Panduan Penghargaan Terhadap Sumber Karya Ilmiah dan Penulisan Sumber Kutipan (Gaya Selingkung) IKPIA Perbanas

image_print

Kegiatan penelitian selain berisi aktifitas penelitiannya sendiri, juga disertai dengan kegiatan diseminasi hasil penelitian yang pada umumnya berupa karya ilmiah yang dipublikasikan. Salah satu bagian yang terpenting dalam penulisan karya ilmiah adalah menyebutkan dengan jelas kontribusi yang dihasilkan oleh sebuah penelitian dengan tetap memberikan penghargaan kepada hasil-hasil penelitian sebelumnya yang menginspirasi atau mendasari penelitian tersebut atau dengan kata lain melakukan pengutipan dengan menyebutkan sumbernya.

Dalam penulisan karya ilmiah, tidak memberikan penghargaan kepada karya dan/atau karya ilmiah orang lain yang mempengaruhi, menginspirasi atau menjadi dasar karya ilmiah yang ditulis, dipandang sebagai perbuatan pencurian. Oleh sebab itu, sangat penting bagi seorang peneliti untuk bersikap jujur dan menyebutkan secara jelas dalam karya ilmiah yang ditulisnya hal-hal yang menjadi kontribusinya dan hal lainnya yang merupakan kontribusi, ide atau milik orang lain.

Guna membekali civitas akademika di lingkungan IKPIA Perbanas dengan rujukan mengenai penulisan sumber kutipan pada sebuah karya ilmiah, maka dibuatlah sebuah Panduan Penghargaan Terhadap Sumber Karya Ilmiah dan Penulisan Sumber Kutipan yang tertuang dalam Surat Keputusan Rektor IKPIA Perbanas bernomor: 005/SK.P/III/ IKPIA/2015, atau yang umum dikenal sebagai Gaya Selingkung, dan selanjutnya dijadikan rujukan penulisan karya ilmiah di lingkungan IKPIA Perbanas.

Selengkapnya Panduan Penghargaan Terhadap Sumber Karya Ilmiah dan Penulisan Sumber Kutipan IKPIA Perbanas dapat diunduh di SK Gaya Selingkung

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.