Belajar Water Coloring Yuk!

image_print

Hobi merupakan kegemaran atau kesenangan istimewa di kala senggang yang bukan merupakan pekerjaan utama. Salah satu hobi saya adalah menggambar. Beberapa waktu lalu saya mengikuti kelas water coloring. Di kelas tersebut saya merasakan kegembiraan dan kesenangan karena dapat menyalurkan hobi. Disamping itu, dengan mengikuti kelas ini, saya menjadi lebih kreatif.

Bagi Anda yang senang menggambar, tak ada salah mencoba untuk menggambar dengan menggunakan cat air. Cat air yang digunakan bisa merupakan cat air biasa atau yang professional (tentunya jika Anda sudah terbiasa menggunakan cat air).

 

Persiapan

Kertas yang digunakan adalah yang memiliki ketebalan setidaknya 200 mg atau kertas khusus untuk water coloring. Gunanya agar saat mewarnai, kertas tidak menjadi sobek karena terkena air yang berasal dari catnya. Tidak perlu bingung beli kertasnya dimana, di toko buku banyak kok.

Nah, sekarang persiapkan palet, air dan catnya.

Siapkan palet, cat air dan kertasnya

Siapkan palet, cat air dan kertasnya

 

Warna

Penggunaan warna bisa Anda kreasikan sesuai keinginan Anda. Jika Anda menggambar bunga (seperti yang saya lakukan), usahakan warna bunga yang lainnya tidak terlalu berbeda jauh dengan warna yang sudah Anda siapkan. Tips dari saya, ambil sebagian warna yang sudah dibuat sebelumnya, lalu campurkan dengan warna lain. Maka warna yang dihasilkan masih satu “lini” dengan warna sebelumnya. Atau, jika Anda bingung.. Anda dapat menggunakan color pallet yang ada di internet. Sebagai contoh : http://colorschemedesigner.com/csd-3.5/

 

Mulai Beraksi!

Untuk water coloring, Anda tidak perlu mendesain gambarnya terlebih dahulu. Anda dapat langsung menyapukan kuas ke kertas, mengikuti imajinasi. Jika Anda mencoba membuat gambar di tengah, Anda dapat membuat garis bantuan di tengah kertas. Dengan syarat, garis yang dibuat setipis mungkin, dan saat Anda akan memberi warna di atas garis, jangan lupa untuk menghapusnya terlebih dahulu. Ingat, ini water coloring.. cat yang dipulas akan terlihat transparan, sehingga jika garis yang Anda buat tidak dihapus akan terlihat dengan jelas.

 

Hasil water coloring ini dapat Anda buat untuk mempercantik ruangan, sebagai kartu ucapan atau kegunaan lainnya. Jangan berharap gambar yang Anda buat akan sama dengan yang sebelumnya, karena ini hand made. Jika Anda ingin memperbanyak, pindai terlebih dahulu lalu.. cetaklah sebanyak mungkin.

 

Happy water coloring!!

Kali ini saya buat untuk hadiah ulang tahun

Kali ini saya buat untuk hadiah ulang tahun

Kartu ucapan untuk newly wedding

Kartu ucapan untuk newly wedding

kali ini lagi ga ada ide :)

kali ini lagi ga ada ide 🙂

Tetap setia dengan gambar bunga, untuk Riska. Ssst.. ada water mark-nya ;)

Tetap setia dengan gambar bunga, untuk Riska. Ssst.. ada water mark-nya 😉

Lumayan juga hasilnya ya

Lumayan juga hasilnya ya

 

You may also like...

2 Responses

  1. Avatar Mardiana Sukardi says:

    ahhh keyeenn ini mah, kapan2 ikutan ah kelasnya 😀

  2. Avatar Nani Tachjar says:

    Kalau mau kelas profesionalnya bisa ikut di daerah daan mogot. Kalau mau kelas yang cuma belajar aja mah.. saya bisa ajari. Tapi belum pro ya 😀

    Tinggal siapin cat, kertas, kuas n palet aja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *