Produk yang Paling Banyak Dibeli Secara Online Serta Alasannya oleh Ch. Endah Winarti

image_print

Produk yang Paling Banyak Dibeli Secara Online Serta Alasannya

Salah satu manfaat dari Internet adalah dapat digunakan untuk berbelanja yang sering
disebut dengan online shopping yang lebih dikenal dengan sebutan e-commerce
(electronic commerce).
Melalui e-commerce terjadi transaksi antara penjual dan pembeli melalui media elektronik dari internet dengan membentuk perjanjian mengenai harga dan pengiriman barang atau jasa tertentu dan menyelesaikan transaksi melalui pengiriman dan pembayaran barang atau jasa sesuai kontrak (Guay dan Wttwein: 1998) dalam Shomad (2013).
Produk-produk yang sering dibeli secaara online adalah produk Fashion sebesar 78%, disusul Mobil 46%, Consumer electronics 43%, Books and magazines 39%, dan Groceries 24%. Lihat data gambar di bawah ini.

Terdapat banyak pertimbangan dalam memutuskan pembelian produk secara online, antara lain sebagai berikut. Pertama adalah faktor kemudahan. Kemudahan merupakan salah satu daya tarik bagi konsumen untuk melakukan pembelian secara online. Bagi konsumen yang memiliki keterbatasan waktu untuk berkunjung ke toko-toko tradisional, mendorong ia untuk berbelanja online karena salah satu kemudahan dari pembelian secara online adalah bisa diakses dimana saja. Kemudahan baik dalam hal mengoperasikan situs, cara bertransaksi, sampai dengan pengiriman barang, merupakan hal yang penting dalam jual beli secara online. Kedua adalah faktor kepercayaan. Pada waktu seorang berbelanja online, hal yang menjadi pertimbangan konsumen adalah popularitas website online shopping tersebut. Semakin popular suatu website, maka pembeli lebih yakin dan percaya terhadap reliabilitas website tersebut. Ketiga adalah faktor harga. Harga merupakan salah satu faktor penentu yang berkaitan dengan keputusan membeli konsumen. Konsumen akan membeli suatu produk jika harganya dipandang layak oleh mereka. Biasanya harga di toko online lebih murah dibandingkan harga di toko trasisional

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.