Tentang Kabar Baik

image_print

Senang banget rasanya mendengar kabar baik, apapun itu, bisa bikin tertawa girang atau sekedar senyum senyum saja.

Kabar baik tentang apapun walau sekedar bahwa hujan akan turun hari ini, itu pun adalah sebuah kabar baik, karena matahari yang terik dan udara yang panas akan didinginkan dengan turunnya hujan yang mungkin sebenarnya ujung ujungnya akan membuat jalanan macet dan becek, tidak masalah buatku, karena pada setiap hal kita bisa menganggapnya baik kalau kita mau, atau pun tidak menyenangkan, itu pun kalau kita yang berpikir seperti itu.

Lalu bagaimana kita bisa memberi kabar baik untuk orang lain? Mungkin dengan mencoba berpikir dan menempatkan diri kita pada orang tersebut sehingga kita bisa melihat dan mencoba merasakan yang seseorang harapkan dan inginkan sehingga kita bisa menjadi orang yang memberi kabar baik dengan terpenuhinya harapan dan keinginan orang tsb. Walau tidak sempurna, minimal kita berusaha, bukankah tangan di atas itu selalu lebih baik dibanding tangan di bawah? Jadi akan lebih baik kalau kita mampu membahagiakan dan menyenangkan hati orang lain, apalagi kita tahu apa yang diharapkannya itu bisa diperolehnya lewat kita. Namun, ya namanya manusia, ada saja kurangnya, kadang manusia kurang peka, kadang manusia lebih peduli pada dirinya, akibatnya manusia juga kerap mengecewakan.
Semoga sih kita bukan termasuk yang hanya peduli pada diri sendiri sehingga kita cukup peka akan apa yang orang harapkan dari kita dan akhirnya kita pun bisa menjadi penyenang hati, bukan malah membuat galau orang orang yang di dekat kita sendiri.

Kalau sudah pernah ada kejadian yang mengecewakan, ya dijadikan pelajaran saja dan seperti istilah anak jamn sekarang bilang, CT aja deh, Cukup Tahu aja deh… Ternyata segitu doang. Kita sudah berusaha baik, tapi ternyata orang yang kita baik kepadanya tidak cukup peduli akan kita, yaaa cukup tahu lah, segitu saja ternyata. Lagi pula kita ini kan baik tidak perlu menunggu orang baik ke kita, atau kita juga baik bukan karena berharap orang baik juga kepada kita, tapi kita baik karena kita tahu bahwa menjadi baik itu adalah yang seharusnya dilakukan sehingga kita baik ya cukupkan dengan mengharap ridho Allah πŸ™‚ itu pernah saya dengar juga di ceramahnya Aa Gym (walaupun Aa Gym poligami, kalau ceramahnya mah saya masih suka dengar kok, favorit malah hehehhe).

Mari jadi orang baik yang senang memberi kabar baik ^_^

Bersikap baik

Adelina Fauzie About Adelina Fauzie

You may also like...

12 Responses

  1. Octavia dwi errywardani says:

    hi miss adel…
    bener banget miss apa yg dikatakan dalam artikel diatas, saya sering banget merasakan sama seperti yg miss gambarkan. kita berbuat baik ke orang belom tentu orang itu bisa berbuat sama seperti yg kita lakukan dan bersikap yg kita mau. tapi setelah saya telaah miss ternyata yg namanya kebaikan itu memang tidak bisa diragukan. intinya ikhlaslah dalam melakukan kebaikan, karna Allah akan membalas semua orang yg melakukan kebaikan. tetap tersenyum dan selalu sabar πŸ™‚
    thank you miss..

  2. Elsa Cecilia says:

    What a great article ms.adel:) kabar baik memang kabar yang selalu diharapkan dan ditunggu2 sama semua orang karena aku rasa gaada orang yang mengharapkan mendapatkan kabar buruk.. Aku sendiri selalu mengatur pikiranku buat selalu berpikir positif atau menghayal2 mendapat kabar yg baik supaya hasilnya bisa positif juga.. Walaupun ga selamanya kabar baik buat kita itu baik juga buat orang lain ya miss.. Dan sebaliknya, ga semua kabar baik buat orang lain itu baik buat kita kan.. Tapi walaupun ga baik buat kita, pasti bisa jadi baik buat kita kalo kita bisa ngeliat orang lain bahagia mendengar kabar baik buat dirinya sendiri itu.. Aku pribadi seneng banget kalo ada orang yang menyampaikan rasa bahagianya karena aku walaupun hanya sekedar ngomong “terima kasih ya elsa” dengan muka yang gembira banget gitu miss.. Karena waktu itu pernah ada temanku yang jadi partner kerja sama saat ujian alias nyontek denganku tapi dia dapet nilai yang lebih baik dari aku padahal sebagian besar jawaban dia itu tau dari aku.. Disitu bener-bener kabar yang ga baik buat aku tapi kabar baik buat temanku dan dia mengucapkan terima kasih ke aku dengan mimik mukanya yang seneng banget itu dan aku jadi ga terlalu ngerasa kecewa lagi.. Good news is such a mood booster:)

  3. Akbar Fadhilah says:

    Assalammualaikum….Kebanyakan manusia berusaha menjadi manusia yang baik disekitar manusia lainnya. Namun keinginan tersebut terkadang sulit dilakukan karena yang kita tahu manusia itu tidaklah ada yang sempurna. Terkadang kita sudah berlaku baik ke semua orang namun tidak semua orang membalasnya dengan kebaikan juga. Setiap manusia memang memiliki sifat yang berbeda, tapi inilah yang seharusnya menjadi ciri dari diri kita sendiri bahwa dengan selalu bersikap baik terhadap semua orang niscaya Allah SWT akan membalasnya dengan kebaikan yang melimpah. Saya pun demikian miss, saya selalu berusaha menjadi orang yang baik pada semua orang, namun dulu waktu SMA saya merasa sedikit kecewa karena kebaikan yang saya berikan kepada orang yang saya cintai disia-siakan miss:’) haha(curcol dikit). Tapi disamping kekecewaan itu, saya mendapat pelajaran bahwa tidak selalu orang yang bersikap baik akan dibalas dengan kebaikan juga, bener deh kata miss Adel ‘Cukup Tau aja’ haha. InsyaAllah selama saya masih hidup di dunia ini, saya akan berusaha bersikap baik terhadap semua orang hehehe:)
    Maaf ya miss kalo ada salah kata

  4. Rama Darmawan Alfanani says:

    is true miss adel, all the people who live in this world definitely wanted some good news / good behavior from everyone, pada dasarnya if we always think positive we will easily get good news, but if we always think negativ we will be difficult to get good news because it is covered by our negativ mind thoughts, bagus mis adel artikelnyaa terima kasih πŸ™‚

  5. Zeprizal says:

    benar apa yang dikatakan pada artikel miss Adel…
    bahwa, apabila kita melakukan suatu kebaikan tidak harus menunggu seseorang yang melakukan kebaikan ke kita.
    kita melakukan suatu kebaikan bukan untuk di pandang atau dilihat oleh seseorang, tapi melakukan suatu kebaikannya atas ridho Allah dan keikhlasan kita dalam melakukan suatu kebaikan tersebut.
    Jadi, manfaat yang dapat kita ambil dari artikel diatas :
    1. kebaikan membuat kita bahagia
    2. kebaikan hati membuat jantung kita lebih sehat
    3. kebaikan membuat hubungan yang lebih baik
    terimakasih miss adelina atas artikelnya.

  6. Aulia Huda says:

    Hai miss adel
    setelah saya membaca artikel diatas, benar yang dikatakan miss bahwa dengan mencoba berpikir positif dan menempatkan diri kita pada orang lain sehingga kita bisa menjadi orang yang memberikan kabar baik dengan terpenuhinya harapan dan keinginan orang tersebut . Setiap kebaikan yang kita lakukan akan selalu menghasilkan kebahagiaan, baik itu bagi diri kita sendiri, maupun bagi orang lain yang memperoleh kebaikan tersebut. Namun untuk memperolehnya memang tidaklah mudah. Banyak halangan serta rintangan yang selalu datang menghadang setiap kali kita ingin berbuat kebaikan. Sebenarnya kebaikan itu memang tak selalu harus berbentuk. kebaikan yang kita berikan pada orang lain sesungguhnya adalah kebaikan yang kita tanam untuk diri sendiri. artikel ini dapat menginspirasi saya untuk melakukan lebih banyak lagi kebaikan kepada orang lain dan memperbaiki kesalahan saya pada kebaikan yang waktu itu sempat tertunda untuk saya lakukan. thank you miss.

  7. May Hardiyanty Rezeky says:

    Saya setuju dengan artikel dia atasa miss.Adel. Kabar baik memang terdiri dari banyak hal mulai dari hal yang kita harapkan benar benar terjadi atau hal baik yang terjadi tidak kita duga. Menurut saya sendiri contoh kecil dari kabar baik adalah ketika kita mendapat ilmu atau pengetahuan dari orang lain yang bermanfaat adalah salah satu kabar baik untuk kita. Kabar baik adalah hal yang diharapkan setiap orang. Saya juga berharap setiap orang bisa berlaku baik satu sama lain walaupun pada faktanya masih banyak orang yang tidak berlaku baik pada sesamanya baik sengaja ataupun tidak sengaja. Saya sendiri punya pengalaman yang kurang baik,ketika saya sudah baik kepada salah satu teman saya dan merasa kita sudah dekat justru di depan saya dia mengatakan sesuatu yang menurut saya kurang baik tentang saya,entah sengaja atau tidak tapi dari nada suaranya dia sedang tidak bercanda saat mengatakan itu di depan orang banyak. Ada rasa kecewa saat itu tapi sekarang hal itu sudah saya lupakan. Saya hanya bisa berdoa dan berharap teman saya tersebut kedepannya dapat lebih baik dalam berkata kata karena tidak setiap orang merasa sependapat dengan yang dia katakan mungkin baginya hal itu biasa saja tapi mungkin bagi orang lain itu tidaklah baik dan dapat menyakiti orang lain.
    Terimakasih miss Adel artikelnya

  8. Yacob Hamonangan says:

    Hai miss adel
    setelah saya membaca artikel diatas, benar yang dikatakan miss bahwa tanpa kita sadari, atas keingingin status β€˜orang baik’ justru membuat kita lupa akan esensi berbuat baik itu sendiri. Apabila orang-orang baik sejati tak akan memikirkan status sebagai orang baik. Itulah sebabnya dalam melakukan kebaikan akan sangat alami sekali. Sehingga apapun balasan tidak peduli kebaikannya dihargai atau tidak dianggap. Semoga dari artikel diatas bisa menjadi pelajaran buat saya apabila berbuat baik haruslah ikhlah. Terimakasih miss adel……

  9. Widyah Anisa says:

    Saya setuju banget miss. Saya pikir berbuat baik sama orang itu emang sebaiknya selalu kita lakukan, kita nggak akan tau seberapa besarnya pengaruh hal baik yg kita kasih itu untuk orang itu. Tapi setidaknya saling berbagi kebahagiaan, menolong sesama, dan hal baik lainnya harus dapat kita tebarkan dimana pun, kapan pun, dan dengan siapapun. Air pun apabila diberi hal yg positif dapat mengkristal menjadi sesuatu yang cantik, begitu pun dengan diri kita, apabila selalu berpikiran positif dan memancarkan hal baik.

  10. Riana Dewi Puspasari says:

    hallo miss adel. Aku suka sama artikel miss diatas, menurutku emang kita harus berbuat baik kepada semuanya kan kadang kita berbuat baik belom tentu di balas baik juga nah disitu kita jangan merasa kesal atau mengeluh tapi kita senyumin saja orang-orang yang berbuat jahat kepada kita, memang suka kesel ada orang seperti tapi mau gimana diemin sajalah toh kita gak menggangu atau nyari masalah dengan dia jadi kita baikin lagi saja kepadanya karna kebaikan akan dibalas dengan kebaikan begitu juga sebaliknya kejahatan akan dibalas dengan kejahatan. terimakasih ya miss artikelnya mengajarkan menjadi orang yang lebih baik lagi ke semua orang

  11. Fachrani Subhany says:

    assalamualaikun wr.wb
    hi miss adel setelah aku baca artikel yang miss tulis di tas itu betul semua tapi kalau menurut aku lebih ke bagaimana pun kita harus mensyukuri itu ya gak miss , kayak misal nya saat hujan dateng walaupun nanti ada segi (-) nya kayak ( macet , becek etc.) tapi kalau kita pandai bersyukur dan menganggap kalau itu semua adalah positif ( + ) pasti jadi indah buat diri kita sendiri miss. jadi intinya setiap kita bangun tidur , mendapatkan rezeki atau apapun itu walaupun kecil dan menurut orang gak penting kita harus bersyukur atas apa yang di berikan sama yang maha kuasa . seperti yang di tulis pada al_QURAN berikut ” sesungguh nya jika kamu beryukur , pasti kami akan menambah ( nikmat) kepadamu , dan jika kamu mengikari (nikmat-Ku ) maka sesungguh nya azab-Ku sangat pedih ” (QS: IBRAHIM:14 :7 ) hehehe maaf mis kalau kurang nyambung tapi dari segi pemikiran ku intinya seperti ini

  12. Sajarudin Maruf says:

    Assalamualaikum wr.wb mrs Adel.I totally agree with the article. In this world, there are plenty of people who are selfish. Society sometimes forgot about human tenet which is human is a social beings who are always helping each other. Perhaps people these days character is more selfish, they become more successful and become oblivion about their past. And it is so esteemed for people who always give a good news and make other people happy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *