Jumlah Guru Besar Akuntan di PTN dan PTS

image_print

Majalah Akuntan terbitan Ikatan Akuntan Indonesia (IAI)  edisi Desember 2014 merilis artikel yang menurut saya sangat menarik yaitu “Guru Besar di ‘Kawah Candradimuka’ Akuntansi” karena membahas mengenai kelangkaan Guru Besar Akuntan (GBA) baik di PTN dan PTS.  Saya tidak mengerti arti istilah candradimuka. Kemudian setelah saya browsing di Internet ternyata artinya adalah tempat penggemblengan diri supaya kuat, terlatih, dan tangkas.

Artikel itu menyatakan bahwa sejak tahun 1953, baru ada 100 orang Guru Besar Akuntan di Indonesia. Dari jumlah itu, 9 orang diantaranya sudah tutup usia, dan 26 orang sudah berusia di atas 65 tahun.  Dinyatakan juga bahwa jika batas usia produktif dirata-ratakan di usia 65 tahun, maka saat ini di Indonesia hanya 65 GBA yang masih aktif.

Artikel itu juga menyoroti bahwa salah satu penyebabnya adalah banyak akuntan yang sudah nyaman dengan posisi empuk yang didapatnya di Kantor Akuntan Publik, menjadi CEO atau CFO di perusahaan swasta serta posisi penting di pemerintahan sehingga enggan untuk melanjutkan studi atau nyaris tidak memiliki waktu untuk melakukan penelitian, menulis buku, atau membuat tulisan yang dimuat di jurnal nasional atau internasional.

Saya baru menyadari bahwa ternyata kelangkaan akuntan tidak hanya pada Profesi sebagai Akuntan Publik, ternyata juga pada jenjang karir tertinggi sebagai Dosen seperti jabatan fungsional Guru Besar.  Kondisi ini tentunya berpengaruh terhadap kualitas pendidikan akuntansi itu sendiri karena lulusan terbaik akuntansi lebih banyak ingin bekerja sebagai praktisi dari pada sebagai pendidik di perguruan tinggi. Apalagi, kenyataan bahwa kompensasi sebagai akuntan diperusahaan lebih menjanjikan dibandingkan berprofesi sebagai dosen di Perguruan Tinggi dengan beban kerja dan sangsi terhadap pelanggaran nilai-nilai akademik yang semakin berat.

Hal yang menarik lagi dari artikel itu adalah STIE Perbanas Jakarta berada pada rangking kelima dengan 2 (dua) Guru Besar Akuntan dibanding se PTS Indonesia dan setara dengan PTN seperti Universitas Andalas dan Universitas Riau serta berada  diatas Universitas Hasanudin, Makasar.  Tentunya data ini adalah data yang belum update karena STIE Perbanas Jakarta sekarang telah berubah menjadi Institut Perbanas.

 

About Jasman

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.