari aturan) dengan meningkatkan kontrol pada setiap orang dan dengan menghukum orang yang menyimpang dari aturan.
    Contoh : Setiap mahasiswa/i pada saat ujian tidak boleh terlambat, tidak diperkenankan mencotek, dan apabila mahasiswa tersebut melanggar maka hukuman yang diterima dikeluarkan dari ruang ujian dan mendapatkan nilai 0.

    Integrity-based merupakan kode etik yang menegaskan pada nilai serikat kerja suatu organisasi, membuat sebuah lingkungan yang secara etis mendukung ukuran tingkah laku seseorang dan membentuk mental(kesadaran) dengan membagi keadaan untuk dipertanggung-jawabkan diantara pekerja organisasi tersebut.
    Contoh : Di dalam sebuah organisasi pasti ada seorang bendahara. Bendahara tersebut harus sadar karena sudah dipercayai dan bertanggung jawab atas jumlah uang yang dipegangnya.

  8. M.Rizky.Saktiansyah says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based & integrity-based di kalangan mahasiswa? jika di lihat dari arti kata itu sendiri serta dari tingkah laku mahasiswa dalam penerapanya,terlihat sangat jelas perbedaanya.
    Compliance-based itu sederhananya adalah suatu etika yang berbasis kepatuhan yang disertai beberapa aturan,baik itu hukum yang tertulis atau kebijakan suatu Universitas atau lembaga institusi yang menaunginya.

    Contoh compliance-based dikalangan mahasiswa adalah:Perpustakaan kampus Perbanas Institue mempunyai aturan sebagaimana yang tertera di daftar statuta,yaitu mahasiswa yang ingin memasuki kawasan perpustakaan harus mengenakan pakaian yang rapih dan pantas dan dilarang keras mengenakan sendal jepit,dalam peraturan tersebut sudah jelas,jika ada mahasiswa yang mengenakan pakaian kaos dan mengenakan sendal maka mahasiswa tersebut dilarang memasuki perpustakaan.

    Sementara Intregrity-based adalah konsep yang menunjuk kepada nilai dan prinsip.Mahasiswa yang memiliki intregritas menurut saya adalah apabila tindakannya sesuai dengan nilai, keyakinan, dan prinsip yang dipegangnya.

    Sebagai contoh:Seperti yang kita ketahui batas maximum studi bagi mahasiswa Strata1 yang dikeluarkan oleh pemerintah adalah 5 tahun,maka mahasiswa itu harus memegang prinsip bahwa studinya harus selesai tepat waktu,dengan memiliki prinsip yang dipegangnya itu,mahasiswa tentunya diharapkan akan berusaha semaksimal mungkin,dan mendapatkan hasil yang maksimal pula,dan mampu bersaing di Masyarakat Ekonomi Asean yang akan segera kita hadapi bersama.

  9. M. Adam Raihan says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based & integrity-based di kalangan mahasiswa? menurut saya perbadaan nya jelas ada.
    • Compliance-based adalah suatu kode etik yang berbasis kepatuhan yang harus dipatuhi yang mengandung sanksi dan hukuman yang jelas, sebagai damapak dari pelanggaran etika yang telah dilakukan.
    – Contoh : Setiap Mahasiswa/i diwajibkan lulus S1 dalam jangka waktu maximal 5 tahun. Apabila lebih dari waktu yang telah ditentukan maka sanksi atau dampak yang ditimbulakan adalah di keluarkan dari kampus.

    • Integrity-based adalah suatu kode etik yang mengutamakan kesadaran dan tanggung jawab dimana seseorang dapat melakukan suatu tindakan berdasarkan hati nurani bukan hannya di dasari oleh suatu aturan atau kepatuhan.
    – Contoh : karna kita menyadiri kita kurang mampu dalam suatu mata kuliah maka, sikap kita adalah lebih giat dan rajin lagi dalam mempelajari mata kuliah tersebut agar kita menjadi bisa dan mendapatkan nilai yang baik dalam mata kuliah tersebut.

  10. Irfan Abizar says:

    Ada, kenapa ??? Karena compliance based itu seperti atutan penekanan, seperti layaknya hal yang mutlak harus dipatuhi karena aturan ini harus dijalankan dan ditaati, karena dalam compliance based ada sebuah kewenangan khusus jika terjadi pelanggaran, entah itu sebuah sangsi, ganjalan ataupun hukuman. Contoh : yang paling mutlak sebagai mahasiswa ialah peraturan dilarang memakai dan mengedarkan obat”an terlarang, dan bagi seorang mahasiswi bukankah juga dilirang sedang mengalami kehamilan ketika sedang menjalankan masa kuliah ?, dan tentu imbas jika 2 hal itu terjadi lembaga dan kampus sudah menyiapkan sangsi yang menunggu bagi mahasiswa dan mahasiswi yang melanggar aturan tersebut. Integrity based menurut pandangan dan pengetahuan saya yaitu kode etik dan sebuah prinsip teguh kita dari masing” individu dan diri sendiri, tidak perlu paksaan dan sangsi serta hukuman dari suatu badan lembaga atau apapun, karena diri kita sendiri yang akan membentuk bagaimana integrity based masing” kita. Integrity based masing” individu kita tentu sangat berbeda dari segala halnya, ada si hormat, ada si patuh, ada si rajin, ada si malas, ada si serius ada si santai, itulah padangan saya tentang integrity based, My Life My Rules. Contoh : Seorang mahasiswa yang sedang merokok ketika duduk di kantin dengan sadar sebagai perokok pindah dari tempat duduknya saat ini, karena sadar ada anak balita dan seorang ibu ibu duduk di persis di sebelah mejanya, dan mahasiswa itu berarti telah melakukan nilai integrity based

  11. Adinda Farina P. says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based & integrity-based di kalangan mahasiswa?.
    Tentu saja terdapat perbedaan dari kedua hal tersebut.
    -Compliance-based adalah etika yang melakukan pendekatan secara ketaatan melalui aturan-aturan yang telah berlaku atau telah di tetapkan untuk menghindari atau mencegah perilaku-perilaku yang menyimpang atau bertentangan dengan peraturan-peraturan atau norma-norma serta dapat memperoleh penghargaan bagi mereka yang mentaati peraturan-peraturan tersebut.
    -Contoh : Seluruh mahasiswa dan mahasiswi wajib menjalankan kewajiban nya sebagai seorang mahasiswa. Disiplin, tepat waktu, menghormati dan menghargai setiap dosen yang mengajar, selalu mengerjakan tugas yang diberikan oleh setiap dosen dan menjaga nama baik universitas, merupakan kewajiban yang harus mahasiswa dan mahasiswi jalankan. Bagi mahasiswa dan mahasiswi yang mentaati seluruh peraturan-peraturan yang berlaku, akan mendapatkan penghargaan atau sebuah nilai yang baik. Bagi mahasiswa dan mahasiswi yang melanggar peraturan-peraturan yang berlaku, akan mendapatkan hukuman atau sanksi.

    -Integrity-based adalah etika yang bukan hanya sekedar mentaati peraturan-peraturan atau norma-norma yang berlaku untuk mendapatkan suatu balas jasa atau penghargaan, tetapi juga merupakan tindakan yang berdasarkan kesadaran dan tanggung jawab.
    -Contoh : Seorang mahasiswa atau mahasiswi yang mengerjakan tugasnya sendiri, bukan dengan mencontek atau meniru tugas dari mahasiswa atau mahasiswi lain. Ini menunjukkan bahwa mahasiswa atau mahasiswi tersebut percaya terhadap dirinya sendiri, ingin mendapatkan hasil yang memuaskan dari apa yang ia kerjakan sendiri tanpa melihat atau meniru punya orang lain, dan memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap dirinya sendiri.

  12. Putri andalasari says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based & integrity-based di kalangan mahasiswa? jelas sekali ada perbedaannya.

    + Compliance based yaitu kode etik dimana prilaku seseorang harus mengikuti peraturan yang berlaku dan dipatuhi sebagaimana yang diharapkan. Terdapat sanksi yang jelas apabila seseorang bertingkah laku tidak sesuai dengan ketentuan

    Contoh : berkelahi, didalam lingkungan kampus dimasyarakat sekitar kampus maupun diluar lingkungan kampus. Maka mahasiswa dapat dikenakan sanksi paling ringan berupa skorsing atau sanksi paling berat berupa drop out.

    + Integrity based yaitu kode etik yang dalam prilakunya sesuai dengan prinsip yang dipegang, memikirkan tentang kesadaran dan tanggung jawab.

    Contoh : memperhatikan dosen dan tidak mengobrol pada saat dosen menjelaskan bukan karna tidak ingin dihukum. Tetapi karna kesadaran bahwa belajar dengan serius merupakan sebuah kewajiban.

  13. Rizki Nugroho Putro says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa?

    Jawabannya Ada.
    Perbedaan pada Compliance-based dengan Integrity-based yaitu:
    Pada Compliance-based mahasiswa harus mengikuti peraturan-peraturan yang sifatnya mengikat dan harus mematuhi peraturan tersebut, yang jika dilanggar akan terkena sanksi, mulai dari sanksi ringan hingga sanksi yang berat yang diberikan oleh kampus/institusi. Contoh: seorang mahasiswa Perbanas melakukan tindak indisipliner seperti mencontek tugas atau saat ujian, merokok di area kampus, selalu tidak masuk kelas, dsb. Semua tindakan indisipliner inilah yang akan mendapatkan sanksi yang tegas dari kampus/institusi. Padahal pada saat menjadi mahasiswa baru, semuanya telah diberikan pengarahan tentang peraturan-peraturan yang ada di kampus Perbanas yang harus ditaati melalui kegiatan Ordik, Creative Writing, dsb.
    Pada dasarnya semua tindakan yang kita lakukan atas dasar kesadaran diri kita sendiri yang ada pada Integrity-based. Ingin sukses ya harus berusaha dan berdoa, sebaliknya gagal, tentu kita tidak ingin gagal bukan?. Seorang mahasiswa haru berperilaku dewasa, membuka pikiran mereka sehingga kesadaran diri dan rasa tanggung jawab pada diri sendiri akan muncul. Contoh: Seorang mahasiswa harus memiliki kesadaran diri dan rasa tanggung jawab sebagai mahasiswa, seperti selalu mengikuti pelajaran di kelas, tidak melakukan plagiarime saat mengerjakan tugas atau pada saat ujian, lebih giat belajar,dsb.

  14. Tegar tasbih says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based & integrity-based di kalangan mahasiswa? menurut saya perbadaan nya jelas ada.
    Compliance based adalah kepatuhan kita terhadap suatu aturan yg diterapkan contohnya kita patuh kepada peraturan dari kampus perbanas institute yg mewajibkan mahasiswa mengikuti test toefl sebelum mengajukan skripsi sedangkan integrity based adalah bentuk kesadaran dari diri kita pribadi contohnya seperti kita sadar akan pentingnya kita mengikuti jadwal kuliah kita supaya kita tidak ketinggalan pelajaran.
    Jadi intinya adalah compliance based merupakan kepatuhan terhadap peraturan dan integrity based adalah kesadaran diri kita sendiri untuk mematuhi peraturan itu sendiri.

  15. Dina Hidayati says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based & integrity-based di kalangan mahasiswa?
    menurut saya ada
    => compliance-based kode etik yang berbasis perilaku yang diawasi oleh aturan-aturan yang di tetapkan seperti peraturan harus di taati dan dibuat agar masyarakat dapat menaati dan menjalankan kehidupan dengan baik apabila peraturan itu sudah di buat iu dilanggar, maka akan mendapatkan sanksi atau hukuman.
    contoh : setiap mahasiswa/mahasiswi yang berada di lingkungan perpustakaan kampus perbanas dilarang menggangu teman yang sedang membaca, dan tidak boleh meminjam buku tanpa sepengetahuan penjaga. jika mahasiswa/mahasiswi itu menggangu dan meminjam buku tanpa sepengetahuan penjaga maka itu sudah melanggar peraturan dan mendapatkan sanksi.
    => integrity-based adalah seseorang yang memiliki mutu, sifat yang merujuk pada kuantitas keutuhan moralitas pada diri seseorang, agar orang tersebut berpegang teguh pada nilai moral. untuk bersikap jujur, ikhlas yang konsisten pada perkataan dan perbuatan.
    contoh: seorang dosen memberikan tugas kepada mahasiswa/mahasiswinya untuk mengerjakan tugas dengan sebuah perjanjian dengan berkerja sama agar tidak menyontek, dan mahasasiswa/ mahasiswi itu mempersetujui perjanjiannya dengan bersikap jujur dan saling menghormati

  16. Nur Anisa Aniarti says:

    apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dan integrity-based dikalangan mahasiswa?
    menurut saya ada
    = Compliance based perilaku yang mempunyai aturan yang bersifat kekal dan harus ditaati oleh mahasiswa, bila dlanggar peraturan tersebut akan mendapatkan sanksi atau hukuman sesuai kesalah yang dilanggar.
    contoh: mahasiswa merokok diruangan kelas yang seharus kawasan tidak merokok
    =intergrity based ; orang yang memiliki sifat yang merujuk kepada moralitas diri seseorang, agar orang tersebut bisa memegang konsisten pada perkataan dan perbuatan
    contoh; mahasiswa diberi kepercayaan dari kampus untuk tidak membuang sampah sembarangan dan mahasiswa dan mahasiswi tersebut menyetujui adanya perjanjian tersebut

  17. aulia urrachman says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based & integrity-based di kalangan mahasiswa? menurut saya perbadaan nya jelas ada.
    Compliance based adalah kepatuhan kita terhadap suatu aturan yg diterapkan contohnya kita patuh kepada peraturan dari kampus yg mewajibkan mahasiswa mengikuti test toefl sebelum mengajukan skripsi sedangkan integrity based adalah bentuk kesadaran dari diri kita pribadi contohnya seperti kita sadar akan pentingnya kita mengikuti jadwal kuliah kita supaya kita tidak ketinggalan pelajaran.
    Jadi intinya adalah compliance based merupakan kepatuhan terhadap peraturan dan integrity based adalah kesadaran diri kita sendiri untuk mematuhi peraturan itu sendiri.

  18. afdalul hidayat says:

    apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based & integrity-based di kalangan mahasiswa? menurut saya perbedaannya ada
    Jadi perbedaanya itu dalam compliance – based itu bertopik aturan yang sudah ada.kita harus ngikutin aturannya karna tekanan dari lembaga kalo kita gak ikutin aturan yang ada otomatis kita akan diberi hukuman yang belaku dalam peraturan sesuai kesalahan kita,sedangkan intergrity-based itu gak ada tekanan tapi kita sadar oleh keputusan yang kita ambil dan kita tanggung jawab atas keputusan kita sendiri.
    Contoh compliance – based : mahasiswa dan mahasiswi perbanas harus berpakain rapi dan sopan sesuai dalam peraturan yang berlaku,dalam hal berpakaian.bagi mahasiswa dan mahasiswi pakaian yang dikenakan saat kuliah harus berkerah seperti polo t-shirt,kemeja dan almamater,memakai celana panjang sopan dan memakai sepatu, tidak diperbolehkan memakai sandal,slop saat kuliah. Kalo kita gak nurutin peraturan kita akan diusir bila kita masuk keruangan lembaga perbanas karna terlihat tidak sopan kalo kita mengenakan kaos biasa dan bisa menjadi nilai minus untuk kita bila dilihat dosen pengajar karna kurang rapi.

    Contoh integrity-based : saya sebagai mahasiswa bukan sekedar kuliah karna tuntutan orang tua.saya kuliah sadar atas pilihan saya sendiri dan saya harus bertanggung jawab atas pilihan saya.sayapun akan membuktikan atas pilihan saya dengan lulus dari perbanas pada tahun 2018.

  19. Rini puspita sarah marpaung says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa?
    Ada perbedaannya yaitu
    Etika compliance – based (etika yang berbasis pada kepatuhan) yaitu etika yang melakukan pendekatan ketaatan melalui hukuman dan aturan-aturan yang ditetapkan serta untuk mendapatkan penghargaan atas tindakan yang dilakukan.
    Contoh: mahasiswa belajar dengan rajin dan tidak ada absen kemudian mendapatkan ipk tinggi dan menjadi mahasiswa yang terbaik dikampus sehingga dia mendapatkan sertifikat.
    Integrity-based adalah etika yang bukan hanya sekedar mentaati peraturan-peraturan atau norma-norma yang berlaku untuk mendapatkan suatu balas jasa atau penghargaan, tetapi juga merupakan tindakan yang berdasarkan kesadaran dan tanggung jawab.
    Contoh,masuk jam kelas sesuai jadwal yang berlaku,mengikuti kelas dengan baik dan tidak membuat keributan,menjaga sarana prasarana yang ada dan di luar kampus tidak boleh merokok di area dilarang merokok dan membuang sampah pada tempatnya dengan penuh kesadaran masing masing tanpa harus mendapat imbalan atau bentuk apapun itu.

  20. Yunita Olivia says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa? menurut saya jika dilihat dari definisi kata itu sendiri dan tingkah laku mahasiswa/i jelas sekali ada perbedaannya.

    -Compliance-based (etika berbasis kepatuhan) yaitu perilaku seseorang dimana orang tersebut harus mempatuhi peraturan yang telah berlaku atau telah ditetapkan agar tidak melakukan tindakan menyimpang. apabila dilanggar akan mendapatkan sanksi atau hukuman yang sudah ditetapkan.
    contoh: Perbanas Institute memberi persyaratan kepada mahasiswa/i untuk memiliki dan membawa KST agar bisa mengikuti UTS dan UAS. jika mahasiswa/i tidak membawa KST pada saat ujian maka dosen memiliki wewenang utk tidak memberikan UTS dan UAS .

    -Integrity-based (etika berbasis kesadaran) yaitu tindakan yang berdasarkan kesadaran dan tanggung jawab bukan hanya di dasari oleh aturan dan kepatuhan saja.
    contoh: kita sebagai mahasiswa/i harus lebih bertanggung jawab untuk menjaga dan tidak merusak sarana yang ada di Perbanas Institute, lebih disiplin dalam belajar mengajar, tidak menyontek, tidak bolos, mengerjakan tugas yg diberi oleh dosen dll. semua itu dilakukan berdasarkan kesadaran dan tanggung jawab kita agar bisa mendapatkan IPK yang maksimal.

  21. Putriyani says:

    apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based & integrity-based di kalangan mahasiswa?
    -Compliance Based dapat di artikan sebagai kode etik yang berbasis kepatuhan / ketaatan yang di jelaskan bawah setiap orang harus mengikuti setiap ketetapan/aturan yang berlaku serta menjalankanya dengan baik tanpa melanggarnya,jika melanggar akan di beri sanksi yang sesuai dengan ketetapan/aturan yang berlaku saat itu

    -CONTOH:mahasiswa dilarang berkelahi di dalam kelas jika ada pelanggaran maka sanksi yang akan di terima oleh mahasiswa paling ringan sekors dan paling berat drop out
    -integrity-based dapat di artikan sebagai kode etik yang berbasis kesadaran dimana kita dalam menajalinya bukan hanya di dasarkan oleh ketaatan atau kepatuhan namun kesadaran dan tanggung jawab juga harus di ikut sertakan dalam prosesnya.

    -CONTOH:saya sebagai mahasiswa jika berkuliah bukan hanya sekedar mengikuti aturan kampus dan sebagainya,dimana kita juga sadar kita kuliah dangan biaya dari orang tua yang jelas tidak murah tapi kita sadar adanya tanggung jawab kita harus membanggakan orantua kita dengan cara berprestasi seperti contoh lulus dengan IPK yang di inginkan dan tepat waktu sebagai mujud balas budi kita anak kepada orang tua yang sudah bersusah payah mancari uang untuk mewujudkan cita cita sang anak.

  22. opi prisilia says:

    Compliance based dan integrity based di kalangan mahasiswa tentu saja memiliki perbeadaan. Perbedaannya yaitu :
    – Compliance based di kalangan mahawasiswa adalah etika untuk mencegah perilaku mahasiswa yang bertentangan dengan peraturan,tata tertib dilingkungan kampus, dengan cara memperketat pengendalian dan mengenakan sanksi pada mahasiswa yang melanggarnya.
    Contohnya : seorang mahasiswa yang mencermakan nama baik kampus, misalnya mahasiswa tersebut mengedarkan narkoba tentu saja akan diberi sanksi berupa skorsing atau mungkin droup out karena perbuatannya yang sudah sangat merugikan bagi banyak orang dan kampus yang di tempatinya.
    – Sedangkan integrity based di kalangan mahasiswa adalah etika yang memandu nilai-nilai organisasi, menciptakan lingkungan yang menopang perilaku etis dan menekan tanggung jawab bersama di antara para mahasiswa.
    Contohnya, saya seorang mahasiswa datang ke kampus tidak hanya memenuhi absen tetapi mengikuti mata kuliah dengan belajar sungguh-sungguh bukan karena ingin di beri pujian tetapi itu semua adalah tanggung jawab saya sebagai mahasiswa dan tanggung jawab saya sebagai anak yang telah diberi kepercayaan oleh orang tua untuk bersekolah dengan baik dan tidak mengecewakan mereka.

  23. febriyani says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa?
    Tentu beda antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based , karena
    – compliance-based menjelaskan suatu aturan yang dilanggar dan terkena sanksi jika seseorang melanggarnya.
    contohnya : seorang mahasiswa memakai obat-obatan terlarang di lingkungan kampus dan mahasiswa tersebut terkena sanksi dengan di droup out.
    – integrity-based menjelaskan sifat yang dimiliki seseorang merujuk moral seseorang senantiasa berpegang teguh pada nilai-nilai moral seperti sifat ikhlas.
    contoh : suatu organisasi di perbanas mengadakan SOTR (Sahur On The Road) dengan membagikan makanan untuk sahur kepada orang yang tidak mampu dengan ikhlas.

  24. azizah hendra says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based & integrity based diakalangan mahasiswa? dari arti kata itu sendiri sudah terliat bahwa tingkah laku manusia dalam penerapannya terlihat jelas.
    -compliance based:
    yaitu perilaku dimanasese orang tersebut harus mematuhi peraturan yang telah di berlakukan atau telah ditetapkan agar tidak melakukan tindakan yang menyimpang. apabila dilanggar seseorang tersebut akan mendapatkan sanksi atau hukuman yang sudah ditetapkan.
    *contoh: seorang mahasiswa/mahasiswi merokok dan mencermakan nama baik kampus, mahasiswa/mahasiswi tersebut tentu saja di kenakan sanksi yang sesuai dengan perbuatan nya.
    – integrity based:
    yaitu kode etik yang berbasis kesadaran dimana kita dalam menjalinya tidak hanya di dasarkan oleh ketaatan atau kepatuhan seseorang, namun harus dengan ada nya kesadaran dan tanggung jawab juga harus di ikut sertakan dalam prosesnya.
    *contoh: saya sebagai seorang mahasiswa karena ingin menuntut ilmu untuk masa depan nanti secara sungguh sungguh, agar dapat sukes dan bertanggung jawab.

  25. Adita Irianti says:

    Ada.
    Integrity based,adanya seperangkat peraturan yang bisa menghukum saat terjadinya pelanggaran etika dan peraturan itupun harus mempunyai integritas yang cukup baik atau jelas. Integriti juga memberlakukannya sanksi sosial.
    Contoh: di kampus Perbanas bila ada mahasiswa/i yang terbukti memakai narkoba akan langsung dikeluarkan dari kampus karena jika dibiarkan itu akan menyebabkan tercemarnya nama baik kampus.
    Compliance based, bukan hanya sekedar sanksi pelanggaran hukum tapi adanya pendekatan yang komprehensif dan juga adanya penekanan tanggungjawab pada pelaku pelanggaran etika. Pemanduan kepatuhan terhadap pelanggaran etika juga sangat dibutuhkan. Pada dasarnya, kepatuhan terhadap etika seharusnya dihargai agar berkurangnya tingkat pelanggaran etika dikalangan mahasiswa tsb, dan pelaku ketidakjujuran sadar akan dampak yang akan diterimanya bila ia melakukan pelanggaran etika.
    Contoh: mahasiswa perbanas bila tidak mengikuti mata kuliah sebanyak 3kali tanpa alasan yang jelas maka akan diberikan peringatan dan tidak menghukumnya secara langsung.

  26. Liestyaningrum R.W.P says:

    Menurut saya tentu saja ada.
    -Compliance Based (Kode Etika Berbasis Kepatuhan): pada kode etik ini sangat jelas mengenai peraturan dan sanksi bagi yang melanggarnya. sebagai contoh; Seluruh Dosen dan Karyawan Perbanas Institute berhak untuk membuat peraturan dilarang mencontek bagi mahasiswa yang sedang melakukan UTS/UAS.Tentu saja ada hukuman bagi siapapun yang melanggar nya seperti, mendapatkan nilai 0(nol) pada mata kuliah yang bersangkutan, harus mengulang mata kuliah yang bersangkutan, dan mungkin beberapa hukum sosial seperti dukucilkan teman (karena harus mengulang mata kuliah) dan perasaan malu. Untuk hal mencontek ini mungkin masih tergolong ke dalam “Many Of Us” karena kasus mencontek masih banyak ditemukan.

    -Integrity Based (Kode Etika Berbasis Integritas): Berbeda dengan Compliance Based, pada kode etik ini lebih menunjukan peraturan dan ketentuan yang merujuk pada moralitas dari setuap individu agar mendukung sikap-sikap etis tertentu. Sebagai contoh; Seorang Mahasiswa Perbanas Institute menyadari betul tanggung jawab nya, baik kepada orang tua yang telah membiayakan kuliah nya, kepada dosen, dan kepada lembaga. Hal ini bisa diwujudkan dengan cara selalu masuk kelas, mengerjakan tugas dengan baik dan benar, mematuhi segala peraturan sampai tidak mencontek dalam mengerjakan tugas dan saat menjalani UTS/UAS dan membawa nama baik lembaga. Apabila hal tersebut dilanggar tentu saja akan mengecewakan pihak-pihak tertentu, seperti orang tua yang membiayai kuliah, dosen yang sudah banyak mengeluarkan tenaga untuk mengajar dan akan memberi nama jelek untuk Perbanas institute.

  27. Ilham Dwi Septian says:

    Apakah ada perbedaan antara compliance based & integrity based dikalangan mahasiswa ??, tentu ada! Karena dari materi dan bahan yang saya baca dijelaskan bahwa. Compliance based ialah perilaku, sikap, dan kode etik yang mana diterapkan karena harus dipatuhi dan di laksanakan, karena apabila ini dilanggar ada suatu akibat yang bisa berupa teguran ( jika dalam batas wajar ) ataupun berupa hukuman ( mutlak ). Contoh : seorang mahasiswa dilarang mengikuti uts perkuliahan karena ia tidak berpakaian rapi dan memakai sendal serta datang terlambat lebih dari batas waktu yang di tentukan si dosen dan pengawas, karena si mahasiswa sudah melanggar compliace based berupa kode etik ( berupa pakaian dan ketepatan waktu ) maka tentu saja ada sangsi untuk mahasiswa itu. Integrity based menurut saya ialah sebuah perilaku, kode etik dan pola pikir dari seseorang dimana itu semua muncul tanpa ada paksaan dan keharusan, karena ini murni dari kesadaran orang itu sendiri, tak ada hukuman – sangsi ataupun teguran dari manapun akan hal ini, jika kita melanggarnya. Contoh : karena ingin lebih mengerti suatu mata kulia seorang mahasiswa tetap hadir ketika ada mata kuliah asistensi meskipun jam mata kuliah ini sangat pagi dan banyak teman temannya enggan hadir karena menganggap kelas asistensi tidak terlalu penting.

  28. Arditya Farid Setyawan says:

    etika compliance-based & integrity based memiliki perbedaan yang jelas.

    Etika compliance-based itu seperti sebuah peraturan yang mengikat oleh siapa saja yang berada di suatu tempat dan itu harus di taati dan tidak boleh dilanggar apa bila di langgar pasti akan terkena sanksi.

    Contoh :
    – Seperti di perguruan tinggi mana saja apabila tidak menyelesaikan kuliah dalam jangka waktu 5 tahun akan di DROP OUT.
    – berkata buruk kepada dosen juga akan sanksi seperti skorsing
    – tidak berpakaian rapih / sopan (celana boxer, kaos, sendal dll) tidak boleh masuk kedalam kelas

    Etika integrity based itu mengenai kesadaran dalam diri kita akan sebuah tanggung jawab dan rasa ikhlas dalam diri kita yang tidak terikat oleh orang lain, jadi hanya hati yang membimbing kita untuk melakukan sebuah kebaikan etika.

    Contoh :
    – saya sebagai mahasiswa tidak bercanda atau ribut dalam kelas apabila dosen sedang menjelaskan (terlalu simpel)
    – mengerjakan tugas dari dosen yang bersangkutan dan dikumpulkan tepat waktu (maybe :/)
    – datang tepat waktu ke kelas

    maaf pak kalau sedikit -_-

  29. Putri Dewi Farah Dika Fitriah says:

    apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based & integrity-based di kalangan mahasiswa?

    Menurut saya ya beda karna dari arti bahasa nya saja sudah jelas beda.

    Kode etika berbasis kepatuhan (Compliance-Based) Adalah menekankan pencegahan perilaku yang melanggar hukum dengan meningkatkan kontrol dan dengan memberikan sanksi kepada yang melanggarnya.

    Contohnya : Mahasiswa yg merokok di dalam lift, atau mahasiswi dan mahasiswa yang sering telat akan di berikan sanksi.

    Kode etika berbasis integritas (integrity-based) Adalah menciptakan sebuah lingkungan yang secara etis mendukung perilaku yang baik yang berdasarkan kesadaran serta tanggung jawab dan bukan hanya di dasari oleh aturan atau kepatuhan saja.

    Contohnya : Sebagai mahasiswa atau mahasiswi kita harus selalu mematuhi peraturan yang ada dikampus dan selalu melakukan hal yg positif. Tidak membuang sampah sembarangan, tidak merokok di sembarang tempat, jujur, bisa membagi waktu dengan baik, selalu mengerjakan tgs dengan tepat waktu, tidak pernah telat masuk kelas, tidak pernah cabut pelajaran, belajar dengan sungguh sungguh tidak bermalas malasan agar bisa lulus dengan cepat dan mendapatkan ipk yg bagus.

  30. Mesita Agnesyah says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa?
    ada, etika compliance-based yaitu suatu etika yang menekanan pencapaian perilaku yang melanggar hukum dengan aturanan-aturan yang penting bagi suatu universitas dan meningkatkan sanksi kepada yang melanggar etika tersebut. etika ini menyankut aturan seorang mahasiswa atau mahasiswi di universitasnya.

    contohnya: saya sebagai mahasiswi perbanas harus mengikuti semua aturan-aturan yang di tetapkan oleh perbanas.

    etika Intergriti-based yaitu suatu etika yang mendefinisikan nilai-nilai organisasi yang menciptakan sebuah lingkungan secara etis dengan mendukung perilaku yang baik. dan menekankan diri untuk perduli terhadap lingkungan sekitar.

    contohnya: sebuah universitas melakukan bati sosial kebeberapa panti asuhan.

  31. puput septiani says:

    -Compliance based dapat diartikan sebagai kode etik yang berbasis kepatuhan ,yaitu perilaku seseorang dimana orang tersebut harus mematuhi peraturan yang telah berlaku serta menjalankannya dengan baik tanpa melanggarnya. Jika peraturan itu dilanggar akan dikenakan sanksi atau hukuman yang sudah ditetapkan.

    contoh: Seorang mahasiswa/i ada yang terbukti menggunakan obat-obat terlarang di lingkungan kampus dan sudah melanggar peraturan-peraturan kampus yg sudah ditetapkan,maka mahasiswa/i tersebut harus dikenakan sanksi atau hukuman dengan di droup out.

    -Integrity based dapat di artikan sebagai kode etik yang berbasis kesadaran,yaitu tindakan yang berdasarkan kesadaran dan tanggung jawab dimana kita menjalaninnya bukan hanya di dasarkan oleh kepatuhan,ketaatan,atau aturan saja.

    contoh: Sebagai seorang mahasiswa/i harus mengerjakan tugasnya sendiri tidak dengan mencontek dengan temannya, ini menunjukan bahwa mahasiswa/i tersebut percaya kepada dirinya sendiri dengan hasil tugasnya tersebut, ingin mendapatkan nilai yang baik dengan hasil kerja sendiri.

  32. Fristy Taria says:

    Tentu saja ada.
    Compliance-based merujuk pada aturan yang ketat dan tidak berperilaku menyimpang. Dan akan dikenakan sanksi yang berat jika seseorang tidak menaati ketentuan yang sesuai.
    Contohnya : Mahasiswa memakai obat-obatan terlarang di lingkungan kampus. Maka mahasiswa tersebut akan terkena sanksi yang berat yaitu di keluarkan atau di drop out dari universitas tersebut. Bahkan mahasiswa itu akan di penjara karena telah memakai obat-obatan terlarang.

    integrity-based merujuk pada kualitas moral pada diri seseorang, yaitu tentang kesadaran dan tanggung jawab.
    Contohnya: Mahasiswa mengerjakan tugas dan ujian dengan berlaku jujur, Memperhatikan saat dosen menerangkan pelajaran.

  33. Marsha Rivanda Edwina says:

    perbedaannya antara compliance-based & Integrity based
    1. kalau compliance-based yaitu etika yang berbasis peraturan yang harus di patuhi dan ditaati oleh seseorang dan memiliki sanksi tersendiri jika ada yang melanggar. tujuannya agar seseorang dapat belajar untuk menghargai peraturan yang berlaku dan supaya mencegahnya perilaku yang menyimpang
    contoh: ada seseorang mahasiswa/i yang mengkonsumsi narkoba , karena apabila mahasiwa/i tersebut menggunakan/pengedar narkoba akan di berikan sanksi kepada pihak yang berwajib dan akan dikeluarkan oleh kampus sebelum ada terjadi pengedaran terhadap mahasiswa/i lainnya

    2. Integrity based seperti etika yang muncul dari dalam diri seseorang sehingga bisa menciptakan nilai nilai perilaku baik dalam diri sendiri
    contoh: sebagai mahasiswa yang harus mempunyai cita cita agar bisa lulus dengan tepat waktu dan tidak mengulang, dimana mahasiswa tersebut memiliki rasa kesadaran diri agar tidak bermain-main dalam perkuliahan, sebab kita kuliah untuk menunjukan prestasi yang telah diraih, dan kita kuliah demi mendapatkan gelar yang kita cita cita kan.

  34. Rahma Nisriina says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa?

    jelas Ada, karena perilaku – etika compliance-based pencegahan perilaku melanggar hukum dengan meningkatkan kontrol atau hukuman bagi yang melanggar, yang harus ditaati tidak boleh dilanggar
    contoh : jika ada yang berperilaku yang tidak sopan dan tidak mentaati perratuan mendapat teguran yang sepantasnnya , bila ada yang membawa obat obatan terlarang seperti hal nya narkoba mendapat hukuman atau segera dikeluarkan karena akan mencemarkan nama campus tersebut, jika ada yang membolos jam mata kuliah mendapat teguran pada mata kuliah yang bolos tersebut

    integrity-based ethics panduan nilai-nilai perusahaan yang menciptakan lingkungan yang lebih etis dalam berperilaku dan mendefinisikan nilai-nilai panduan organisasi, menciptakan sebuah lingkungan yang secara etis mendukung perilaku yang baik, dan menekankan akuntabilitas bersama antar mahasiswa sesama
    contoh : mempunyai tanggung jawab terhadap lingkungan campus , bertanggung jawab akan hal-hal yang bersangkuta dengan nama baik campus , orang tua telah mempercayai penuh kepada kita untuk sepenuhnya belajar bukan hanya main main jadi kita harus puya tekat yang kuat untuk tidak bermain main attau acuh dalam setiap mata kuliah yang ada

  35. Muhamad Wananda Khrisna says:

    -> Compliance-Based adalah kode etik kepatuhan, dimana seseorang harus mengikuti peraturan yang ada, dan tidak melanggarnya. bila melanggar, akan ada sanksi atau hukuman yang di tetapkan. Dalam bisnis, sederhananya, etika ini adalah kepatuhan memiliki beberapa peraturan, baik oleh hukum atau sebagai kebijakan perusahaan. karyawan mempunyai kewajiban untuk mematuhi peraturan tersebut. beberapa peraturan hanya berlaku untuk perusahaan pulik yang di perdagangkan.

    -> Integrity-Based adalah sebuah etika mengenai kesadaran diri sendiri, disini kita membicarakan tentang kesadaran manusia terhadap kewajibannya individu. Tetap ada sanksi yang di berikan jika melanggar etika moral itu sendiri. etika ini tidak terpaku terhadap peraturan dan ketentuan hanya didasarkan etika moral manusia.

  36. Ika Widya Ningrum says:

    Perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa tentu saja berbeda.
    Compliance based merupakan strategi integritas yang dilakukan dengan metodologi pendekatan dan penekanan tanggung jawab terhadap pelaku etika atau bisa dipahami sebagai etika yang merujuk pada kepatuhan dan apabila melanggar akan mendapatkan sanksi setimpal.
    Contoh: Mahasiswa harus menaati segala peraturan atau posedur yang tertulis maupun tidak tertulis di area kampus, apabila melanggar tentu saja terdapat beberapa sanksi yang akan dikenakan kepada mahasiswa tersebut. Ini bertujuan agar mahasiswa bisa bertanggung jawab dengan baik.
    Sedangkan, Integrity based merupakan sebuah landasan moral yang utuh yang terdapat pada setiap diri manusia. Meliputi sifat jujur, tulus, ikhlas, dan berpegang teguh pada norma-norma yang ada.
    Contoh: Mahasiswa yang tidak menyontek pada saat ujian, karena ia sadar bahwa hal tersebut akan menurunkan kualitas dirinya serta membawa dampak buruk bagi masa depannya. Serta belajar dengan penuh keikhlasan agar mendapatkan hasil yang memuaskan dan maksimal.

  37. anita yulia prabaningrum says:

    apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dan integrity-based dikalangan mahasiswa?
    menurut saya ada
    – integrity based : suatu moral yang terdapat didalam diri seseorang yang berpegang teguh pada suatu ketulusan, ikhlas, dan kejujuran konsisten antara perkataan dan perbuataan yang merujuk pada kualitas moralitas pada diri seseorang.
    contoh : organisasi impesa menggalang dana untuk korban gunung berapi.

    – complimaned based : suatu perilaku seseorang yang di awasi oleh peraturan peraturan yang terdapat disuatu lingkungan jika melanggar aturan tersebut akan terkena sanksi.
    contoh: seorang mahasiswa yang mengedarkan obat-obatan terlarang dilingkungan kampus dan mendapatkan saksi drop out.

  38. vindya hartinah says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dgn integrity-based dikalang mahasiswa. Ada perbedaannya .
    Kalo Compliance-based yaitu kepatuhan tehadap peraturan yg telah berlaku atau menekankan pencegahan perilaku yang melanggar peraturan dengan memberikan sanksi kepada yang melanggar.
    Contohnya: Setiap mahasiswa/i harus mentaati peraturan yg telah berlaku di kampus. Seperti, tidak merokok diarea kampus yg jelas peraturan tersebut telah berlaku seperti “kawasan bebas rokok”. Jika melanggar hal tersebut harus dikenakan sanksi yg lebih lanjut.

    Sedangkan Integrity-based yaitu tidak ada peraturan seperti compliance-based tetapi lebih dari kesadaran/tanggung jwb tiap mahasiswa/i.
    Contohnya: Setiap mahasiswa/i harus memiliki kesadaran diri sendiri dan rasa tanggung jawab terhadap apa kewajibannya sebagai mahasiswa/i di kampus. Seperti selalu mengikuti pelajaran di kelas tepat waktu atau tidak terlambat dan tidak mencontek saat sedang ujian berlangsung ataupun tidak ngobrol dgn teman saat dosen sedang mengajar. Harus mengerjakan tugas tepat waktu sesuai ketentuan dosen dan berpakaian sopan di lingkungan kampus.

  39. Muhammad Ghufran says:

    -> Compliance-Based adalah kode etik kepatuhan, dimana seseorang harus mengikuti peraturan yang ada, dan tidak melanggarnya. Bila melanggar, akan ada sanksi atau hukuman yang di tetapkan. Dalam bisnis, sederhananya, etika ini adalah kepatuhan memiliki beberapa peraturan, baik oleh hukum atau sebagai kebijakan perusahaan. karyawan mempunyai kewajiban untuk mematuhi peraturan tersebut.
    Contoh dari masalah diatas ialah: karyawan yang tidak mematuhi peraturan yang ditetapkan dalam perusahaan. Maka karyawan dapat dikenakan sanksi paling beatnya ialah Pemutusan Hubungan Kerja(PHK) atau dikeluarkan secara tidak hormat.

    Integrity Based (Kode Etika Berbasis Integritas): Berbeda dengan Compliance Based, pada kode etik ini lebih menunjukan peraturan dan ketentuan yang merujuk pada moralitas dari setuap individu agar mendukung sikap-sikap etis tertentu.
    Contoh integrity-based : saya sebagai mahasiswa bukan sekedar kuliah karna tuntutan orang tua.saya kuliah sadar atas pilihan saya sendiri dan saya harus bertanggung jawab atas pilihan saya.sayapun akan membuktikan atas pilihan saya dengan lulus dari perbanas pada tahun 2018

  40. Raka Saputra says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa?
    Tentu ada.

    – Compliance based menekankan pencegahan perilaku yang melanggar hukum dengan meningkatkan kontrol dan dengan memberikan sanksi kepada yang melanggar.
    Contoh : Mahasiswa wajib masuk tepat wakt, mengikuti semua mata kuliah dengan baik.

    sedangkan,

    Integrity based mendefinisikan nilai-nilai panduan organisasi, menciptakan sebuah lingkungan yang etis mendukung perilaku yang baik dan menekankan akuntabilitas bersama antar mahasiswa.
    Contoh : Mahasiswa mengikuti semua mata kuliah bukan karna takut dihukum, melainkan kewajiban terhadap diri sendiri dan orang tua untuk mencapai gelar yang diinginkan.

  41. Hardianti asmi says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa?
    tentu saja ada perbedaan.
    karena :
    perilaku etika compliance-based adalah prilaku seseorang yang harus mengikuti atau mematuhi peraturan yang sudah di tentukan. Terdapat sanksi yang jelas apabila seseorang bertingkah laku tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
    contoh : Mahasiswa/i memakai obat-obatan terlarang di perbanas. pasti mahasiswa/i tersebut mendapatkan sanksi yang telah ditentukan oleh kampus tersebut.

    Integrity Based adalah dimana kita dalam menjalani sesuatu tidak hanya di dasarkan oleh kepatuhan saja tetapi harus dilandaskan kesadaran dan tanggung jawab.
    contoh : mahasiswa/i tidak melakukan kecurangan saat ujian berlangsung. karena jika menyontek ia sadar itu hal yang sia-sia dan tidak bermanfaat buat kedepannya. yang harus dilakukan adalah belajar dan percaya diri untuk mengerjakan soal ujian.

  42. Sunny Rizky Suhendra says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa?

    Iya ada.

    Compliance-based adalah etika yang berbasis peraturan yang harus di taati dan tidak boleh melanggarnya. Apabila melanggar akan mendapatkan sanksi.

    Contohnya : Apabila ada mahasiswa atau mahasiswi yg ketahuan membawa obat terlarang, maka mahasiswa atau mahasiswi tersebut akan di berikan sanksi dan di keluarkan dari kampus karena hal tersebut bisa mencorengkan nama baik kampus.

    Integrity-based adalah kode etik yang berbasis kesadaran dan tanggung jawab serta rasa ikhlas dalam diri kita yang tidak terikat oleh orang lain.

    Contohnya : Menjaga sarana dan prasarana kampus dengan baik. Belajar dengan giat dan ikhlas agar bisa tercapai nilai yg kita inginkan.

  43. Roberto Djogo says:

    *=- Compliance-based dapat diartikan sebagai kode etik yang berbasis kepatuhan , yaitu perilaku seseorang yang dimna harus mengikuti beberapa aturan yang menyertainya, baik oleh hukum atau sebagai kebijakan perusahaan dimana dia tidak boleh melanggarnya jika ia melanggarnya akan di kenai hukuman yg telah di tentukan contohnya seorang mahasiswa harus membayar uang untuk kuliah nya agar dia dapat mengikuti ujian semester jika ia tidak membayar pasti akan dikenakan sanksi sesuai dengan aturan yg telah berlaku.

    *=- Integrity-Based dapat di artikan sebagai kode etik yang berbasis intergritas , yaitu Seseorang yang telah bekerja keras untuk mengembangkan standar integritas tinggi kemungkinan akan mentransfer prinsip-prinsip untuk kehidupan profesional mereka. Memiliki tingkat tinggi integritas, kata-kata seseorang dan perbuatan akan sejalan dengan standar etika organisasi contohnya sorang mahasiswa yang pada saat sedang ujian menjawab pertanyaan yang telah di berikan dengan jawabannya sendiri tanpa melihat jawaban orang lain , itu karna ia ingin membuktikan bahwa dirinya bisa menjawab pertanyaan itu sendiri .

  44. apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dan integrity-based dikalangan mahasiswa? ada dan jelas berbeda
    compliance-based adalah perilaku yang diawasi oleh aturan-aturan yang di tetapkan seperti peraturan harus di taati dan dibuat agar semua warga negara dapat menaati dan menjalankan kehidupan dengan baik. apabila peraturan itu sudah di buat untuk ditaati.apabila dilanggar, maka akan mendapatkan sanksi yg berlaku
    contoh : mahasiswa/mahasiswi yang berada di Ruang Kemahasiswaan Perbanas Dilarang memakai kaos oblong dan sandal . jika mahasiswa/mahasiswi sepengetahuan lembaga maka itu sudah melanggar peraturan dan mendapatkan sanksi dari kemahasiswaan.

    integrity based adalah etika yang bukan sekedar mentaati peraturan-peraturan atau norma-norma yang berlaku untuk mendapatkan suatu balas jasa atau penghargaan, tetapi juga merupakan tindakan yang berdasarkan kesadaran dan tanggung jawab.
    Contoh : Mahasiswa harus Menaati peraturan setiap Dosen yang mengajar, Datang tepat waktu dan tidak terlambat, rajin mengerjakan tugas,dan tidak membolos. Apabila melanggar akan mempengaruhi IPK. yg merupakan tanggung jawab diri sendiri dan akan mempersulit bersaing di dunia kerja

    sekian terima kasih .

  45. Zulfan alviansyah says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa?

    Menurut saya perilaku etika compliance-based dengan integrity based cukup berbeda.

    Compliance-based sendiri dapat diartikan sebagai etika untuk mencegah perilaku yang bertentangan dengan peraturan, caranya yaitu dengan memperketat pengendalian dan mengenakan sanksi pada pelanggannya.

    Contohnya yang paling mudah yaitu jika kita sering tidak hadir saat mata kuliah, melanggar tata tertib kampus, atau sering telat masuk maka akan mendapat sanksi yang tegas

    Sedangkan integrity-based adalah etika yang berisikan nilai-nilai organisasi, menciptakan lingkungan yang menopang perilaku etis dan menekan tanggung jawab bersama di antara para karyawan.

    Contohnya seperti kita harus peduli pada diri sendiri, selalu menanam sikap disiplin, jujur, aktif, serta bersikap sopan. Dengan begitu kita dapat mencerminkan sifat yang mana semestinya mahasiswa harus lakukan agar tercipta kerukunan serta kedamaian di area kampus bahkan di luar kampus

  46. Rioga Deswara says:

    ada. Perbedaannya adalah etika compliance – based atau etika yang berbasis ialah :
    compliance- based : peraturan yang haarus kita jalanin dan ditaati , tidak boleh kita melanggar pertaruan tersebut karena kalau mahasiswa atau mahasiswi melanggar akan kenakan sangsi..
    contohnya : seorang mahasiswa/i ketauan membawak obat-obatan terlarang ia akan mendapatkan sangsi dikeluarkan dari kampus .
    etika integrity-based : mempunyai rasa tanggung jawab , jujur ,berani dan mengambil resiko yang dijalanin ..
    contohnya : mengikuti peraturan-peraturan dikampus seperti memakai pakaian yang rapi ..

  47. Hanif Hendro Sulistianto says:

    *Compliance Based dapat di artikan sebagai kode etik yang berbasis kepatuhan yang dijelaskan bahwa semua orang harus mengikuti semua aturan yang sedang berlaku dan juga menjalaninya dengan benar dan tidak melanggarnya. Jika kita melanggar peraturan tersebut pastinya kita akan mendapatkan sanksi sesuai dengan yang ada di aturan tersebut.
    Contoh: Para mahasiswa tidak boleh menggunakan barang barang yang dilarang oleh kampus seperti narkotika. Jika tertangkap menggunakan barang tersebut maka akan mendapatkan sanksi yang berlaku.
    * integrity-based dapat di artikan sebagai kode etik yang bersangkutan deng kesadaran diri kita sendiri terhadap kewajiban kita. Sanksi tetap ada jika melanggar tetapi sanksi yang diberikan tidaklah terpaku terhadap peraturan.
    Contoh: Tidak hanya bermain main dikampus tetapi juga belajar dengan serius karena kita sudah diberikan kepercayaan oleh orang tua untuk berkuliah di kampus, menjaga lingkungan kampus agar tetap bersih dan enak dilihat.

  48. M. Khairi Kasfil says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa?

    tentu saja ada.

    secara sederhana arti dari Compliance-based itu peraturan yang harus/wajib ditaati apabila melanggarnya akan di kenakan sanksi/hukum yg berlaku. Salah satu contohnya seperti Mahasiswa yang nilai UASnya kurang dari rata-rata akan mengulang mata kuliah tersebut.

    Sedangkan Integrity-based itu kesadaran dalam diri kita tentang tanggung jawab pada nilai-nilai moral seperti konsisten dalam perbuatan, ikhlas&tulus. Bisa kita lihat contohnya seperti membuang sampah pada tempatnya.

  49. Mohamad Aditya Aulia says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku c dengan integrity-based di kalangan mahasiswa?

    Menurut saya ada.

    Etika Compliance based adalah etika yang menuntut seseorang untuk mematuhinya dan tidak bisa di ganggu gugat. Dan bagi yang melanggar akan mendapat hukuman yang jelas.

    Contohnya: Peraturan kampus yang melarang mahasiswa/mahasiswi untuk merusak lingkungan kampus. Bagi yang melanggar akan mendapat hukuman yang sudah ditentukan.
    Etika Integrity Based adalah etika yang membimbing nilai nilai, menciptakan lingkungan yang mendukung etis perilaku individu itu sendiri dan didasari oleh kesadaran dan rasa tanggung jawab

    Contohnya: Seorang mahasiswa tidak berbuat curang pada saat ujian. Mereka harus mengerjakannya sendiri sebagai toalk ukur kemampuan sampai mana kemampuan dia selama ini.

  50. Iqbal Fajar Ramadhan says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa?

    iya, tentu ada perbedaannya, karena perilaku
    – etika compliance-based mencegah perilaku melanggar hukum dengan meningkatkan kontrol atau hukuman atau sanksi bagi yang melanggar, yang harus ditaati tidak boleh dilanggar atau di abaikan. tujuan nya agar seseorang dapat menghargain peraturan yg berlaku, dan apabila ada yg melanggar akan di kenakan sanksi yg cukup berat.
    contoh: – Jika mahasiswa/mahasiswi memakai atau menggunakan obat2an terlarang atau memakai narkoba di sekitar atau lingkungan kampus maka mahasiswa/mahasiswi itu akan di DO(Drop Out) dari universitas, bahkan mungkin kalau sampai terdengar sampai ke pihak yg berwajib mungkin akan bisa sampai di penjara.
    – Jika mahasiswa tidak dapat menyelesaikan kuliah atau masa studi dalam jangka waktu 5 tahun maka mahasiswa itu akan di keluarkan atau di DO.

    integrity-based lebih menunjukan peraturan dan ketentuan yang lebih mengarah pada moralitas dari setuap individu agar mendukung sikap-sikap etis tertentu dan menciptakan sebuah lingkungan yg etis mendukung prikalu yg baik antar mahasiswa.
    contoh: -sebagai mahasiswa harus mengikuti semua mata kuliah bukan karena tuntutan orang tua atau orang lain melainkan karena diri sendiri dan tanggung jawab sebagai mahasiswa untuk memperoleh nilai yang memuaskan
    – tidak mencontek saat ujian berlangsung, selalu datang tepat waktu, tidak merokok di dalam gedung kampus, memakai pakaian yg rapih, tidak berbicara atau asik ngobrol saat dosen sedang menjelaskan.

  51. Muhammad Nafis says:

    Ada. Compliance based itu aturan tetap yg sudah ditentukan atau ditetapkan oleh suatu lembaga, dan kita sebagai mahasiswa harus mematuhi peratuan tersebut. apabila kita melangga, kita akan mendapatkan sanksi dari lembaga sesuai dengan ketetapan sanksi2 yg sudah diberikan oleh lembaga.
    contohnya : larangan menggunakan narkoba bagi mahasiswa perbanas institute, apabila melanggar, anda akan diberikan sanksi yg sudah ditetapkan oleh lembaga.
    Sedangkan integrity based adalahsebuah keputusan yg kita ambil dengan kesadaran diri kita sendiri, bukan karena kita takut terkena sanksi tetapi karna kita punya kesadaran diri. dan kita akan mempertanggung jawabkan keputusan kita.
    Contohnya : kita memperhatian dosen yg sedang mengajar karna kesadaran kita sendiri, buan karena takut kepada dosen tersebut.

  52. Riska Yulianti says:

    menurut saya perilaku etika – compliance based dengan etika – integrity based jelas berbeda di kalangan mahasiswa.
    • Etika – compliance based ( etika yang berdasarkan kepatuhan ) adalah perilaku yang menekankan pengawasan berdasarkan kepatuhan dan pendekatan ketaatan yang harus ditaati oleh setiap orang. Etika ini dibuat agar setiap orang patuh terhadap peraturan yang ada, apabila orang yang bersangkutan melanggar peraturan yang ada dengan baik akan diberikan sanksi atau hukuman yang sesuai.

    Contohnya : Perbanas Institute memiliki dosen yang memiliki peraturan yang berlaku di setiap kelasnya. Setiap dosen memberi peraturan tentang kehadiran kelas, mahasiswa/i yang melanggar akan mendapatkan surat peringatan apabila tidak mengikuti kegiatan perkuliahan selama waktu yang telah ditentukan.

    • Etika – integrity based ( etika yang berdasarkan kesadaran ) adalah etika yang muncul dari kesadaran diri masing-masing, bukan hanya karena terfokus oleh suatu etika yang didasari oleh aturan dan kepatuhan.

    Contohnya : sekarang saya sudah menjadi mahasiswi tentu pola berfikir kita juga semakin dewasa dan kita tahu mana yang baik dan buruk. Saya berangkat dari rumah dengan niat ke kampus untuk mencari ilmu, hal tersebut muncul dari diri kita masing-masing tentu semua mahasiswa sama melakukan seperti itu. Janganlah ke kampus untuk bolos, tidak mengikuti kegiatan perkuliahan.

  53. Sandy Ibrahim says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa?

    Menurut saya ada, karena dilihat dari definisinya yang jelas berbeda.

    Etika Compliance Based merupakan peraturan yang didalamnya mempunyai sanksi atau hukuman bagi siapa saja yang melanggar aturan tersebut.
    contoh: Mahasiswa/i yang membawa, mengonsumsi, atau mengedarkan obat-obatan terlarang jelas akan mendapat hukuman dari kampus maupun dari pihak yang berwenang.

    Etika Integrity Based yaitu nilai-nilai kehidupan yang didasari oleh rasa tanggung jawab dan jujur
    contoh: Mahasiswa/i tidak melakukan kecurangan atau saling mencontek pada saat ujian berlangsung karena adanya kesadaran diri bahwa mencontek hanya membodohi diri sendiri saja dan hanya memperlambat kemampuan diri kita sendiri untuk berkembang.

  54. anggo pramudithya says:

    Etika compliance based itu menekanankan pencegahan perilaku yg melanggar dan memberi kan hukuman atau sanksi kepada mahasiswa/mahasiswi yang melanggar. Contoh :
    -Mahasiswa yg melanggar tata tertib bisa diberikan sanksi, seperti memakai narkoba dll

    Etika Intregity based itu nilai yang menciptakan lingkungan yang etis menciptakan nilai nilai kebaikan dari moral mendukung perilaku baik & etis, juga menekankan akuntabilitas mahasiswa/mahasiswi
    Contoh : sebagai mahasiswa harus sadar apa kewajibanya sebagai mahasiswa, dan dapat bertanggung jawab. Mempunyai kesadaran apa yang menjadi tugasnya sebagai mahasiswa, seperti masuk tepat waktu, mengerjakan tugas dll

  55. Rizqy Lazuwardi says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa?
    Iya tentu saja ada, dilihat dari definisinya sudah terlihat sangat berbeda
    Kode etika berbasis kepatuhan (compliance-based ethics codes) menekankan mencegah perilaku yang melanggar hukuman dengan meningkatkan kontrol dan dengan memberikan sanksi kepada yang melanggar. Contoh: jika ada yang membolos jam mata kuliah mendapat teguran pada mata kuliah yang bolos tersebut.
    Kode etika berbasis integritas (integrity-based ethics codes) mendifinisikan nilai-nilai panduan organisasi, mencapai sebuah lingkungan yang secara etis mendukung perilaku baik, dan menekankan akuntabilitas bersama antar sesama mahasiswa. Contoh: bertanggung jawab akan hal-hal yang bersangkutan dengan nama baik campus, seperti membawa.

  56. Kevin Harya Diwangkara says:

    Sebagai mahasiswa atau mahasiswi yang teladan kita harus menerapkan sikap yang bermutu sesuai dengan tingkat edukasi yang sudah kita terima. Dengan informasi dari ilmu pendidikan yang sudah kita terima di tahap tertentu, maka semua mahasiswa atau mahasiswi harus sanggup menunjukan sifat yang setara dengan tingkat akademis orang tersebut, dan sikap perilaku yang mencerminkan latar belakang dari moral pendidikan orang tersebut. Dengan demikian ketaatan terhadap norma yang berlaku, dan disiplin dengan norma sosial dikalangan mahasiswa dimasa penuntutan pendidikan, akan menjadi sifat dasar perilaku dari mahasiswa atau mahasiswi tersebut di kemudian waktu.

    1. Compliance Based Ethics
    Dalam lingkungan pendidikan semua pihak yang terlibat wajib mentertibkan peraturan yang berlaku, dan sebagai mahasiswa peraturan seperti dilarang merokok di area tertentu, atau mengumpulkan tugas melewati tanggal yang telah ditentukan, atau mencontek disaat ujian, dan sebagainya, umumnya terlanggar disetiap waktu. Walaupun hal tersebut tidak diterapkan oleh semua mahasiswa atau mahasiswi, tetapi kejadian seperti ini sudah menjadi budaya umum didalam lingkungan mahasiswa dan mahasiswi. Bagi mereka yang kurang beruntung, sanksi yang mereka terima akan menjadi pelajaran baru untuk arah disiplin yang akan mereka tanamkan, karena disetiap peraturan tertulis pasti ada hukuman yang akan diberikan kepada pelanggarnya.

    2. Integrity Based Ethics
    Dengan adanya peraturan – peraturan yang harus ditaati dilingkungan pendidikan, secara tidak langsung hal tersebut mengajarkan mahasiswa atau mahasiswi untuk disiplin dalam mengikuti ketertiban yang berlaku. Dampak dari hal tersebut dapat mempengaruhi performa mahasiswa atau mahasiswi dalam menjalankan pendidikan mereka, karena melalui ketaatan terhadap peraturan akan tercipta prinsip – prinsip yang mereka terapkan ke dalam diri mereka. Seperti datang tepat waktu ke kelas, meraih prestasi murni hasil diri sendiri, melakukan aktifitas sosial yang berguna untuk masyarakat atau mahasiswa dan mahasiswi lainnya, merupakan prinsip dari sifat dasar yang mereka terapkan untuk menjalankan prestasi mereka agar menjadi lebih baik.

    Conclusion
    Secara teori arti dari compliance based ethics dan integrity based ethics memang berbeda, tetapi inti dari kedua makna tersebut cukup sama, yaitu etika terhadap norma – norma. Mentaati peraturan – peraturan yang berlaku dan menjalankan semuanya dengan benar adalah manfaat dari ilmu etika, benar atau salah itu tergantung dari prinsip masing – masing atau hukum yang tertulis. Semua kesalahan dapat ditoleransi secara manusiawi, dan setiap hukuman akan diturunkan sesuai pelanggarannya.

  57. yanuarius frederikus moelyanto says:

    Menurut pendapat saya ada perbedaan antara compliance based dengan integriti based yaitu compliance based: seseorang mampu memahami nilai nilai dan norma yang berlaku tempat dimana kita beraktifitas agar tidak tejadl kesalaha kesalahan yang seharusnya tidak di lakukan yang dapat mengakibat membawa nama lembaga seperti contoh yang ada di artikel itu merupakan salah satu dampak darih lemahnya aturan atau norma yg berlaku. contoh:seorang mahasiswa dilarang memakai sendal saat mengikuti perkuliahan apabila ada mahasiswa yang melangar maka akan dikenakan hukum atau norma yang berlaku.. NTEGRITY BASED: yaitu dapat dikatakan bahwa integritas merujuk pada kualitas keutuhan moralitas pada diri seseorang sehingga orang tersebut senantiasa berpegang teguh pada nilai moral seperti bersifat jujur, tulus dan iklas konsisten antara perkataan dengan perbuatan seperti dalam hubungan dengan sekolah tinggi ilmu ekonomi perbanas yang mempunyai tujuan yaitu menyiapkan peserta didik menjadi angota masyarakat yang memilih kemampuan profesonal dan di binah untuk menghasilkan generasi generasi yang mampu bersaing ,membawa nama lembagga dan bangsa indonesia maka diperlukan integritas. contoh:dimana seorang mahasiswa harus bisa menepatkan diri atas tugas dan tanggung jawab sebagai mahasiswa yaitu belajar dan mangikuti aturan yang suda ditetabkan.

  58. Yudhistiro Gilang Wicaksono says:

    Berbeda.
    Compliance-based adalah segala hal yang terdapat dalam peraturan yang menekankan kewajiban sehingga jika dilanggar akan mendapatkan hukuman.
    Contoh: Mahasiswa tidak diperkenankan bolos kuliah tanpa alasan yang jelas. Karena akan mendapat teguran dari dosen serta tidak boleh mengikuti kelas tersebut bila sering membolos.
    Integrity-based adalah kesadaran akan kejujuran, keikhlasan, dan rasa konsisten yang ada di setiap individu.
    Contoh: Mahasiswa yang ikhlas menghargai dosen ketika menerangkan, karena ia sadar bahwa hal tersebut sangat bermanfaat bagi hidupnya ke depan.

  59. Refal Tamara Putra says:

    Berbeda.

    Karena pada dasarnya Compliance based Ethics adalah menekankan pada pencegahan tindakan yang tidak sah melalui peningkatan/pengetatan kontrol dengan menghadirkan sanksi bagi pihak-pihak yang bersalah.

    Sedangkan dalam Intergrity based terdapat nilai nilai yang menuntut suatu organisasi untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi terciptanya tindakan bermoral antara pegawai melalui pembagian pertanggung jawaban.

  60. Yurika Azalia Putri says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa? Ada dan jelas berbeda
    -Compliance based : perilaku yang melanggar aturan dan diberikan sanksi jika seseorang melanggarnya
    Contoh : mahasiswa melanggar tata tertib kampus jika ia melanggar akan diberikan sanksi.
    -Integrity bases : perilaku kesadaran dalam diri seseorang kesadaran dalam berbuat jujur, bertanggung jawab, dan iklas dalam menolong sesama.
    Contoh : organisasi HMPSM menggalang dana untuk anak panti asuhan.

  61. edi suprapto says:

    menurut saya berbeda karena etika compliance-based adalah menertibkan peraturan yg sudah di tentukan , jika di kalangan mahasiswa contohnya : dilarang merokok , tidak boleh membawa senjata tajam kekampus , tdak boleh menggunakan sandal ke kampus dan masih banyak lagi tentunya .
    sedangkan integrity-based adalah menertibkan etika berdasarkan kesadaran mahasiswa tanpa didasari peraturan dan norma-norma yg berlaku contohnya : masuk kampus tidak terlambat , memperhatikan dosen yg sedang menerangkan dan mengerjakan tugas tanpa mencontek

  62. yanuarius f moelyanto says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa?
    menurut pendapat saya ada perbedaan antara etika compliance-based dengan integrity-based.
    etika compliance-based : seorang mahasiswa mampu memahami nilai-nilai dan norma yang berlaku di tempat dimana kita beraktifitas agar tidak terjadi kesalahan yang seharusnya tidak di lakukan yang dapat mengakibatkan membawa nama lembaga seperti contoh yang ada diartikel itu merupakan salah satu dampak dari lemahnya aturan lembaga sehingga terjadi kesalahan seperti itu
    contohnya: seorang mahasiswa tidak boleh memakai sandal ketika saat mengikuti mata kuliah maupun di lingkungan kampus apabila melanggar peraturan tersebut maka akan dikenakan sangsi atau hukuman yang berlaku .
    integrity-based : yaitu merupakan dapat dikatakan bahwa integritas merujuk pada kualitas keutahan moralitas pada diri seseorang mahasiswa sehingga senantiasa berpegang teguh pada nilai moral seperti bersifat jujur , tulus , dan ikhlas konsisten atar perkataan dengan perbuatan dalam hubungan dengan sekolah tinggi ilmu ekonomi perbanas yang mempunyai tujuan yaitu menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan profesional dan di bina untuk menghasil generasi-generasi yang mampu bersaing membawa nama lembaga dan bangsa indonesia
    contohnya : seorang mahasiswa harus mampu menyadarkan atas tugas dan kewajiban sebagai mahasiswa yaitu belajar dan dapat menyelesaikan kuliah minimal 4 tahun dan mendapatkan IPK yang tertinggi yang mampu mengharumkan nama lembaga dan negara indonesia

  63. dhani ilham says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa? Menurut saya ada. -compliance based : suatu etika/ perilaku yang harus di patuhi dan di taati oleh seseorang. Dan apabila seseorang tersebut melanggar nya maka akan dikenakan sanksi menurut ketentuan yang ada. Contoh : jika ada mahasiswa yang nilai toefl nya kurang dari 450 maka dia tidak mengikuti skripsi dan itu sudah menjadi ketentuan atau peraturan yang sudah ada di kampus perbanas. Integrity based adalah perilaku yang berdasarkan kesadaran/tanggung jawab pribadi . Contoh : buku pelajaran yang kita pelajari itu , tidak hanya membelinya saja tetapi kita harus mempelajari nya dengan sungguh-sungguh . Karena kita harus bertanggung jawab kepada orang tua kita yang sudah membelikan nya agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  64. Zulfan alviansyah says:

    Tujuanya sama, namun caranya beda

    Compliance based itu menurut saya adalah sebuah sistem yang dirancang secara resmi, serta menggunakan sistem hukum dan tertulis, sanksinya pun jelas. Seperti contoh ketika seorang mahasiswa belum membayar uang kuliah maka tidak akan mendapatkan izin untuk ujian tengah semester

    Berbeda dengan integrity based, ini hanya sebagai norma dan tidak tertulis serta tidak ada kepastian hukumnya. Contohnya seperti belajar yang rajin agar menjadi sukses kedepannya dan bersikap sopan bila bertemu dosen dll.

    Sekian

  65. Zulfan alviansyah says:

    Ya berbeda

    Compliance based adalah suatu etika yang berlaku pada suatu tempat tersebut dan akan mendapat sanksi bila dilanggar
    Contoh : mahasiwa dilarang untuk membawa senjata tajam, memakai sendal, celana pendek ke kelas. Akan ada sanksi bila dilanggar.
    Sedangkan integrity based adalah suatu etika yang bermoral dan berdasarkan kesadaran dari dalam diri sendiri
    Contoh : bersifat jujur, seperti tidak menyontek saat ujian berlangsung

  66. aditya indra says:

    Apakah ada perbedaan antara perilaku etika compliance-based dengan integrity-based di kalangan mahasiswa?

    tentu saja ada

    karena perilaku – etika compliance-based itu adalah pencegahan perilaku melanggar hukum dengan meningkatkan pengawasan atau memberi sanksi bagi yang melanggar, dan harus mentaati peraturan yang berlaku.
    contohnya tidak boleh merokok di dalam gedung kampus apabila melanggar akan mendapat teguran atau sanksi yang berlaku

    sedangkan Integrity bases adalah membentuk etika berdasarkan kesadaran mahasiswa tanpa di landasi peraturan dan norma-norma yg berlaku.
    contoh ketika ada kuis berlangsung mahasiswa tidak mencontek karena untuk mengetahui kemampuan diri sendiri dan mengetahui sejauh mana mahasiswa dapat menguasai mata kuliah yang di pelajarinya

  67. Sarana Pembayaran Pertama di Instagram http://instapay.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *