Penyimpanan Data Berbasis Web

image_print
Sempat beberapa hari yang lalu, secara tidak sengaja saya menghapus semua file saya (3000-an files) yang ada di laptop.  Namun saya ingat bahwa saya menggunakan Dropbox untuk menyimpan semua file tersebut sehingga semua file saya juga ada di laptop yang lain dan di komputer di kantor. Sehingga semua file saya dapat terselamatkan dengan baik.  Dropbox juga membuat saya dapat mengubah file di satu tempat dan tersinkronisasi di tempat lainnya.

Apa sih Dropbox itu?

Dropbox adalah salah satu layanan penyimpanan data berbasis web yang dioperasikan oleh Dropbox, Inc (www.dropbox.com).  Dengan menggunakan dropbox maka kita dapat menyimpan file berbentuk apapun  dan dapat dibuka dimanapun dengan menggunakan akses intenet.  Dropbox dapat dibuka di komputer, laptop, tablet, bahkan di smartphone. Untuk menggunakan dropbox dapat secara gratis atau berbayar.
Selain dropbox, kita dapat juga menggunakan layanan penyimpanan data berbasis web lainnya, seperti Goggle Drive,  Windows Live SkyDrive, iBox.net, FilesAnywhere, CloudMe, CrashPlan, Egnyte, iCloud, Mozy, SpiderOak, SugarSync, TitanFile, Ubuntu One, Wuala dan ZumoDrive.
Mengingat data kita di komputer adalah penting, maka ada baiknya kita menggunakan layanan penyimpanan data berbasis web, sehingga jika suatu saat secara tidak sengaja data di satu tempat hilang, maka masih dapat terselamatkan.

You may also like...

2 Responses

  1. Adi says:

    Apa bedanya dengan Google Drive?

  2. Adele says:

    Pak Adi yang baik,
    perbedaan dropbox dan google drive adalah sebagai berikut:
    1. Ukuran file pada dropbox tidak terbatas
    2. Untuk memperbesar kapasitas dropbox dapat secara gratis
    3. App dropbox sudah tersedia untuk berbagai sistem operasi seperti windows, mac, linux, android, iOS, blackberry, dan kindle.
    Terima kasih untuk pertanyaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.