CARA MENCARI JURNAL-JURNAL BERKUALITAS

image_print

Mau cari jurnal-jurnal berkualitas tidak mesti duduk di Lib yang sdh berlangganan ribuan Jurnal, dari dalam bilik kamar tidur pribadi juga bisa, Insya Allah…

Semoga cara ini bermanfaat…

Jurnal-jurnal internasional yang berkualitas identik dengan jurnal-jurnal yang di-index oleh Scopus dan ISI

Jurnal grade 1 itu dibawah bendera ISI.
Cara mengaksesnya adalah……
Buka link http://ip-science.thomsonreuters.com/mjl/

Jurnal grade 2 dibawah indexing Scopus
ada di link http://www.scimagojr.com/

BERIKUT CARA MENGAKSES JURNAL-JURNAL YANG ADA DI BAWAH INDEXING ISI & Scopus:

  1. Buka link thomsonreuters atau schimagorj (pilih salah satu).
  2. Masukkan key word Jurnal yang mau dicari, dimana kira-kira jurnal apa ya namanya yang ada membahas tentang topik kita. Misal Topik moral dalam profesi akuntansi tentu berbeda bahasannya dengan moral dalam pendidikan. Jia kita sedang menulis tentang moral murid-murid di sekolah maka bagus kita masukkan nama jurnlanya dengan kata kunci…”Moral Education” atau “Educational Psychology”, dll, bisa coba-coba sendiri.
  3. Kalo sudah keluar list nama-nama Jurnal yang ada membicarakan tentang apa yang kkita cari itu, maka kita tinggal buka jurnalnya satu-satu.
  4. Misal untuk topik moral salah satu nama jurnalnya adalah “ETHICAL THEORY AND MORAL PRACTICE”, maka buka jurnalnya, lalu masukkan kata kunci dari judul yang mau kita cari. Kata kunci di sini sudah mulai menjurus ke tema tulisan kita. Misal saya sedang menulis tentang “moral maturity” karena ada beda-beda lah bahasannya dengan “moral intellegence” atau “moral reasoning”.
  5. Jangan lupa batasi tahun yang ada di kolom sebelah kiri. Jika mau yang terbaru maka masukan thn 2017, atau rentang 5 tahun maka 2012 – 2017; bisa batasi juga mau paper dari jurnal saja atau buku juga, dll.
  6. Kalo sudah keluar artikelnya, langsung saja klik di judul artikelnya, jangan heran….kita akan banyakk menemukan artikel yang tidak bisa kita ases isinya, dan kemudian muncul penawaran pembelian, tidak perlu sedih, itu wajar karena kita berada di bilik kamar pribadi bukan di library.

Hafnidar Hasbi 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.