Churros

image_print

churros 2

Buat kamu yang sering nongkrong di café, tentu kenal dengan jajanan spanyol yang lagi ngehit ini. Ya, Churros emang menu yang banyak kita jumpai di café-café, cocok untuk teman ngopi, the, atau jus buah kesukaanmu. Rasanya ga terlalu manis, kalo gue bilang si kaya donat atau roti goreng gitu lah…..

Hmmmm…. Malam minggu gini, hujan pula, kayaknya asyik juga ngemil churros sambil nonton tv, sambil curcol, sambil diapelin, baca novel, atau baca jurnal hahahhaha. Bikin yuk, gampang koook…..

Siapin bahan-bahannya dulu yaaa….

125 gr margarin, gue si pake Blue Band

200 ml air

¼ sdt garam

1 sdm gula pasir

150 gr tepung terigu protein tinggi (kalo dari Bogasari ya oilih yang merk Cakra kembar) yang sudah diayak

3 butir telur

Minyak goreng secukupnya

Gula halus secukupnya (jika suka)

Keju parut secukupnya (jika suka)

Cara membuatnya:

Pertama kamu masukkan margarin, garam, gula, air di panci, rebus hingga mendidih. Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk2 hingga kalis. Matikan kompor, tunggu sejenak hingga hangat. Masukkan telur satu persatu dan aduk hingga tercampur. Masukkan adonan pada plastic segitiga (yang biasa buat menghias tart, tapi kalo ga ada ya pake plastik biasa aja). Agar bentuknya bergelombang sama persis dengan yang di café-café, pasangkan spuit bintang di ujung plastic. Panaskan minyak di atas Teflon wajan berpermukaan datar agar churros berbentuk lurus memanjang. Goreng sampai kecoklatan dengan api sedang.

Taraaaa….. siap disajikan dengan taburan gula halus atau keju di atasnya.

 

Nah makannya enaknya pake saus ni….. bikin saus coklatnya yuuuk….. gampang banget niiii

Siapkan :

100 gr dark chocolate

½ cangkir susu cair

2 sdm gula pasir

1 sdm unsalted butter

½ sdm maizena

Caranya, campur semua bahan, rebus di atas api kecil, hingga coklat meleleh, tercampur semua, dan meletup-letup. Dinginkan, lalu siap dihidangkan…..

churros 1Selamat mencoba…..

 

 

 

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.