Seberapa Pentingkah Talent Management? oleh Ch. Endah Winarti

image_print

Seberapa Pentingkah Talent Management?
oleh Ch. Endah Winarti

Dalam persaingan bisnis yang semakin ketat perusahaan memerlukan karyawan yang memiliki kualitas lebih tinggi dari para pesaingnya. Perusahaan perlu metode untuk mengelola karyawan. Untuk itu perusahaan membutuhkan Talent Management. Tujuan Talent Management adalah untuk memastikan talent yang tepat. Talent adalah karyawan yang sangat kompeten, memiliki informasi, dan dapat membuat keputusan penting dalam organisasi yang fleksibel tetapi terkendali (Kearns: 2006). Talent yang tepat berarti sesuai dengan strategi bisnis perusahaan.
Talent management terkait dengan beberapa proses sebagai berikut. Proses yang pertama, onboarding yaitu proses pengembangan dan pendidikan untuk karyawan yang baru masuk/diterima di suatu perusahaan. Tujuannya untuk memperkuat kemampuan karyawan dalam melaksanakan tugasnya. Memperoleh karyawan dengan kemampuan dan ketrampilan yang baik merupakan hal yang sangat penting bagi suatu perusahaan agar perusahaan dapat berjalan dengan optimal. Proses yang kedua adalah mengembangkan kemampuan dan memelihara karyawan yang sudah ada di perusahaan. Hal ini merupakan kegiatan yang sangat penting karena jika karyawan yang berkemampuan tinggi sampai pindah ke perusahaan lain maka perusahaan mengalami kerugian yang besar. Mempertahankan karyawan bisa dilakukan dengan antara lain; meningkatkan kesejahteraan, menyediakan fasilitas yang baik, menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan , memberikan pekerjaan yang menantang, memberikan otonomi yang cukup, program karier yang baik, dan pastinya memberikan kompensasi yang baik. Proses yang ketiga adalah merekrut karyawan dengan kemampuan atau kompetensi yang baik, komitmen yang tinggi, dan memiliki karakter yang baik untuk bekerja di perusahaan.
Talent management juga sering dikaitkan dengan suksesi manajemen. Perusahaan harus mendapatkan dan mengembangkan talent agar pergantian kepemimpinan dapat berjalan dengan mulus.
Talent management merupakan aktivitas menyeluruh dan terintegrasi untuk memastikan bahwa perusahaan menarik, mempertahankan, memotivasi, dan mengembangkan karyawan berbakat yang dibutuhkan saat ini dan waktu yang akan datang agar perusahaan mampu bersaing.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *