1

ANOTASI BUKU EDUCATIONAL MULTIMEDIA

EDUCATIONAL MULTIMEDIA, Usha V. Reddi, Sanjawa Mishra, CEMCA : New Delhi, 2003

Penggunaan multimedia saat ini berkembang pesat di mana pendidikan dilakukan secara terbuka dan jarak jauh akan bergantung pada materi pembelajaran mandiri, dengan adanya penggunaan multimedia sangat memperkaya pengalaman belajar mengajar. Multimedia pada pendidikan memungkinkan beragaram presentasi kurikulum, dan memberikan gambaran yang baik pada bidang pendidikan karena mewujudkan hal yang tidak dapat dilakukan di dunia nyata dengan biaya yang hemat, oleh karenanya ketersediaan hardware dan software yang baik sangat diperlukan karena dapat bekerja dan menyimpan informasi dengan cepat. Agar pembelajaran dapat berhasil maka beberapa hal sehubungan dengan pembelajaran pada peserta didik sebagai orang dewasa harus diperhatikan.
Desain instruksional merupakan perangkat pengajaran pembuatan instruksi dan materi belajar yang dibuat menarik, efektif dan efisien, oleh karenya diperlukan aplikasi media yang tepat dengan mengacu pada tujuan instruksional. Persiapan penulisan multimedia merupakan proses visualisasi, dilakukan dengan penciptaan dan penyuntingan gambar secara berurutan.
Penyampaian materi pelajaran multimedia dapat dilakukan pada E-Learning. Pendekatan dalam penyampaian multimedia dapat dilakukan melalui pendekatan independen yaitu penyampaian web dan CD, dan pendekatan gabungan dengan strategi penambahan dan komplementer.
Evaluasi multimedia digunakan untuk menguji apakah program multimedia memenuhi tujuan yang ditetapkan dan perbaikan yang diperlukan dalam membuat program. Evaluasi tidak sama untuk semua program, dan dilakukan berdasarkan tujuan dari software multimedia terkait.

Buku ini berisi panduan dasar multimedia khusus untuk pendidikan, dibuat sangat jelas. Perhatian bagaimana sebaiknya pembelajaran multimedia diberikan kepada peserta didik (orang dewasa) agar pembelajaran dapat berhasil juga diulas. Beberapa contoh kasus pembelajaran diberikan untuk tujuan kemudahan.

Buku ini dapat menjadi pegangan bagi pemula pembuat multimedia pendidikan dengan banyak penjelasan mengenai multimedia yang terkait. Dapat juga digunakan untuk para guru dan pengembang matapelajaran dalam membuat desain instruksional, sehingga pembelajaran menjadi lebih menarik, efektif dan efisien