Kurs Dolar dan Ekonomi Dunia

http://www.economist.com/news/leaders/21711041-rise-greenback-looks-something-welcome-ignore-central-role

 




Edhi Juwono – Masukan dan Luaran?

Belakangan ini beredar penggunaan istilah “luaran” sebagai istilah atau kata yang diterjemahkan dari “output‘”

Coba kita telaah apakah penggunaan istilah “luaran” tepat untuk “output“. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan melihat antonim atau lawan katanya. Antonim dari “output” adalah “input“.

Istilah “input” diterjemahkan sebagai “masukan”. Selanjutnya, kata masukan berasal dari kata masuk, dan antonim dari kata “masuk” adalah “keluar”. Jika kita menggunakan kata “luaran”, kata istilah ini berasal dari kata “luar”. Antonim dari kata “luar” adalah “dalam”. Jadi, jika kita menggunakan istilah “luaran” sebagai terjemahan dari “output“, seyogianya kita akan menggunakan istlah “dalaman” sebagai penerjemah kata “input“.

Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa, selama kita masih menggunakan istilah “masukan”–untuk menerjemahkan kata input, seyogianya kita menggunakan istilah “keluaran” sebagai kata terjemahan dari “output‘.




YANG PERTAMA MENERAPKAN on -LINE BANKING

 

Di jajaran perbankan nasional, pada tahun 1987  menjadi pionir yaitu dalam jasa ATM. “Perkembangan ATM (Automated Teller Machine), yang diberi nama “Niaga Cash”, sangat menggembirakan. Dengan kemampuan sistem komputer on line, nasabah dapat menarik dananya pada setiap

ATM CIMB Niaga selama 24 jam.” (Sumber: Laporan Tahunan1988)

Dibulan   Juni    1989,    dilakukan  initial     public    offering (IPO)     di Bursa Efek jakarta.

Setelah selesai masa penawaran, hasil perhitungan menunjukkan bahwa pemesanan saham CIMB Niaga mencapai 20,9 juta saham atau sekitar empat kali lipat dari saham yang ditawarkan (yakni sebanyak 5 juta saham)… berarti saham CIMB Niaga banyak diminati investor dan masyarakat.

Citra CIMB Niaga yang positif di hadapan masyarakat, penanganan manajemen yang berhati-hati serta indikator kinerja keuangan yang meyakinkan sangat mendukung sukses go public ini.” (Sumber: “40 Tahun Kiprah CIMB Niaga”)

“… CIMB Niaga will always be conscious of its social commitments as a corporate citizen ofIndonesia, a responsibility held as an extension and part of our business responsibility to our shareholders and our clients.” (Sumber: laporan Tahunan 1992)

Pada masa yang penuh tantangan berat bagi CIMB Niaga. CIMB Niaga berhasil mengatasi dampak dari krisis ekonomi dan perbankan nasional yang terjadi mulai tahun 1997 di Indonesia. Sementara itu, CIMB Niaga tetap mempertahankan posisinya dalam 10 bank terbaik dalam Kualitas Pelayanan. Dengan dukungan pemegang saham mayoritas yaitu Commerce Asset – Holding Berhad, lembaga keuangan Malaysia terkemuka, CIMB Niaga siap untuk mewujudkan visinya menjadi satu dari lima bank terbesar di Indonesia.

Pada tahun 1981-1982, CIMB Niaga menerapkan jaringan banking on-line antar cabang dan menjadi salah satu bank yang pertama di Indonesia. “Dibidang operasi, yang menonjol adalah ditingkatkannya sistim komputer di seluruh cabang-cabang CIMB Niaga di Jakarta dan Surabaya. Dalam peningkatan sistim ini diharapkan, setiap nasabah yang menjadi nasabah dari salah satu cabang CIMB Niaga di Jakarta, dapat menyetor dan mengambil uang tunai maupun kliring di semua kantor cabang CIMB Niaga di Jakarta Raya.” (Sumber: Laporan Tahunan 1983).

Budaya kerja di CIMB Niaga semakin diperkuat di mana para pendiri, shareholders dan manajemen senantiasa bekerja dengan prinsip kepentingan stakeholders harus didahulukan. Itulah inti dasar Good Corporate Governance.

Berbagai produk & jasa baru untuk menjawab kebutuhan nasabah,  telah dibuka Cabang Pembantu Kebayoran. Cabang baru ini dengan cepat berhasil menghimpun dana dan melaksanakan Proffesional Loan Program (P.L.P), yaitu program pemberian kredit kepada golongan profesi seperti Dokter, Insinyur, dan lain-lain.” (Sumber: Laporan Tahunan 1976).

Dengan penghapusan pagu kredit dan pengurangan kredit likuiditas Bank Indonesia

(PaketKebijakan 1 Juni 1983 – Pakjun 1983), CIMB Niaga menyadari kecenderungan iklim perbankan yang berkembang ke arah persaingan merebut pasar. Karena itu walaupun indikator-indikator keuangannya memungkinkan untuk ekspansi, CIMB Niaga memilih kebijakan operasional yang lebih konservatif dan hati-hati dengan titik berat pada peningkatan pelayanan, pendidikan dan konsolidasi organisasi. Kebijakan operasional CIMB Niaga tadi tampaknya sejalan dengan perkembangan ekonomi yang mengalami kelesuan selama pertengahan dasawarsa 1980-an, sebagai dampak berkepanjangan dari kemerosotan laju pertumbuhan ekonomi negara-negara industri maju yang berawal tahun 1980.” (Sumber: “40 Tahun Kiprah CIMB Niaga)

Kembali melakukan berbagai terobosan untuk semakin mengenali dan dekat dengan nasabah  pada tahun 1987 dicanangkan sebagai Tahun Kualitas dan tahun 1994-1998 sebagai Tahun Nasabah.

Tahun nasabah ditandai dengan penambahan jaringan authorized money changer, di cabang Jakarta-Kota, cabang Hasanuddin, cabang Cirebon, cabang Ujung Pandang, membuka unit-unit Kas Mobil diberbagai kampus, dan dihasilkannya berbagai produk-produk perbankan baru.” (Sumber: Laporan Tahunan 1985)

CIMB Niaga ditempatkan sebagai Bank Take Over di bawah pengawasan Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN). Berbeda dengan bank-bank lain yang diambil alih, CIMB Niaga tidak memiliki masalah penyelewengan dana BLBI ataupun pelanggaran batas maksimum pemberian kredit (BMPK) kepada kelompok terafiliasi. Apa yang terjadi pada bulan April 1999 saat mana CIMB Niaga diambil alih oleh BPPN, semata-mata disebabkan karena ketidakmampuan pemegang saham Bank Niaga menyediakan 20% kebutuhan dana rekapitalisasi.” (Sumber: Laporan Tahunan 1999)

Setelah mencermati perkembangan pasar, mulai tahun 1998 CIMB Niaga memperluas pasar perbankan konsumer dan memperbesar basis nasabah yang solid dan loyal dari kelompok menengah-atas yang dikembangkan ke kelompok menengah dengan cara menciptakan berbagai produk unggulan yang merupakan solusi tepat-guna demi meningkatkan kepuasan nasabah.

Mulai tahun 2001, CIMB Niaga mengubah sistem teknologi informasinya dengan sistem yang lebih canggih dan sempurna. Investasi pada bidang teknologi ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang mudah diakses nasabah di manapun dan kapanpun, cepat, aman, serta merupakan solusi bagi nasabah.

Beberapa prinsip dan implementasi tata kelola perusahaan yang baik bukanlah hal yang baru di CIMB Niaga. Sejak pertengahan dasawarsa 1980-an

kepada setiap karyawan telah diberlakukan Standar Etika dan Perilaku Karyawan termasuk pengaturan hal-hal yang terkait dengan Pertentangan Kepentingan. CIMB Niaga juga mempunyai tradisi memisahkan dengan tegas peran dan latar belakang hubungan personil antara Komisaris dengan Direksi. Selalu ditegaskan pentingnya prinsip-prinsip kemandirian, transparansi, keadilan, tanggung jawab,akuntabilitas dan kepatuhan dipegang teguh dalam setiap tindakan dan perilaku usaha sehari-hari.” (Sumber: Laporan Tahunan 2000)

Pada 28 Mei 2008 (setelah mendapat persetujuan RUPSLB), PT Bank Niaga Tbk berganti nama menjadi PT Bank CIMB Niaga Tbk,

Menkumham memberikan persetujuan pergantian nama dari PT Bank Niaga Tbk menjadi PT Bank CIMB Niaga Tbk. Selanjutnya  Bank Indonesia memberikan persetujuan pergantian nama tersebut.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 




Kursus & Bahan IELTS Gratis

University of Queensland Australia mulai 27 November 2016 menawarkan kursus gratis IELTS.

Sila klik: University of Queensland free online courses on IELTS

Di sini juga ada berbagai materi IELTS, klik: Bahan IELTS




PASUTRI sebagai ENTREPRENEURSHIP

Pasangan suami istri adalah mengemban amanah dalam keluarga, tugas suami memenuhi kebutuhan nafkah tidak selalu didominasi oleh yang namanya suami saja sekarang sudah bergeser bahwa peran istri untuk mendukung usaha suami sangatlah penting. Katanya laki-laki bekerja keras dari pagi sebelum matahari terbit sampai matahari terbenam itu pepatah lama, wanita bahkan lebih dari itu . Sekarang banyak wanita yang menggantikan pekerjaan laki-laki, ternyata wanita lebih gigih, berani dan tahan banting buktinya banyak wanita yang berhasil dengan memulai usaha kecil-kecilan  sampai akhirnya sukses tanpa meninggalkan kewajiban seorang wanita dalam mengatur rumah tangganya. Wanita berarti bisa untuk diajak kerjasama dalam memajukan usaha, alangkah baiknya kerjasama ini dilakukan dengan pasangan hidupnya, agar tujuan  sejalan minimal memajukan ekonomi rumah tangganya maksimal menunjukkan karya yang dibangun bersama untuk kepentingan masyarakat banyak.

Pasangan suami istri bisa dipastikan mempunyai Visi dan Misi yang sejalan, bisnis yang akan dirintis mempunyai pemikiran dan ketertarikan usaha yang simultan, lebih  mudah dalam menggerakkan  kegiatan bisnisnya apalagi didukung oleh anggota keluarganya.

Related image Image result for bisnis pasutriImage result for Bisnis sukses pasangan suami istriImage result for Bisnis sukses pasangan suami istri Image result for Bisnis sukses pasangan suami istri

Toko Pakaian                        Mengubah Sampah    Baju Muslim ke mancanegara   Susu kambing olahan       Exportir Kue Kering

ini beberapa contoh usaha sukses yang dikelola dengan rasa cinta, mereka orang-orang yang sukses dalam menjalankan bisnis yang dirintis dari nol .

Miliki Keterampilan Dalam Mengatur Skala Prioritas

Tugas seorang pelaku bisnis tidaklah mudah banyak tantangan yang dihadapi , bahkan bisa dibilang cukup berat. Tentunya hal ini ditujukan untuk mengembangkan usahanya yang mulai naik daun pasti akan menyita waktu lebih banyak.

Semakin meningkatnya usaha yang dimilikinya, kini pelaku bisnis akan disibukkan dengan tugas- tugas baru yang tidak biasanya dilakukan apalagi memulai bisnis memang diawali setelah perkawinan yang mulanya belum terpikir untuk mengarungi hidup dengan menjalankan usaha. Tugas secara rutin akhirnya  harus diselesaikan dengan segera supaya tidak menumpuk dan menghambat roda usaha tersebut  maka diperlukan komitmen yang tinggi dan dibutuhkan keterampilan khusus serta niat yang besar untuk tumbuh. Rajin, disiplin, semangat , bekerja dengan hati, kasih sayang dan mempunyai pemikiran dalam menggapai kehidupan yang lebih baik merupakan kunci sukses dalam mengembangkan usaha.

Contoh mengenai mengatur apa yang harus diprioritaskan pertama kali dalam menjalankan usaha tersebut adalah mengatur proporsi dalam menjalankan usaha, menjalin hubungan baik dengan mitra kerja,  menjalin hubungan yang baik dengan keluarga dan menjalin baik dengan lingkungan serta aktif dalam media sosial sebagai sarana usaha.

Buatlah target yang pas untuk membagi tugas walaupun usaha adalah bersama suami atau istri, dan milikilah kedisiplinan sehingga pekerjaan yang dilakukan tepat waktu. Hal ini penting karena meningkat atau tidaknya usaha yang dijalankan bergantung pada managemen waktu tersebut.

Sama halnya dengan  membuka usaha pasutri, managemen waktu juga diperlukan supaya hasil yang akan dicapai lebih maksimal dan mengurangi suatu resiko maksudnya mengantisipasi   adanya  kendala berarti selama menjalankan bisnis tersebut diusahakan lancar dan mempunyai target berhasil.

Bisnis yang cocok bagi Pasutri:

Bisnis makanan, bisnis online, pendidikan dan penitipan anak, penginapan atau kos-kosan, penitipan hewan, usaha cemilan , freelance online, usaha travel , bisnis Hobby , Bimbingan penganten baru, katering dan masih banyak lagi kadang yang kreatif yang belum pernah dipikirkan oleh orang lain begitu kita menjadi pasutri ide itu akan muncul secara tiba-tiba .

Membuka usaha atau bisnis yang cocok dilakukan oleh pasangan suami istri bisa menjadi alternatif terbaik dalam mendukung peningkatan ekonomi keluarga.

Ya, siapa sangka jika suami istri bisa menjadi mitra kerja yang sangat baik pada saat membuka bisnis.

Tentu saja, sebelum memulai bisnis tersebut harus mengetahui terlebih dahulu bisnis-bisnis apa saja yang cocok dilakukan oleh pasangan suami istri Mungkin salah satu langkah yang dapat diambil agar  pasangan bisa tetap memiliki sumber penghasilan tanpa harus mengorbankan kehidupan keluarga adalah dengan membangun sebuah bisnis yang bisa dijalankan bersama dengan rasa cinta..

Image result for ungkapan cinta




Anotasi “Becoming a strategic leader : your role in your organization’s enduring success “

Judul : Becoming a strategic leader : your role in your organization’s enduring success
Pengarang : Richard L.Hughes, Katherine C. Beatty
Penerbit : Jossey-Bass
Tahun : 2005
ISBN : 0-7879-6867-6
Jumlah Halaman : 268

TUJUAN. buku ini adalah sebagai panduan atau pegangan para eksekutif dan manajer untuk melaksanakan proses kepemimpinan strategis di semua tingkatan organisasi.
POKOK BAHASAN. Dalam bab satu dibahas sifat unik dari kepemimpinan yang strategis dan kesulitan dan tantangan yang dihadapi. Penulis meneliti secara mendalam gagasan mengenai strategi organisasi sebagai proses pembelajaran dan menyimpulkannya dengan melihat implikasi karena menggunakan pandangan tersebut. Bab dua Pemikiran yang strategis, mengacu pada dimensi kognitif dari kepemimpinan strategis. Aspek ini dapat meliputi, misalnya, memahami tren lingkungan yang memiliki kepentingan strategis untuk organisasi. Hal ini juga dapat meliputi kemampuan untuk menyaring gelombang informasi untuk mengenali fakta atau masalah yang secara strategis paling penting. Aspek-aspek lainnya adalah melihat hal-hal dari perspektif perusahaan, menghargai kontribusi dari semua fungsi dan departemen yang berbeda dalam organisasi secara keseluruhan, dan melihat semuanya dengan cara yang baru dan berbeda. Bab tiga membahas selubung tindakan strategis, dimensi perilaku kepemimpinan dari kepemimpinan yang strategis. Perlunya bertindak dengan niat yang trategis tidak perlu dinyatakan secara berlebihan. Pada akhirnya, semuanya bermuara pada apa yang dilakukan atau tidak dilakukan oleh pemimpin. Visi yang besar dan rencana yang rinci akan sia-sia jika tidak memiliki tujuan. Gagasan yang tajam tidak akan bernilai kecuali menghasilkan keputusan yang berkomitmen agar sumber daya melakukan aktivitas tertentu dan bukan hal lainnya. Pemberian pengaruh yang strategis adalah subyek dari bab empat. Subyek ini mengacu pada cara yang dipakai para pemimpin dalam memengaruhi orang lain dan cara-cara mereka membuka diri untuk menerima pengaruh dari orang lain. Pengaruh adalah saluran di mana pikiran dan tindakan mengaliri seluruh organisasi. Menjaga arah yang positif dan jalur strategis organisasi adalah hal yang penting. Bab lima adalah untuk memeriksa sifat dan efektivitas kerjasama kepemimpinan yang strategis. Kami mengacu pada penelitian yang telah kami lakukan terhadap kelompok dalam konteks program CCL. Mengembangkan Pemimpin Strategis (DSL). Individu dan kelompok menggunakan kepemimpinan yang strategis ketika mereka berpikir, bertindak, dan mempengaruhi orang lain dengan cara yang dapat meningkatkan keunggulan organisasi secara kompetitif yang berkelanjutan. Bab enam menjelaskan jenis lingkungan yang dimaksud. Bab ini melihat aspek budaya organisasi, struktur, dan sistem yang paling mungkin untuk menghasilkan dan mendukung jenis kepemimpinan yang akan membuat organisasi dapat bergerak maju melalui pembelajaran yang terus-menerus. Dalam bab tujuh kembali ke fokus yang lebih personal dan menawarkan saran beberapa saran penting tentang bagaimana pembaca dapat mengembangkan dengan baik kemampuan kepemimpinan mereka yang strategis. Upaya tersebut menyangkut pemilihan pengalaman yang kaya dalam memperoleh kesempatan boelajar.

KEKHASAN. buku ini menguraikan kerangka kepemimpinan strategis dan berisi saran-saran praktis tentang bagaimana mengembangkan individu, tim, dan keterampilan organisasi yang dibutuhkan untuk lembaga menjadi lebih mudah beradaptasi, fleksibel, dan tahan banting. Para penulis juga menunjukkan bagaimana manajer individu dapat melatih kepemimpinan strategis yang efektif melalui pendekatan-pemikiran khas dan sistemik

REKOMENDASI. Buku ini sangat cocok untuk pimpinan dan eksekutif dan para manajer, agar dapat membuat perencanaan jangka panjang dan pendek, dan agar organisasi dapat semakin maju dengan pembelajaran yang terus menerus.




Anotasi “Building the Learning Organization”

Judul : Building the Learning Organization
Pengarang : Michael J. Marquardt
Penerbit : Davies-Black Publishing, Inc.
Tahun : 2002
ISBN : 0-89106-165-7
Jumlah Halaman : 287

TUJUAN. Menjelaskan bagaimana bisnis dapat beradaptasi dan bertahan hidup dalam lanskap yang berubah dengan cepat dan membangun landasan untuk menjadi organisasi belajar.

POKOK BAHASAN. Bab satu menilai meningkatnya kekuatan sosial, politik, dan ekonomi serta harapan baru dari pekerja, pelanggan, dan bahkan masyarakat yang menginginkan munculnya organisasi yang mau belajar. Bab ini membahas delapan kekuatan penting yang menyebabkan terjadinya pergeseran dari lembaga yang berdasarkan pada manufaktur (pekerjaan manual) menjadi mentofacturing (pekerjaan mental). Bab dua memperkenalkan model sistem organisasi yang belajar dengan ulasan dan sinopsis singkat dari lima subsistem, yaitu: pembelajaran, organisasi, orang, pengetahuan, dan teknologi. Juga dibahas sifat yang interaksional dan saling melengkapi dari subsistem tersebut. Dimensi, prinsip, praktek, dan cita-cita dari lima subsistem tersebut dijelaskan dalam bab-bab 3-7. Setiap bab berisi contoh-contoh praktik terbaik dari organisasi pembelajaran di seluruh dunia. Di akhir setiap bab, penulis membuat daftar 10 strategi pelaksanaan dalam membangunan subsistem untuk dibahas. 10 strategi pelaksanaan tersebut adalah : 1). Mendorong dan memampukan staf untuk terhubung dengan pusat informasi, 2). Mengembangkan pusat pembelajaran multimedia berbasis teknologi, 3). Mengembangkan dan menggunakan berbagai teknologi pembelajaran jarak jauh, 4). Menggunakan teknologi untuk memahami pengetahuan dan gagasan internal dan eksternal, 5). Memperoleh dan mengembangkan kompetensi di groupware dan teknologi pembelajaran mandiri, 6). Menerapkan kinerja sistem dukungan elektronik, 7). Merencanakan dan mengembangkan sistem pembelajaran terkini, 8). Membangun teknologi dan kemampuan courseware, 9). Menggunakan intranet untuk pelatihan, 10). Meningkatkan kemampuan staf manajemen dan sumber daya manusia,  Bab delapan menjadi organisasi pembelajaran memberikan kerangka kerja dan pedoman umum, serta 16 langkah, untuk menjadi organisasi pembelajaran. 16 langkah tersebut adalah: 1). Berkomitmen untuk menjadi organisasi pembelajaran, 2). Membentuk koalisi yang kuat untuk perubahan, 3). Menghubungkan pembelajaran dengan operasional bisnis, 4). Mengkaji kemampuan organisasi terhadap setiap subsistem dari model sistem organisasi pembelajaran, 5). Mengkomunikasikan visi organisasi pembelajaran, 6). Mengakui pentingnya sistem berpikir dan bertindak, 7). Pemimpin memberikan contoh dan menjadi model dengan berkomitmen pada pembelajaran, 8). Merubah budaya organisasi menjadi organisasi yang melakukan pembelajaran dan peningkatan yang berkelanjutan, 9). Menetapkan strategi skala perusahaan untuk belajar, 10). Mengurangi birokrasi dan merampingkan strukturnya, 11). Memperluas pembelajaran di seluruh rantai bisnis, 12). Menguasai pembelajaran dan mengajarkan pengetahuan, 13). Memperoleh dan menerapkan teknologi terbaik untuk pembelajaran terbaik, 14). Menciptakan kemenangan jangka pendek, 15). Mengukur pembelajaran dan menunjukkan keberhasilan belajar, 16). Beradaptasi, meningkatkan, dan belajar terus menerus.

KEKHASAN. Buku ini dibuat oleh penulis berdasarkan pengalamannya dengan ratusan organisasi belajar. Buku ini memandu para pemimpin melalui setiap subsistem dengan informasi mendalam. Banyak diberikan contoh nyata dari organisasi pembelajaran yang sukses.

REKOMENDASI. Buku ini sangat baik sekali untuk orang yang ingin mengetahui organisasi belajar, dan untuk dapat melengkapi sebaiknya juga membaca buku Peter Senge “The Fifth Discipline”.




KATAKAN DENGAN BUNGA

Bunga, siapa yang tak kenal  dan yang tak kan tertarik pada Bunga… apalagi bunga Bank. Bunga yang akan disampaikan disini adalah Bunga sebagai ungkapan dalam momen apapun yang suka maupun yang duka.

Sesuai dengan perkembangan zaman, masyarakat saat ini sudah mulai menerima perubahan karena tanpa disadari perubahan yang terjadi mempengaruhi gaya hidup mereka dimana berdampak pada tuntutan kebutuhan hidup. Adanya peningkatan kebutuhan dari kebutuhan sekunder yang belakangan ini sudah menjadi suatu kebutuhan primer. Dalam pemenuhan kebutuhan manusia sangat penting didukung  fenomena sosial yang semakin berkembang dilihat dari sisi perkembangan budaya.

Memasuki kawasan pasar bunga Rawa Belong seperti memasuki taman bunga. Berbagai jenis bunga cantik dengan beragam warna akan memanjakan mata , kala menjejakkan kaki di pasar bunga Rawa Belong , samar-samar aroma bunga pun menyeruak hidung saat masuk bagian dalam pasar.

Related imageImage result for pasar bunga rawa belongImage result for pasar bunga rawa belongImage result for pasar bunga rawa belongImage result for jenis bunga hias

Pasar ini tidak pernah sepi pengunjung terutama hari-hari yang berkaitan dengan pengadaan bunga dimulai pada hari kamis malam sampai minggu pagi para pedagang sibuk melayani pembeli  bunga untuk keperluan  seperti acara perkawinan, acara kantor dan kegiatan-kegiatan lainnya , yang tentu bunga tidak pernah luput jadi perhatian untuk menjadikan daya tarik pada  acara-acara yang di gelar. Pasar bunga ini  dihuni oleh 400 lebih pedagang. Usaha mereka dari pedagang bunga, pendekor dan penyedia alat-alat dekor dan disekitar pasar itu juga banyak pedagang –pedagang yang bukan bunga namun sangat berarti bagi pedagang bunga .

Konsep pemasaran yang memberikan pengalaman unik kepada pelanggan dikenal  dengan istilah Emotional Marketing . konsep ini berusaha menghadirkan  pengalaman  yang unik, positif dan mengesankan kepada konsumen. Dengan demikian konsumen akan merasa ada sesuatu yang berbeda dan pengalaman selama menikmati produk/jasa dari pasar  ini dan akan tertanam dalam pikiran mereka. Sehingga nantinya pengunjung tidak hanya akan puas dan loyal tapi juga menyebarkan informasi mengenai produk bunga Rawa Belong  secara word of mouth.

Di dalam perkembangannya, pemasar berlomba-lomba untuk menduduki posisi pemimpin pasar dan setidaknya selalu menciptakan suatu kepercayaan konsumen terhadap produknya, yang dilakukan  dengan cara mempertajam citra merek (brand image). Brand image adalah persepsi konsumen ketika melihat suatu produk yang didasarkan pada kenyataan dan biasanya dikaitkan dengan kualitas pelayanannya. Citra merek yang kuat memberikan sejumlah keunggulan seperti: posisi pasar yang superior dibandingkan pesaing, kapabilitas unik yang sulit ditiru, loyalitas pelanggan dan pembelian ulang yang lebih besar, dan lain-lain.

Pasar bunga Rawa Belong  salah  satu lokasi penjualan bunga terbesar dan  terkenal yang ada pada saat ini. Pasar Bunga adalah sebuah tempat berkumpulnya pedagang dan petani bunga potong segar untuk memenuhi kebutuhan pasar di wilayah Jabodetabek bahkan luar kota dan seluruh indonesia. Untuk menciptakan brand image maka pihak pengelola pasar di bawah pengawasan dinas pertanian  dengan nama Pusat Promosi Bunga membuat masyarakat semakin tahu bahwa bunga adalah identik dengan  Rawa Belong.

Daya tarik produk merupakan pertimbangan bagi para pedagang karena menjalankan bisnis bagi para pedagang adalah apa yang dibisniskan mempunyai daya tarik dan bunga merupakan daya tarik tertentu. Konon perdagangan bunga sudah di lakukan secara turun temurun dan merupakan tinggalan budaya dari masyarakat Betawi . Andalan kegiatan ekonomi di wilayah tersebut adalah bercocok tanam dari bibit bunga, tanaman hias, tanaman daun untuk hias  sampai pendekor taman, bendekor pelaminan yang semuanya mengandung unsur bunga dan daun. Keragaman produk untuk membentuk pertumbuhan bisnis semakin lama semakin berkembang sesuai kebutuhan masyarakat yang semakin dituntun seiring dengan kemajuan dan perkembangan teknologi.

Tranformasi kewirausahaan sangat terlihat dengan beralihnya antar generasi yang  diwarisi perdagangan bunga potong. Perubahan ini akan mendatangkan pelaku-pelaku bisnis baru yang datang dari berbagai daerah dan paling banyak dari Jawa Barat. Tranformasi pola pikir (mindset) dan paradikma (paradigm), yaitu sebuah tranformasi pemikiran, sikap, motif semangat dan karakter yang lama untuk berubah menjadi seseorang yang  berpikiran sama dengan seorang entrepreneur yang cerdas.

Jenis Bunga  untuk memenuhi kebutuhan Suka dan Duka:

Melati, Mawar, Hebras, Cateliya, Lily, Casablanca, Sedap Malam, Kenanga,  macam2 bunga Anggrek, Aster, Azalea, Asoka, Anyelir, Krisan dan masih banyak jenis bunga lokal maupun impor serta pendukung lain untuk pelengkap bunga seperti dedaunan dan pandan. Selain itu di Rawa Belong merupakan pusat pelengkap dekor yang cukup beragam.

Bunga-bunga yang di jual untuk keperluan acara  seperti:

  1. Bunga rangkaian yang cantik
  2. Bunga papan untuk memenuhi kebutuhan acara Wedding, Duka Cita, Grandopening, Anniversary dll
  3. Bunga Duka Cita/bunga tabur sampai perlengkapan jenazah
  4. Bunga rangkaian Hand Bouquet
  5. Bunga melati berbagai roncean untuk keperlun Hias Penganten
  6. Bunga untuk keperluan Dekorasi pelaminan tradisional maupun modern.

Bunga selamanya dibutuhkan manusia dalam momen apapun dan dimanapun, katakan dengan bunga sebagai penyejuk hati.