Sepotong Surga yang tertinggal di ujung timur….

  • Maluku5
  • Maluku4
  • Maluku3
  • Maluku2
  • Maluku1
image_print

Sayup2 lagu Indonesia Tanah Air Beta lirih terdengar di telinga, tatkala pilot memberikan pengumuman bahwa tak lama lagi pesawat akan mendarat di Ambon. Ahaaiii…, rasanya tak sabar buat melanjutkan travelling ke salah satu pulau besar di Kepulauan Maluku ini. Pulau Seram, adalah tujuan travelling saya di tahun ini. Pulau yang menyimpan keindahan pantainya…, dan kini akan saya kunjungi adalah Pantai Ora di daerah Sawai. Pantai cantik dengan air yang sangat bening ini sangat terkenal di kalangan traveller jelajah Indonesia.

Dari bandara Pattimura Ambon, perjalanan dilanjutkan menuju ke Pelabuhan Tuhelu dengan pemandangan sepanjang jalan yang sangat memanjakan mata. Rombongan sempat mampir ke Pantai Natsepa untuk menikmati sarapan nasi kuning khas Ambon. Sampe di Pelabuhan Tulehu perjalanan ke Pelabuhan Amahai ditempuh sekitar 2 jam dengan kapal cepat, dimana beberapa menit diantaranya ombak berasa seperti goyang dumang…, aduhai rasanya….:D

Sampai Pelabuhan Amahai, lanjut perjalanan darat kurang lebih 2 jam dengan kondisi jalan seperti goyang itik, mantab deh pokoknya hihihi…., sampai akhirnya sampailah kita di Desa Saleman. Sudah sampaikah? Tentu belum :D. Dari Desa Saleman, kita masih lanjut dengan kapal boat sekitar 20 menit untuk sampai di lokasi.

Tapi semua itu terbayar sudah…., rasa takjub dan puji syukur yang luar biasa setelah sampe ke pantai Ora dan sekitarnya. Lautnya bening, sampai koral di dasarnya pun kelihatan. Pantai di sekitarnya memiliki gradasi warna yang keren, putih, kuning, hijau, dan biru. Sebagaian pantai memiliki gugusan karang yang tak kalah cantik.

Disana ada beberapa penginapan yang dapat dipilih, Ora Resort Beach, Lisar Bahari, dan lain sebagainya. Kesamaannya adalah penginapan ini dibangun di atas laut, dengan air yang jernih. Kalau kita tebarkan makanan dari atas maka ikan-ikan beraneka warna akan muncul berebutan, cantiiiikkk bingiit pokoknya :D.

Selain bersantai di pantai, kegiatan lain adalah snorkeling, trekking di desa Saleman untuk melihat keindahan pantai dari atas, menjelajahi gua sepanjang gugusan karang, dan mabok lobster hihihi….. Disana lobster murah banget, so puas2in deh. Karena posisi pantai ada di teluk, maka kondisi air relatif tenang, dan hampir sepanjang hari kegiatan kita selalu menggunakan kapal boat, jadi cukup tenanglah untuk manusia darat seperti kita.

Di Desa Sawai ini hanya ada SD, jadi untuk SMP dan selanjutnya maka anak-anak akan menggunakan perahu motor tiap pagi untuk sekolah. Keren banget deh semangatnya…

Saya tambahkan beberapa foto yang sempat merekam keindahan pantai Ora ini, maaf ya klo gambar saya ikutan nampang. Bukan karena mau eksis seh, cuma biar percaya klo saya beneran kesana, bukan gambar yang diambil dari Google hahhahhaa….. Setelah perjalanan dari Ora, rombongan kembali ke Ambon. Sisa hari kami lanjutkan dengan tur di Pantai Natsepa untuk menikmati rujaknya yang terkenal, menikmati senja di Pantai Liang, memberi makan belut moreo (belut raksasa), foto-foto di kawasan Ambon City of Music, Gong Perdamaian, dan belanja suvenir.

So, mau travelling ke timur? Saya rekomendasikan Maluku Trip ini buat bapak ibu semua….. Ssstttt..disini sinyal lancar loh, jadi tetap bisa mantau e-learning dan tetep bisa liburan. Jadi bu dosen tetap bs liburan dan mahasiswa bahagia. Pokoknya cantik serasa sepotong surga yang tertinggal di timur….., dan tunggu catatan perjalanan saya selanjutnya ke Misool, Raja Ampat.

Saya tambahkan estimasi biaya ke Ora, Pulau Seram, Maluku dari beberapa sumber.
Open trip dengan biaya 3,85jt selama 4H3M, tdk termsk tiket pesawat dan tip

Estimasi share Cost 12 orang.
Day 1. Sampai Ambon di Sore hari, pesawat Jakarta-Ambon PP 2-2,5jt
Day 2. Perjalanan ke P.Seram (berangkat Tulehu jam 9 dengan 3 jam perjalanan – tiket 125rb (ekonomi) 25rb (VIP), lanjut jalur darat 3 jam ke Saleman – rental mobil 700rb/car, lanjut nyebrang pake ketingting ke penginapan Lisar Bahari Sawai 40 menit – 250rb/ketingting muat sampai 15 orang jika tanpa barang)
Day 3. Hopping Island (ambil paket di Lisar Bahari, 800rb/long boat – muat sampai 20org)
Day 4. Ke Pulau 7 (ambil dari Ora Resort, 1.2jt/speed boat – muat sampai 15org) 1 jam perjalanan dr Ora Resort.
Day 5. Menikmati Ora Resort – kemudian balik ke Ambon (sewa speedboat ke saleman 150rb/speedboat, mobil ke Masohi 700rb/car, kapal 125rb/org, mobil dr Tulehu ke Ambon kota 200rb)
Day 6. Keliling Ambon (keliling kota & stop di beberapa pantainya, sewa mobil 500rb/car)
Penginapan: 2 malam di Ambon Victoria Guest house (100rb/mlm/org), 2 malam di lisar bahari (300rb/mlm/org), 1 malam di ora resort (700rb/kamar laut+250rb/org untuk makan)

Pesawat Jkt-Ambon 1,3-1,5jt sekali jalan

Note lain: listrik hanya menyala jam 6pm-6 am, so sediakan powerbank yg cukup. Operator seluler yang sampai disana adalah Telkomsel, meski lampat masih bs digunakan utk akses internet

Mardiana Sukardi About Mardiana Sukardi
I have several middle names, including: shopping and travelling 😀

Mardiana Sukardi

Mardiana Sukardi

I have several middle names, including: shopping and travelling :D

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *