MASA DEPAN PEMASARAN

Manajemen puncak telah mengakui bahwa pemasaran masa lalu telah sangat boros dan menuntut pertanggungjawaban lebih dari pemasaran.

A) Ke depan, ada sejumlah imperatif untuk mencapai keunggulan pemasaran:

  • Pemasaran harus “holistik” dan kurangi
  • Pemasar harus mencapai pengaruh yang lebih besar dalam perusahaan jika mereka menjadi arsitek utama dari strategi bisnis.
  • Pemasar harus terus menerus menciptakan ide-ide baru jika perusahaan ingin mencapai kesejahteraan dalam ekonomi hiper-kompetitif.
  • Pemasar harus berusaha mengetahui wawasan pelanggan dan memperlakukan pelanggan yang berbeda tapi tepat.
  • Pemasar harus membangun merek mereka melalui kinerja, lebih dari sekedar
  • Pemasar harus menggunakan perangkat elektronik dan membangun informasi yang unggul dalam sistem komunikasi.

B) Hasilnya dalam tahun-tahun mendatang dapat dilihat:

  • Kematian departemen pemasaran dan munculnya pemasaran holistik
  • Kematian pemasaran bebas belanja (free shopping) dan kebangkitan pemasaran ROI
  • Kematian intuisi pemasaran dan kebangkitan ilmu marketing
  • Kematian pemasaran manual dan munculnya pemasaran otomatis
  • Kematian pemasaran masal dan munculnya pemasaran presisi

C) Untuk mencapai perubahan ini, satu set keterampilan baru dan kompetensi yang dibutuhkan. Dituntut kecakapan di berbagai bidang seperti:

  • Manajemen hubungan pelanggan (CRM)
  • Manajemen hubungan Partner (PRM)
  • Database marketing dan data mining
  • Contact center management dan telemarketing.
  • Pemasaran PR (termasuk event dan pemasaran sponsorship)
  • Membangun merek dan manajemen aset merek.
  • Experiential marketing
  • Komunikasi pemasaran terpadu
  • Analisis Profitabilitas oleh segmen, pelanggan, dan saluran