PLASTIK BERBAYAR (LANJUTAN)

image_print

Masalah plastik berbayar diawali dari timbunan sampah masyarakat yang sebagian besar terdiri atas sampah rumah tangga yang terbuat dari plastik. Plastik merupakan bahan yang tidak dapat diserap habis oleh tanah dan menjadi masalah karena menjadi perusah lingkungan tanah.

Menghadapi masalah seperti ini, muncullah peraturan tentang plastik berbayar. Peraturan yang dikeluarkan tentu saja memiliki harapan agar permasalah sampah plastik dapat terpecahkan. Akan tetapi, permasalahan sampah plastik bukanlah satu masalah yang mudah untuk diselesaikan dalam waktu singkat.

Sampah plastik berhubungan dengan cara hidup masyarakat yang sudah terbiasa memanfaatkan plastik sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Melihat kebutuhan plastik yang cukup tinggi, pengusaha plastik memiliki peluang untuk membuka usaha pembuatan barang kebutuhan dari bahan plastik. Pihak Pemerintah mencoba untuk mengurangi penggunaan plastik dengan peraturan plastik belanja berbayar.

Apakah peraturan tersebut cukup berhasil? Ke mana uang yang dikumpulkan tempat-tempat belanja dari konsumen? Apakah pengusaha plastik belanja mengurangi produksinya karena permintaan semakin sedikit? Apakah sampah platik berkurang setelah ada peraturan plastik berbayar?

Sebagai seseorang yang sehari-hari memiliki pekerjaan yang berhubungan dengan penelitian, sebenarnya saya memiliki minat yang cukup besar untuk melakukan penelitian untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul. Semoga

 

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.