Quantitative and Qualitative Research: Methods/Paradigms?

Materi: Riset Kuantitatif dan Kualitatif: Metode/Paradigma?




Petunjuk pembuatan kuesioner

Ada beberapa petunjuk dalam penyiapan kuesioner, berdasarkan pengalaman pada budaya riset di Malaysia.

Pertama, berapa jumlah pertanyaan yang ideal? Di Malaysia biasanya pertanyaan dalam kusioner tidak lebih dari 40, tidak termasuk biodata responden. Sebab jika lebih dari itu jawaban responden mulai kurang oke.

Kedua, responden lebih suka pertanyaan tertutup ketimbang terbuka, karena malas menjelaskan. Kadang-kadang pertanyaan terbuka dijawab dengan ok saja.

Ketiga, ukuran kertas yang digunakan sebaiknya A4 dilipat dua. Jika nampak tebal maka responden kurang berminat menjawab.

Keempat, bagaimana dengan kuesioner online? Ya, cocok untuk generasi Y dan Z. Untuk generasi X kurang pas, mereka lebih memilih dengan kertas.

Kelima, jangan gunakan kertas warna-warni, karena menyakitkan mata.

Keenam, pertanyaan jangan bersifat laras ganda (double barrel) karena akan mengakibatkan bias.

Semoga bermanfaat.

Norzaidi Mohd Daud




Model Kepemimpinan Berdasarkan Keimanan

Ramadani, V., Dana, L.-P., Gerguri-Rashiti, S., & Ratten, V. (2016). An Introduction to Entrepreneurship and Management in an Islamic Context. Entrepreneurship and Management in an Islamic Context




Pengumpulan dan Analisis Data dalam Riset Focus Group

 

Image may contain: text

No automatic alt text available.

Image may contain: text

Image may contain: text

Onwuegbuzie, Anthony J., Wendy B. Dickinson, Nancy L. Leech, and Annmarie G. Zoran. “A qualitative framework for collecting and analyzing data in focus group research.” International journal of qualitative methods 8, no. 3 (2009): 1-21.




20 Pertanyaan Wawancara

The top 20 interview questions

Amir Albasha‎




Moderasi dan Mediasi

Chuah-2018-Moderation & Mediation




Jenis-jenis Penelitian (Singh, 2006)  

 

A. On the Basis of Objectives of Research

  1. Fundamental research
  2. Action research.

 

B. On the Basis of Approach of Research

  1. Longitudinal research: Historical research, case study, genetic comes under longitudinal approach of research.
  2. Cross sectional research: Experimental research, survey are the examples of cross sectional research.

 

C. On the Basis of Precision in Research Findings

  1. Experimental research and
  2. Non-experimental research. Experimental research is precise while non-experimental is not.

 

D. On the Basis of Nature of Findings

  1. Explanatory research: Such researches explain more concerned theories, laws and principles.
  2. Descriptive research: These are more concerned with facts.

 

E. According to National Science Foundation

  1. Basic research: Those researches which embrace origin or unique investigation for the advancement of knowledge.
  2. Applied research: Which may be characterized as the utilization in practice. 3. Development research: It is the use of scientific knowledge for the production of useful materials, devices, systems, methods for processes excluding design and production engineering.

 

F. Another Classification

  1. Adhoc research: Adhoc research is the class of inquiry used for a purpose alone and special.
  2. Empirical research: Empirical research is that which depends upon the experience or observation of phenomena and events.
  3. Explained research: Explained research is that which is based on a theory.
  4. Boarder line research: Boarder line research is that which involves those main two branches or are as of science. For example study of public school finance.

Singh, Y. K. (2006). Fundamental research methodology and statistics. (P. New Age International (P) Ltd., Ed.). New Delhi.

 




Tips Menulis Thesis

Image may contain: text

 

  • Ini jalan yang panjang
  • Material dan metode
  • Gambar dan keterangan lengkap
  • Rencanakan istirahat
  • Sedikit saja bermain sosmed
  • Kurangi selingan
  • Sampaikan koreksi segera dan sering
  • Gunakan Mendeley
  • Santai dan nikmati



GRATIFIKASI

Gratifikasi adalah pemberian uang, barang, rabat (discount), komisi, pinjaman tanpa bunga, tiket perjalanan, fasilitas penginapan, perjalanan wisata, pengobatan cuma-cuma, dan fasilitas lainnya.

Gratifikasi harus dilaporkan, kecuali:
a. diperoleh dari hadiah langsung/undian, diskon/rabat, voucher, point rewards, atau souvenir yang berlaku secara umum dan tidak terkait dengan kedinasan;
b. diperoleh karena prestasi akademis atau non-akademis (kejuaraan/perlombaan/kompetisi) dengan biaya sendiri dan tidak terkait dengan kedinasan;
c. diperoleh dari keuntungan/bunga dari penempatan dana, investasi atau kepemilikan saham pribadi yang berlaku secara umum dan tidak terkait dengan kedinasan;
d. diperoleh dari kompensasi atas profesi di luar kedinasan yang tidak terkait dengan tugas fungsi dari pegawai negeri atau penyelenggara negara, dan tidak melanggar konflik kepentingan dan kode etik pegawai;
e. diperoleh dari hubungan keluarga sedarah dalam garis keturunan lurus dua derajat atau dalam garis keturunan ke samping satu derajat sepanjang tidak mempunyai konflik kepentingan dengan penerima gratifikasi;
f. diperoleh dari hubungan keluarga semenda dalam garis keturunan lurus satu derajat atau dalam garis keturunan ke samping satu derajat sepanjang tidak mempunyai konflik kepentingan dengan penerima gratifikasi;
g. diperoleh dari pihak yang mempunyai hubungan keluarga sebagaimana pada huruf f dan huruf g terkait dengan hadiah perkawinan, khitanan anak, ulang tahun, kegiatan keagamaan/adat/tradisi dan bukan dari pihak-pihak
yang mempunyai konflik kepentingan dengan penerima gratifikasi;
h. diperoleh dari pihak lain terkait dengan musibah atau bencana, dan bukan dari pihak-pihak yang mempunyai konflik kepentingan dengan penerima gratifikasi;
i. diperoleh dari kegiatan resmi kedinasan seperti rapat, seminar, lokakarya, konferensi, pelatihan atau kegiatan
lain sejenis yang berlaku secara umum berupa seminar kit, sertifikat dan plakat/cinderamata;
j. diperoleh dari acara resmi kedinasan dalam bentuk hidangan/sajian/jamuan berupa makanan dan minuman yang berlaku umum; dan
k. gratifikasi dalam kedinasan.

Gratifikasi dalam Kedinasan adalah hadiah/fasilitas resmi dari penyelenggara kegiatan yang diberikan kepada wakil-wakil resmi suatu instansi dalam suatu kegiatan tertentu sebagai penghargaan atas keikutsertaan atau kontribusinya dalam kegiatan tersebut.

permenristekdikti-55-2016-tentang-gratifikasi




RAMALAN 10 TAHUN KEDEPAN

Jake Nielson, 2014. Story of Kodak: How They Could Have Saved The Business

1. 25 Tahun lalu Wartel (Warung Telekomunikasi) adalah bisnis yg menguntungkan, namun saat ini Wartel sudah tidak kita jumpai lagi, karena semua orang memiliki hand phone

2. 20 tahun lalu Telepon Umum masih terbilang alat yg sangat membantu, namun saat ini yg tersisa hanya bangkainya saja.

3.20 tahun yang lalu, Nokia dengan symbiannya adalah raja ponsel di seluruh dunia.
Fakta hari ini Symbian tinggal kenangan, dihajar oleh Black Berry.

4. 10 thn lalu Black Berry merajai Chating di Indonesia, semua orang selalu meminta pin BB, namun sekarang sudah dilibas oleh Android dgn Whatsapp dan Line

5. 10 tahun yang lalu Yahoo adalah raksasa dunia internet.
Fakta hari ini habis terlindas oleh Google.

6. 10 tahun yang lalu, surat kabar, majalah, dan televisi adalah media informasi paling efektif.
Fakta hari ini, mereka tergerus oleh YouTube, Facebook,Twitter, Instagram, Linkedin.

7.10 tahun yang lalu gerai Matahari, Ramayana, Carrefour, Hypermart adalah raja dunia retail .
Fakta hari ini, gerai mereka banyak tutup, tergantikan oleh Bukalapak, Tokopedia, Blibli, dll.

8. 10 tahun yang lalu kita masih pakai kertas, survey, dll jika ingin kredit, Fakta hari ini, mereka akan segera tergerus oleh akulaku dan kredivo.

9. 10 tahun yang lalu ojek adalah profesi yang bahkan tidak dipandang sebelah mata pun.
Fakta hari ini, tukang ojek adalah S1 bahkan S2, karena sudah online.

10. 10 tahun lalu order Taxi sangat menjengkelkan, sekarang sudah ada Grab, Uber dll.

11. 10 tahun lalu, dunia investasi hanyalah milik orang kaya, orang banyak duit.
Fakta hari ini, dengan uang 100 rb rupiah pun pengamen jalanan bisa beli Reksadana saham.

12. 10 tahun yang lalu Anda buka toko kelontong harus pakai modal besar.
Fakta hari ini, hanya bermodal Smartphone Anda bisa jadi grosir dengan aplikasi Kudo.

13. 10 tahun lalu anda pesan hotel dan ticket pesawat lewat travel agent.
Fakta hari ini, ribuan travel agent berguguran tergantikan oleh Traveloka, Agoda, Pegipegi dll…

14. 10 tahun lalu saya kesulitan mencari makanan halal jika ke luar negeri, namun sekarang begitu mudahnya mencari restorant Halal dan Masjid terdekat dengan applikasi Halal Trip.

15. 10 tahun lalu mencari teman lama cukup sulit terutama teman sekolah SD, SMP ataupun SMA, saat ini hp sudah penuh dengan Group WA Alumni

*16. 10 tahun yang lalu, jika Anda tidak terbuka pada perubahan jaman, maka hari ini Anda adalah orang yg tergilas oleh jaman.*

Mungkin suatu saat kantor2 pelayanan (Services Office) sudah tidak lagi dilayani oleh karyawan tetapi semuanya sudah memakai mesin, contoh saat ini sudah mulai terjadi di Bank seperti layanan Transfer, tarik tunai ataupun setor tunai sudah memakai mesin.
Dan tidak menutup kemungkinan suatu saat (dalam waktu yg sangat cepat) transaksi perbankan memakai Alipay ataupun WeChatpay, krn ini sdh mulai terjadi dinegara2 lain. contoh Hong Kong dan China.

Dan jika hari ini pun Anda tidak terbuka oleh informasi dan perubahan, Percayalah 10 tahun yang akan datang Anda adalah orang orang yang *TERTINGGAL* karena Perubahan & Inovasi, tidak akan pernah berhenti, meski Anda berkeras untuk tidak ikut ikut.

Kemungkinan 10 tahun kedepan

Mobil dengan mesin motor bakar dan bahan bakar BBM akan tergantikan dengan mobil listrik , lokomotif dan mesin kapal laut akan digantikan dengan mesin listrik. Teknologi batere akan sangat maju, sehingga bisa menyimpan daya sampai seminggu, favorit jurusan adalah Materials Engineering Ini menyebabkan biaya transportasi menjadi sangat murah dan orang orang akan semakin mobil, Laptop sudah menyatu dengan HP dalam bentuk HP, sehingga orang presentasi hanya dengan HP dan nirkabel menggunakan bluetooth. Jarak antar negara menjadi dekat karena murahnya transportasi, kemiskinan akan menurun. Untuk kuliah orang orang tidak perlu kekampus lagi, bisa dimana saja hanya dengan melihat HP, begitu juga dosen tidak perlu diruang kampus, bisa saja sambil di laboratorium, di pasar untuk marketing atau dihutan untuk geologi. Rakyat semakin adil dan makmur, karena semua menjadi lebih mudah dengan bantuan teknologi

Mall mall akan tutup, orang orang akan lebih banyak menyediakan gudang gudang, sedangkan jasa pengantaran semakin maju

Ismud Piliang