Matematika Ekonomi S1 Manajemen

image_print

Matematika adalah salah satu alat atau bahasa untuk menggambarkan suatu keadaan atau mendekati suatu permasalahan, termasuk masalah ekonomi dan bisnis. Sebagai alat, matematika akan mempengaruhi ketajaman, efisiensi dan daya generalisasi analisa ekonomi dan bisnis, matematika mempunyai daya kemampuan tersebut oleh daya abstraksi yang tinggi. Hubungan variabel yang rumit dapat disederhanakan dengan menggunakan simbol-simbol matematika. Matematika sangat besar kegunaannya dalam penjabaran dan pengembangan teori ekonomi dan bisnis. Disamping itu matematika sangat berguna dalam pemanfaatan bisnis untuk diproses dan kemudian  disimpulkan hasilnya. Pembahasan meliputi fungsi linier dan non linier, terapan fungsi, dasar-dasar matriks dan terapannya dalam ekonomi, programasi liner dengan metode grafik dan simpleks.

Itulah gambaran tentang Deskripsi Mata Kuliah Matematika Ekonomi. Setelah mengikuti Mata Kuliah Matematika Ekonomi ada dua hal utama yang diharapkan dapat dicapai oleh mahasiswa, yaitu:

  1. Mahasiswa mampu menggunakan aplikasi matematika, seperti : persamaan, pertidaksamaan, fungsi linier dan kuadratik, matriks dan terapannya, serta programasi linier dalam menyelesaikan permasalahan ekonomi dan bisnis.
  2. Mahasiswa mampu melakukan analisis terhadap permasalah ekonomi yang bersifat teoritis maupun aplikatif dengan pendekatan matematika baik secara analitik maupun grafis.

Berikut ini adalah soal-soal yang dapat digunakan sebagai latihan dalam Mata Kuliah ini:

latihan-soal-matematika-ekonomi

Selamat Belajar!!!!

Avatar About Muhammad Iqbal

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *