1

Perbedaan Pendekatan Kualitatif dengan Kuantitatif

Pendekatan Kualitatif digunakan untuk mengumpulkan informasi yang dapat menjelaskan suatu gejala secara mendalam dann menyeluruh. Biasanya digunakan wawancara, pertanyaan terbuka, atau diskusi kelompok terfokus. Umumnya partisipan yang terlibat jumlahnya sedikit karena dalam penelitian ini memang memerlukan banyak sumber daya serta menyita waktu. Wawancara dapat dilakukan dengan menggunakan pertanyaan terbuka, pertanyaan tertutup, atau dengan bercakap-cakap saja. Karena sedikitnya partisipan yang terlibat dalam penelitian ini, maka temuan yang diperoleh tidak dapat digeneralisaikan untuk keseluruhan populasi. Namun demikian, riset ini dapat menjadi landasan bagi studi yang lebih luas, menghasilkan pemahaman yang mendalam terhadap teori, praktik, serta situasi-situasi yang spesifik.

Kelebihan
1. Dapat mengidentifikasi fenomena yang baru atau belum tersentuh
2. Memberikan pemahaman yang mendalam
3. Menyediakan informasi verbal yang sutu saat dapat diubah menjadi bentuk numerik
4. Dapat mengungkap informasi yang tidak diperoleh pertanyaan survey

Keterbatasan
1. Tidak dapat digeneralisasi ke populasi
2. Sukar memperkirakan hubungan antar karakter/sifat

Pendekatan kuantitatif dilakukan untuk mengumpulkan informasi yang menjelaskan fenomena pada sejumlah besar partisipan sehingga dapat mengikhtisarkan karakteristik antar kelompok atau hubungan-hubungannya. Dalam hal ini survei dilakukan terhadap banyak orang dan teknik statistik diterapkan untuk mengenali pola-pola umum pada populasi.

Kelebihan
1. Dapat mengumpulkan informasi dari partisipan dalam jumlah besar
2. Memungkinkan dilakukannya perbandingan
3. Generalisasi ke populasi yang lebih besar dapat dilakukan
4. Informasi mengenai angka atau peringkat dapat diperoleh
5. Informasi yang didapat bermanfaat untuk merumuskan kebijakan atau pedoman
6. Memungkinkn digunakannya teknik statistik untuk mengukur hubungan antar variabel

Kekurangan
1. Sukar mengenali fenomena yang baru atau belum tersentuh
2. Perlu hati-hati dalam melakukan interpretasi tanpa adanya kelompok kontrol

Dengan demikian penggunaan pendekatan kualitatif maupun kuantitatif didasarkan atas pertimbangan perbedaan perspektif terhadap suatu gejala atau situasi. Kedua pendekatan ini dapat sangat informatif, khususnya bila digaungkan. Masing-msing pendekatan memiliki kelebihan dan kekurangan, dan para praktisi atau pembuat kebijakan perlu menyadari kapan suatu metode dapat diterapkan.
Adar Ben-Eliyahu, Ph.D.,  Understanding different types of research: What’s the difference between qualitative and quantitative approaches?