1

Anotasi “Building the Learning Organization”

Judul : Building the Learning Organization
Pengarang : Michael J. Marquardt
Penerbit : Davies-Black Publishing, Inc.
Tahun : 2002
ISBN : 0-89106-165-7
Jumlah Halaman : 287

TUJUAN. Menjelaskan bagaimana bisnis dapat beradaptasi dan bertahan hidup dalam lanskap yang berubah dengan cepat dan membangun landasan untuk menjadi organisasi belajar.

POKOK BAHASAN. Bab satu menilai meningkatnya kekuatan sosial, politik, dan ekonomi serta harapan baru dari pekerja, pelanggan, dan bahkan masyarakat yang menginginkan munculnya organisasi yang mau belajar. Bab ini membahas delapan kekuatan penting yang menyebabkan terjadinya pergeseran dari lembaga yang berdasarkan pada manufaktur (pekerjaan manual) menjadi mentofacturing (pekerjaan mental). Bab dua memperkenalkan model sistem organisasi yang belajar dengan ulasan dan sinopsis singkat dari lima subsistem, yaitu: pembelajaran, organisasi, orang, pengetahuan, dan teknologi. Juga dibahas sifat yang interaksional dan saling melengkapi dari subsistem tersebut. Dimensi, prinsip, praktek, dan cita-cita dari lima subsistem tersebut dijelaskan dalam bab-bab 3-7. Setiap bab berisi contoh-contoh praktik terbaik dari organisasi pembelajaran di seluruh dunia. Di akhir setiap bab, penulis membuat daftar 10 strategi pelaksanaan dalam membangunan subsistem untuk dibahas. 10 strategi pelaksanaan tersebut adalah : 1). Mendorong dan memampukan staf untuk terhubung dengan pusat informasi, 2). Mengembangkan pusat pembelajaran multimedia berbasis teknologi, 3). Mengembangkan dan menggunakan berbagai teknologi pembelajaran jarak jauh, 4). Menggunakan teknologi untuk memahami pengetahuan dan gagasan internal dan eksternal, 5). Memperoleh dan mengembangkan kompetensi di groupware dan teknologi pembelajaran mandiri, 6). Menerapkan kinerja sistem dukungan elektronik, 7). Merencanakan dan mengembangkan sistem pembelajaran terkini, 8). Membangun teknologi dan kemampuan courseware, 9). Menggunakan intranet untuk pelatihan, 10). Meningkatkan kemampuan staf manajemen dan sumber daya manusia,  Bab delapan menjadi organisasi pembelajaran memberikan kerangka kerja dan pedoman umum, serta 16 langkah, untuk menjadi organisasi pembelajaran. 16 langkah tersebut adalah: 1). Berkomitmen untuk menjadi organisasi pembelajaran, 2). Membentuk koalisi yang kuat untuk perubahan, 3). Menghubungkan pembelajaran dengan operasional bisnis, 4). Mengkaji kemampuan organisasi terhadap setiap subsistem dari model sistem organisasi pembelajaran, 5). Mengkomunikasikan visi organisasi pembelajaran, 6). Mengakui pentingnya sistem berpikir dan bertindak, 7). Pemimpin memberikan contoh dan menjadi model dengan berkomitmen pada pembelajaran, 8). Merubah budaya organisasi menjadi organisasi yang melakukan pembelajaran dan peningkatan yang berkelanjutan, 9). Menetapkan strategi skala perusahaan untuk belajar, 10). Mengurangi birokrasi dan merampingkan strukturnya, 11). Memperluas pembelajaran di seluruh rantai bisnis, 12). Menguasai pembelajaran dan mengajarkan pengetahuan, 13). Memperoleh dan menerapkan teknologi terbaik untuk pembelajaran terbaik, 14). Menciptakan kemenangan jangka pendek, 15). Mengukur pembelajaran dan menunjukkan keberhasilan belajar, 16). Beradaptasi, meningkatkan, dan belajar terus menerus.

KEKHASAN. Buku ini dibuat oleh penulis berdasarkan pengalamannya dengan ratusan organisasi belajar. Buku ini memandu para pemimpin melalui setiap subsistem dengan informasi mendalam. Banyak diberikan contoh nyata dari organisasi pembelajaran yang sukses.

REKOMENDASI. Buku ini sangat baik sekali untuk orang yang ingin mengetahui organisasi belajar, dan untuk dapat melengkapi sebaiknya juga membaca buku Peter Senge “The Fifth Discipline”.