CARA MUDAH MENULIS SKRIPSI/ TA

image_print

Skripsi atau tugas akhir adalah kegiatan penelitian  yang dilakukan mahasiswa dimana dalam kegiatan tersebut harus memenuhi kaidah dan metode ilmiah secara sistematis sesuai dengan otonomi keilmuan dan budaya akademik, sebagaimana yang tertuang dalam  Permenristek No. 44 tahun 2015 pasal 46. Bagi Perguruan tinggi  skripsi/ Tugas akhir ini dijadikan salah syarat kelulusan kesarjanaan seorang mahasiswa, walaupun mahasiswa tersebut telah lulus semua mata kuliah dengan IPK diatas 3,5 (tanpa nilai C) misalnya, maka gelar kesarjanaan belum dapat diperoleh jika belum menyelesaikan Skripsi atau Tugas Akhir yang dijuikan di depan Tim atau Dewan Penguji yang ditugaskan oleh Pimpinan Pergurutan Tinggi dimana mahasiswa melaksanakan studinya. Hal ini yang menjadi beban atau momok bagi sebagian mahasiswa.

Tulisan ini dimaksudkan untuk membuat setiap mahasiswa percaya diri (PD) dalam menyelesaikan Skrispi atau Tugas akhir (TA), PD menjadi modal utama yang dapat memudahkan penyusunan skripsi/ TA, oleh sebab itu penyajiannya dibuat sesederhana dan semudah mungkin dengan gaya bahasa yang mudah dipahami juga tentunya, karena pada dasarnya menulis skripsi/ TA tidaklah sulit seperti apa yang dibayangkan. Nah dimulai dari pertanyaan dari mana mulai dan kapan selesai? Untuk dapat melakukan hal itu apa saja yang harus dipersiapkan atau dibaca?

Pertama tentunya harus dapat menentukan “Topik” penelitian dan selanjutnya dibuat “Judul’ skripsi atau TA. Judul yang dibuat akan sangat terkait dengan data penelitian, apakah data primer atau data sekunder. Sebelum menentukan judul sebaiknya membaca beberapa jurnal, minimal 8 jurnal, 5 jurnal dalam negeri dan 3 jurnal internasional, tentunya sudah membaca atau memahami teori-teori dasar yang terkait dengan judul skripsi/ TA dan yang tidak kalah pentingya adalah membaca panduan penulisan yang diterbitkan Perguruan Tinggi dimana mahasiswa studi, disamping skripsi terdahulu. Hal ini  akan sangat membantu mahasiswa untuk mempercepat menyelesaikan skripsi/ TA-nya.

Secara umum skripsi terbagi menjadi 5 bab, dimana bab I adalah pendahuluan yang berisi latar belakang, rumusan masalah, batasan masalah, tujuan penelitian dan manfaat penelitian; bab II adalah  kajian teori, penelitian terdahulu, kerangka atau konseptual pemikiran/ penulisan dan perumusan hipotesis, bab II ini yang akan dijadikan dasar pembahasan pada bab IV; bab III metode penelitian yang berisi desain penelitian, operasional variabel, populasi dan sampel, jenis dan sumber data, metode pengumpulan data dan teknik analisis data; Bab IV adalah hasil analisis dan pembahasan penelitian, yang meliputi deskripsi objek penelitia, analisis data, interprtasi hasil dan pemabahsan hasil penelitian; Bab V berisi kesimpulan, keterbatasan penelitian dan rekomendasi. Yang perlu diperhatikan antar bab pada skripsi diantaranya Bab I sub bahasan rumusan masalah ini berkaitan dengan sub tujuan penelitian, berhubungan dengan bab II sub kerangka/ konseptual penelitian dan sub hipotesis penelitian, terkait juga dengan bab IV  sub bahasan analisis dan pembahasan hasil penelitian serta terkait dengan bab V sub bahasan kesimpulan.

Dengan demikian, jika pada bab I rumusan masalahnya ada 7 misalnya, maka tujuan penelitiannya juga 7. Rumusan masalah berbentuk kata tanya, sedangkan tujuan berupa penjelasan dari rumusan masalah. Demikian pula kerangka/ konseptual pemikiran pada bab II terdapat 7 variabel bebas, 6 secara parsial dan 1 secara bersama-sama. Berdasarkan kerangka pemikiran dibuat hipotesis sebanyak 7 hipotesis penelitian. Dan akhirnya bab V sub bahasan kesimpulan berisi 7 aspek yang merupakan hasil analisis dan pembahasan.

Semoga tulisan yang sederhana ini dapat memotivasi dan menghantarkan para mahasiswa untuk lebih semangat dalam menyelesaikan tugas akhirnya. Selamat dan sukses.

Avatar About Selamet Riyadi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *