Menelusuri Android Smartphone bagian 3

image_print

Pada bagian 3 ini dibahas mengenai penelusuran smartphone jika terlupa atau hilang setelah perangkat berhasil ditemukan maka terdapat tiga hal yang dapat dilakukan.

1.   Play sound, dengan memilih menu ini maka perangkat yang terhubung akan dibunyikan “nada panggil” nya selama 5 menit sampai dengan kita matikan dengan menekan tombol power. Hal tersebut dapat diulang sesuai dengan kebutuhan.

2.  Lock, dengan memilih ini maka perangkat dapat dikunci dengan meninggalkan pesan pada bagian Recovery message, seperti “HP ini milik XXX mohon dikembalikan ke alamat yyyy, terima kasih atas bantuannya”. Kemudian dapat juga ditinggalkan pesan nomor lain yang bisa dihubungi oleh orang yang menemukan perangkat tersebut pada bagian Phone number. Setelah dua pesan tersebut diisi, maka dapat dilakukan proses Lock yang akan mengunci perangkat yang hilang dengan menampilkan pesan yang sudah diisi.

 

 

 

3. Erase, dengan memilih ini maka semua data dari perangkat kita akan dihapus dan sebagai konsekuensinya tidak dapat dipulihkan tanpa menggunakan backup atau cadangan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Perangkat yang dihapus datanya tidak akan dapat dicari kembali, karena fungsi sistem operasi android sudah tidak dapat dijalankan kembali. Jika perangkat kita dalam kondisi “off line” atau dimatikan, maka proses penghapusan akan dilakukan saat perangkat tersebut “on line” atau diaktifkan.

Pilihan  ketiga perlu hati-hati dilakukan, perlu dipastikan jika perangkat memang hilang atau dicuri dan kita sudah memiliki cadangan data yang dihapus, maka pilihan ini menjadi pilihan terakhir agar data yang kita miliki tidak disalahgunakan oleh pihak lain

Untuk pembahasan berikutnya akan diuraikan pada tulisan yang berjudul “Menelusuri Android Smartphone bagian 4” .

Avatar About Budi Indiarto

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *