You may also like...

7 Responses

  1. Avatar Kelompok 5 1. Faela Adiba 1912070151 2. Fitri Dwi Triandini 1912070117 3. Lina Basafira Dewi 1912070137 4. Muhammad Gema Ramadhan 1912070159 says:

    Tugas Manajemen Strategik

    Kelompok 5
    1. Faela Adiba 1912070151
    2. Fitri Dwi Triandini 1912070117
    3. Lina Basafira Dewi 1912070137
    4. Muhammad Gema Ramadhan 1912070159

    BANK CIMB NIAGA

    A. VISI CIMB NIAGA
    Menjadi Perusahaan ASEAN yang terkemuka
    Evaluasi :
    Tidak baik karena visi tersebut terlalu general. Lebih baik visi lebih spesifik pada bidang perusahaan dalam hal perbankan dan finance.

    B. MISI
    1. Identifikasi 9 komponen penting
    Jawab :
    a. Costumer
    Selalu mencari cara dalam memberikan pelayanan terbaik kepada Nasabah, tanpa mengorbankan citra perusahaan dengan menerapkan panduan perilaku berikut:
    1. Mengetahui kebutuhan nasabah (perorangan dan perusahaan)
    2. Memberikan pelayanan dengan mengutamakan kualitas terbaik
    3. Menindaklanjuti dan menyelesaikan masalah secara tuntas
    4. Selalu berusaha memberikan ide–ide kreatif untuk memenuhi kebutuhan nasabah

    b. Products or Service
    CIMB Niaga memiliki produk antara lain:
    – Tabungan CIMB Niaga
    a. Tabungan CIMB Niaga Xtra
    b. Tabungan Indie Account
    c. Tabungan Mapan
    d. Tabungan Usaha
    e. Tabungan Xtra Valas
    – Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
    a. KPR Xtra CIMB Niaga
    b. KPR Xtra Manfaat
    – Kredit Tanpa Agunan (KTA) Xtra Dana
    – Reksa Dana

    CIMB Niaga memiliki layanan antara lain:
    – Exotic Currency
    – Local Currency Statement
    – MoneyGram
    – SpeedSend
    – Student Transfer
    – TT Major Currency
    – Bank Draft
    – International Collection

    c. Markets
    CIMB Niaga memiliki 1080 cabang retail di Malaysia, Indonesia, Singapore, Thailand, dan Kamboja

    d. Technology
    Teknologi terdepan yang memudahkan Anda dalam setiap transaksi perbankan dengan lokasi strategis, waktu operasional yang panjang dan lebih fleksibel dengan adanya layanan di hari libur.
    Digital Banking Manager kami akan selalu siap memberikan segala informasi perbankan yang Anda butuhkan di CIMB NIAGA Digital Lounge, kantor cabang masa depan CIMB NIAGA

    e. Concern for Survival, Growth, and Profitability
    CIMB Niaga memiliki komitmen integritas dan ketekunan untuk menempatkan perhatian utama kepada nasabah serta semangat untuk terus unggul, dan juga akan terus memanfaatkan seluruh daya yang dimilikinya untuk menciptakan sinergi dari penggabungan di bidang perbankan ritel, UKM dan korporat dan juga layanan transaksi pembayaran.
    Hal ini dibuktikan dengan Capital Adequacy Ratio (“CAR”) CIMB Niaga tercatat baik sebesar 19,39% per 31 Maret 2020. Dengan total aset mencapai Rp274,5 triliun per 31 Maret 2020, CIMB Niaga mempertahankan posisinya sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia dari sisi aset.
    Total penghimpunan dana pihak ketiga (“DPK”) tercatat sebesar Rp202,6 triliun dengan rasio CASA sebesar 60,1%. Adapun Tabungan mengalami pertumbuhan sebesar 20,3% Y-o-Y, sejalan dengan komitmen Bank untuk mengembangkan layanan digital dan meningkatkan customer experience.

    f. Philosophy
    1) Orientasi kepada nasabah
    2) Etika dan moral sebagai landasan kerja
    3) Manajemen dan karyawan sebagai asset utama perusahaan
    4) Iklim kerja yang mendukung kinerja, kreatifitas & motivasi kerja tinggi
    5) Komitmen dalam tanggung jawab sosial

    g. Self Concept
    CIMB Niaga memiliki nilai perusahaan yaitu:
    1. Customer Obsessed
    Kita hadir dan berupaya memastikan para nasabah merasakan kebahagiaan dan kepuasan tertinggi bersama CIMB Niaga.
    2. High Performance
    Kita terus menantang diri untuk mencapai hasil yang lebih baik dalam setiap hal yang dilakukan.
    3. Integrity
    Kita harus selalu jujur, bertanggung jawab, selalu siap siaga, waspada, cermat, teliti dan dapat diandalkan dalam segala hal.
    4. Diversity and Inclusion
    Kita yakin bahwa setiap individu dapat berkontribusi positif untuk kemajuan Perusahaan, terlepas dari perbedaan suku, agama, ras, jenis kelamin, pendapat ataupun latar belakang lainnya.
    5. Agility
    Kita mampu bersikap cepat tanggap terhadap perubahan dan menjadi pemberi solusi dalam menghadapi tantangan

    h. Concern for public image
    Kontribusi bagi negeri juga diwujudkan oleh Perusahaan melalui pelaksanaan program tanggung jawab sosial dan lingkungan atau CSR, untuk mengimbangi pertumbuhan kinerja usaha dengan pengembangan sosial kemasyarakatan dan pelestarian lingkungan untuk kesejahteraan masyarakat.Melalui CIMB Niaga Peduli, Perusahaan berkontribusi melalui empat pilar kegiatan, yaitu pendidikan, pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, lingkungan, dan filantropi. Pada tahun 2016, CIMB Niaga menyalurkan beasiswa sebesar Rp5 miliar kepada 286 penerima manfaat. Pendidikan memiliki arti penting karena memberikan manfaat yang berkelanjutan sampai masa mendatang.

    i. Concern for Employee
    Saat ini CIMB Niaga memiliki 13.185 karyawan yang menyediakan layanan perbankan yang komprehensif di Indonesia.
    Concern for employees in CIMB Niaga:
    1. Gaji
    2. Tunjangan Kesehatan bagi karyawan, pasangan, dan anak
    3. Asuransi cacat tetap, asuransi jiwa, dan asuransi kecelakaan
    4. Jaminan sosial ketenagakerjaan
    5. Cuti tahunan dan cuti lainnya
    6. Tunjangan Hari Raya
    7. Dana pensiun
    8. Pesangon
    9. Pelatihan dan Pendidikan Karyawan
    10. Pengembangan Karir Karyawanj.

    2. Tulis jumlah kata pada pernyataan tersebut
    Jawab : Ada 30 kata pada pernyataan misi CIMB Niaga

    3. Berikan penilaian saudara berdasarkan 9 characteristics of a mission statement
    a. Broad in scope: do not include monetary amounts, number, percentages, ratios, or objective
    Jawab : YA, misi tersebut tidak mengandung angka, persentase, dll
    b. Less than 250 words in length
    Jawab : YA, misi tersebut hanya terdapat 30 kata
    c. Inspiring
    Jawab : YA, misi tersebut cukup memberikan inspirasi karena memiliki makna yang memotivasi
    d. Identify the utility of a firm’s product
    Jawab : YA, misi tersebut spesifik pada layanan perbankan
    e. Reveal that the firm is socially responsible
    Jawab : TIDAK, misi tersebut tidak spesifik dalam menjelaskan tanggung Jawab secara sosial
    f. Reveal that the firm is environmentally responsible
    Jawab : YA, misi tersebut spesifik menyebutkan lingkungan kawasan ASEAN
    g. Include nine components of missions
    Jawab : YA, Sembilan komponen tersebut telah dijabarkan pada pertanyaan pertama
    h. Reconciliatory
    Jawab : YA, pada pernyataan misi tersebut di sebutkan hubungan dengan CIMB Niaga Kawasan satu dengan Kawasan lainnya
    i. Enduring
    Jawab : Belum tentu, karena misi mengikuti tren bisnis yang diubah dalam jangka waktu tertentu

    C. Tuliskan perbaikan pernyataan visi dan misi bank tersebut
    a. Visi
    Awal : Menjadi Perusahaan ASEAN yang terkemuka
    Masukan : Menjadi Perusahaan di bidang perbankan dan finance yang terkemuka di Kawasan ASEAN

    b. Misi
    Awal : Menyediakan layanan perbankan universal di Indonesia secara terpadu sabagai perusahaan dengan kinerja unggul di kawasan ASEAN dan kawasan utama lainnya, serta mendukung percepatan integrasi ASEAN dan menghubungkannya dengan kawasan lain

    Masukan : Menyediakan layanan perbankan universal di Indonesia secara terpadu sabagai perusahaan dengan kinerja unggul di kawasan ASEAN dan kawasan utama lainnya, mendukung percepatan integrasi ASEAN, menghubungkannya dengan kawasan lain dan meningkatkan kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

  2. Avatar Kelompok 1, 1. Bobby Pramuji 1912070115 2. Irfan Bagastyo 1912070129 3. Timoty Patrick 1912070166 says:

    Tugas Manajemen Strategik

    Bobby Pramuji 1912070115
    Irfan Bagastyo 1912070129
    Timoty Patrick 1912070166

    Bank Mizuho Indonesia

    A. Visi PT Bank Mizuho Indonesia
    Menjadi Bank Korporasi “pilihan utama” yang mempersembahkan solusi terbaik.
    Menjadi Bank Korporasi “pilihan utama” yang mempersembahkan solusi terbaik. Kurang tepat, karena “pilihan utama” kurang memiliki arti yang spesifik, lebih baik agar diberikan Pada point “pilihan utama” diartikan sebagai pilihan yang utama pada para perusahaan yang menjadi nasabahnya karena perusahaan tersebut profesional, handal dan terpecaya.

    B. Misi PT Bank Mizuho Indonesia
    • Menawarkan produk – produk inovatif serta pelayanan yang terpecaya dan handal melampaui ekspetasi nasabah.
    • Meningkatkan profesionalisme, kerja sama tim dan semangat untuk meraih yang terbaik yang membawa kualitas kehidupan kita yang lebih baik.
    • Memaksimalkan nilai-nilai bank bagi pemegang saham dengan memperkuat keberadaan Bank di Indonesia.
    • Mendukung pertumbuhan ekonomi dan sosial di Indonesia dengan menjadi warga perusahaan yang baik.

    1) Sembilan Komponen penting dalam misi
    • Customer :
    Perusahaan dan Individual asing yang berpusat di Jepang
    • Products/Service :
    Jasa berupa pinjaman Kredit, Deposito Berjangka, Tax Payment, ekspor impor, Jasa Mengkonversi Mata Uang, Dll
    • Market :
    Perusahan yang membutuhkan Jasa Perbankan Bisnis
    • Technology :
    PT. Bank Mizuho Indonesia menggunakan teknologi untuk mempercepat dan mempermudah transaksi customer untuk menerapkan pelayanan terbaik.
    • Concern for Survival :
    “PT Bank Mizuho mendukung pertumbuhan Ekonomi dan Sosial di Indonesia dengan menjadi warga perusahaan yang baik”, dengan demikian PT Bank Mizuho akan beradaptasi terhadap keadaan dan akan memiliki pertumbuhan pula.
    • Philosophy :
    “Menawarkan Produk-produk Inovatif serta pelayanan yang terpecaya dan handal melampaui Ekspetasi Nasabah”, dengan demikian pada point Misi tersebut menyatakan bahwa PT Bank Mizuho memiliki Philosophy tersendiri
    • Self Concept :
    • Konsep PT Bank Mizuho Indonesia memiliki value tersendiri untuk meningkatkan kepercayaan customer serta kepuasan pelayanan dengan nilai Customer First, Innovative Spirit, Team Spirit, Speed, dan Passion.
    • Concern for Public Image :
    “PT Bank Mizuho mendukung pertumbuhan Ekonomi dan Sosial di Indonesia dengan menjadi warga perusahaan yang baik”, dengan demikian pada point Misi tersebut menyatakan bahwa PT Bank Mizuho memiliki Concern For Public Image
    • Concern for Employess :
    “Memaksimalkan Nilai-nilai Bank bagi pemegang Saham dengan memperkuat keberadaan Bank di Indonesia”, Pada point Misi ini, memang tidak menjekaskan Concern terhadap para karyawan, namun menjelaskan Concern terhadap para Investor pemegang Sahamnya.

    2) Jumlah “kata” pada Misi PT Bank Mizuho Indonesia
    Point 1 : 13
    Point 2 : 19
    Point 3 : 13
    Point 4 : 12
    Keseluruhan : 57 Kata

    3) 9 characteristics of a mission statement
    a. Broad in scope; do not include monetary amounts, numbers, percentage, ratios, or objectives
    Misi tersebut tidak terdapat angka, persentase, dan lain sebagainya.
    b. Less than 250 words in length :
    Misi hanya terdapat 57 kata
    c. Inspiring :
    Misi memberikan inspirasi makna yang inovatif dan produktif
    d. Identify the utility of a firm’s products :
    Misi memiliki produk dan pelayanan perbankan yang spesifik
    e. Reveal that the firm is socially responsible :
    Misi tersebut spesifik dalam menjelaskan tanggung jawab secara sosial
    f. Reveal that the firm is environmentally responsible :
    Misi tersebut spesifik, menyebutkan “Mendukung pertumbuhan ekonomi dan sosial di Indonesia dengan menjadi warga perusahaan yang baik”.
    g. Include nine components of missions :
    Terdapat sembilan komponen yang sudah dijelaskan pada pertanyaan pertama
    h. Reconciliatory :
    Terdapat rekonsiliasi pada pernyataan misi tersebut, disebutkan hubungan dengan kerja sama tim dan memaksimalkan nilai bagi pemegang saham
    i. Enduring :
    Meningkatkan profesionalisme, kerja sama tim dan semangat untuk meraih yang terbaik yang membawa kualitas kehidupan kita yang lebih baik.

    C. Perbaikan Pernyataan Visi & Misi Dari PT Bank Mizuho

    Tambahan atau saran untuk Visi dan Misi PT. Bank Mizuho

    Visi :
    Pernyataan untuk perbaikan Visi PT Bank Mizuho Indonesia hanya memberikan pelayanan terbaik untuk nasabah Corporate atau perusahaan, alangkah baiknya bank menambah pelayanannya lagi untuk area retail agar menunjang kebutuhan transaksi perbankan untuk masyarakat.

    Misi :
    • Pernyataan untuk perbaikan Misi PT Bank Mizuho Indonesia adalah memberikan pelayanan ke area retail atau per orang tidak hanya untuk perusahaan saja.
    • Mengembangkan produk inovatif teknologi berbasis digital dengan konsep uang digital mobile banking.
    • Memperluas relasi ke pihak shareholder di Indonesia.

  3. Avatar Kelompok 4 (Bank BTN) Nanditta YA 1912070138, Nova Andriana 1912070156, Maya Apriyani 1912070145 says:

    TUGAS MANAJEMEN STRATEGIK KELOMPOK 4 (BANK BTN)
    1. Nanditta Yuniar Anggraeni 1912070138
    2. Nova Adriana 1912070156
    3. Maya Apriyani 1912070145

    BANK TABUNGAN NEGARA (BTN)

    A. VISI BTN
    Terdepan dan terpercaya dalam memfasilitasi sektor perumahan dan jasa layanan keuangan keluarga.
    Evaluasi : Menurut kami, sudah baik karena visi tersebut sudah sangat spesifik dan selama ini BTN sudah mengimplementasikan sebagai bank nomor 1 dalam sektor perumahan/KPR untuk keluarga Indonesia, tetapi alangkah baiknya lagi ditambahkan sejauh mana BTN akan menguasai pasar

    B. MISI BTN
    1. Identifikasi 9 komponen penting
    a. Costumer
    Sebagai Bank BUMN yang mendukung program pemerintah “Sejuta Rumah” , Bank BTN hadir di masyarakat untuk melayani dan mendukung pembiayaan sektor perumahan melalui tiga produk utama, perbankan perseorangan, bisnis dan syariah. Dukungan terhadap Program Pemerintah “Sejuta Rumah” membuat kredit dan pembiayaan Bank BTN tumbuh sebesar 19.95% pada September 2017. Pertumbuhan Bank BTN di atas rata-rata industri perbankan nasional akan terus berlangsung mengingat kebutuhan rumah di Indonesia yang sangat tinggi dan penetrasi KPR terhadap Produk Domestik Bruto yang masih rendah di Indonesia. Dengan transformasi digital banking dan penerapan tata kelola perusahaan yang berkelanjutan, Bank BTN terus berkembang dan berinovasi untuk dapat memenuhi kebutuhan pelanggan.

    b. Products or Service
    Terdapat beberapa produk BTN, antara lain:
    1. Produk Dana
    – Tabungan BTN Batara
    – Tabungan BTN Cermat
    – Tabungan BTN
    – Tabungan Juara
    – Tabungan BTN Junior
    – Tabungan BTN Pensiunan
    – Tabungan BTN Perumahan, dll
    – Deposito
    – Giro

    2. Produk Kredit Konsumer
    – Pinjaman Bangunan
    – Pinjaman Khusus
    – Pinjaman Ringan

    3. Produk Kredit Komersil
    – Pinjaman Usaha
    – Pinjaman UMKM

    4. Poduk E-Channel
    – E-Banking
    – Kebutuhan Kartu
    – Kemudahan Transaksi

    5. Produk Jasa dan Layanan
    – Layanan Tambahan (BPJS, SPP Online, Payroll, Inkaso, dll)
    – Layanan Transaksi ( Virtual Account, Notifikasi Transaksi, Smart Card)
    – Pengiriman Uang (kiriman uang, Money Changer, Finnet, dll)
    – Jasa Penyimpanan (Safe Deposit Box)

    c. Markets
    Untuk memenuhi kebutuhan pasar, Bank BTN memliki beberap kantor dengan rincian sebagai berikut: 1 kantor pusat, 6 kantor cabang, 24 kantor cabang syariah, 304 kantor cabang pembantu, 48 kantor cabang pembantu syariah, 468 kantor kas, 8 kantor kas syariah, dan 3.013 System on-line Payment Point.

    d. Technology
    Bank BTN lebih serius menggarap sistem layanan bisnis operasional dan teknologi informasi (TI) seperti sistem pembayaran seperti kliring, real time gross settlement (RTGS), sistem perbendaharaan dan anggaran negara (SPAN) dan lain-lain. Saat ini Kecenderungan Nasabah BTN yaitu menggunakan E-Banking yang akan terus ditingkatkan baik dari segi fitur maupun kemudahan-kemudahan lainnya yang dapat menguntungkan nasabah.

    e. Concern for Survival, Growth, and Profitability
    Bank BTN yang merupakan salah satu Bank BUMN selalu berkomitmen untuk dapat mendukung program-program pemerintah yang sejalan dengan visi misinya. Bank BTN mencatatkan laba bersih senilai Rp 457 miliar pada 31 Maret 2020. Menurutnya, kuartal I-2020, data keuangan Bank BTN merekam perseroan menghasilkan pendapatan bunga senilai Rp 6,17 triliun. Per kuartal I/2020, coverage ratio perseroan melonjak ke level 105,66 persen dari 45,07 persen pada periode yang sama tahun lalu. Rasio kecukupan modal (Capital Adequacy Ratio/CAR) sebesar 18,73 persen pada kuartal I/2020 atau naik 111 basis poin (bps) dari 17,62 persen di kuartal I/2019. selain itu bank tabungan spesialis kredit perumahan ini juga aktif mencari pendanaan di luar Dana Pihak Ketiga (DPK). Sehingga, Liquidity Coverage Ratio (LCR) perseroan masih kuat di level 140,51 persen per 31 Maret 2020.

    f. Philosophy :
    Bank BTN memiliki 5 Nilai Budaya Perusahaan yang menjadi pondasi bagi seluruh karyawan dalam berperilaku untuk mencapai visi Bank BTN, yaitu:
    1. Sinergi
    Membangun kerjasama yang sinergis dengan seluruh stakeholders dilandasi sikap tulus, terbuka dan mendorong kolaborasi yang produktif dengan menjunjung tinggi sikap saling percaya dan menghargai untuk mencapai tujuan bersama.

    2. Integritas
    Konsisten antara pikiran, perkataan dan tindakan sesuai dengan ketentuan perusahaan, kode etik profesi dan prinsip-prinsip kebenaran yang terpuji.

    3. Inovasi
    Senantiasa mengembangkan gagasan baru dan penyempurnaan berkelanjutan yang memberi nilai tambah bagi perusahaan.

    4. Profesionalisme
    Visioner, kompeten di bidangnya, selalu mengembangkan diri dengan teknologi terkini sehingga menghasilkan kinerja terbaik.

    5. Spirit Mencapai Keunggulan
    Menunjukkan semangat dan komitmen yang kuat untuk mencapai hasil terbaik serta memberikan pelayanan yang melebihi harapan pelanggan (internal dan eksternal) dengan menempatkan pentingnya aspek kualitas di setiap kegiatan serta risiko yang telah diperhitungkan.

    g. Self Concept
    Konsep Bank BTN yaitu; Memberikan Kepuasan terhadap pelanggan dengan meberikan produk – produk Bank BTN yang di tawarkan, yang dapat menguntungkan nasabah, antara lain; Produk tabungan Produk Jasa Deposito Produk Jasa Giro Produk Kredit Konsumer Produk Kredit Komersial Produk Jasa dan Layanan Akan tetapi dari sekian banyak produk dan konsep yang di tawarkan ke nasabah, nasabah lebih memilih produk Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).

    h. Concern for public image
    Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang salah satu fungsinya adalah “agen pembangunan”, Perseroan juga menunjukkan komitmen dalam mendukung terciptanya tujuan pembangunan berkelanjutan melalui penerapan tanggung jawab sosial Perseroan atau Corporate Social Responsibility (CSR) dan serangkaian kebijakan yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Berbagai program yang dilakukan diantaranya yaitu meningkatkan kualitas pendidikan, meningkatkan program kewirausahaan masyarakat, menciptakan sistem ketenagakerjaan yang layak, memfasilitasi pembangunan infrastruktur yang merata, serta mendukung penguatan inklusi keuangan. Pelaksanaan program tersebut merupakan perwujudan langkah nyata Perseroan dalam mengatasi isu-isu keberlanjutan baik dari dimensi ekonomi (profit), lingkungan (planet), maupun dimensi sosial (people).

    i. Concern for Employee
    Saat ini BTN memiliki 11.467 karyawan, Concern for Employee BTN yaitu; Gaji, Tunjangan Kesehatan, Asuransi, Jaminan sosial, Ketenagakerjaan, Tunjangan Hari Raya, Pesangon, Pengembangan Karir, dan Pendidikan Karyawan .

    2. Tulis jumlah kata pada MISI Bank tersebut
    Jawab : Ada 83 kata pada pernyataan MISI BTN

    3. Berikan penilaian saudara berdasarkan 9 characteristics of a mission statement
    a. Broad in scope: do not include monetary amounts, number, percentages, ratios, or objective
    Jawab : cukup baik, karena MISI BTN tidak menyebutkan jangkauan kuantitatif suatu standar

    b. Less than 250 words in length
    Jawab : sangat baik, MISI BTN hanya terdapat 83 kata

    c. Inspiring
    Jawab : Baik, karena MISI BTN tersebut menginspirasi para karyawannya untuk memberikan pelayanan dan produk yang terus unggul

    d. Identify the utility of a firm’s product
    Jawab : sangat baik, karena MISI BTN sangat spesifik pada layanan utama yang ditawarkan oleh BTN yaitu KPR dan layanan keuangan keluarga

    e. Reveal that the firm is socially responsible
    Jawab : sangat baik, kareana di MISI BTN menerangkan secara spesifik bahwa BTN peduli terhadap kepentingan masyarakat sosial

    f. Reveal that the firm is environmentally responsible
    Jawab : sangat baik, kareana di MISI BTN menerangkan secara spesifik bahwa BTN peduli terhadap kepentingan lingkungan berkelanjutan

    g. Include nine components of missions
    Jawab : Sangat baik, karena secara keseluruhan MISI BTN sudah Mencakup ke 9 Komponen yang harus ada dalam sebuah Misi Perusahaan

    h. Reconciliatory
    Jawab : Sangat baik, karena di dalam MISI BTN sudah mencakup rekonsilasi baik faktor internal perusahaan (karyawan dan pemegang saham) dan eksternal perusahaan (masyarakat sosial (seperti: pelanggan, kreditur) dan lingkungan sekitar)

    i. Enduring
    Jawab : cukup baik, karena ditegaskan kembali bahwa BTN memfasilitasi sektor perumahan dan jasa layanan keuangan keluarga,

    C. Tuliskan perbaikan pernyataan visi dan misi bank tersebut

    a. Visi BTN
    Terdepan dan terpercaya dalam memfasilitasi sektor perumahan dan jasa layanan keuangan keluarga.
    Masukan:
    Terdepan dan terpercaya dalam memfasilitasi sektor perumahan dan jasa layanan keuangan keluarga Indonesia.

    b. Misi BTN
    1 . Berperan aktif dalam mendukung sektor perumahan, baik dari sisi penawaran maupun dari sisi permintaan, yang terintegrasi dalam sektor perumahan di Indonesia
    2 . Memberikan layanan unggul dalam pembiayaan kepada sektor perumahan dan kebutuhan keuangan keluarga
    3. Meningkatkan keunggulan kompetitif melalui inovasi pengembangan produk, jasa dan jaringan strategisberbasis digital
    4. Menyiapkan dan mengembangkan human capital yang berkualitas, profesional, dan memiliki integritas tinggi
    5. Meningkatkan shareholder value dengan fokus kepada peningkatan pertumbuhan profitabilitas sesuai dengan prinsip kehati-hatian dan good corporate governance
    6 . Memedulikan kepentingan masyarakat sosial dan lingkungan secara berkelanjutan

    Masukan:
    Secara keseluruhan, Misi Bank BTN sudah Mencakup ke 9 Komponen yang harus ada dalam sebuah Misi Perusahaan. Misi yang ada sudah baik .

  4. Avatar Kelompok 2 (BNI) Antonio Siahaan (1912070114), Feryana Thahirah Suciandari (1912070168), Okky Nurvianni (1912070167) , Tommi Pangestu (1912070169) says:

    Kelompok 2 (Bank BNI) :
    – Antonio Siahaan (1912070114)
    – Feryana Thahirah Suciandari (1912070168)
    – Okky Nurvianni (1912070167)
    – Tommi Pangestu (1912070169)

    A. Tuliskan Pernyataan Visi Bank
    Visi BNI :
    Menjadi Lembaga keuangan yang unggul dalam layanan dan kinerja secara berkelanjutan
    • Evaluasi : Visi tersebut merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi BNI karena visi ini juga merupakan visi dari mayoritas bank lainnya, akan jauh lebih baik jika BNI bisa berfokus kepada satu segmen pasar dan jika segemen tersebut sudah dikuasainya baru kemudian dia bisa berpindah untuk menguasai segmen pasar lainnya.

    B. Tuliskan Pernyataan Misi Bank
    1. Identifikasi 9 komponen penting misi pada pernyataan tersebut

     Customers : Selalu mengedepankan kemudahan serta sebuah kepraktisan kepada para nasabahnya tanpa mengorbankan kepuasan :
    – BNI memberikan fitur e-banking untuk mempermudah transaksi sehari hari para nasabahnya
    – BNI berani bersaing dengan bank lainnya dalam memberikan bunga entah itu pinjaman/simpanan
    – BNI selalu berusaha mendengarkan apa yang nasabahnya inginkan serta butuhkan
    – selain pada fitur e-banking BNI juga memperbanyak ATMnya untuk kemudahan transaksi nasabah
     Products or service :
    – Tabungan:
    o BNI Taplus
    o BNI Taplus Bisnis
    o BNI Tappa
    o BNI Taplus Muda
    o BNI Taplus Muda Co-Brand
    o BNI Taplus Anak
    o BNI Taplus Anak Co-Brand
    o BNI Tapenas
    o BNI Pandai
    o BNI Haji
    o BNI Dollar

    – Kartu Kredit :
    o BNI Visa Infinite
    o BNI Mastercard World
    o BNI Visa Signature
    o BNI Visa Platinum
    o BNI JCB Precious
    o BNI Style Titanium
    o BNI Silver and Gold Card

    – Layanan Bank BNI :
    o BNI Installment
    o BNI Rewards Point
    o Transaksi di ATM BNI
    o Mobile Banking BNI
    o Internet Banking BNI

     Market
    Saat ini bank BNI memiliki 2.262 cabang di Indonesia dan 8 cabang di Luar Negeri.
     Technology
    Mengutamakan pelayanan dan fasilitas terbaik untuk nasabah melalui teknologi canggih dengan selalu mengikuti perkembangan zaman dengan BNI Phone Banking, BNI Internet Banking, BNI Mobile Banking dan layanan Tapcash.
     Concern for survival, growth and profitability
    BNI mengantongi laba bersih sebesar Rp15,38 triliun sepanjang tahun 2019. Realisasi itu hanya tumbuh 2,5% secara tahunan (yoy) dari periode yang sama tahun sebelumnya sebesar Rp15,02 triliun. Pertumbuhan laba bersih perseroan pada tahun lalu ditopang penyaluran kredit yang naik 8,6% yoy menjadi Rp556,77 triliun. Hal ini membuat pendapatan bunga (net interest income/NII) sebesar Rp36,6 triliun atau 3,3% dari tahun sebelumnya Rp35,45 triliun. Kinerja keuangan perseroan juga didorong pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp6,1% jadi Rp614,31 triliun. Pada tahun 2018, BNI tercatat menghimpun DPK sebesar Rp578,78 triliun.

     Philosophy
    • Nilai Perilaku Utama Insan BNI:
    – Meningkatkan Kompetensi dan Memberikan Hasil Terbaik Jujur, Tulus dan Ikhlas
    – Disiplin, Konsisten dan Bertanggungjawab
    – Memberikan Layanan Terbaik Melalui Kemitraan yang Sinergis
    – Senantiasa Melakukan Penyempurnaan
    – Kreatif dan Inovatif
     Self-Concept
    • Nilai Budaya Kerja BNI:
    – Profesionalisme
    – Integritas
    – Orientasi Pelanggan
    – Perbaikan Tiada Henti
     Concern for Public Image
    BNI juga memberikan kontribusi terbaik untuk negara melalui program-programnya, yaitu :
    – BNI Berbagi : program pemberdayaan kondisi masyarakat untuk mencapai taraf hidup lebih baik, seperti bantuan bencana alam, bantuan pendidikan, bantuan Kesehatan dan lainnya.
    – BNI Go Green : program untuk meningkatkan kepedulian dan tanggungjawab terhadap lingkungan dan sosial Kepedulian BNI terhadap permasalahan lingkungan hidup
    – Kampoeng BNI : Program untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat, pengentasan kemiskinan, dan perbaikan lingkungan di suatu daerah.
    – BNI Kami : bentuk apresiasi dan sekaligus komitmen sosial BNI untuk meningkatkan kualitas hidup TKI beserta keluarganya.
     Concern for Employee
    BNI selalu percaya bahwa pegawai merupakan salah satu aset paling berharga bagi organisasi dan perusahaan manapun. Keberlanjutan tidak akan mungkin dicapai tanpa andil dari pegawai. BNI pun berusaha menciptakan kondisi dan pengalaman bekerja terbaik untuk seluruh pegawai. BNI menginginkan setiap pegawai merasa bangga menjadi bagian dari keluarga BNI serta dapat berkarya dan menorehkan prestasi bersama. Tentunya, tanpa dedikasi dan kerja keras seluruh pegawai, BNI tidak akan mungkin tumbuh dengan balk dan mencapai keberlanjutan. Dalam rangka meningkatkan rasa memiliki (sense of belonging) Pegawai terhadap bank dan sebagai upaya untuk memotivasi Pegawai agar memberikan kinerja yang terbaik, bank memberikan kepada Pegawai bonus saham dalam bentuk saham bank.

    2. Tulis jumlah kata pada pernyataan tersebut
    Misi bank BNI dipecah menjadi 6 bagian dengan total terdapat 63 kata
    3. Berikan penilaian saudara berdasarkan 9 charachteristics of a mission statement!
    a. Broad Of Scope : Ruang Lingkup dari Pernyataan Misi Bank BNI memiliki lingkupan yang luas dimana pada isi bagian pertama dan kedua menunjukkan bahwa BNI ingin mengutamakan kebutuhan nasabah baik nasional maupun international.
    b. Pernyataan Misi BNI memiliki jumlah kata sebanyak 63 kata, kurang dari 250 kata.
    c. Misi Bank BNI dapat dikatakan menginspirasi terutama dalam mewujudkan kebutuhan customer yang menginginkan pelayanan terbaik dan bagi karyawan yang terus ingin mencetak prestasi didalamnya.
    d. Jika dilihat dari produk-produk BNI, utilitas produk BNI sangat sesuai degan apa yang dinyatakan pada misi bank BNI, dimana BNI memberikan produk dan pelayanan secara non-digital maupun digital. Sehingga dapat membantu nasabah selaku mitra bisnis utama.
    e. BNI sangat bertanggung jawab akan lingkungan social dan alam disekitarnya terbukti dengan program-program yang sudah dilakukan seperti; BNI Berbagi, BNI Go-Green, Kampoeng BNI, dll. Sejalan dengan pernyataan Misi Bank BNI.
    f. Dapat dilihat dari identifikasi komponen misi yang telah dipaparkan diatas, BNI berhasil menunjukkan dirinya sebagai suatu lembaga keuangan yang mampu mempengaruhi linkungan sekitarnya.
    g. Pernyataan Misi Bank BNI sangat mendamaikan, karena jika dilihat dari fakta lapangan, pelayanan BNI terhadap Customer, Investor, Karyawan dan Lingkungan mampu mempengaruhi dan memberikan citra yang baik bagi masyarakat.
    h. Dengan pernyataan Misi Bank BNI saat ini terbukti membuat BNI mampu berdiri dalam waktu yang sangat lama sejak waktu berdirinya yaitu tahun 1946 hingga saat ini.

    C. Tuliskan perbaikan pernyataan visi dan misi bank tersebut!
    Perbaikan Visi :
    Menjadi Lembaga Keuangan yang unggul dalam layanan simpanan dan pinjaman di Indonesia.

    Perbaikan Misi :
    Menurut kami Misi dari BNI dirasa sudah baik dan sesuai dengan yang dilaksanakan oleh Bank BNI

  5. Avatar Kelompok 7 Bank BCA (Bahri Asyrafi - 1912070130, Anrian Jonathan Parlagutan - 1912070155) says:

    Tugas Manajemen Strategik Kelompok 7 Bank BCA
    -Bahri Asyrafi (1912070130)
    -Anrian Jonathan Parlagutan (1912070155)

    VISI BCA
    Bank pilihan utama andalan masyarakat, yang berperan sebagai pilar penting perekonomian Indonesia.
    MISI BCA
    • Membangun institusi yang unggul di bidang penyelesaian pembayaran dan solusi keuangan bagi nasabah bisnis dan perseorangan.
    • Memahami beragam kebutuhan nasabah dan memberikan layanan finansial yang tepat demi tercapainya kepuasan optimal bagi nasabah.
    • Meningkatkan nilai francais dan nilai stakeholder BCA.

    A. Evaluasi Pernyataan Visi
    Menurut evaluasi dari kami mengenai visi Bank BCA tersebut sudah baik karena telah menggambarkan apa yang ingin dicapai perusahaan secara singkat dan jelas. Visinya pun sudah sesuai dengan kaidah dalam pembuatan visi yang meliputi singkat, satu kalimat serta mengungkapkan jenis perusahaannya yaitu industri perbankan.

    B. Tuliskan Pernyataan Misi Bank
    1.) Identifikasi 9 Komponen Penting Misi Pada Pernyataan Tersebut.
    1. Konsumen : Berdasarkan misinya Bank BCA mempunyai target konsumen dari seluruh kalangan dan segala golongan usia. Karena Bank BCA mehami beragam kebutuhan nasabah secara utuh sesuai dengan kebutuhan nasabah.

    2. Produk : Produk yang ditawarkan adalah pembayaran segala bidang yang meliputi seluruh aktivitas pembayaran dalam bisnis perbankan. Contoh produk dan layanan yang diberikan Bank BCA yaitu, simpanan, pinjaman, E-Banking, Kartu Kredit, Pengiriman Uang, Investasi dan Asuransi.

    3. Pasar : Target marketnya adalah masyarakat yang berada di Indonesia khususnya

    4. Teknologi : Teknologi yang digunakan sudah menggunakan teknologi berkualitas dan selalu dikembangkan guna mencapai tujuannya.

    5. Profit, pertumbuhan dan kelangsungan hidup : Terdapat komitmen untuk perhatian akan keberlangsungan hidup , pertumbuhan dan profitabilitas keuangan yang baik.

    6. Filosofi : Hubungan yang kokoh dengan nasabah merupakan fondasi dari filosofi bisnis BCA. Bank tetap berkomitmen untuk menyediakan berbagai solusi yang dapat memenuhi beragam kebutuhan finansial nasabah maupun para mitra bisnis.

    7. Self Concept : BCA terus berevolusi mengikuti perkembangan era saat ini di tengah perubahan teknologi digital, perilaku nasabah dan perkembangan lingkungan bisnis. Merespons berbagai perubahan yang terjadi, BCA mengambil langkah dan kebijakan strategis dalam mempertahankan keunggulan layanan perbankan dengan selalu berlandaskan pada pemenuhan kebutuhan nasabah melalui penyediaan produk dan layanan yang berkualitas. Serangkaian inovasi produk dan layanan perbankan senantiasa dikembangkan dengan mengoptimalkan kemajuan teknologi terkini dengan tetap memperhatikan customer experience. BCA terus mengedepankan budaya inovasi, kerja sama dan kolaborasi yang efektif
    di setiap lini untuk meningkatkan kesiapan BCA dalam beradaptasi terhadap perubahan. Semua langkah yang ditempuh memiliki tujuan untuk mengarahkan perubahan-perubahan yang terjadi menjadi peluang dan kesempatan baru yang dapat mendukung pertumbuhan perusahaan di masa mendatang sekaligus memberikan nilai tambah kepada para stakeholders BCA.

    8. Publik : Kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan salah satu kontribusi BCA bagi pemangku kepentingan dan lingkungan hidup. Kontribusi ini menjadi nilai tambah bagi pemangku kepentingan, sejalan dengan salah satu misi BCA yaitu meningkatkan nilai francais dan nilai stakeholders BCA. Selain itu, program CSR juga merupakan bentuk dukungan BCA dalam mencapai Sustainable Development Goals/SDGs (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) dan Keuangan Berkelanjutan. Komitmen ini dilakukan dengan BCA memiliki kebijakan kepegawaian yang menyeluruh, antara lain mencakup transparansi informasi bagi pekerja, implementasi Perjanjian Kerja Bersama (PKB), pengembangan diri serta karir, kesempatan kerja yang sama, serta program kompensasi dan manfaat, BCA mengembangkan program kegiatan tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk ‘Bakti BCA’, yang merupakan program pemberdayaan masyarakat. Program dikembangkan tidak hanya untuk berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat, namun juga perbaikan kondisi lingkungan hidup dan kegiatan lain yang mendukung SDGs. Implementasi Bakti BCA dilakukan melalui tiga pilar, yaitu Solusi Cerdas, Solusi Sinergi, dan Solusi Bisnis Unggul.

    9. Pekerja : Karyawan merupakan asset yang berharga untuk perusahaan, sehingga peran Sumber Daya Manusia SDM yang berkualitas merupakan salah satu kunci utama kesuksesan kinerja operasional perusahaan. Dalam hal ini, program pengembangan trainee, BCA mempersiapkan kompetensi para karyawan baru di berbagai bidang seperti relationship officer, analis kredit, operasional, dan IT secara komprehensif. Pelatihan juga diberikan sesuai dengan kebutuhan spesifik di bidang pekerjaan para karyawan, seperti kemampuan dalam menawarkan solusi keuangan kepada nasabah yang diperuntukkan bagi tim BCA di bagian pemasaran. Pengembangan kompetensi dalam membangun hubungan dengan para nasabah menjadi salah satu fokus pengembangan SDM BCA. Untuk memaksimalkan pelatihan dan pengembangan, selain menyelenggarakan in house training, BCA juga bekerjasama dengan pihak ketiga untuk penyediaan pelatihan di dalam dan luar negeri. BCA juga memiliki ‘Bankers Program’ yang telah dimulai sejak tahun 2016, suatu program management trainee yang membuka kesempatan bagi para peserta untuk memperoleh pengetahuan perbankan secara menyeluruh melalui on the job training di berbagai unit kerja, serta keterlibatan langsung dalam menangani suatu proyek. Setelah lulus program, para peserta yang potensial akan menempati berbagai posisi di BCA.

    2.) Tulis Jumlah Kata Pada Pernyataan Tersebut
    Point 1 : 16
    Point 2 : 16
    Point 3 : 7
    Keseluruhan : 39

    3.) 9 Chacteristics of a mission statement
    a. Broad in scope : do not include monetary amounts, numbers, percentages, ratios, or objectives
    Misi tersebut tidak terdapat angka, persentase, rasio, dan lain sebagainya.
    b. Less than 250 word in length :
    Misi hanya terdapat 39 kata
    c. Inspiring
    Karena pada misi tersebut memberikan pesan positif bagi para stake holder dan konsumen.
    d. Identify the utility of a firm’s products :
    Misi memiliki produk dan pelayanan perbankan yang spesifik
    e. Reveal that firm is socially responsible :
    Misi tersebut spesifik dalam menjelaskan tanggung jawab secara sosial
    f. Reveal that the firms is enviromentally responsible :
    Misi tersebut spesifik, menyebutkan “Membangun institusi yang unggul di bidang penyelesaian pembayaran dan solusi keuangan bagi nasabah bisnis dan perseorangan.”
    g. Include nine components of missions :
    Terdapat sembilan komponen penting dari pernyataan misi
    h. Reconciliatory :
    Bank BCA seperti yang tercantum pada misinya berkomitmen untuk memberikan pelayanan finansial terbaik yang mengakomodasi beragam kepentingan nasabah demi mencapai kepuasan yang optimal bagi mereka.
    i. Enduring :
    Meningkatkan nilai francais dan nilai stakeholder BCA, memiliki arti luas meliputi totalitas nilai perusahaan baik tangible maupun intangible values. Sedangkan nilai bagi stakeholder berarti mencerminkan fleksibilitas BCA dalam mengakomodasi kepentingan berbagai pihak.

    C. Perbaikan Pernyataan Misi
    Menurut kami pernyataan misi yang dimiliki oleh Bank BCA sudah cukup baik karena dipaparkan secara singkat, padat, dan jelas. Kami hanya ingin memberi saran jika sebaiknya pada misi tersebut juga ditambahkan sebuah langkah inovasi produk teknologi untuk mendukung perkembangan industri 4.0 pada dunia perbankan agar menarik minat nasabah dan sebagai prioritas stakeholder.

  6. Avatar Imelda Lumbantoruan says:

    Tugas Manajemen Strategik

    Kelompok 6
    1. Imelda Lumbantoruan 1912070157
    2. Ika April Yanti

    PT Bank Mandiri Tbk

    VISI
    “Menjadi partner finansial pilihan utama Anda”
    Evaluasi : Singkat, padat dan jelas bank mandiri merupakan salah satu bank terbaik kedua yang berhasil mencatat sejarah dalam peningkatan kualitas layanan, yaitu menjadi service leader perbankan nasional dan menempati urutan pertama pelayanan prima selama 4 tahun berturut-turut (2007,2008,2009 dan 2010) dan sampai sekarang merupakan bank yang besar dan selalu progresif sehingga masyarakat tertarik untuk menjadi partner financial dalam Pelayanan Keuangan.

    MISI
    “Menyediakan solusi perbankan digital yang handal dan simple yang menjadi bagian hidup nasabah”

    9 Komponen Penting
    – Customer
    Selalu memberikan pelayanan terbaik kepada Nasabah, tanpa mengorbankan citra perusahaan dengan menerapkan panduan perilaku berikut:
     Mengetahui kebutuhan nasabah (perorangan dan perusahaan)
     Memberikan pelayanan dengan mengutamakan kualitas terbaik
     Menindaklanjuti dan menyelesaikan masalah secara tuntas
     Selalu berusaha memberikan ide–ide kreatif untuk memenuhi kebutuhan nasabah
    -Product
    Produk dan jasa Bank Mandiri terbagi dalam 2 segmen, yaitu (1) segmen Wholesale Banking yang dikelola oleh Unit Bisnis Corporate Banking, Commercial Banking dan Treasury & Markets. (2) Segmen Retail Banking yang dikelola oleh Consumer Banking, Transaction Banking dan Micro & Business Banking.
    Adapun secara garis besar produk Bank Mandiri :
    Produk Simpanan Produk Tabungan
    • Mandiri Tabungan
    • Mandiri Tabungan Rencana
    • Mandiri Tabungan Bisnis
    • Mandiri Tabungan Haji & Umrah
    • Mandiri Tabungan Karyawan dan Pelajar (KAPEL)
    • Mandiri Tabungan Valas/ Mandiri Tabungan Bisnis Valas
    • Mandiri Tabungan Tabungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI)
    • Mandiri Tabungan Investor
    • Tabunganku
    Produk Mandiri Rekening Giro dan Deposito
    • Mandiri Giro Rupiah
    • Mandiri Giro Valas
    • Mandiri Deposito Rupiah
    • Mandiri Deposito Valas
    Produk Pinjaman
    • Mandiri Kredit Investasi
    • Mandiri Kredit Modal Kerja
    • Mandiri Kredit Agunan Deposito
    • Kredit Usaha Mikro (KUM)
    • Mandiri Kredit Serbaguna Mikro (KSM)
    o KSM untuk PNS/Anggota TNI/POLRI
    o KSM Pensiunan
    o KSM Talangan Haji
    • Mandiri Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
    o Mandiri KPR Take Over
    o Mandiri KPR Top Up
    • Kredit Sindikasi dan Club Deal
    • Mandiri Supply Chan Financing o Supplier Financing
    o Distributor Financing o Account Receivable Financing
    – Market, Untuk memenuhi kebutuhan pasar, Bank Mandiri memiliki 2.456 kantor cabang di seluruh Indonesia
    – Technology, Layanan E-Channel / E-Banking Mandiri e-banking memungkinkan Anda bertransaksi dengan mudah kapan saja dan dimana saja seperti : Mandiri Online, mandiri e-money, Link Aja, Mandiri SMS. Melalui E-channel atau Mandiri e-banking, memungkinkan nasabah bertransaksi dengan mudah kapan saja dan dimana saja. Sementara melalui Mandiri Online atau Mandiri Mobile Banking, layanan perbankan Bank Mandiri mempermudah nasabah untuk melakukan berbagai transaksi finansial dan nonfinansial dengan menggunakan aplikasi yang bisa diakses melalui smartphone.
    – Perhatian akan keberlangsungan, pertumbuhan, dan profitabilitas, Bank Mandiri senantiasa berupaya untuk menciptakan kerja nyata dalam segala aspek usahanya. Berbagai langkah strategis, inovasi yang berkelanjutan serta peningkatan kualitas SDM juga terus dikembangkan sepanjang tahun 2016 yang didukung oleh implementasi prinsip tata kelola perusahaan yang baik, untuk memperkuat landasan usaha Bank Mandiri di masa yang akan datang. Semua hasil yang diraih dari kerja nyata Bank Mandiri juga merupakan wujud bakti dari Bank BUMN terbesar di Indonesia kepada bangsa dan Negara Indonesia, serta merupakan wujud komitmen dan konsistensi Bank Mandiri dalam memberikan yang terbaik kepada para pemangku kepentingan (stakeholders), baik berupa kemakmuran ekonomi (profit), kesejahteraan sosial (people), dan kelestarian alam (planet) sehingga dapat berperan serta dalam mewujudkan kesejahteraan yang berkelanjutan bagi Indonesia.
    – Filosofi, Budaya Kerja & Perilaku Utama
    1. Satu Hati Satu Mandiri
    Mengutamakan Kepentingan Mandiri
    Kolaborasi
    Empati dan Menghargai
    2. Mandirian Tangguh
    Code of Conduct & Business Ethics
    Pola Pikir Pembelajar
    Kerja Cerdas, Gesit (Agile), Adaptif, dan Solutif
    Intrapreneurship
    3. Tumbuh Sehat
    Berpikir dan Bertindak Seimbang
    Berkesinambungan
    4. Memenuhi Kebutuhan Pelanggan
    Mendalami dan Memenuhi Kebutuhan Pelanggan
    Menjaga Hubungan Dengan Pelanggan
    5. Bersama Membangun Negeri
    Kontribusi untuk Negeri
    Peran Seimbang
    – Konsep diri :
    Tata Nilai Utama
    Kepercayaan
    Membangun keyakinan dan sangka baik dalam hubungan yang tulus dan terbuka berdasarkan kehandalan.
    Integritas
    Berperilaku terpuji, menjaga martabat serta menjunjung tinggi etika profesi.
    Profesionalisme
    Bekerja tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung jawab.
    Fokus Pada Pelanggan
    Senantiasa menempatkan pelanggan internal dan eksternal sebagai fokus untuk membangun
    pengalaman positif yang saling menguntungkan dan tumbuh secara berkesinambungan.
    Kesempurnaan
    Selalu berupaya mencapai keunggulan menuju kesempurnaan yang merupakan wujud cinta dan bangga sebagai insan mandiri.
    – Perhatian akan citra public
    Program CSR Bank Mandiri
    Mandiri Bersama Mandiri
    Meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan membentuk masyarakat Indonesia yang Mandiri. Tujuan Program Mandiri Bersama Mandiri hadir sebagai salah satu bentuk dukungan Bank Mandiri terhadap program pemerintah yang selaras dengan visi CSR Bank Mandiri untuk terus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia dan membentuk masyarakat Indonesia yang Mandiri.
    Spirit Memakmurkan Negeri
    Memberikan solusi untuk permasalahan sosial, pendidikan, dan lingkungan dengan Spirit Memakmurkan Negeri.
    Tujuan
    Membantu permasalahan sosial, pendidikan dan lingkungan serta pembangunan sarana dan prasarana.
    – Perhatian akan karyawan
    1. Role model dan komunikasi. Elemen ini bertujuan membangun komunikasi dan hubungan antara pimpinan dengan atasan serta antar kolega yang lebih egaliter, terbuka dan informal, baik dalam aktivitas kerja sehari-hari maupun acara-acara kebersamaan seperti happy hour, employee gathering, Mandiri Karnaval, Mandiri Volunteer.
    2. Fasilitas dan simbol. Bank Mandiri menyediakan fasilitas dan ruang kerja yang lebih kekinian sesuai selera para milenial, termasuk fasilitas untuk hobi dan seni, olah raga baik indoor maupun outdoor. Kemudian, dibentuk pula Mandiri Club yang mengorganisir komunitas berbagai hobi dan cabang olah raga yang diminati pegawai. Bank Mandiri juga memberikan fasilitas ruang laktasi bagi pegawai yang masih menyusui anak dan day care untuk anak usia 1-5 tahun sehingga pegawai bisa membawa anaknya ke kantor, serta memperkenankan pegawai berbusana kerja informal pada waktu tertentu.
    3. Kapabilitas. Pada elemen ini, disediakan berbagai pelatihan dan pendidikan melalui kerja sama dengan berbagai kampus di dalam dan luar negeri untuk meningkatkan kapabilitas teknis, soft skill, kepemimpinan, dan menjadikan karyawan sebagai pembelajar yang tangguh. “Mandiri juga memiliki Mandiri Inkubator untuk membina para start up fintech generasi milenial. Di samping itu, perseroan pun memberikan kesempatan dan melatih para difabel untuk berkontribusi di Bank Mandir.
    4. Elemen manajemen kinerja. Pada elemen ini diimplementasikan berbagai alat dan metode untuk memperkuat akuntabilitas pengukuran kinerja karyawan. Bank Mandiri menyediakan berbagai program untuk mengapresiasi pegawai, mulai dari hal mendasar seperti gaji, bonus dan berbagai fasilitas tunjangan hingga program apresiasi khusus seperti Mandiri Best Employee, Mandiri Employee Award, dan National Frontliner Championship.

    2. Tulis jumlah kata pada pernyataan tersebut
    Ada 13 kata pada pernyataan Misi PT Bank Mandiri Tbk

    3. Berikan penilaian saudara berdasarkan 9 characteristics of a mission statement
    a. Broad in scope: do not include monetary amounts, number, percentages, ratios, or objective
    Jawab : YA, misi tersebut tidak mengandung angka, persentase, dll
    b. Less than 250 words in length
    Jawab : YA, misi tersebut hanya terdapat 13 kata
    c. Misi Bank Mandiri dapat dikatakan menginspirasi terutama dalam Menyediakan solusi perbankan digital yang handal dan simple untuk mempermudah customer dalam proses transaksi
    d. Jika dilihat dari produk-produk Mandiri, utilitas produk Mandiri sangat sesuai dengan apa yang dinyatakan pada misi bank Mandiri, yaitu memberikan produk dan pelayanan secara non-digital maupun digital. Sehingga dapat membantu nasabah melakukan mitra usaha
    e. Mandiri sangat bertanggung jawab akan lingkungan social dan alam disekitarnya terbukti dengan program-program yang sudah dilakukan seperti CSR
    f. Dapat dilihat dari identifikasi komponen misi yang telah dipaparkan diatas, Mandiri berhasil menunjukkan dirinya sebagai suatu lembaga keuangan yang mampu mempengaruhi linkungan sekitarnya.
    g. Pernyataan Misi Bank Mandiri sangat terbukti dalam pelayanan kesehariannya, karena jika dilihat dari fakta lapangan, pelayanan bank Mandiri terhadap Customer, mampu mempengaruhi dan memberikan citra yang baik bagi masyarakat.
    h. Dengan pernyataan Misi Bank Mandiri mampu bertranformasi mulai dari 2 Oktober 1998 hingga sekarang dan menjadi Bank Pelayanan Terbaik.

    C. Tuliskan perbaikan pernyataan visi dan misi bank tersebut!
    Perbaikan Visi : Sudah Sesuai
    Perbaikan Misi : Sudah Sesuai

  7. Avatar Kelompok 3 Aprilia Hapsari P (1912070164) Chika Ivanna N (1912070165) Munirul Komar (1912070149) Rima Syafia (1912070163) says:

    PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk

    Visi Bank BRI
    “Menjadi The Most Valuable Bank di Asia Tenggara dan Home to the Best Talent”

    Evaluasi : Untuk saat ini visi yang dicantumkan oleh bank BRI merupakan pencapaiannya nyata, yang telah dicapai oleh bank BRI pada 2020 ini di Indonesia. Niatnya meluaskan visi tersebut, secara jelas ke arah Asia Tenggara. Untuk mencapai Visi Bank BRI yang rencana akan ditargetkan pada tahun 2022 mendatang, bank BRI sudah merencanakan untuk memperkuat kepemimpinan di segmen usaha makro, mikro dan menengah (UMKM), serta meningkatkan kontribusi perusahaan anak. Target bank BRI di tahun 2022 portofolio pinjaman BRI untuk segmen UMKM mencapai 80% dari proporsi saat ini mencapai sekitar 76%. Dengan penjelasan tersebut, berarti kata-kata ‘Home to the best Talent’ adalah cara yang ingin digunakan untuk mencapai ‘The Most Valuable Bank di Asia Tenggara’.

    Misi Bank BRI
    1. Memberikan yang Terbaik : Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada segmen mikro, kecil, dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.
    2. Menyediakan Pelayanan yang Prima : Memberikan pelayanan prima dengan fokus kepada nasabah melalui sumber daya manusia yang profesional dan memiliki budaya berbasis kinerja (performance-driven culture), teknologi informasi yang handal dan future ready, dan jaringan kerja konvensional maupun digital yang produktif dengan menerapkan prinsip operational dan risk management excellence.
    3. Bekerja dengan Optimal dan Baik : Memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dengan memperhatikan prinsip keuangan berkelanjutan dan praktik Good Corporate Governance yang sangat baik.
    Evaluasi : Pada Dasarnya misi Bank BRI sudah cukup bagus. Dengan slogan “Melayani Dengan Setulus Hati”, bank BRI sudah melakukan yang terbaik untuk semua nasabah-nasabah bank BRI. Akan tetapi ada beberapa yang harus lebih diperhatikan oleh bank BRI, agar misi bank BRI berjalan semakin bagus dan baik, diantaranya memperhatikan prinsip-prinsip dari konsep Good Corporate Governance. Kemudian, dapat menambahkan komponen tanggung jawab kepada lingkungan seperti memasukan poin bahwa Bank BRI turut membangun ekonomi bangsa dengan memperhatikan kebaikan dan environmental sustainability.

    9 Komponen Penting Misi pada Bank BRI :
    1. Customers :
    Mengutamakan pelayanan kepada nasabah segmen mikro, kecil, dan menengah dan menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.

    2. Products or Services :
    Produk simpanan bank BRI sebagai bentuk layanan publik yaitu tabungan BRI, deposito BRI dan Giro BRI. Tabungan BRI memiliki beberapa jenis, yaitu Tabungan Britama, Tabungan Simpedes, Tabungan Simpedes TKI, Tabungan Haji, Tabungan Britama DOLLAR, Britama Bisnis, Britama Rencana,Britama Valas, Britama Junio dan Tabunganku.
    Service yang diberikan oleh bank BRI antara lain adalah jasa bank garansi, jasa kliring bank BRI, Remittance bank BRI, jasa SKBDN BRI dan layanan Impor bank BRI.

    3. Markets :
    Bank BRI memiliki kantor cabang berjumlah 10.396 unit kerja termasuk 3 kantor cabang yang berada di luar negeri, yang seluruhnya terhubung secara real time online.

    4. Technology :
    Memberikan layanan dengan teknologi informasi yang handal dan future ready, dan jaringan kerja konvensional maupun digital yang produktif dengan menerapkan prinsip operasional dan risk management excellence.

    5. Concern for survival, growth and profitability :
    Tujuannya untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat dan memberikan keuntungan dan manfaat kepada stakeholders dan shareholders.

    6. Philosophy :
    “Bank BRI, Melayani Dengan Setulus Hati”, dengan demikian pada Misi Bank BRI dapat diartikan selalu mengutamakan kepuasan nasabah dengan melakukan kegiatan perbankan mengutamakan pelayanan kepada masyarakat Indonesia hingga ke pelosok negeri.

    7. Self Concept :
    Dengan adanya niat penerapan prinsip operasional dan risk management excellence dan prinsip keuangan berkelanjutan serta praktis Good Corporate Governance. Berikut ini adalah prinsip-prinsip Good Corporate Governance yang diterapkan oleh BRI:

    a) Transparansi (Transparency)
    Keterbukaan dalam melaksanakan proses pengambilan keputusan dan keterbukaan mengemukakan informasi materiil dan relevan mengenai perusahaan.
    b) Akuntabilitas (Accountability)
    Kejelasan fungsi, pelaksanaan dan pertanggungjawaban organ sehingga pengelolaan perusahaan terlaksana secara efektif.
    c) Pertanggungjawaban (Responsibility)
    Kesesuaian di dalam pengelolaan perusahaan terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat.
    d) Kemandirian (Independence)
    Suatu keadaan dimana perusahaan dikelola secara profesional tanpa benturan kepentingan dan pengaruh atau tekanan dari pihak manapun yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan prinsip-prinsip korporasi yang sehat.
    e) Kewajaran (Fairness)
    Keadilan dan kesetaraan di dalam memenuhi hak-hak stakeholders yang timbul berdasarkan perjanjian dan peraturan perundang-undangan yang berlaku. NO KEP: S.44-DIR/9/1983 Tanggal 1 Oktober 1983.

    8. Concern for public image :
    Bank BRI mendukung ekonomi kerakyatan melalui penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan sektor Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Koperasi.

    9. Concern for employees :
    Bank BRI mengembangkan sumber daya manusia yang profesional dan memiliki budaya berbasis kinerja (performance-driven culture). Dengan memiliki jaringan dan layanan di seluruh Indonesia dimana menjadi bagian dari Bank BRI tentu dapat memiliki kesempatan untuk bekerja di seluruh pelosok negeri, dan juga luar negeri karena Bank BRI merupakan global banking.

    2. Jumlah Kata dalam Pernyataan Misi Bank BRI :
    Point 1 : 19 Kata
    Point 2 : 44 Kata
    Point 3 : 24 Kata
    Keseluruhan : 87 Kata

    3. Penilaian terhadap 9 Characteristics of a Mission Statement oleh Bank BRI

    1. Broad in scope: do not include monetary amounts, number, percentages, ratios, or objective
    Jawab : Ya, misi tersebut tidak mengandung angka, persentase, dll
    2. Less than 250 words in length
    Jawab : Ya, misi tersebut hanya terdapat 87 kata
    3. Inspiring
    Jawab : Ya, misi tersebut memberikan inspirasi karena melibatkan seluruh stakeholders (karyawan, nasabah serta mitra) untuk dapat memberikan dan mendapatkan yang terbaik, prima , optimal dan baik.
    4. Identify the utility of a firm’s product
    Jawab : Ya, pada misi memberikan yang terbaik disebutkan bahwa Bank BRI mengutamakan pelayanan kepada segmen mikro, kecil, dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat
    5. Reveal that the firm is socially responsible
    Jawab :Ya, pada misi menyebutkan bahwa Bank BRI bertanggungjawab untuk memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders).
    6. Reveal that the firm is environmentally responsible
    Jawab : Tidak, dalam misi Bank BRI tidak menyebutkan mengenai tanggung jawab lingkungan
    7. Include nine components of missions
    Jawab : Ya, sembilan komponen penting terdapat pada misi Bank BRI. Namun ada beberapa poin yang tidak dijabarkan secara spesifik dan langsung seperti pada poin Product, Market, dan Philosophy
    8. Reconciliatory
    Jawab : Ya, karena menyebutkan bahwa bekerja untuk memberikan yang terbaik dengan melakukan rekonsiliasi baik faktor internal perusahaan (karyawan dan pemegang saham) dan eksternal perusahaan atau masyarakat sosial (nasabah, kreditur).
    9. Enduring :
    Jawab : Ya, pada isi tersebut juga disebutkan bahwa sustainability perusahaan yang berbasis teknologi informasi yang handal dan future ready, dan jaringan kerja konvensional maupun digital yang produktif dengan menerapkan prinsip operasional dan risk management excellence

    C. Perbaikan Pernyataan Visi dan Misi Bank BRI
    1. Perbaikan Visi Bank BRI
    ‘Menjadi The Most Valuable Bank di Asia Tenggara, dengan menjadi Home with the best talent’

    2. Perbaikan Misi Bank BRI
    1) Memberikan yang Terbaik : Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan dan memberikan pelayanan tulus sepenuh hati kepada segmen mikro, kecil, dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat se Asia Tenggara
    2) Menyediakan Pelayanan yang Prima : Memberikan pelayanan prima dengan produk berbasis pada tugas pokok bank komersial yang terfokus kepada nasabah se Asia Tenggara melalui sumber daya manusia yang profesional dan memiliki budaya berbasis kinerja (performance-driven culture), teknologi informasi yang handal dan future ready, dan jaringan kerja konvensional maupun digital yang produktif dengan menerapkan prinsip operasional dan risk management excellence.
    3) Bekerja dengan Optimal dan Baik : Memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders) dengan memperhatikan prinsip keuangan berkelanjutan dan praktik Good Corporate Governance yang sangat baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *