Universitas Kelas Dunia dan Pemeringkatan Universitas Dunia
Meskipun pengertian dan definisinya masih menjadi bahan perdebatan, namun keberadaan universitas kelas dunia sulit terbantahkan. Dari ribuan universitas yang ada di dunia ada sejumlah kecil universitas yang memang sangat berbeda dengan yang lainnya dalam berbagai pencapaiannya yang berskala global. Dunia dengan kecepatan yang pasti sedang bergerak menuju ke peradaban berbasis pengetahuan dan universitas yang berkelas seharusnyalah merupakan mesin penghasil pengetahuan bagi masyarakatnya. Hal itu hanya mungkin dicapai jika universitas itu diisi oleh para dosen dan mahasiswa yang amat berbakat serta didukung oleh sistem tata kelola efisien dan efektif. Tanpa adanya sejumlah terobosan birokrasi PTN akan sangat sulit berada dalam liga elite universitas kelas dunia secara berkelanjutan. Dalam jangka panjang sejumlah PTS sangat berpeluang masuk dalam daftar liga elite universitas kelas dunia secara berkelanjutan.
Peringkat, internasionalisasi dan kompetisi hanya merupakan alat untuk penguatan tujuan pendidikan dan perbaikan kinerja universitas. Kita tidak seharusnya membabi buta untuk sekedar memperoleh peringkat yang baik tetapi melupakan tujuan-tujuan mulia mengenai keberadaan universitas. Sudah barang tentu untuk menjamin keberlanjutan maka universitas haruslah kompetitif dan posisi dalam ranking dunia yang baik merupakan salam satu indikasi tentang kekuatan daya saing itu. Semoga persoalan keterpandangan universitas dalam pergaulan atas bangsa juga dipandang sebagai masalah harkat dan martabat bangsa, di samping juga menjadi salah satu wahana (utama) menuju masyarakat dan ekonomi berbasis pengetahuan. Hanya dengan wawasan kenegaraan seperti itu bangsa ini dapat mempunyai universitas berkelas di tataran global.
Hermawan Kresno Dipojono, 2016. Kopertis 3, Jakarta.