MASA DEPAN PEMASARAN
Manajemen puncak telah mengakui bahwa pemasaran masa lalu telah sangat boros dan menuntut pertanggungjawaban lebih dari pemasaran.
A) Ke depan, ada sejumlah imperatif untuk mencapai keunggulan pemasaran:
- Pemasaran harus “holistik” dan kurangi
- Pemasar harus mencapai pengaruh yang lebih besar dalam perusahaan jika mereka menjadi arsitek utama dari strategi bisnis.
- Pemasar harus terus menerus menciptakan ide-ide baru jika perusahaan ingin mencapai kesejahteraan dalam ekonomi hiper-kompetitif.
- Pemasar harus berusaha mengetahui wawasan pelanggan dan memperlakukan pelanggan yang berbeda tapi tepat.
- Pemasar harus membangun merek mereka melalui kinerja, lebih dari sekedar
- Pemasar harus menggunakan perangkat elektronik dan membangun informasi yang unggul dalam sistem komunikasi.
B) Hasilnya dalam tahun-tahun mendatang dapat dilihat:
- Kematian departemen pemasaran dan munculnya pemasaran holistik
- Kematian pemasaran bebas belanja (free shopping) dan kebangkitan pemasaran ROI
- Kematian intuisi pemasaran dan kebangkitan ilmu marketing
- Kematian pemasaran manual dan munculnya pemasaran otomatis
- Kematian pemasaran masal dan munculnya pemasaran presisi
C) Untuk mencapai perubahan ini, satu set keterampilan baru dan kompetensi yang dibutuhkan. Dituntut kecakapan di berbagai bidang seperti:
- Manajemen hubungan pelanggan (CRM)
- Manajemen hubungan Partner (PRM)
- Database marketing dan data mining
- Contact center management dan telemarketing.
- Pemasaran PR (termasuk event dan pemasaran sponsorship)
- Membangun merek dan manajemen aset merek.
- Experiential marketing
- Komunikasi pemasaran terpadu
- Analisis Profitabilitas oleh segmen, pelanggan, dan saluran