Penilaian Profil Risiko Pasar (Market Risk)

image_print

Dalam dunia bisnis Perbankan terdapat delapan jenis risiko yang harus dikelola, diantaranya : Risiko Kredit, risiko pasar, risiko likuiditas, risiko operasional, risiko hukum, risiko reputasi, risiko stratejik dan risiko kepatuhan, yang wajib meneerapkan manajemen risiko untuk seluruh risiko yang ada (Riyadi, 2017:344-358).

Adapun dalam penilaian profil risiko pasar atau market risko adalah kerugian yang terdapat pada laporan keuangan (on Balance Sheet) dan rekening administratif (off Balance sheet) yang bersumber dari trading book dan banking book bank. Risiko pasar dari trading book adalah risiko kerugian nilai investasi yang terjadi karena melakukan dan penjaualan instrumen secara terus menerus di pasar dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan, tetapi pada kondisi tertentu terjadi penurunan haega jual karena kondisi pasar yang tidak stabil atau fluktuatif. Sedangkan risiko yang bersumber dari banking book merupakan konsekuensi alamiah dari sifat bisnis bank yang dilakukan dengan nasabahnya, dimana sumber dana berjangka pendek sementara pemberian kredit berjangka panjang sehingga terjadi mismatch antara sumber dan penggunaannya.

Risiko pasar meliputi jenis-jenis risiko : risiko tingkat bunga, risiko nilai tukar (kurs), risiko ekuitas dan risiko komoditas, dimana penilaiannya dilakukan berdasarkan komponen risiko pasar inheren dan kualitas sistem pengendalian.

Untuk pembahasan lebih lengkap dapat dibaca dari sumber aslinya yaitu Buku : Manajemen Perbankan Indonesia (Teori, Praktek dan Studi Kasus) yang diterbitkan oleh RajaGrafindo Persada, Jakarta. (20017).

Referensi :

Riyadi, Selamet (2017). Manajemen Perbankan Indonesia (Teori, Praktek dan studi Kasus).  RajaGrafindo Persada : Jakarta

Avatar About Selamet Riyadi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *