1

Kisah Beberapa Entrepreneur Yang Dapat Menginspirasi

1.Mark Zuckerberg, adalah termasuk entrepreneur berusia muda, Mark memiliki kegemaran  mengotak-atik program pembuatan website dan dia kode orisinal Facebook telah berhasil dibuatnya dari kamar asramanya. Berkat banyaknya  keunggulan serta peminat yang sangat banyak, maka Facebook menjadi ‘komoditas’ yang begitu digemari. Jadi sangat masuk akal jika hal ini menjadikan  Microsoft juga menaruh minat atasnya.   Sebagai ilustrasi bahwa saham Facebook jika dikapitalisasi menjadi kurang lebihnya sebesar US$15 miliar! dengan nilai rupiah yaitu Rp.200 trilyun, angka sebesar ini didapat dari hasil kalkulasi dimana  1,6% saham facebook saja Microsoft mesti membayar US$ 240 juta. (berarti total kapitalisasi 100/1,6 X USD 240 juta=USD 15 milyar). Maka dari itu, kemudian Mark dijuluki sebagai miliarder termuda dalam sejarah yang memulai dari keringatnya sendiri.

2.Andrew Darwis, seorang anak muda berusia 33 tahun lulusan Master of Computer Science, dari Seattle University. Andrew Darwis berhasil mendirikan komunitas online terbesar di Indonesia, yang bernama Kaskus. Melalui situs yang semula bernama Kaskus.us (Saat ini menjadi Kaskus.co.id), Kini situsnya per Mei 2012 memiliki lebih dari 4,3 juta member.

Tiap-tiap bulannya rata-rata pendapatan iklan kaskus sudah Rp 2-3 miliar. Berdasarkan perkembangannya itu, kaskus telah dilirik oleh para investor asing. Kini konon kabarnya Kaskus telah ditawar oleh Google dan Yahoo senilai USD 50 juta (kurang lebihnya sebesar Rp 475 miliar).

3. Elang Gumilang Sukses menjadi Raja Tanah

Bagi Elang Gumilang untuk menjadi pengusaha sukses serta mengelola sebuah  perusahaan dengan penghasilan besar tidaklah mesti menjadi tua telebih dahulu, ternyata dia dapat memulai karir bisnisnya sedari dia berusia yang sangat muda. Paling tidak dia dapat menjadikan mimpinya  menjadi  kenyataan. Di antara senarai nama pengusaha muda yang telah berhasil memulai karir bisnisnya selagi ‘usia dini’, Elang Gumilang (di usia 24 tahun) adalah salah satunya.

Elang memulai usahanya lewat menjual donat. CEO PT Dwikarsa Semestaguna ini merupakan  pengusaha muda yang telah berhasil di bisnis properti. Asetnya yang dimilikinya ditaksir sekitar 61 miliar rupiah.

4.Tung Desem Waringin, adalah seorang motivator dan pakar marketing terkemuka di Indonesia. Tung adalah juga seorang pembicara yang baik, dan juga merupakan trainer yang sukses. Tung juga seorang best seller book writer. Karyanya dengan judul “Financial Revolution” berupa sebuah buku yang memperoleh record MURI. Pada hari perdana diluncurkan telah mencapai penjualan sebanyak 10.511 buah, dan merupakan buku inspirasional pertama dengan record  penjualan sebanyak itu.

Setelah sukses dalam karya pertamnya itu, Tung Desem melakukan sebuah ‘nyeleneh” yang bersifat sensasional pada tahun 2008. Aksi tersebut adalah senilai Rp. 100  juta yang per lembarnya berupa uang Rp.100 ribu rupiah dari pesawat helikopter di daerah Serang,

4.Soichiro Honda adalah putra pertama seorang pandai besi yang tidak pernah mengikuti pendidikan formal yang cukup serta ia tidak pernah memiliki prestasi cemerlang di sekolah. Meskipun demikian Soichiro dikenal dengan  semangat dan cita-cita yang sangat tinggi.

Di usianya yang sangat muda, pada tahun 1922 dia bekerja sebagai tenaga cleaning service pada bengkel Art Shokai. Pekerjaannya tidak berhubungan dengan mesin secara langsung  seperti yang dia inginkan akan tetapi selain namun sebagai cleaning service, bahkan dia juga sekaligus menjadi pengasuh bayi dari pemilik bengkel tersebut.

5.Chung Ju-Yung (lahir 1915) dengan Hundainya.  Chung menyelesaikan Pendidikan dari Fakultas accounting di Kyongsung. Chung dikenal sangat bekerja  keras dan sangat  tekun dalam belajar. Di samping itu Chung juga gemar  membaca buku. Disebabkan keadaan di pedesaan bertambah parah, Chung beserta kawannya melarikan diri dari rumah akan tetapi kemudian mereka berpisah di Seoul. Chung meneruskan  “pengembaraanya” ke Inchon demi memperoleh pekerjaan serta dia bersedia bekerja apa saja di sana. Akhirnya dia bekerja sebagai tukang batu alias menjadi kuli bangunan. Kemudian dia meneruskan “perlombaan nasib”nya di Seoul. Di Seoul dia bekerja di toko sebagai pengirim barang ke konsumen dengan memperoleh gaji bulanan. Ketika  itu, yaitu pada tahun 1934 dia masih berusia di bawah 20 tahun. Bayangkan bagaimana susahnya perjalanan hidup Chung dan betapa bekerja kerasnya dia untuk menjadi seorang pendiri Hundai.

6.Bob Sadino (79 tahun), adalah seorang pengusaha sukses di bidang pangan dan peternakan. Bob pernah diminta untuk mengisi kuliah umum di program magister manajemen pertama di kampus UI Salemba, waktu itu dia hanya memakai celana pendek khasnya yang dipakainya kemana-mana, tanpa ada jahitan diujung-ujung kedua celananya.  Ia menceritakan pengalamannya sebagai pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick.  Konon dia menceritakan bahwa pekerjaan pertamanya setelah tidak bekerja sebagai karyawan adalah menyewakan mobil milik pribadinya, bahkan ia menyopiri mobilnya sendiri. Akhirnya usaha menyewakan mobilnya sendiri mengalami kecelakaan, sehingga mobilnya rusak parah. Oleh karena tak punya uang untuk memperbaikinya, akhirnya dia “alih profesi” jadi tukang batu. Ketika itu ia mengalami depresi.

Untuk mengatasi depresinya Bob menerima saran salah seorang temannya untuk memelihara serta berbisnis telur ayam negeri.  Bob menerima saran tersebut dan mulai mengembangkan usaha ternak ayam. Ketika itu, di Indonesia, ayam kampung masih mendominasi pasar. Bob adalah orang  yang pertama kali memperkenalkan ayam negeri beserta telurnya di Indonesia. Bob menjual telur-telurnya dari pintu ke pintu. Singkat cerita Bob meraih sukses tidak seperti orang membalik telapak tangan.

7.Sugiharto, mantan Komut Pertamina, dan mantan Meneg BUMN.

Beliau  adalah tokoh yang sangat menginspirasi banyak orang, terutama jika sedang mengisahkan pengalaman pribadinya sewaktu remaja. Beliau pernah menuturkan pengalamannya ketika mau berangkat sekolah saja harus menjadi kuli timba setelah itu baru beliau dapat berangkat sekolah untuk sekedar mendapatkan secebis uang saku untuk ongkos ke sekolah. Beliau juga pernah menuturkan pengalamannya jaga parkir di malam hari pada hal pagi harinya kadang-kadang harus berhadapan dengan ujian di sekolahnya. Semua pengalaman hidupnya dihadapi dengan penuh kesabaran dan ketekunan yang luar biasa serta dibarengi dengan hati yang senantiasa bersyukur. Dalam suatu forum sharing dan diskusi kurikulum untuk postgraduate program di Perbanas Institute beliau menceritakan semua pengalamannya yang berujung kini menjadi seorang entrepreneur  yang sukses, beliau katakan jumlah pajaknya saja yang senantiasa beliau setorkan per tahun kurang lebih Rp. 3.5 milyar.

Demikian sekelumit kisah-kisah yang mungkin dapat menginspirasi para pemuda dan mahasiswa. Barangkali ada baiknya diceritakan sesekali di awal perkuliahan untuk memberikan inspirasi dan dorongan motivasi kepada para mahasiswa sebelum  mengawali perkuliahan di kelas.

Referensi:

  1. co.id dzephyr.wordpress.com aliongz.wordpress.com
  2. com profil.merdeka.com youtube.com slideshare.net
  3. google.com groups.google.com sites.google.com plus.google.com productforums.google.com plus.google.com answers.yahoo.com profiles.google.com
  4. Lalu Akmalul Hakim – Google+ plus.google.com Diawali Menjual Donat, Elang Gumilang Sukses Jadi Raja Tanah
  5. net slideshare.net kbtc.kadinbandung.org dompetdhuafa.org aktualita.co bisnis.news.viva.co.id faris.id ayopreneur.com hubslide.com