Hoax Sangat Berbahaya

image_print

*HOAX Berita Palsu yang berbahaya dan Tips Aman menghindarinya.*

HOAX itu definisi nya kan berita burung atau berita palsu, berita yang tidak benar tapi seolah-olah dibuat benar, berita ini bisa berupa berita lisan atau berita tulis.

Berita tulis juga macam-macam bentuknya, bisa media web, photo/meme bahkan selebaran cetak bisa juga dijadikan berita Hoax.

Dampak yang terjadi bisa sangat besar, bisa secara ekonomi, politik dan keamanan, dapat membahayakan negara bila HOAX yang diterbitkan tentang keamanan negara, maka negara lain akan mengambil untung/peluang dengan berita tersebut.

Cyber War bisa terjadi bila masing-masing negara mendapat berita HOAX dari provokator,
Negara A akan menyerang duluan Negara B karena mendengar berita HOAX negara B akan menyerang negara A, bila sudah begini akan repot jadinya. Atau bisa saja politisi A akan gempur B bila mendengar B akan gempur politisi A.

Nah bagaimana menyikapinya, tentu butuh waktu, karena harus check and recheck kebenerannya, check dulu sumber beritanya, bisa dari orang atau organisasi yang menerbitkan berita tersebut.

*Cara aman terhindar dari HOAX :*

1. Tidak mudah terpancing, biasanya judul HOAX sangat provokatif, misal “Presiden X sakit keras…”
2. Biasanya penerbitnya tidak jelas, alias abal2, misal : media web, abc, tidak mungkin sekelas kompas gramedia menerbitkan berita HOAX yang tiba-tiba, pasti akan melewati filter yang panjang.
3. Cross check kepada media lain, apa betul berita tersebut ? biasanya ini disebut mencari fakta kebenaran.
4. Bila berupa photo/meme, pastikan dari sumber yang asli, bukan rekasaya photo digital, memang tidak mudah tapi harus hati2 dengan berita photo.
5. Check legitimasi berita, siapa wartawan dan medianya, bahkan sumbernya, bila Presiden dan pejabat negara pasti berita ini bukan HOAX.

IGN Mantra,
Dosen Senior, Ka.Lab Network & Security,
Perbanas Institute.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.