ALGORITMA dan MERAJUT

image_print

Sering kita mendengar orang bilang untuk mencari pekerjaan yang sesuai dengan hobi, agar kita menyukai pekerjaanmu seumur hidup. Tidak semua orang bisa beruntung mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan hobinya. Kalau kita bekerja tidak sesuai dengan hobi kita lalu bagaimana? Menurut saya adalah dengan tetap melakukan hobi kita sehingga bisa mencerahkan kejenuhan pekerjaan yang kita jalani. Hobi harus kita salurkan, karena hobi memiliki banyak manfaat.

Salah satu hobi saya adalah merajut. Merajut menurut Wikipedia (adalah metode membuat kain, pakaian atau perlengkapan busana dari benang rajut. Dalam bahasa Inggris terdapat 2 istilah Merajut yaitu knitting dan crocheting. Apa bedanya ?

merajut

Manfaat Merajut

Selain kita mendapatkan hasil yang kita inginkan dengan membuat sendiri dan kepuasan tersendiri, ada beberapa fakta menarik yang diungkapkan oleh orang-orang melakukan / mengerjakan merajut ini.

Kathryn Vercillo dalan artikelnya yang berjudul Crochet Saved My Life, mengemukanan 5 symptoms yang dapat diatasi dengan melakukan crafting, yaitu : Depresi (depression), Nyeri Fisik (Physical Pain), gangguan tidur (Insomnia), Kecemasan (Anxiet), Penderita emosianal yang kuat (Grief).

Berdasarkan pengalaman, merajut membuat saya menjadi santai, mengurangi beban pikirin, menjadi lebih kreatif, mungkin juga bisa mengembangkan otak bagian kanan saya (kalau yang ini belum diteliti lebih lanjut).

Merajut tidak hanya untuk wanita yang sudah sudah tua (nenek-nenek), tetapi sekarang ini merajut sudah banyak dilakukan oleh semua kalangan, tidak terkecuali orang muda dan kaum pria .

 

Belajar Merajut

Bagaimana dan dimana belajar merajut? Sekarang ini sekali banyak tempat untuk belajar merajut, baik on line maupun off line. Komunitas-komunitas pencinta rajut juga banyak baik di dunia maya maupun dunia nyata.

Pengalaman saya belajar merajut dimulai dari buku dengan judul mari merajut (saya lupa siapa pengarangnya). Buku-buku tentang merajut bisa banyak kita dapatkan di took buku Gramedia. Selaindari buku saya juga banyak belajar dari dunia maya, internet, dengan mencar petunjuk dan cara-cara merajut melalu google.com dan youtube.com. Kedua tempat ini yang banyak membantu saya mendapat banyak pengetahuan baik cara-cara, contoh, pola dlsb. Ternyata bisa juga belajar tanpa ada guru, asal kita mau mencari dan berusaha apalagi kalau kita senang.

Merajut dan Algoritma

Apa hubungannya? Ketika saya mulai sering merajut saya baru menyadari bahwa sebenarnya, langkah-langkah pekerjaan yang dilakukan sesuai dengan prinsip-prinsip algoritma. Apa itu algoritma ?

An algorithm (pronounced AL-go-rith-um) is a procedure or formula for solving a problem. The word derives from the name of the mathematician, Mohammed ibn-Musa al-Khwarizmi, who was part of the royal court in Baghdad and who lived from about 780 to 850. (whatis.techtarget.com/definition/algorithm )”

Algoritma merupakan langkah-langkah (prosedur) yang harus dilakukan untuk menyelesaikan sebuah masalah.

Dalam penyelesaian masalah dengan algoritma ini terdapat teori tentang runtun, perulangan, percabangan, modul (prosedur dan fungsi), Struktur algoritma terdiri dari Judul, Kamus dan Algoritma

 

BAGIAN ALGORITMA PROGRAM ALGORITMA MERAJUT
Judul Tujuannya memecahkan masalah. Membuat sesuatu (misalnya tas)
Kamus (Deklarasi)

 

a: integer

b:integer

 

Bahan

Benang 2 macam warna

Ukuran jarum 5

ALgoritma Masukkan bilangan pertama (a)

Masukkan bilangan kedua (b)

if a > b then

print a

print b

make a loop and ch 2. (Make 2)

Round 1:  6 DC, sl st to the top of the first st, ch 1.

Round 2 & 3:  1 HDC in each st around, sl st at first st, ch 1.

Round 4:  1 HDCD in the first two sts, 1 HDC in the next 4 sts, sl st at top of the first st., ch 1.

Rounds 5-7:  1 HDC in each st around, sl st, ch 1.  At the end of round 7 tie off leaving enough yarn to sew on.

 

 

Beberapa hasil karya saya bisa dilihat di https://www.facebook.com/lucia.istiyowati/media_set?set=a.1075565606866.13030.1157984036&type=3

Selamat menikmati hobi anda, saya mau merajut dulu

Lucia Sri Istiyowati About Lucia Sri Istiyowati
Dosen Perbanas Institute sejak 1997

Lucia Sri Istiyowati

Lucia Sri Istiyowati

Dosen Perbanas Institute sejak 1997

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *