Serious Games ???

image_print

 

Bermain itu meningkatkan kecerdasan dan berbagai kompetensi, hal ini sudah diakui oleh para ahli dan pemerhati pendidikan. Permainan, termasuk permainan komputer dapat meningkatkan kecerdasan. Ini berlaku bukan hanya untuk apa yang dinamakan serious games, yaitu permainan “serius” yang hendak memicu efek pembelajaran tertentu, tetapi juga untuk beberapa permainan yang bersifat hiburan

 

Serious game merupakan game yang dikembangkan dengan tujuan tidak sekedar memberikan kesenangan kepada pemain, namun diklaim juga memiliki tujuan memberikan pengalaman pengetahuan untuk mencapai tujuan pembelajaran melalui lingkungan yang berbimbing dan mengusulkan bahwa game semestinya memiliki tantangan bagi pemain untuk selalu tertarik menggunakannya.

 

Game yang menantang serta klop dengan kemampuan pemain dapat diukur dari: (a) kemampuan game memberikan tantangan yang berbeda untuk kemampuan pemain yang berbeda pula,

(b) level tantangan menaik seiring dengan perolehan pengalaman serta mampu menaikkan keterampilan pemain

(c) game mesti mampu memberikan tantangan baru pada fase yang tepat.

 

Tantangan diberikan dari kemampuan berpikir sederhana sampai pada kemampuan berpikir kompleks. Dengan demikian, secara penalaran penaikan level tantangan akan bergerak mengiringi perolehan pengalaman pengetahuan pemain dalam menggunakan game serta mampu mendongkrak keterampilan pemain.

 

Penyesuaian level tantangan game dengan kemampuan berpikir pemain juga diakomodir melalui penjenjangan soal-soal seperti soal matematika yang digunakan sebagai konten dari tantangan game. Pemunculan level kesukaran soal-soal matematika yang dijadikan tantangan bagi pemain diatur melalui aturan permainan yang melekat pada game.

 

Disadur dari tulisan I Nyoman Sukajaya

Pratiwi About Pratiwi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *