Apa beda foto bagus dan foto indah?

image_print
Sydney Opera House

Sydney Opera House

 

Sebagai seorang fotografer amatir yang sedikit semi profesional, kami mendirikan Indonesia Australia Photography Association (IAPA). Kami sering berdiskusi, mengadakan workshop dan juga pameran foto.  Saya jadi teringat diskusi dengan seorang kawan yg sudah lama malang-melintang di dunia fotografi. Menurutnya ada perbedaan yang mendasar antara foto bagus dan foto indah. Sementara dalam satu lomba foto, juri selalu mengutamakan foto bagus yang sekaligus indah. Kalau begitu apakah perbedaan antara keduanya?

Foto indah itu enak dilihat, sedangkan foto bagus (belum tentu indah) itu sesuai targetnya. Sebagai contoh foto Opera House, Sydney yang saya ambil dari Circular Quay itu indah, tapi sudah tidak bagus lagi karena jutaan orang sudah memotret yang sama persis. Saya yakin foto saya tersebut bila saya masukkan ke salah satu lomba foto tidak akan menang untuk alasan diatas.

Pertanyaannya kemudian apakah harus dengan skill yang tinggi dan gear yang mahal untuk dapat menghasilkan karya yang bagus sekaligus indah? Jawabannya tidak. Kalau menurut saya, dibutuhkan juga “wow effect” supaya karya kita diingat orang. Untuk menghasilkan foto bagus dan indah, wow effect dibutuhkan untuk membuat foto bagus lebih berbicara.

Menurut saya wow effect bisa didapat dengan setidaknya dua cara. Pertama, dengan sedikit keberuntungan. Contohnya ketika kita sedang menjepret kembang api, tiba-tiba ada halilintar yang menyambar. Jadilah karya kita  mendapat “bonus” halilintar .

Kedua, wow effect juga bisa kita dapatkan dengan sedikit kreativitas atau bahkan rekayasa. Mungkin kita sering melihat foto gedung luluh-lantak akibat bencana alam atau perang. Di reruntuhan itu hampir selalu kita melihat ada boneka teddy bear yang mengesankan anak menjadi korban. Kalau kita jeli melihatnya, semua teddy bear itu punya kesamaan: Terlihat baru. Mengapa demikian? Karena membawa boneka teddy bear adalah salah satu trik fotografer perang/bencana alam untuk mendapatkan hasil foto yang lebih berbicara.

Selamat menjepret kamera anda untuk menghasilkan foto bagus yang sekaligus indah!

You may also like...

3 Responses

  1. Avatar Mardiana Sukardi says:

    sbg org yg suka difoto.., tipsnya bermanfaat pak thx lots 😀

  2. Patria Laksamana Patria Laksamana says:

    Kalau mau difoto sama saya, you know my number bu. Dikasih harga teman deh 🙂

  3. Avatar Mardiana Sukardi says:

    hahahahhaa….., noted pak 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *