1

Belajar Pemrograman Yang Lebih Efektif Melalui Serious Game (Bagian 1)

Belajar Pemrograman Yang Lebih Efektif
Melalui Serious Game (Bagian 1)

OLEH
AGNES NOVITA IDA SAFITRI

Introduction
Belajar pemrograman dan dasar-dasarnya adalah keterampilan dasar yang harus dipelajari semua mahasiswa pada perguruan tinggi ilmu komputer selama mengikuti kurikulum mereka. Untuk pemula, mempelajari pemrograman dalam banyak kasus dapat menyulitkan dan menantang, terutama jika mereka baru pertama kali mempelajarinya. Kekhususan dari kesulitan-kesulitan dan penyebab yang berkaitan senantiasa menjadi topik makalah ini, banyak alasannya dan beberapa penelitian telah dilakukan untuk mengenali karakteristik mahasiswa programmer baru. Metodologi pembelajaran tradisional biasanya dilakukan dengan mengerjakan banyak latihan-latihan yang bertujuan untuk membahas banyak bidang, namun seringkali tidak berkaitan satu sama lain dan dapat melelahkan, apalagi bahasa pemrograman yang biasanya digunakan dalam kelas pemrograman bersifat professional (C, C ++, C # dan Java) mereka memiliki sintaks yang luas dan kompleks, yang mengakibatkan belajar menjadi sulit bagi pemula (Jenkins, 2002; motil & Epstein, 2000).
Saat ini, teknologi telah menjadi hal penting dalam pengembangan pendidikan dan untuk merevolusi sistem pembelajaran (Olapiriyakulet al., 2006). Teknologi menciptakan dan mengubah proses belajar dan pembelajaran, yang membawa peluang baru untuk sistem pendidikan (Esteveset al., 2011).
Teknologi Serious Game menawarkan alat yang dapat memiliki potensi untuk membantu mahasiswa pemrograman komputer untuk menjadi lebih tertarik dalam belajar melalui pendekatan `belajar sambil bersenang-senang’ (Coelho et al., Op.cit.). Oleh karenanya dalam makalah ini diusulkan permainan baru dengan belajar bagaimana membuat program sehingga kemampuan mahasiswa dapat ditingkatkan dan didorong melalui pendekatan ini, yaitu dengan menciptakan suatu serious game yang memberi pengetahuan dan pengalaman sekaligus juga menjadi tugas yang menyenangkan.
Penyusunan tulisan ini adalah sebagai berikut. Pertama-tama, akan membahas mengenai literature riview , dan kemudian disajikan hasil penelitian dari penelitian sebelumnya yang berkaitan dengan tulisan ini, dan terakhir adalah mengenai kesimpulan dan referensi.