1

Bagaimana Media Sosial Menghubungkan Setiap Orang

Fenomena sosial media merupakan “Virus” yang tidak ada habisnya, dimana adanya sosial media membantu orang terhubung dengan orang lainnya tanpa dibatasi ruang dan waktu. Berbagai sosial media yang umumnya kita kenal saat ini seperti Website, Twitter, Facebook, Instagram, Line, Path bahkan Whatsapp menjadi sangat booming sehingga membuat orang terhipnotis untuk menggunakan media tersebut untuk sekedar narsis atau bahkan berbagi informasi.

jejaring

Kondisi diatas kemudian secara langsung berpengaruh pada cara konsumen untuk berkomunikasi dengan produsen atau marketer (pemasar). Mereka memanfaatkan media sosial untuk melakukan interaksi yang bersifat dua arah. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi konsumen, karena selain sifat informasi yang inteaktif, sosial media juga memungkinkan adanya komunikasi langsung yang terjadi sehingga memudahkan konsumen untuk dapat menanyakan secara langsung mengenai produk yang diinginkan.

Keberadaan sosial media ini juga membantu produsen yang selama ini tidak memiliki “LAPAK” offline untuk turut berpartisipasi dalam menawarkan produk dan jasa yang mereka miliki bagi konsumen. Seperti halnya globalisasi yang memiliki arti borderless (tanpa batas) hal ini juga teraplikasi langsung dalam fenomena sosial media pada saat ini. Lokasi atau toko secara nyata tidak wajib dimiliki, namun dengan memiliki account dimedia sosial sudah dapat menjadi “LAPAK ONLINE” yang sangat menguntungkan bagi seluruh produsen.

Salah satu media yang sedang booming saat ini adalah instagram. Karakteritsik dari informasi yang ada diintstagram dapat membantu produsen untuk memposting barang atau layanan yang mereka punya dengan dilengkapi gambar dan spesifikasi produk.Kemudian dengan segera respon dari konsumen yang puas atau tidak puas dengan suatu produk dapat memberikan testimoni langsung. Testimoni tersebut kemudian menjadi penghubung antara konsumen baru dan potential customer, seperti yang ada pada gambar dibawah ini :

img_2264img_2263

Adanya sosial media memberikan keuntungan langsung tanpa perlu mengelurkan biaya dalam jumlah besar.