Syafaat di Hari Akhir

image_print

Sahabat, tidak ada pertolongan lain selain pertolongan Allah di hari akhir kelak, karena itu kiranya semoga kita bisa mendapat pertolongan tersebut. Bersama ini akan disampaikan beberapa hal tentang pertolongan Allah atau yang di Qur’an biasa disebut syafaat.

Ada beberapa cara yang dapat kita upayakan saat kita masih berada di dunia agar kita bisa mendapat syafaat dari Allah di antaranya adalah dengan
1. Memurnikan ibadah kita (lakukan ibadah sesuai dengan petunjuk Allah dan RasulNya)dan tentunya melakukannya harus ikhlas untuk Allah.
2. Memperbanyak sujud (perbanyak sholat Sunnah, misalnya sholat sunnat Rawatib, sholat Dhuha, sholat sunnat fajar sebelum Shubuh).
3. Memperbanyak membaca sholawat (sholawat seperti yang ada di Tahiyat adalah contoh sholawat yang baik, sederhana, cukup, tidak berlebihan)
4. Membaca doa setelah adzan.

Perlu diketahui juga oleh kita bahwa tidak sembarangan seseorang bisa mendapat syafaat.
Syarat adanya syafaat ini/syafaat dapat diberikan adalah apabila
1. Orang atau makhluk yang memberi syafaat itu diridhoi Allah. Mereka itu contohnya seperti malaikat, Rasul SAW, para Nabi, anak kecil muslim yang meninggal dunia (memberi syafaat kepada ortunya), orang orang yang mati syahid.
2. Orang yang diberi syafaat juga diridhoi oleh Allah.
3. Allah mengijinkan syafaat itu terjadi – – QS An Najm (53):26

Akhirnya semoga kita paham bahwa syafaat adalah sesuatu yang mungkin didapatkan, namun harus disertai dengan upaya sehingga kita dapat senantiasa menjaga diri agar kita tidak termasuk ke dalam orang orang yang tidak bisa mendapat syafaat, yaitu mereka adalah
1. Orang yang syirik pada Allah (musyrik), menduakan Allah, berharap selain kepada Allah.
2. Pemimpin yang zholim (tidak menempatkan sesuatu pada tempatnya)/tidak adil.
3. Orang yang sering mengumpat.

^_^

2015

Adelina

Sumber:Kajian Reboan Perbanas Institute

Adelina Fauzie About Adelina Fauzie

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *