1

KELAYAKAN USAHA

Suatu kegiatan  yang mempelajari secara mendalam  tentang suatu kegiatan , usaha atau bisnis yang akan dijalankan , dalam rangka menentukan  layak atau tidak usaha tersebut dijalankan. (Kasmir:261 kewirausahaan).

Mempelajari secara mendalam berarti  meneliti secara sungguh-sungguh pada usaha yang akan dijalankan  terhadap data dan informasi yang ada, kemudian mengukur menghitung  dan menganalisis   hasil penelitian  tersebut dengan metode -metode

  1. Apakah usaha yang dijalankan akan memberikan manfaat .
  2. Biaya yang dikeluarkan apakah sebanding dengan rencana usaha.
  3. usaha yang dijalankan akan memberikan keuntungan finansial  dan finansial
  4. dapat dilihat dari berbagai aspek , pasar dan pemasaran, keuangan, teknis/operasional, manajemen, ekonomi dan sosial serta dampak lingkungan

Tujuan studi kelayakan usaha:

  1. Menghindari risiko kerugian
  2. Memudahkan perencanaan
  3. Memudahkan pelaksanaan pekerjaan
  4. Memudahkan pengawasan
  5. Memudahkan pengendalian

Pihak yang berkepentingan dengan hasil studi kelayakan usaha:

  1. pemilik usaha; untuk mengukur usahanya akan memberikan keuntungan atau tidak.
  2. Lembaga Keuangan; apabila usahanya dibantu oleh  bank atau lembaga keuangan lainnya  dalam hal mengucurkan dana
  3. Pemerintah; berharap usaha yang dijalankan dapat membantu  perekonomian secara umum
  4. Masyarakat luas; tersedia lapangan kerja disekitar usaha dan terbukanya sarana dan prasarana.
  5. Manajemen; dapat menilai  hasil yang telah dicapai sehingga terlihat prestasi kerja pihak manajemen yang menjalankan usaha.

Aspek pasar dan Pemasaran:

  1. Apakah ada konsumen yang potensial untuk membeli produk
  2. Jika ada seberapa besar pasar nyata dan potensi
  3. Bagaimana peta kondisi pesaing
  4. Bsgaimana perilaku konsumen
  5. Strategi apa yang harus dijalankan untuk memenangkan persaingan dan merebut pasar

Cara melakukan  Riset Pasar:

  1. Terjun langsung kelapangan dengan cara observasi, wawancara maupun kuesioner
  2. mengumpulkan data dari berbagai sumber untuk lebih meyakinkan dalam meneliti pasar meliputi 4P

Banyak usaha yang gagal karena kurang jeli dalam merencanakan bisnis. Usaha yang buru-buru karena desakan yang penting jalan dan ada pemikiran memulai dengan segera. Mengabaikan rencana usaha merupakan kesalahan fatal karena tidak ada gambaran akan usaha kita layak atau tidak untuk dijalankan. Jangan memaksa usaha itu harus jadi tanpa ada tuntunan dalam memulai usaha. Keperluan yang paling berharga disaat membutuhkan modal dari pihak bank atau pihak keuangan lainnya pastinya dibutuhkan data-data tentang kelayakan usaha. Bank atau pemberi modal  menginginkan kepastian untuk membayar kembali.