Menelusuri Android Smartphone bagian 10

image_print

Pada bagian 10 ini dibahas mengenai informasi lain yang penting yang dapat diperoleh untuk melakukan penelusuran smartphone jika terlupa atau hilang dengan melihat personal info & security.

Setelah memilih “Manage your Google activity”, kemudian dilanjutkan dengan menggeser layar pada bagian  “Review activity” dan selanjutnya memilih “timeline in Google Maps”, maka akan muncul informasi peta dengan beberapa titik lokasi sebagai berikut.

Dari informasi tersebut dapat kita pilih tanggal tertentu yang ingin kita lihat secara lebih detil seperti pada bagian berikut ini.

Sebagai contoh dipilih tanggal 19 Juli 2017, maka akan keluar informasi yang lebih detil aktifitas yang dilakukan pada hari tersebut. Pada sisi sebelah kiri akan ditampilkan titik lokasi dimana kita pernah lewati, kemudian pada sisi kanan terdapat gambar peta dengan garis yang menghubungkan antara titik lokasi yang satu dengan yang lain.

Sebuah rute yang lazim adalah jika semua titik lokasi tersebut terhubung semua, artinya orang akan berangkat dari satu titik lokasi kemudian akan kembali lagi ke titik lokasi tersebut.

Sebuah rute yang tidak lazim jika titik lokasi tidak terhubung satu sama lain atau berhenti di suatu titik tertentu kemudian tidak ada informasi mengenai kelanjutan dari titik tersebut. Hal itu bisa terjadi karena dua hal :

  • Location history pada smartphone di non-aktifkan
  • Smartphone dimatikan

Sebagai contoh dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Pada gambar tersebut tampak terdapat tiga lokasi yang terhubung, tetapi jika dilihat dari kronologi waktunya, maka setelah sampai pada satu titik (stasiun manggarai) tidak pernah ada lagi informasi mengenai titik lokasi selanjutnya.

Dari informasi tersebut dapat diketahui dimana lokasi terakhir smartphone kita berada atau masih diaktifkan.

Demikian serangkaian (10 seri) bahasan terkait dengan penelusuran smartphone berbasis android yang dapat diuraikan, semoga bermanfaat.

Avatar About Budi Indiarto

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *