PELUANG SUKSES UNTUK GENERASI MUDA

image_print

 

Dalam mencapai kesuksesan seseorang  di bisnis banyak dilakukuan dengan diawali sebuah ide sampai memasarkan produk .  Berkembang saat ini di kalangan orang muda kegiatan memasarkan bisa dengan cara pemasaran Langsung adalah sistem pemasaran yang bersifat interaktif yang memanfaatkan suatu atau beberapa media iklan untuk menimbulkan respon dengan pertukaran atau transaksi di sembarang lokasi. Sekarang jamannya on-line kesempatan untuk berbisnis dengan biaya modal rendah, dengan cara memafaatkan perkembangan teknologi menjadikan peluang untuk mengembangkan usaha sebagai salah satu peluang meraih sukses. Menurut Kotler dan Armstrong (2003:137) Meskipun ada banyak bentuk pemasaran langsung; surat langsung dan katalog, pemasaran telepon, pemasaran online, dan lainnya. Semuanya terbagi dalam karakteristik yang berbeda.

Meniti karir mengawali dengan menjadi wirausaha  sampai sukses:

1.memiliki visi dan tujuan  yang jelas2.

2.Inisiatif dan selalu proaktif

3.Berorientasi pada prestasi

4.Kerjakeras dan tanggung jawab

5.Mengembangkan dan memelihara hubungan baik dengan berbagai pihak

Kerangka Model

 

Kerangka model  adalah suatu  konseptual tentang bagaimana teori berhubungan dengan berbagai faktor yang telah diidentifikasi sabagai masalah riset ( Umar, 2003 : 157). Kerangka pemikiran  yang nantinya dapat dikembangkan dalam penelitian adalah sebagai berikut menggambarkan adanya hubungan antar variabel yang nantinya akan diteliti yang pada akhirnya akan membuktikan apakah ada pengaruh antara semangat  Gaya Hidup orang muda dengan Peluang Meraih Sukses yang berkembang dikalangan Pendidikan Tinggi. Penulis melakukan pengamatan pada mahasiswa yang pernah mengambil mata kuliah Kewirausahaan dan Praktikum Bisnis di IKPIA Perbanas.

Semagat wirausaha yang berkembang di kalangan orang muda muncul karena perkembangan pola pikir yang semakin berubah, daya kreativitas yang dihadapkan pada perkembangan Ilmu maupun Teknologi akan memotivasi mencari kehidupan yang lebih mandiri dengan cara berwirausaha.Peneliti akan mengukur semangat ini dengan adanya Evolusi produk, ilmu pengetahuan, perubahan gaya hidup , selera dan hobi yang dapat dikembangkan menjadi bentuk usaha yang mendatangkan untung, perubahan tehnologi, perubahan budaya, perubahan struktur pemerintahan dan politik serta intrapreneurship.

Sedangkan cara untuk  Meraih Sukses atau kehidupan yang lebih baik adalah   kesuksesan seseorang bukan hanya di ukur mereka bisa bekerja dimana  dan di kantor apa, namun apakah bisa menciptakan pekerjaan yang dapat mendatangkan atau meningkatkan nilai tambah, banyak peluang dalam mencapai kesuksesan.   Dalam  mengukur dari hasil pengamatan yang selama ini dan berhasil dipersepsikan untuk menjadi acuan adalah adanya pertumbuhan perusahaan , banyaknya peluang bisnis, keyakinan pilihan hidup, dukungan edukasi kewirausahaan, dukungan keluarga, dan lingkungan.

Wawancara Lisan  yang dilakukan kepada beberapa mahasiswa , pengumpulan data melalui Tanya Jawab langsung  yang disebut sebagai orang muda penerus bangsa , sebanyak 6 orang  digunakan untuk merealisasikan hasil pengamatan yang artinya mengangkat kesimpulan sebagai suatu yang berlaku bagi orang muda pada umumnya

Hasil dan Pembahasan

Peluang Meraih Sukses dengan cara berwirausaha:

menunjukkan adanya tingkat signifikansi antra semangat wirausaha dan peluang meraih sukses menandakan hubungan yang rendah yang disebabkan  dari usia masih tergolong muda. Rendahnya semangat wirausaha  dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diamati  dan menjadi pertimbangan lebih lanjut untuk bahan penelitian. Faktor yang dimaksud adalah:

  1. Kurang/tidak ada dukungan dari keluarga karena pada umumnya orang tua menyekolahkan anak memberikan harapan untuk menjadi pegawai bukan menjadi pengusaha.
  2. Lingkungan pergaulan atau lingkungan dimana bertempat tinggal tidak menginspirasi untuk karir menjadi pelaku usaha.
  3. Pola pikir sekolah/kuliah lulus menyandang gelar.
  4. Kendala modal yang selalu diukur bahwa modal selalu diartikan uang.
  5. Generasi muda masih banyak yang tidak berani menanggung risiko mencari aman dengan cara kerja dibawah kepemimpinan orang lain.

Bagaimana menumbuhkan semangat berwirausaha?

Memulai dan menyiapkan sebuah bisnis baru (Hendro 2011:196)  Bila anda ingin dapat terbang, bergabunglah dengan angsa, bukan sesama itik. Bila anda ingin berbisnis, bergaullah dengan entrpreneur yang sukses, janganlah bergaul dengan orang yang tidak memiliki motivasi  atau harapan . Keluarlah dari sarang mereka dan carilah elang-elang perkasa untuk mendapatkan sedikit serpihan  daging agar  anda menjadi elang muda yang mampu mencari makan sendiri.

Sedini mungkin anda yang masih muda , secara fisik lebih kuat, kesempatan berfikir lebih cemerlang, kreativitas lebih beragam  dan kemajuan jaman lebih berpeluang. Dalam merintis sebuah bisnis  apapun yang dikerjakan atau diusahakan optimis  bisa berakhir dengan kesuksesan jika faktor kegagalan bisnis sebagai  biaya belajar dan dipelajari , dicegah diantisipasi serta diatasi dengan baik.

Penulis  memberikan rekomendasi dari hasil penelitian sebagai berikut:

1.Temuan  dalam penelitian mengimplikasi bahwa mata  pelajaran/kuliah Entrepreneurship perlu dipertimbangkan  untuk diajarkan sejak dini pada usia sekolah menengah sampai perguruan tinggi arena karena yang diajarkan mempengaruhi sikap  dan perilaku seseorang dalam mendorong minat menjadi usaha mandiri , melalui pendidikan seseorang akan lebih mempunyai keyakinan dalam berusaha

2.Generasi muda hendaknya bercita-cita menjadi pengusaha bukan pekerja, karena pengusaha juga bekerja atas dasar keyakinan dan berani menghadapi risiko akan menjadi pengusaha sejati.

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.