1

Root CA: Menjaga Rahasia Negara dari Mata Usil

Penulis: IGN Mantra – detikinet, Perbanas Institute.

Public-Key-Infrastructure.svg

Jakarta – Pagi itu, di gedung Auditorium BPPT Thamrin, Jakarta, ada tonggak sejarah bagi Indonesia. Pasalnya, di tempat itu diluncurkan Root CA – Root Certificate Authority yang dilakukan oleh Dirjen Aptika Kementerian Kominfo Bambang Heru Tjahyono bersama lembaga pemerintah lainnya.

Root CA adalah wadah dan fasilitas Public Key Infrastructure (PKI) encryption yang disediakan oleh pemerintah — dalam hal ini Direktorat Keamanan Informasi — sebagai penyedia layanan yang dapat digunakan oleh pemerintahan lainnya seperti pemerintah pusat, pemda dan kementerian lainnya yang akan melakukan pengiriman data dan informasi penting baik internal maupun external yang bersifat rahasia/confidential.

Layanan ini bersifat gratis dan sementara hanya dapat digunakan oleh unsur pemerintah. Root CA nantinya akan membawahi CA-CA yang telah ada dan telah digunakan oleh pemerintah, bukan menggantikan tetapi lebih banyak kepada mengatur dan berkoordinasi agar tidak tumpang tindih dalam menggunakan dan melakukan transaksi elektronik.

Lanjut ….
sudah dimuat di detik.com : 09 Desember 2015, penulis : IGN Mantra
sumber URL :
http://inet.detik.com/read/2014/12/09/190244/2772571/323/root-ca-menjaga-rahasia-negara-dari-mata-usil