Cuilan Surga yang Jatuh ke Bumi

  • DCIM132GOPRO
    DCIM132GOPRO
  • Taka2
  • Taka3
  • Taka4
image_print

Eh emang ada gitu surga yang jatuh ke bumi? Klo buat saya sih ada ya, salah satunya tuh Takabonerate. Pernah dengar kah Takabonerate? Hihihihi…pasti belum ya. Yang pasti di peta gak ada. Takabonerate adalah salah satu atol tercantik di dunia, yang berlokasi di Sulawesi Selatan. Tahu atol kan? Gugusan pulau yang membentuk cincin, dan di situlah keindahan under water berada. Berhubung saya gak bisa diving, cukuplah dengan snorkeling ajah. Itupun sudah sangat cantik sekali.

Cuma, perjalanan ke Takabonerate ini asli gokil banget deh. Dari Jakarta pesawat ke Makassar, dan dari Makassar lanjut pesawat ke Selayar. Penerbangan ke Selayar dari Makassar hanya ada 3x seminggu, selasa, kamis, sabtu dengan waktu tempuh sekitar 35 menit. Sebenarnya bisa aja menggunakan kapal dari Tanjung Bira menuju Dermaga Pattumbukang, tapi lamanya itu, sekitar 2 jam, lebih hemat waktu dengan pesawat. Nah dari Dermaga Pattumbukang menuju pulau Rajuni di Takabonerate itu 4 jam dengan perahu kayu bermotor, seperti kapal kayu yang biasa kita lihat di Muara Angke. Tambah 1 jam lagi untuk menuju ke Pulau Tinabo. Dengan beberapa kali goyang dumang karena ombak tinggi, hahhahha…., apa boleh buat kita nikmati saja ya.

Highlight dari Takabonerate adalah taman bawah laut dan pantainya yang luar biasa indah. Mengingat lokasi yang jauh, maka pengunjung masih jarang, sehingga keindahan pulau dan terumbu karangnya masih terjaga dengan baik. Terumbu karang yang berwarna-warni, dan ikan yang beraneka warna menambah indahnya taman bawah laut di Takabonerate ini.

Mardiana Sukardi About Mardiana Sukardi
I have several middle names, including: shopping and travelling 😀

Mardiana Sukardi

Mardiana Sukardi

I have several middle names, including: shopping and travelling :D

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *