Mengapa Electronic Health Records atau Electronic Medical Records bernilai bagi pelaku Cyber Criminals ?

image_print

Melindungi data catatan kesehatan elektronik atau Eletronic Medical Record (EMR) tidak mulai dengan munculnya aturan dalam undang-undang HIPAA – the Health Insurance Portability and Accountability Act of 1996, Asuransi Kesehatan Portabilitas dan Akuntabilitas 1996 – seperti banyak orang pikirkan.

Melindungi catatan kesehatan (EMR) telah menjadi persyaratan penting dalam ruang kesehatan sejak komputer menjadi perlengkapan data elektronik di rumah sakit. Namun, HIPAA menambahkan laporan masyarakat tentang denda yang dikeluarkan untuk kegagalan dalam entitas tertutup untuk melindungi data yang benar (valid) yang terkandung dalam EHRs atau EMR.

Banyak orang beranggapan bahwa data EHR memiliki nilai dibatasi untuk pengguna (user) yang tidak sah. (Siapa yang peduli tentang hasil tes darah saya, atau bahwa saya hanya mengunjungi dokter kulit saya?) Memahami nilai mereka tersebut cukup sederhana.

Selain informasi kesehatan pribadi, atau PHI, EHRs mengandung nomor Jaminan Sosial, yang tidak pernah berakhir (expired) – dan penggunaan data untuk cybercriminal dari SSN yang tidak mudah terdeteksi.

selanjutnya dapat dibaca di :

http://www.technewsworld.com/story/84417.html

You may also like...

39 Responses

  1. Avatar Allen adhiguna says:

    Saya masih bingung mencerna kalimatnya pak, mungkin karena saya belum mengetahui lebih dalam apa itu HIPAA,EMR, dan EHR.

    Allen Adhiguna 1514000014

  2. Avatar Cahya says:

    Penting pak, karena apabila ada kecelakaan atauatautim musibah tim kedokteran sedikit terbantu dengan adanya medical record,
    Perlu diamankan karena seseorang bisa saja memakai data medical record dengan hal yang tidak benar, misalnya kita bisa saja memalsukan identitas kita dengan identitas orang lain

    1514000012
    Cahya Ridhuandi

    • Avatar Husein says:

      Banyak pelaku kriminal mencoba mencari keuntungan dengan mencuri data Electronic Health Record (EHR) untuk dipasarkan kembali dalam pasar gelap. EHR tersebut bernilai cukup tinggi dipasaran karena juga terdapat informasi finansial termasuk kartu kredit, medical record, dan juga data lengkap sang pasien. Hal ini yang kemudian dapat di olah kembali dan dijadikan target untuk kejahatan siber lainnya.

      1514000022
      Husein

  3. Avatar m. puji santoso says:

    EHR penting sekali untuk di lindungi karena itu adalah hak pribadi seseorang. dalam dunia medis saat ini ehr sangat penting.agar pencarian data lebih mudah.

    M.puji santoso 1514000020

  4. Avatar Cahya says:

    Penting pak, karena apabila ada kecelakaan atau musibah tim kedokteran sedikit terbantu dengan adanya medical record,
    Perlu diamankan karena seseorang bisa saja memakai data medical record dengan hal yang tidak benar, misalnya kita bisa saja memalsukan identitas kita dengan identitas orang lain

    1514000012
    Cahya Ridhuandi

  5. Avatar Muhamad Novel says:

    EMR itu penting dan butuh pengamanan juga. Contoh seperti pelayanan untuk rumah sakit. Sebab, EMR( Electronic Medical Record ) bertujuan untuk mendukung dan mensupport pelayanan kesehatan di Rumah Sakit sehingga tercapai pelayanan yang berkualitas dan berfokus pada keselamatan pasien.

    Muhamad Novel (1514000017)

  6. Avatar Husein says:

    Banyak pelaku kriminal mencoba mencari keuntungan dengan mencuri data Electronic Health Record (EHR) untuk dipasarkan kembali dalam pasar gelap. EHR tersebut bernilai cukup tinggi dipasaran karena juga terdapat informasi finansial termasuk kartu kredit, medical record, dan juga data lengkap sang pasien. Hal ini yang kemudian dapat di olah kembali dan dijadikan target untuk kejahatan siber lainnya.

    1514000022
    Husein

  7. Avatar Fahmi hardiansyah says:

    Karena bisa saja seorang cyber kriminal menjual data kesehatan pribadi dan mendapatkan untung dari menjual data tersebut atau bisa saja memeras langsung kepada sang pemilik data tersebut untuk menebusnya agar tidak disebar luaskan .

    Fahmi hardiansyah (1514000008)

  8. Avatar ganang says:

    EHR sangat penting karena merupakan sarana untuk bertukar data dan informasi . Sistem Informasi dapat memfasilitasi komunikasi antara perawat, dokter, dan anggota tim kesehatan lainnya dan meningkatkan hasil pasien. Selain itu, penggunaan sistem informasi akan menjamin kelengkapan dokumentasi perawatan pasien, memfasilitasi evaluasi hasil perawatan pasien, dan meningkatkan keselamatan pasien.

    Ganang Eko N (1514000003)

  9. Avatar Andri syahrian says:

    EMR sangat penting, karena termasuk aset rahasia perusahaan. Dan perlu diamankan karena data data tersebut bisa saja di salah gunakan oleh oknum oknum tertentu. Biasanya di gunakan untuk kejahatan atau di jual di pasar pasar gelap .
    Andri syahrian (1514000001)

  10. Avatar Muhammad Rifki Baharsah says:

    Penting.
    Karena dengan ada nya EMC itu, memudahkan pihak rumah sakit/tim medis untuk mencatat data yang diperlukan untuk kebutuhan medis, seperti data pasien, dokter yabg menangani, perawat dan obat-obatan.
    Dan EMC perlu diamankan, karena itu data yang sangat sensitif. Jika data itu di retas dan diubah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, akibatnya bergantungan dengan nyawa manusia.

    Muhammad Rifki Baharsah
    1514000007

  11. Avatar Dwi apriyanto says:

    Setelah meng-hack EMR, mereka masuk ke dalam database dan mencuri jutaan nomor jaminan sosial dan catatan lain

  12. Avatar Giovanni Marjulaga says:

    Penting pak karna manfaat teknologi informasi dalam rekam kesehatan elektronik yang paling tinggi adalah mengurangi medical error danmeningkatkan keamanan pasien (patient safety). Salah satu peranan kecil teknologi informasi dalam tindakan pencegahan medical error, yakni dengan melakukan pengaturan rekam medis pada suatu sistem aplikasi manajemen rekam medis. Dengan adanya sistem aplikasi manajemen rekam medis, maka medical error dalam pengambilan keputusan oleh tenaga kesehatan dapat dikurangi karena setiap pengambilan keputusan akan berdasarkan rekam medis pasien yang telah ada.

    Giovanni Marjulaga
    1514000018

  13. Avatar Intan Ulfa f says:

    EMR penting dalam data rumah sakit dan membutuhkan keamanan karena menyimpan data pasien dalam jumlah besar termasuk riwayat medis, hasil uji laboratorium, pengobatan , proses perawatan, dll yang bersifat pribadi dan merupakan informasi penting bagi rumah sakit.

    Intan ulfa f
    1514000015

  14. Avatar Achmad Hadromy M says:

    menurut saya penting utk diamankan, karna hal itu menyangkut masalah pribadi seseorang yg tidak untuk dipublikasi informasinya

    Achmad Hadromy Muchtar 1514000013

  15. Avatar Aang Arif Munandar says:

    EHR memang harus di lindungi karena mengandung data penting milik RS dan pasien. Hal ini yg memiliki nilai lebih oleh pelaku Cyber Criminal untuk melakukan aksinya…

  16. Avatar Rafelia Anggraeni says:

    Electronic Health Records atau Electronic Medical Records bernilai bagi pelaku Cyber Criminals karena dalam dunia kesehatan EHR dan EMR digunakan untuk Informasi pasien dari satu fasilitas pelayanan kesehatan dapat dishare dengan mudah ke fasilitas pelayanan kesehatan lain yang menangani pasien pada episode perawatan berikutnya, sehingga data pasien akan terintegrasi dan jelas riwayat kesehatannya sepanjang hidup individu.” Dari fungsinya telah diketahui jika hal tersebut bisa digunakan untuk pertukaran informasi kepada pihak lain, sehingga ada kemungkinan untuk melakukan tindak kejahatan untuk kesempatan para tindak kriminal. Rafelia Anggraeni || 1514000005

  17. Avatar Helmi Akbar says:

    Menurut saya, Electronic health records atau electronic medical records bernilai sangat penting bagi pelaku cyber criminals, karena Informasi data atau records tersebut dapat disalahgunakan atau digunakan sebagai ancaman (pemerasan) oleh pelaku cyber criminals dengan cara menyebarluaskan informasi data atau records tersebut kepada seseorang yang menginginkannya sehingga orang yang memiliki records tersebut merasa sangat dirugikan dan timbul rasa cemas dan ketidakamanan dalam melakukan checkup tentang kesehatannya, maka diperlukan suatu tindakan keamanan dari pihak penyimpanan records.

    Helmi Akbar
    1514000009

  18. Avatar Rizki says:

    Electrobic Medical Records, sangat penting bagi petugas medis maupun pasien medis itu sendiri,

    Karena kalau seseorang sakit, tidak semua penanganan bisa sama antara pasien satu dengan pasien lainnya walaupun mengalami sakit yang sama…karena oerbedaan genetik dan latar belakang penyakit lain yang mungkin ada, oleh sebab itu catatan rekam medik di perlukan untuk memudahkan petigas medis untuk penanganan pasien tersebut.

    Terlebih lagi jika di tanggulangi di Rumah Sakit yang berbeda..pasien tersebut tidak perlu medikal check up menyeluruh karena sudah ada rekam medik dari Rumah Sakit lain yang pernah dia lakukan..

    Mengenai perlindungan rekam medik dari pencurian pun sangat penting, karena daya tersebut bisa di gunakan untuk menjatuhkan Dokter, Rumah Sakit yang bersangkutan ataupun membahayakan pasien itu sendiri, di sebabkan karena malpraktek..karena informasi rekam mediknya di tukar tukar ke pasien lain

    1514000021 – Muhamad Rizki Ramadhan

  19. Avatar Faisal Rizki says:

    Electronic Health Record (EHR) sangat penting bagi semua manusia terutama bagi pelaku cyber criminals, karna sudah banyak digunakan di berbagai rumah sakit di dunia sebagai pengganti atau pelengkap rekam kesehatan berbentuk kertas. Di Indonesia dikenal dengan Rekam Kesehatan Elektronik (RKE). Sejak berkembangnya e-Health, EHR menjadi jantung informasi dalam sistem informasi rumah sakit. EHR sudah mulai digunakan di beberapa rumah sakit di Indonesia khususnya rumah sakit dengan penanam modal asing (PMA), dan takutnya informasi data atau records tersebut dapat disalah gunakan sebagai ancaman pemerasan oleh pelaku cyber criminals dengan cara menyebarluaskan informasi data atau records tersebut kepada seseorang yg menginginkan nya, sehingga orang yg mempunyai data dan records tersebut merasa dirugikan dan timbul rasa khawatir dalam melakukan checkup tentang kesehatan nya, maka diperlukan suatu keamanan yg disebut electronic health record (EHR).

    1414000011 Faisal Rizki

  20. Avatar stela veranita anwar says:

    EMR digunakan oleh paramedic untuk mendokumentasikan , memonitor, dan memanage pelayanan kesehatan yang diberikan pada pasien di fasilitas pelayanan kesehatan . Data dalam EMR merupakan rekaman legal dari pelayanan yang telah diberikan pada pasien dan data tersebut disimpan serta dimiliki oleh fasilitas pelayanan kesehatan . Dan ehr merupakan kumoulan dari emr . EMR sangat penting dan harus diamankan karena jika berada di tangan yg salah, bbisasaja disalah gunakan.
    Stela veranita anwar
    1414000013

  21. Avatar Dicka Selamet Putra Pratama says:

    Rekan bisnis secara langsung bertanggung jawab di bawah Peraturan HIPAA dan tunduk sipil dalam beberapa kasus, hukuman pidana untuk membuat penggunaan dan pengungkapan informasi kesehatan dilindungi yang tidak diizinkan oleh kontrak atau diwajibkan oleh hukum. Rekan bisnis juga secara langsung bertanggung jawab dan dikenakan sanksi perdata karena gagal menjaga informasi kesehatan elektronik dilindungi sesuai dengan Peraturan Keamanan HIPAA
    Dicka Selamet Putra Pratama(1414000016)

  22. Avatar Fachri Rachmantijo says:

    penting agar data yang tercantum dirumahsakit tidak disalahgunakan orang lain dan EMR merupakan rekaman legal dari pelayanan yang telah diberikan pada pasien dan data tersebut disimpan serta dimiliki oleh fasilitas pelayanan kesehatan

    Fachri Rachmantijo 1414000027

  23. Avatar Rabbani Rodhi says:

    Penting,karena didalam EMR seseorang mengandung data diri(jaminan kesehatan),track record kondisi tubuh sesorang,sampai riwayat kesehatan seseorang.Fenomena Kebocoran EMR baru mulai terjadi di amerika tepatnya di Medstar Hospital yang menyebabkan kerugaian $5 billion dollar.Menurut saya salah satu cara melindungi EMR adalah dengan mengikuti hukum pidana tentang pencurian data identitas diri dan juga memperbaiki keamanan penyimpanan data EMR agar setara dengan level keamanan web,aplikasi pemerintahan karena data EMR menyangkut nyawa manusia.EMR juga perlu di integritaskan dengan E-ktp karena EMR akan menyesuaikan data diri,riwayat kesehatan dengan e-ktp agar data terintregitas.

    Rabbani Rodhi1414000028

  24. Avatar Qothrun Nada says:

    Karena EMR (Electronic Medical Record) berisi riwayat kesehatan dan penyakit pasien, hasil tes diagnostik, data-data medis lainnya dan informasi biaya perawatan. Cara melindungi EMR adalah dengan menegakkan hukum, karena EMR merupakan dokumen hukum. Maka keamanan berkas sangatlah penting untuk menjaga keotentikan data baik rekam kesehatan kertas maupun rekam kesehatan elektronik.

    Qothrun Nada 1414000019

  25. Avatar Alfredo says:

    EMR sangat penting karena bertujuan untuk mendukung dan mensupport pelayanan kesehatan di Rumah Sakit sehingga tercapai pelayanan yang berkualitas dan berfokus pada keselamatan pasien.penerapan EMR maka harus dipastikan bahwa SDM yang akan mengoperasikan sistem tersebut memahami dan dapat menggunakan sesuai prosedur dan standar yang ada sehingga dapat tercapai hasil yang optimal.

    Alfredo 1414000006

  26. Avatar Muzakir says:

    Tergantung dimana ERC itu digunakan. Jika di Amerika 90% warganya sudah terjamin melalui nomer jaminan kesehatan maka sudah pasti hal tersebut perlu dilindungi. Karena nomer tersebut dapat di salah gunakan untuk membuat identitas baru bagi imigran gelap. Jika di Indonesia hal tersebut masih belum bisa diterapkan. Sehingga langkah awalnya adalah menerapkan sistem ERC secara Nasional dan selanjutnya sistem itu diperkuat keamanannya agar segala Track record pasien dapat terlindungi dari oknum yang tidak bertanggung jawab. Muzakir 1414000010

  27. Avatar Anabella Mayzira says:

    Banyak rumah sakit telah menggunakan sistem tradisional dalam rekam medis dengan menggunakan kertas, yang memiliki beberapa masalah diantaranya kesalahan dalam memberikan pemberian obat oleh perawat. Sistem electronic medical record (EMR) atau catatan medis elektronik bisa memberikan solusi untuk masalah ini. Electronic Medical Record(EMR) adalah kumpulan sistematis informasi kesehatan pasien berbasis elektronik yang terhubung dan terintegrasi dengan sistem informasi dalam jejaring rumah sakit. Data tersebut meliputi data demografi, riwayat medis, pengobatan, hasil uji laboratorium dan radiologi, proses keperawatan, discharge planning dan bahkan informasi penagihan. Dalam dokumentasi proses keperawatan bahasa perawatan memainkan peranan penting dalam menjelaskan dan mendefinisikan fenomena dan tindakan keperawatan. Standarisasi bahasa perawatan (Standardized Nursing Language) dengan definisi yang diterima secara umum memungkinkan disiplin untuk menggunakan sistem dokumentasi elektronik (EMR). Dengan EMR, data pasien dapat diakses langsung, pasien dapat dilacak dengan mudah dan memberikan perlindungan yang dapat membantu mencegah kesalahan medis. ERM atau bisa kita sebut rekam medis, mengapa begitu berharga bagi para cyber crimials? Menurut saya, karena dengan memanfaatkan rekam medis seseorang, para hacker/cyber crime dapat leluasa menyalahgunakan hal tersebut untuk kepentingan pribadi. Disamping itu dengan adanya sistem terkomputerisasi yang terhubung langsung dengan internet, akan semakin memudahkan para “penjahat cyber” untuk memuluskan pekerjaan mereka. Lalu, seluruh data yg ada didalam rekam medis merupakan data pribadi yang sangat detail bahkan dengan adanya data yg bersifat privasi tersebut seorang hacker dapat menganalisa targetnya untuk melancarkan aksinya. Dengan adanya ERM, dengan tanpa cacat seperti sistem tradisional, akan semakin memudahkan si hacker untuk melakukan kejahatan sesuai dengan keinginan mereka.

    Anabella Mayzira – 1414000024

  28. Avatar Kelvin says:

    Keamanan data pasien dari EMR(Electronic Medical Records) sangatlah berharga karena terdapat data data dari pasien seperti nomor jaminan sosial, data pribadi dan riwayat penyakit dari pasien. sehingga data tersebut rentan untuk disalahgunakan oleh pihak pihak yang tidak berwenang untuk mengambil keuntungan dari data data tersebut dan data itu dapat diperjual belikan di pasar gelap. maka dari itu kemanan dari EMR sangatlah penting untuk dijaga dari pelaku kejahat cyber dan oknum oknum yang tidak berwenang..
    Kelvin B (1414000014)

  29. Avatar Rizky Rianti says:

    Penting, karena EMR merupakan kegiatan mengkomputerisasi isi rekam medis dan proses yang berhubungan dengan pasien, yang berarti berisikan data-data penting pasien, seperti data demografi, riwayat medis, pengobatan, hasil uji laboratorium dan radiologi, proses keperawatan, discharge planning dan bahkan informasi penagihan. Cara melindungi EMR menurut saya adalah bukan hanya bertumpu pada aspek regulasi dan legalnya hukum tentang EMR, namun harus menegakkan hukum yang lebih jelas lagi, karena hukum mengenai EMR masih belum jelas. Banyak masyarakat yang mengharapkan bahwa hukum EMR dapat lebih ditegakkan lagi agar keamanan berkas dapat lebih terjaga dan tidak dibobol/diambil oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan sehingga agar masyarakat dapat lebih merasa aman lagi.

    Rizky Rianti – 1414000001

  30. Avatar Robiatul Adawiyah says:

    Penting, karena penggunaan EMR menurunkan medical errors, menurunkan angka kematian dan readmisi pasien , menurunkan pengulangandokumentasi , meningkatkan produktivitas kerja perawat dan menurunkan biaya perawatan. Selain informasi kesehatan pribadi, atau PHI, EHRs mengandung nomor Jaminan Sosial, yang tidak pernah berakhir (expired) dan penggunaan data untuk cybercriminal dari SSN yang tidak mudah terdeteksi. Dengan menegakkan hukum yang telah ada maka keamanan terhadap EMR akan terjamin.

  31. Avatar 1414000008_GilanhBroto says:

    Penting, karena memudahkan perawat dan dokter untuk mencari riwayat pasien. Menghemat biaya dan data yang lebih akurat. Meningkatkan produktivitas kerja. EMR memperbaiki komunikasi dan kontinuitas pelayanan pasien dan mendukung keselamatan pasienserta meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pasien

  32. Avatar Fahmi says:

    Dalam pasal 13 ayat (1) huruf b permenkes 269 tahun 2008 tentang pemanfaatan rekam medis “sebagai alat bukti hukum dalam proses penegakkan hukum, disiplin kedokteran dan kedokteran gigi dan penegakkan etika kedokteran dan etika kedokteran gigi”. Karena rekam medis merupakan dokumen hukum. Maka keamanan berkas sangatlah penting untuk menjaga keotentikan data baik dalam bentuk fisik maupun EMR. EMR juga merupakan alat bukti hukum yang sah. Hal tersebut juga ditunjang dengan Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) pada pasal 5 dan 6.

    Fahmi Setya Ilman
    1414000021

  33. Avatar 1414000005 Fajar Maulana says:

    Analisis saya soal tersebut yaitu Para Cyber Criminals sangat membutuhkan Data tersebut (EMR) jelas sangat penting dan bernilai, karena mereka (Cyber Criminal) bisa menyalahgunakan informasi tersebut untuk melakukan kejahatan seperti menjual data kesehatan pasien dan pemerasan. Apalagi jika data yang disalahgunakan tersebut merupakan data pejabat negara atau menteri. Untuk itu perlu dibuat aturan atau undang-undang tentang EMR seseorang dan dibuat sistem untuk menjaga EMR sesorang. Saya rasa perlu untuk mengintegrasikan E-KTP dengan EMR agar bisa diketahui dan diakses dimanapun.

  34. Avatar ridho pratama says:

    bisa saja pengambilan data ehr dijadiikan bahan untuk mencelakakan orang lain secara fisik. jadi kasusnya menjadi meluas, dari cybercrime menuju terorisme fisik yang juga tak kalah mengkhawatirkan dan menakutkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *