Geographic Information System

image_print

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi, semakin besarnya kemampuan komputasi suatu prosesor diiringi dengan kemampuan kartu grafis dalam mengolah gambar digital dan semakin detilnya perangkat layar dengan layar berukuran besar dan resolusi yang tinggi 4K (kurang lebih 3840 x 2160 pixel) bahkan sudah mulai dikembangkan yang memiliki resolusi sampai dengan 8K (kurang lebih 7680 x 4320 pixel) membuat pemanfaatannya menjadi semakin luas.

GIS atau Geographic Information System merupakan sebuah sistem komputer yang dapat digunakan untuk memperoleh data terkait dengan posisi geografis di muka bumi, menyimpan, memanipulasi, menganalisis, mengelola serta menampilkannya pada layar monitor atau media yang lainnya. GIS dapat menyajikan berbagai macam data dalam sebuah peta. Hal tersebut dapat memudahkan untuk memanfaatkannya dalam berbagai kepentingan.

Istilah lain dari data geografis adalah data spasial. Dalam perkembangannya GIS dapat juga di “attach” dengan data yang berasal dari sebuah database, sehingga dapat memperluas manfaat dari hanya sekedar GIS yang berisi data spasial. Salah satu contoh GIS yang ada adalah ArcGIS.

arcgis

http://desktop.arcgis.com/en/arcmap/latest/map/main/mapping-and-visualization-in-arcgis-for-desktop.htm

About Budi Indiarto

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.