Pengaruh Citra Merek terhadap Loyalitas Konsumen
Pengaruh Citra Merek terhadap Loyalitas Konsumen
Beberapa tahun terakhir ini pertumbuhan bisnis di berbagai bidang terus meningkat,
terutama bisnis kedai kopi. Banyak bermunculan berbagai merek kedai kopi baik dari luar
negeri maupun dalam negeri mengakibatkan persaingan yang semakin ketat. Contoh merek
kedai kopi yang berasal dari luar negeri adalah Starbucks dan The Coffee Bean, sementara merek
yang berasal dari dalam negeri antara lain adalah Anomali Coffee dan Excelso. Perusahaan-
perusahaan tersebut memiliki berbagai macam strategi untuk memenangkan persaingan, salah
satunya adalah dengan meningkatkan kualitas produk dan kualitas pelayanan yang sebaik-
baiknya kepada para konsumennya. Hal tersebut dilakukan agar perusahaan dapat menciptakan
citra merek yang baik pada akhirnya akan berdampak kepada loyalitas
merek.
Munculnya berbagai macam produk dengan kualitas produk yang mudah ditiru dan dapat
dimiliki oleh siapapun mengakibatkan perusahaan sulit untuk tetap menjaga pangsa pasarnya.
Cara terbaiknya adalah dengan membangun citra merek yang kuat. Hal tersebut dikarenakan
citra merek penting bagi kelangsungan perusahaan dan sudah menjadi tanggung jawab
perusahaan untuk terus mengelola, memperhatikan, mempertahankan, dan meningkatkan citra
baik tersebut (Sugiharti, 2012)