Ada pesan “Rahasia” . . . .

image_print

IMG_9200Keamanan data menjadi hal yang sangat penting pada saat ini karena untuk setiap pengambilan keputusan, kebijakan harus berdasarkan data. Banyak data yang berisikan informasi penting dan terbatas untuk diketahui pihak yang terkait saja. Pada dunia perbankan banyak kegiatan yang melibatkan data nasabah yang harus diproteksi karena sifatnya rahasia. Diungkapan oleh Tedy Heryanto (1999) bahwa banyak kegiatan yang akan menimbulkan resiko bilamana informasi yang sensitif dan berharga tersebut diakses oleh orang-orang yang tidak berhak (unauthorized person). Faktor keamanan data menjadi sangat penting dan harus diperhatikan. Salah satu cara untuk meningkatkan keamanan data adalah dengan melakukan enkripsi terhadap terhadap datanya.

Mengingat bahwa data yang dienkripsi adalah data yang penting maka banyak pihak-pihak yang justru berburu untuk mendapatkan data ini guna didekripsi sehingga dapat dimanfaatkan untuk keperluan lain. Proses dekripsi ini menjadi semakin mudah dengan banyaknya situs-situs online yang menyediakan layanan enkripsi dan dekripsi tanpa bayar (gratis). Dibawah ini adalah 10 situs online yang menyediakan layanan enkripsi dan dekripsi secara gratis, yaitu :

http://blowfish.online-domain-tools.com
http://encoders-decoders.online-domain-tools.com
http://encryption.online-toolz.com
http://www.xarg.org
http://www.yellowpipe.com
tripledes.online-domain-tools.com
http://www.freewarefiles.com
http://www.richkni.co.uk
http://cryptool.shareme.in
http://web.forret.com
h
ttp://codebeauty.com

Kriptografi merupakan teknik pengamanan informasi yang dilakukan dengan cara mengolah data (plainteks) menggunakan suatu metode enkripsi sehingga yang tidak dapat dibaca secara langsung terutama oleh pihak yang tidak berhak. Setiap teknik enkripsi memiliki titik lemah. Begitu kelemahan ditemukan maka segera dikembangkan lapisan keamanan baru untuk menutupi kelemahan tersebut. Pada dasarnya enkripsi adalah sebuah algoritma matematika untuk melakukan penyandian (enchypering) dan dekripsi (dechypering) informasi kode binary. Enkripsi mengkonversikan data menjadi bentuk tersembunyi atau tersandikan yang  disebut chyper sedangkan dekripsi adalah proses  mengkonversikan chypher data kedalam bentuk aslinya, yang disebut plain-text.

Maka jika anda ingin mengirimkan pesan digital baik dalam bentuk email maupun sms yang sifatnya penting dan rahasia sebaiknya pesan tersebut anda rubah terlebih dahulu menjadi chiper text. Situs-situs diatas menyediakan fasilitas untuk melakukan perubahan pesan yang akan dikirim dalam bentuk tersandikan berikut dengan failitas membaca pesan tersebut. WhatsApp adalah salah satu aplikasi yang sudah menerapkan keamanan pesan anda. Sehingga jika bukan penerima yang dimaksud maka pesan tersebut tidak akan bisa dibaca atau dengan kata lain masih dalam bentuk Chiper Text.

Mengingat bahwa banyak situs yang memenyediakan fasilitas enkripsi dan dekripsi, maka akan lebih aman lagi jika setiap organisasi memiliki algoritma tersendiri yang unik untuk melakukan enkripsi dan dekripsi terhadap semua sumberdaya informasi penting yang dimilikinya. Hal ini bisa dilakukan dengan mengembangkan algoritma sendiri atau menambahkan proses baru pada algoritma yang telah ada sebelumnya.

Dwi Atmodjo WP About Dwi Atmodjo WP

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *